Senin, 20 Januari 2020

Teknologi Solar Panel

Sumber: DBS Bank
Energi baru ramah lingkungan semakin berkembang dan tak bisa dihindarkan. Dengan bermunculannya energi baru ramah lingkungan diharapkan mampu menekan penggunaan energi fosil yang ketersediaanya semakin terbatas. Melihat potensi tersebut, berbagai macam perusahaan teknologi mulai berlomba-lomba menciptakan produk berbasis energi yang ramah lingkungan. Peluang pengembangan sumber energi tenaga surya di Indonesia sangat besar. Terlebih letak geografis Indonesia menjadikan salah satu wilayah yang memiliki sumber energi terbaik di dunia.

Solar PV (Fotovoltaik) adalah metode pembangkit tenaga listrik dengan mengubah radiasi matahari menjadi arus listrik (DC) menggunakan semi konduktor yang menunjukan efek fotovoltaik. Solar PV atau sering disebut juga dengan solar panel atau panel surya terdiri dari sejumlah sel surya atau solar cell yang mengandung bahan atau material fotovoltaik (photovoltaics) yang disusun bersamaan dengan silikon monocrystalline, silicon polycrystalline, silikon amorf, telluride kadmium dan tembaga indium gallium selenide atau atau sulfida. Solar PV termasuk jenis photo dioda. Solar PV atau solar panel dapat bekerja untuk waktu yang cukup panjang hingga 25 tahun, tanpa memerlukan bahan bakar atau biaya operasional tambahan.

Sumber: Sewatama
Solar cell atau PV menghasilkan listrik arus DC dari sinar matahari yang dapat langsung digunakan untuk peralatan listrik DC atau untuk mengisi ulang baterai. Aplikasi praktis pertama Photovoltaics adalah satelit yang mengorbit listrik dan pesawat luar angkasa lainnya, tetapi sekarang sebagian besar modulfotovoltaik digunakan untuk pembangkit jaringan listrik tersambung setara PLN. Dalam hal ini inverter diperlukan untuk mengkonversi arus DC ke arus AC.

Indonesia mempunyai wilayah yang memiliki sumber energi matahari yang melimpah dan kita dapat memanfaatkannya sebagai sumber energi di rumah-rumah dan gedung dan saat ini di dunia kendaraan listrik dan energi tenaga surya sama-sama tengah dikembangkan. Dimana kendaraan listrik dapat memanfaatkan solar panel sebagai sumber energi listrik, teknologi ini sudah dikembangkan di sejumlah negara. Bahkan di beberapa negara mereka menggunakan teknologi ramah lingkungan dapat subsidi dari pemerintah. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa perusahaan jasa pasang solar panel salah satunya adalah Sewatama yang bergerak dibidang pengadaan dan pemasangan solar panel.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.