Senin, 20 Januari 2020

Teknologi Solar Panel

Sumber: DBS Bank
Energi baru ramah lingkungan semakin berkembang dan tak bisa dihindarkan. Dengan bermunculannya energi baru ramah lingkungan diharapkan mampu menekan penggunaan energi fosil yang ketersediaanya semakin terbatas. Melihat potensi tersebut, berbagai macam perusahaan teknologi mulai berlomba-lomba menciptakan produk berbasis energi yang ramah lingkungan. Peluang pengembangan sumber energi tenaga surya di Indonesia sangat besar. Terlebih letak geografis Indonesia menjadikan salah satu wilayah yang memiliki sumber energi terbaik di dunia.

Solar PV (Fotovoltaik) adalah metode pembangkit tenaga listrik dengan mengubah radiasi matahari menjadi arus listrik (DC) menggunakan semi konduktor yang menunjukan efek fotovoltaik. Solar PV atau sering disebut juga dengan solar panel atau panel surya terdiri dari sejumlah sel surya atau solar cell yang mengandung bahan atau material fotovoltaik (photovoltaics) yang disusun bersamaan dengan silikon monocrystalline, silicon polycrystalline, silikon amorf, telluride kadmium dan tembaga indium gallium selenide atau atau sulfida. Solar PV termasuk jenis photo dioda. Solar PV atau solar panel dapat bekerja untuk waktu yang cukup panjang hingga 25 tahun, tanpa memerlukan bahan bakar atau biaya operasional tambahan.

Sumber: Sewatama
Solar cell atau PV menghasilkan listrik arus DC dari sinar matahari yang dapat langsung digunakan untuk peralatan listrik DC atau untuk mengisi ulang baterai. Aplikasi praktis pertama Photovoltaics adalah satelit yang mengorbit listrik dan pesawat luar angkasa lainnya, tetapi sekarang sebagian besar modulfotovoltaik digunakan untuk pembangkit jaringan listrik tersambung setara PLN. Dalam hal ini inverter diperlukan untuk mengkonversi arus DC ke arus AC.

Indonesia mampunyai wilayah yang memiliki sumber energi matahari yang melimpah dan kita dapat memanfaatkannya sebagai sumber energi di rumah-rumah dan gedung dan saat ini di dunia kendaraan listrik dan energi tenaga surya sama-sama tengah dikembangkan. Dimana kendaraan listrik dapat memanfaatkan solar panel sebagai sumber energi listrik, teknologi ini sudah dikembangkan di sejumlah negara. Bahkan di beberapa negara mereka menggunakan teknologi ramah lingkungan dapat subsidi dari pemerintah. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahan jasa pasang solar panel salah satunya adalah Sewatama yang bergerak dibidang pengadaan dan pemasangan solar panel.

Jumat, 10 Januari 2020

Panduan Cara Klaim Asuransi Produk Gadget

Image: Pixabay.com

Di era teknologi yang super cepat perkembangannya ini, setiap orang dapat dipastikan memiliki handphone sebagai alat bantu komunikasi. Hal ini juga semakin dipermudah dengan banyaknya produsen handphone yang menjajakan produknya dengan harga yang relatif terjangkau dengan kualitas handphone yang sudah canggih. Mudahnya mendapatkan handphone ini membuat konsumsi handphone tidak hanya berfungsi sebagai alat bantu komunikasi melainkan juga sebagai penunjang gaya hidup.

Antara merek hanphone satu dengan yang lainnya tentu berbeda tak terkecuali pada kualitas serta harga yang di banderol. Ini juga merupakan akibat dari segmentasi pasar yang dipilih oleh produsen. Karena pentingnya peran handphone dalam kehidupan manusia menyebabkan benda ini tak bisa lepas sedetik pun dari aktivitas sehari-hari.

Dengan demikian sangatlah wajar apabila benda ini rawan mengalami kerusakan atau menjadi benda yang diincar oleh sekelompok orang aksi kejahatan. Untuk melindunginya maka muncullah asuransi gadget. Asuransi ini seperti halnya dengan asuransi lainnya mewajibkan pemiliknya untuk membayar premi sesuai dengan besaran dan waktu yang telah disepakati sebelumnya. Namun, bagaimana cara klaim apabila terjadi kerusakan atau benda ini hilang? Berikut ulasannya.

1. Bawa handphone ke pusat layanan resmi

Setiap merek hanphone pasti memiliki pusat layanan resmi. Untuk itu, apabila terjadi sesuatu misal kerusakan segera bawa handphone ke pusat layanan resmi untuk pengajuan klaim.

2. Tunjukkan email sertifikat asuransi

Langkah kedua tunjukkan kepada petugasnya email sertifikat asuransi sebagai bukti bahwa Anda adalah peserta asuransi produk gadget. Apabila data sudah dinyatakan valid maka akan segera dilakukan penanganan.

3. Kenali faktor penolakan klaim asuransi

Yang ketiga ini merupakan hal yang harus Anda perhatikan sebagai bentuk antisipasi apabila klaim Anda ditolak. Pastikan Anda sudah mengecek terlebih dahulu periode asuransi serta layanan yang diberikan oleh pihak asuransi sesuai dengan kesepakatan di awal.

Mengetahui secara pasti bagaimana klaim asuransi merupakan hal yang wajib bagi setiap pemilik asuransi. Namun, bagi Anda yang masih ingin memilih asuransi ini perlu memperhatikan dimana Anda mengajukan asuransi. Salah satu platform yang kini bisa Anda manfaatkan untuk pengajuan asuransi dengan mudah adalah Tanamduit. Di Tanamduit Anda bisa memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan Anda. Selain itu pula Anda bisa memilih asuransi kesehatan premi murah yang sudah banyak digunakan dan terbukti terpercaya.

Dengan Anda mempercayakan pada Tanamduit, segala layanan yang mudah, aman, dan cepat bisa Anda dapatkan hanya melalui satu aplikasi. Informasi lebih lanjut bisa Anda cek di https://id.tanamduit.com/

Kamis, 09 Januari 2020

Resolusi 2020, Kurangi Sambat, Lebih Banyak Ucapkan Syukur


Mengeluh itu nggak ada gunanya. Tapi banyak dari kita suka mengeluh dan menikmati penderitaan di dalam keluhan itu. Jika beruntung nih, ada orang yang mendengar keluhan dan tergerak untuk mengasihani kita. Jika tidak ya, selamat menderita dalam keluhanmu ya guys!

Tak dipungkiri setiap manusia pasti senang apa yang namanya mengeluh atau bahasa Jawanya "sambat". Bahkan sempat jadi judul buku, "Nanti Kita Sambat Tentang Hari Ini". Aku sih, belum pernah membaca dan nggak tertarik buat baca, cuma suka lihat timelinenya berseliweran di linimasa Twitter-ku. Mau nggak mau sih jadi nge-klik dan nge-scrolling juga, wkwkwk.

Kembali ke masalah sambat ya... Sambat itu biasa! Wajar, alamiah dan senantiasa melekat pada tiap manusia yang masih hidup. Yang nggak wajar itu, kalo kita sambat trus disemprot sama emak-emak sebelah, "woi, capek dengerin omonganmu, wong kok sambat terussss!!!" 

Nah, itu tandanya sambatmu udah kelewatan batas. 

Jujur, aku pribadi masih suka sambat alias mengeluh. Kok, hidupku gini-gini aja ya? Kok, nggak pernah menang lomba blog, sih? Kok, pageview blog-ku cuma segini-gini aja? Kok, follower sosmed-ku nggak nambah-nambah? Kok, uang di tabunganku cuma dikit? dsb, dsb, dst...

Woiiiiii! Sadar Yus! Kalo mau naik level, kamu harus banyak belajar hal baru, nggak mudah tersinggung dengan omongan orang, mudah memaafkan. Kalo mau menang lomba blog, ikutlah lomba dengan sungguh-sungguh, kumpulin data dan fokus menulis. Masa nulis buat lomba, cuma asal-asalan tapi ngarep menang, kamu seriusss? 

Sama aja ngaku blogger tapi jarang posting blog, duh! Seriuskah kamu dengan hidupmu? Masa depanmu itu terlalu sayang untuk dilewatkan dengan menyia-nyiakan hari ini. 

Daripada mengeluh, lebih baik ucapkan syukur. Terima kasih Tuhan, Engkau masih memberiku nafas hidup hari ini. Dengan kehidupan yang Tuhan kasih ke kita hari ini artinya masih ada kesempatan untuk mengubah nasib dan mencapai cita-cita. 

Seperti yang dialami saya awal tahun ini. Seharusnya di awal tahun kami sudah bisa menempati tempat tinggal yang baru, namun karena banyak hal maka masih tertunda sampai hari ini. Mimpi untuk tinggal terpisah dengan mertua harus aku simpan dulu.

Oke, aku anggap ini adalah waktu dan kesempatan buat aku untuk menyiapkan rencana usaha yang akan kami mulai di tempat yang baru. Saatnya kami mendekatkan diri kepada Tuhan dan lebih sungguh-sungguh mengandalkan Dia dalam segala hal, mulai dari yang besar bahkan hal yang terkecil sekalipun.

Tempat baru adalah tantangan baru, masalah baru dan berkat baru. Sebelum dapat menentukan mau tidaknya tinggal di tempat itu, aku dapat rhema agar lihatlah berkatnya bukan penghalangnya. Karena sebesar apapun tantangan jauh lebih besar kuasa Tuhan. Jika Tuhan di pihak kita, siapakah lawan kita? Tidak ada!

Mumpung masih di awal tahun 2020 ini, aku mau mengucap syukur dan bersemangat kembali mengelola blog ini dengan lebih serius. Setiap usaha pasti akan menghasilkan buah. Aminn!