Jumat, 31 Mei 2019

Tips Mengisi Waktu Selama Ramadan Bagi Ibu Rumah Tangga

Selama bulan Ramadan pasti ada saja yang kegiatan rutin yang dihentikan. Jika biasanya ikut senam, sekarang diliburkan. Arisan rutin juga libur, acara seminar libur, kegiatan jualan di warung makan juga libur. Lalu aktivitas kita apa dong? Mau masak untuk sarapan, makan siang, juga libur.


Nah, biar waktunya nggak terbuang sia-sia lebih baik mengisi dengan kegiatan berikut:

1. Membuat kue kering


Pintar membuat kue kering? Kenapa tidak dijual saja? Membuat kue kering di bulan puasa memang mengasyikkan. Selain menyalurkan hobi, bisa untuk berbisnis juga. Para ibu bisa menawarkan kue kering ke tetangga, titipkan ke toko atau jual ke para wali murid. Dulu, saya juga sempat berbisnis kue kering ini, hasilnya lumayan bisa buat belanja kebutuhan di hari raya.

2. Membaca kitab suci

Berpuasa baiknya diisi dengan memperbanyak ibadah. Membaca kitab suci di siang hari saat anak sekolah dan suami kerja. Mendekatlah kepada Tuhan.

3. Belajar memasak

Image: Canva

Bulan puasa saatnya mencoba resep baru yang didapat dari internet atau aplikasi memasak. Siapa tahu kemampuan masak kita meningkat. Oya, bisa juga membuat kue atau masakan kreasi baru untuk diikutsertakan dalam lomba foto. Cari saja infonya di sosial media merek-merek bahan makanan pasti di sana banyak diadakan lomba. Asyik banget kan, suami senang karena dimasakkan yang spesial, kita bisa belajar masak sambil mengasah kemampuan untuk membuat foto makanan.

4. Ikutan kuis

Kuis menjelang ngabuburit itu ternyata banyak banget lho! Ada beberapa akun resmi yang ngadain kuis dadakan dan mepet sama waktu berbuka. Wah, jadi nggak takut bengong lagi nungguin waktu berbuka, nih.

5. Buka bersama dengan teman

Siapa bilang puasa menghalangi kita bertemu sama teman? Padahal bulan puasa saatnyĆ  kita reuni sambil buka bareng. Kondisikan dengan situasi juga ya. Sepakati mau ketemu di mana dan pilih hari yang benar-benar selow sehingga semua bisa datang. Pesan tempat untuk makan beberapa jam sebelumnya biar kebagian tempat karena biasanya semua tempat makan justru sedang penuh-penuhnya pas waktunya berbuka.

6. Membaca buku

Image: Canva
Suka baca buku tapi kebanyakan masih belum dibaca dan justru hanya ditumpuk di rak buku. Ini saatnya membaca semua buku yang selama ini tertunda untuk dibaca.

7. Membuat takjil

Buat takjil buat menyumbang di masjid nggak ada salahnya kan? Koordinasikan dulu dengan semua pengurusnya dulu. Biar tahu dengan tepat jumlah yang harus disediakan.

8. Membagikan takjil

Bagi-bagi takjil di perempatan lampu merah? Wah, asyik juga ya? Tapi ingat yang paling penting jangan lupa selalu bicarakan dulu dengan orang di rumah ya. Jangan sampai kegiatan ini justru jadi ganjalan bagi mereka.








0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.