Minggu, 19 Mei 2019

Bijak dalam Menggunakan Uang THR

Lebaran sebentar lagi, itu tandanya uang THR akan segera dibagikan. Asyik dong! Bisa beli baju baru, sepatu baru, beli make-up idaman, belanja ke pasar, beli kue, bagi-bagi angpao sama ponakan. Tapi, kok uang THR cuma bertahan beberapa hari aja? Kemana perginya?

Suara.com

Sering nggak ngalamin kayak gitu? Ya, saya sebagai seorang freelance tentu nggak pernah dapat yang namanya THR. Mau hari raya atau enggak saya tetap cari uang dengan cara usaha serabutan. Jualan ini, nulis itu, ikut lomba ini itu, dll.

Saya dulu sempat berandai-andai, kalo terima THR-an aku mau mengelolanya dengan bijak. Nggak kayak orang-orang yang sepertinya kalap belanja begitu THR cair. Mending buat tambahan modal kan? Atau dibeliin emas gitu. Nyatanya setelah saya ngalamin 'enaknya' terima THR, keluhan dari saya kok sama dengan keluhan mereka yang biasa terima THR. Yaitu uangnya cuman lewat.

Yang terima THR sih, suami. Tapi saya turut merasakan dampaknya. Pengaturan keuangan dalam keluarga kami, memang diatur sama suami. Dia dengan bijak ngatur membagi uang THR tahun lalu untuk beli tiket mudik, belanja baju baru, ngasih mamahku sama mamahnya, belanjain makanan buat persediaan seminggu, biaya jalan-jalan dan makan di luar. Syukur sih, masih ada sisa dikit buat ditabung. Asyikk! Tapi uang sisa itu juga cuman lewat di tanganku. Hadech!

Lalu bagaimana sih, biar uang THR itu nggak lenyap begitu saja? Sebelum THR tahun ini cair, lebih baik cari artikel tentang pengaturan uang THR lebih dulu, hi, hi, hi.

Kata pakar keuangan sih, kalo mau nabung harusnya diawal. Jadi bukan nunggu ada uang sisa atau tidak. Trus utamakan bayar utang dulu. Nggak enak dong, bisa jalan-jalan ke tempat wisata ini dan itu tapi utang panci sama tetangga udah hampir setahun nggak lunas-lunas *tepukjidatdeh!

Kurangi pengeluaran yang nggak perlu. Misal, beli baju baru. Baju yang dulu masih bagus, kan? Nggak usah ngejar pengen tampil gaya atau memaksakan diri bikin baju seragam hanya biar bisa upload foto kekompakan di Instagram.

Sekali lagi prioritaskan kebutuhan yang lebih utama dulu. Lebih baik makan sederhana aja dari pada setelah hari raya malah kelimpungan bayar utang. Bijaklah dalam menggunakan uang THR.

4 komentar:

  1. Setuju mbak. Uang THR sebaiknya dipakai untuk yang utama dulu seperti membayar hutang dan menabung hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, mbak. Makasih ya sudah berkunjung :)

      Hapus
  2. Hehehehehe betul betul betul.

    Tapi selama masih single ovi sih masih suka hilap foya" hahaha

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.