Senin, 13 Mei 2019

Beauty: 7 Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Biar Nggak Balik Lagi

Perang sama jerawat adalah hal yang biasa saya lakukan sejak di kelas 1 SMP, masa-masa puber pertama yang sempat bikin saya stress. Jerawat nongol di pipi satu saja rasanya sudah seperti dunia mau kiamat. Langsung mencoba berbagai cara biar si jerawat ini besoknya sudah hilang tak berbekas. Namun cara itu malah salah karena dalam waktu singkat saya mengoleskan berbagai bahan yang dikatakan cepat buat ngilangin jerawat. Jadi sepulang sekolah saya langsung mengoleskan jeruk nipis, tunggu 15 menit, cuci muka, ganti tempelin tomat biar bekasnya hilang. Selesai tomat kasih mentimun. Sore masih merah, olesin pasta gigi malah tambah merah lalu ditempelin kapas yang diberi air jeruk. Waa, bukannya hilang, besoknya malah makin parah dan membesar, kabar buruknya sekarang nongol jerawat-jerawat di lain tempat. O MY GOD! Mau ditaruh di mana muka saya? Belum lagi kalo ketemu gebetan, bisa ilfil sama saya.

Liputan6

He, he, he. Itu sekelumit cerita masa lalu saya sama jerawat. Sekarang apakah muka saya lebih bersih dari jerawat? Tidak juga, terkadang jika saya baru banyak kegiatan atau kepikiran sesuatu malahan muka saya jerawatan lebih parah ketimbang waktu SMP. Bedanya sekarang lebih santai dalam menghadapi jerawat karena sudah menemukan peralatan tempur yang tepat buat mengatasi jerawat yaitu Acnes Treatment Series. 

Saya naksir produk ini sudah lama, sejak masih sekolah tetapi buat mencoba masih maju mundur lalu mundur lagi. He, he. Akhirnya saya berkesempatan mencoba produk ini lewat BUKALAPAK yang berbaik hati mengadakan Flash Deal yaitu sebuah promo yang menyediakan aneka produk murah seperti kebutuhan sehari-hari dan produk lainnya. Saya dapat paket bundling Acnes Natural Care dan Acnes Pore Strip dan paket bundling Acnes Natural Care dan Acnes Sealing Jell, masing-masing dengan harga 3000 an saja plus gratis ongkir. Ck, ck, ck murahnya kebangetan ya? 

Produk pertama yang saya coba adalah Acnes Natural Care. Pada kemasannya tertulis "Dengan kandungan Natural Active Ingredient untuk 3 manfaat sekaligus mencerahkan, membersihkan dan menjaga kelembaban kulit". Cara pemakaiannya sama seperti facial foam pada umumnya yaitu digunakan tiap hari untuk membersihkan wajah dari kotoran. 

Manfaat Acnes Natural Care: 

* Kombinasi Bearberry ext, Mitracarpus Scaber ext.,& Vit. C untuk mencerahkan kulit dan menyamarkan flek serta noda jerawat.
* Membersihkan wajah dari kotoran dan membantu melawan bakteri penyebab jerawat.
* Menjaga kelembaban dan kelembutan kulit agar kulitmu tetap sehat berseri. 

Acnes Sealing Jell adalah produk kedua yang saya coba. Awalnya takut jika akan mencium bau yang kurang sedap dari produk ini seperti obat jerawat lain tapi ternyata baunya tidak terlalu tajam, nggak bau kayak obat. Mengoleskannya cukup tipis-tipis dan bisa dipakai sebelum memakai make-up karena cepat meresap dan nggak kelihatan putih seperti obat jerawat yang pernah saya pakai sebelumnya. Hasilnya lumayan jerawat jadi cepat kering dan cepat sembuh.  

Produk ketiga adalah Acnes Pore Strip. Saya belum pernah coba, karena hidung saya sedang berjerawat. Acnes Pore Strip ini merupakan skincare untuk mengangkat komedo pada daerah hidung, membantu menyamarkan noda hitam, membersihkan minyak dan pori-pori kulit sehingga terlihat lebih kecil dan lebih bersih. Cara pakainya sederhana, cukup basahi hidung yang sudah dibersihkan sebelumnya lalu lepaskan plastik pada pore strip dengan tangan yang kering, tempelkan pore strip, tekan perlahan agar menempel dengan sempurna lalu biarkan sekitar 10-15 menit sampai terasa pore strip-nya kaku kemudian buka kembali dari kedua ujungnya baru lepas bagian tengah. Digunakan 2 kali seminggu atau 3 hari sekali.

Terkesan dengan pengalaman pertama dengan Acnes saya kemudian mencari informasi tentang produk lainnya. Benar dugaan saya jika Acnes juga memiliki rangkaian produk untuk perawatan kulit yang lengkap mulai dari sabun cuci muka, masker tisu, lotion pelindung dari sinar UV, bedak, kapas bahkan ada sabun mandi juga. Buat kita-kita yang masih awam sama produk Acnes, ada seri perawatan khusus pemula 1 paket berisi 3 produk yaitu Acnes Creamy Wash, Acnes Powder Lotion dan Acnes Sealing Jell. Untuk ukuran yang kecil bisa dibeli di BUKALAPAK harganya sekitar Rp. 30.000,00. Jadi nggak perlu keluarin uang banyak-banyak untuk mencoba Acnes Treatment Series ini. 

Image by ROHTO.co.id

Acnes Treatment Series merupakan brand perawatan kulit yang diformulasikan khusus untuk kulit yang sedang berjerawat atau jenis muka berminyak. Brand ini meng-klaim bisa mengatasi jerawat dnegan tiga langkah yaitu 3C, Clean, Care dan Cure.

Step 1: Acnes Creamy Wash berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel di wajah dan melawan bakteri penyebab jerawat.
Step 2: Acnes Powder Lotion merupakan bedak cair yang berfungsi untuk menyerap minyak berlebih, menjaga kulit tetap sehat dan terjaga kelembabannya. 
Step 3: Acnes Sealing Jell berfungsi untuk membantu merawat kulit berjerawat, menjaga kelembutan kulit, warna yang transparan dan mudah diserap sehingga dapat digunakan pada saat beraktifitas di luar ruangan.

Cara Menghilangkan Jerawat

Selain memakai produk perawatan kulit berjerawat di atas ada baiknya juga melakukan berbagai cara menghilangkan jerawat dengan tips berikut:

1. Rajin


Image by: Okezone Lifestyle.

Ya, tanpa faktor yang satu ini rasanya susah banget kalo mau punya wajah yang bebas dari jerawat. Melawan kemalasan diri sendiri itu suatu tantangan tersendiri buat saya. Udah beli produk lawan jerawat malah malas pakainya, hasilnya sama aja jerawat tetap muncul. 

Apapun cara menghilangkan jerawat yang pertama-tama harus dilakukan adalah rajin. Karena walau kamu sudah membeli produk dari dokter kulit paling mahal, mengikuti program perawatan kulit di klinik sekalipun, kalau kamu malas maka hasilnya nggak akan optimal. Jadi kunci agar kamu nggak jerawatan adalah rajin. Rajin apa? Ya rajin melakukan perawatan diri, rajin baca artikel cara menghilangkan jerawat yang tepat dan rajin menjaga kebersihan wajah. Jangan sampai kayak tadi yang saya lakukan di atas ya dan berharap jerawat bisa hilang dalam semalam. Semua butuh proses. 

2. Jaga Kebersihan Wajah


Image by: Pixabay.

Nah, inilah yang harus kamu lakukan biar jerawat nggak nongol terus di wajah. Menjaga kebersihan wajah membantu mengurangi radang pada jerawat yang terlanjur nongol dan mencegah jerawat muncul di tempat lain. Pada jenis kulit berminyak, debu sangat mudah menempel dan jika pori-pori tertutupi debu maka minyak yang berlebih tidak bisa keluar dan akan timbul menjadi jerawat. Inilah prinsip yang harus dipegang oleh orang-orang yang wajahnya mudah berjerawat termasuk saya. 

Cuci muka setiap habis dari berpergian, bersihkan wajah dengan pembersih wajah dan toner juga semakin membuat pori-pori jadi bersih dan sehat. 

3. Ganti Sarung Bantal


Salah satu penyebab muka kita kotor adalah sarung bantal, maka sangatlah disarankan jika kamu mencuci sarung bantal minimal seminggu sekali. Pilih juga sarung bantal yang tidak mudah menyimpan debu. Selain itu rajin mencuci rambut juga akan membuat sarung bantal nggak mudah kotor. 

4. Hindari Memencet Jerawat


Image by: Pixabay.

Memencet jerawat itu merupakan keasyikan buat saya dulu, rasanya gemes liat ada putih-putih yang muncul di atas jerawat, eh, ternyata hal itu bisa bikin jerawat makin parah dan meradang. Terutama jika tangannya kotor, maka bakteri akan mudah sekali berpindah dari tangan ke muka dan menimbulkan jerawat baru. Pastikan tangan dicuci terlebih dahulu sampai bersih sebelum melakukan perawatan wajah.

5. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Dokpri


Apa makanan favoritmu? Apa kamu suka makan gorengan, bakso super pedas, batagor berbumbu kacang pedas? Hmm, jika itu makanan sehari-harimu maka mulai sekarang wajib dihindari karena salah satu faktor pemicu jerawat adalah makanan berminyak, pedas dan mengandung bumbu yang banyak. Lebih baik makan sayuran yang direbus atau buah segar bisa mengurangi resiko terjadinya jerawat. Ayo, mulai sekarang rajin-rajin makan sayur dan buah biar makin cantik. Jus buah setiap hari juga bisa bikin kulit kita makin kelihatan segar dan bersih dari jerawat.


6. Hindari Stress dan Polusi Udara


Image by: Pixabay.

Tak disangka jika pikiran juga bisa memicu timbulnya jerawat. Berlatih untuk menghadapi setiap persoalan dengan pikiran yang jernih juga bisa mengurangi jerawat. Caranya dengan melakukan apa yang kamu sukai seperti mendengarkan musik, menonton film, berjalan-jalan atau hobi yang lain.Hindari juga berada di lingkungan yang panas dan banyak polusi.

7. Pakai Masker Alami


Image by: Pixabay.

Mama selalu mengajari bagaimana memanfaatkan alam di sekitar kami untuk merawat tubuh dan juga wajah. Bahannya simpel, bisa memakai madu, mentimun, bengkoang, lidah buaya dan jeruk nipis untuk mengatasi dan merawat kulit yang berjerawat. Bahan-bahan alami seperti jeruk nipis atau lidah buaya tidak perlu diolah lagi untuk dijadikan masker, cukup cuci bersih lalu oleskan ke seluruh wajah. Madu juga baik untuk menghilangkan jerawat, caranya hanya mengoleskan ke wajah dan biarkan 15 menit lalu bilas sampai bersih. 

#30HariKebaikanBPN
#BloggerPerempuan


2 komentar:

  1. Terima kasih infonya kak, sangat berguna sekali buat wajahku yang sensitif ini... Salam kenal

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.