Senin, 20 April 2020

Mulai dari Import Sampai Taman Bermain, Ini Dia Cara Pengolahan Sampah di Luar Negeri

Cara pengolahan sampah

Cara pengolahan sampah  di masing-masing negara tentu berbeda-beda.Kebijakan pemerintah di masing-masing negara pun berbeda-beda dalam mengatasi sampah. Jika di Indonesia, kita mulai diajarkan untuk memilah-milah sampah menjadi 2 kategori, sampah organik dan nonorganik maka di negara lain penerapannya bisa berbeda.

Hingga saat ini sampah masih menjadi persoalan bagi dunia. Berbagai macam cara sudah mulai dilakukan oleh para pemerhati lingkungan. Mulai dari kampanye 3 R (Reuse, Reduce dan Recycle), gerakan minim sampah hingga tak ketinggalan sekarang ada bank sampah.

Bank sampah siap menampung dan mengolah kembali sampah-sampah agar menjadi benda yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Pengolahan sampah merupakan proses untuk mengumpulkan, mengangkut, mendaur ulang atau membuang material sampah yang dihasilkan oleh manusia. Proses ini bertujuan agar sampah tidak menimbulkan bencana bagi kehidupan manusia.

Sudah banyak kejadian bencana yang timbul akibat sampah selain bau busuk, sampah bisa menyebabkan banjir, bencana tanah longsor dan mencemari laut. Ada juga berita yang sangat mengejutkan yakni tentang kematian ikan paus yang ditemukan dengan kondisi perut dipenuhi dengan sampah plastik seberat 40 kg.

Berbagai macam upaya bisa kita dilakukan untuk mengurangi sampah. Misalnya mengurangi penggunaan plastik. Kantong plastik dapat diganti dengan kantong kain yang dapat digunakan berulang-ulang. Memakai sedotan bambu atau staintless, membawa botol isi ulang sendiri saat berpergian.

Lalu bagaimana cara pengolahan sampah di luar negeri? Yuk, simak tulisan berikut ini!

1. Swedia Malah Kekurangan Sampah

Cara pengolahan sampah
Hipwee
Negara Swedia bisa dikatakan sangat sukses dalam mengolah sampah. Hampir 99% sampah di Swedia didaur ulang menjadi energi untuk menghidupkan sumber daya energi di rumah-rumah.Kebijakan pemerintah yang menyediakan pusat daur ulang setiap 300 meter dari wilayah pemukiman mempermudah penduduknya untuk melakukan pemilahan sampah sendiri.

Pemerintah Swedia memberikan reward dalam bentuk uang untuk setiap botol atau  kaleng bekas yang dimasukkan ke tempat daur ulang, sistem ini dinamakan Pant System. Program ini dipercaya dapat mendorong masyarakat lebih disiplin untuk mengolah sampah.

Warga Swedia memiliki kebiasaan memakai ulang barang-barang. Mereka lebih suka memakai barang yang bisa digunakan kembali sehingga tidak membeli produk baru yang berpotensi menimbulkan sampah.

Uniknya, para produsen pakaian akan memberikan diskon untuk setiap pelanggan yang mengembalikan pakaian bekasnya ke mereka. Wah, kalau begini sih nggak akan ada limbah pakaian yang dibuang begitu saja ya?

Swedia juga melakukan penerapan waste-to-energy yaitu mengolah sampah dengan cara dibakar dengan suhu tinggi dan mengubahnya menjadi energi listrik atau panas. Abu sisa dari pembakaran inin juga dimanfaatkan sebagai bahan kontruksi jalan. Untuk membuat kegiatan ini terus berjalan, kabarnya Swedia sampai harus mengimpor sampah dari negara tetangga. Sistem pembakaran sampah ini sudah sangat canggih sehingga asap buangan yang dihasilkan pun tidak berbahaya bagi lingkungan.

Luar biasa ya, cara pengolahan sampah di negara Swedia ini? Nggak cuma melibatkan pemerintah saja namun masyarakat dan pihak produsen juga berperan aktif di dalamnya.

2. Rumitnya Jerman dalam Memilah Sampah

Cara pengolahan sampah
Indotrading News
Menurut data dari Eunomia yang dikutip Worls Economy Forum, Jerman merupakam negara dengan tingkat daur ulang terbaik di dunia. Presentase sampah yang diolah kembali di Jerman sudah mencapai 50 persen.

Cara pengolahan sampah di Jerman dilakukan secara detil. Jika di Indonesia hanya memilah dalam 2 kategori sampah, Di Jerman sampah dibagi hingga 4 kategori. Tempat sampahnya pun dibuat warrna-warni yaitu biru, hitam, kuning dan cokelat. Selain itu ada 3 jenis sampah yang harus dipilah kembali yaitu sampah baju bekas, botol dan gelas plastik.

Tempat sampah berwarna cokelat dikhususkan untuk membuang sampah organik, yaitu kuli buah, ampas teh/kopi, daun, sisa sayuran. Tetapi sisa makanan yang tidak dihabiskan akan masuk ke dalam tempat sampah berwarna hitam, bersama popok bayi, tissue, mainan rusak, perabot rumah tangga.

Untuk kertas-kertas, kardus, koran dan majalah dimasukkan ke dalam tempat sampah berwarna biru. Tetapi kemasan bekas minuman atau makanan tidak masuk ke wadah sampah ini melainkan masuk ke tempat sampah berwarna kuning dengan kemasan sabun, shampoo, dll.

Tempat sampah untuk membuang gelas dan botol tidak disediakan, melainkan harus diserahkan ke pusat pembuangan sampah botol bekas. Di sana pun, sampah gelas akan dipilah kembali berdasarkan warnanya yaitu putih, hijau dan cokelat.

Pakaian bekas harus dibuang di box khusus untuk pembuangan baju bekas yang bisa dipakai kembali dan disumbangkan kepada pengemis.

Cukup rumit juga ya pemilahan sampahnya?

3. Jepang Paling Disiplin Mengatasi Sampah

Cara pengolahan sampah
Source: Angintropis
Warga Jepamg dikenal sangat serius didalam menangani sampah, tidak ada sampah yamg dibuang sembarangan. Mereka pun membagi sampah ke dalam 4 jenis yaitu sampah bakar, sampah tidak dibakar, sampah daur ulang dan sampah ukuran besar.

Keseriusan Jepang dalam mengolah sampah dibuktikan dengan pengajaran tentang kesadaran lingkungan yang sudah ditanamkam sejak dini melalui sekolah-sekolah. Tak cuma teori, anak-anak dikerahkan untuk membersihkan lingkungan sekolah. Program ini disebut Gomi Zero yang artinya gerakan tidak ada sampah.

Hal ini juga diterapkan perusahaan untuk para karyawannya untuk memunguti sampah di pinggir jalan, sungai dan lingkungan kerja sehingga menciptakan kesadaran Gomi Zero sampai dewasa. Ada biaya khusus juga untuk jenis sampah seperti televisi, kulkas atau sampah yangt sulit didaur ulang.

4. Jangan Pernah Membuang Sisa Makanan di Korea Selatan!

Cara pengolahan sampah
Hipwee
Negeri K-Pop ini tak hanya keren dalam musik dan film dramanya namun juga dalam pengolahan sampah. Pada tahun 2008 hingga 2014, dikutip dari Starits Times tercatat sampah makanan di Korea Selatan berkurang dari 5,1 ton menjadi 4,8 ton per hari. Hal ini disebabkan karena pemerintah menerapkan program bernama "Pay As You Trash".

Di dalam program ini, warga harus memisahkan sampah makanan dengan bungkusannya dan memasukkan ke alat khusus pengolahan. Agar bisa memakai alat pengolahan ini. mereka harus membayar uang disesuaikan dengan berat sampahnya.

Warga Korea Selatan membagi sampah mereka menjadi 3 jenis yaitu sampah makanan, sampah yang bisa didaur ulang dan sampah yang tidak bisa dimasukkan ke dalam 2 kategori itu, misal popok bekas dan tissue. Jika tinggal di apartemen, maka ada satu lantai khusus untuk membuang sampah, ada 3 ruangan yaitu pertama untuk sampah besar seperti sofa, lemari dan sejenisnya. Ruang kedua untuk sisa makanan dan ruang ketiga untuk sampah yang bisa didaur ulang.

Korea Selatan juga sudah memanfaatkan sampah menjadi sumber energi pembangkit listrik. Teknologi ini dinamakan Direct Combustion. Sampah plastik dikumpulkan dan dibakar dengan suhu tinggi sehingga menghasilkan energi panas. Energi panas kemudian menghasilkan uap air yang dapat memutar turbin untuk menghasilkan listrik.

5. Taman Bermain di Uganda

Cara pengolahan sampah
Outreach Uganda
Mempercantik lingkungan dengan memanfaatkan sampah, itukah yang dilakukan oleh seniman dan ahli lingkungan, Ruganzu Bruno di daerah kumuh Kampala, Uganda. Bersama Eco Art Uganda sebuah perkumpulan seniman-seniman Uganda, Bruno membuat taman bermain. Hampir seluruh wahana dibuat dengan menggunakan sampah plastik, botol dan benda-benda bekas lainnya.

Taman bermain ini juga dipakai untuk sarana mengenalkan kepedulian terhadap lingkungan dimulai dari sejak kecil. Diharapkan dengan edukasi kesadaran lingkungan ini, masalah sampah dapat teratasi.

Yuk Mulai Bijak Plastik 

Persoalan sampah memang tidak ada habisnya. Hampir setiap hari produksi sampah tidak dapat dihindari. Rinso bersama Unilever mempelopori gerakan Yuk Mulai Bijak Plastik mengajak kita semua untuk mulai peduli dengan lingkungan.

Rinso mengajak kita untuk mengurangi penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari serta mengumpulkan sampah dan memilah-milahnya menurut jenisnya. Bisa juga dengan menyetorkan sampah yang bisa didaur ulang ke bank sampah.


Sumber referensi: 

suneducationgroup.com/news-id/pengelolaan-sampah-terbaik-di-dunia-dari-swedia/

http://www.jermanmanajemen.de/sistem-pengolahan-sampah-di-jerman/

https://m.liputan6.com/lifestyle/read/3901947/cerita-akhir-pekan-6-negara-dengan-pengelolaan-sampah-terbaik-apakah-ada-indonesia

https://bangazul.com/belajar-mengelola-sampah-dari-negara-lain/amp/

https://katadata.co.id/amp/berita/2019/12/03/ragam-kisah-sukses-sistem-pengolahan-sampah-di-berbagai-negara

https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparanfood/cara-unik-korea-selatan-kurangi-sampah-makanan

Selasa, 14 April 2020

Tebarkan Kebaikan THR Big Ramadhan Sale Shopee di Tengah Pandemi Covid-19

Bulan Suci yang Penuh Kebaikan

Bulan Ramadhan merupakan moment yang sangat penting bagi umat Islam. Sayangnya, tahun ini ibadah puasa akan terasa sangat berbeda karena adanya pandemi Covid-19. Pemerintah menghimbau penduduk Indonesia untuk menerapkan physical distancing antar sesama, tetap tinggal di rumah bahkan beribadah di rumah masing-masing.

Biar pun di rumah aja, harus tetap semangat ya kawan. Manfaatkan moment ini sebagai waktu untuk jadi insan yang lebih baik lagi. Banyak berdoa, baca kitab suci, mengucap syukur dan rajin berbagi dengan sesama lewat banyak cara.

Di masa seperti ini pas banget kalo mau berbagi kebaikan. Misal bagi sembako, bagikan masker ke orang lain, berbagi makanan, berdonasi ke lembaga-lembaga sosial, dll.

Berbagi dari Rumah Aja dengan Shopee

Mau berbagi tanpa harus ke luar rumah bersama Shopee? Bisa banget!

Di Shopee kamu bisa berdonasi dan memberi dukungan sembako bagi yang terdampak Covid-19, mulai dari 5.000 rupiah. Berikan zakat juga lewat Shopee sehingga lebih aman dari resiko terpapar virus Corona.

Jangan lupa manfaatin promo menarik dari THR Big Ramadhan Sale 2020, yang memberikan gratis ongkir, pasti diskon 50% dan dapatkan THR 10M.

Shopee mengerti akan kebutuhan para penggunanya saat pandemi berlangsung. Tak perlu juga ke luar rumah untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari karena Shopee akan mengirimkannya langsung ke rumah.

Misalnya kemarin nih, aku baru saja membeli beras di Shope dengan memanfaatkan gratis ongkir. Senangnya bisa berbelanja dari rumah :D

Lebaran 2020 Nggak Mudik Dulu

Mak bapak aku ora biso mulih
(Ibu bapak aku tidak bisa pulang)
Bakdo iki atiku sedih
(Saat ini hatiku sedih)
Mak bapak aku ora teko
(Ibu bapak aku tidak datang)
Neng kene aku isih kerjo
(Di sini aku masih kerja)
-Lirik Lagu Ora Iso Mulih-Didi Kempot-

Sobat Ambyar pasti tahu lagu ini kan? Dalam Konser Amal dari Rumah, Pak Didi Kempot berpesan agar jangan mudik dulu tahun ini dan stay at home aja.

Kita semua pasti sedih jika tidak bisa pulang kampung. Tapi ini demi kebaikan bersama, biar yang di perantauan tetap sehat yang di tempat asal pun sehat.

Meski tidak ikut merayakan, momen Lebaran memang sungguh menjadi momen yang dinantikan. Karena hanya saat itulah aku bisa pulang dengan jangka waktu yang cukup lama mengikuti jadwal libur suami.

Jangan Sedih Nggak dapat THR Tahun Ini


Buat kamu yang pekerjaannya terdampak Covid-19 sehingga harus resign yang artinya nggak akan terima THR tahun ini, nggak usah sedih. Shopee bagi-bagi THR sampai 10M lho!

Kamu juga berkesempatan memenangkan kompetisi foto THR Big Ramadhan Sale juga.

Selama pandemi ini, Shopee juga akan terus memanjakan para penggunanya agar tetap bisa berbelanja tanpa ke luar rumah. Mulai 14 April 2020, Shopee bahkan memperbolehkan 1 transaksi dengan menggunakan 3 voucher sekaligus. Wow!

Promo Seru THR Big Ramadhan Sale Shopee


-Mainkan Shopee Tanam THR 10M dapatkan panen berlimpah tiap hari hingga 1 juta koin Shopee.

-Gratis Ongkir Ekstra

-Pasti Diskon 50%

Semoga kondisi yang tidak menentu seperti ini justru membawa kita lebih dekat dan makin bergantung pada Sang Pencipta. Bukan malah menjauhkan diri dan makin ambyar. Percayalah semua yang terjadi saat ini selalu ada hikmahnya. 

Jumat, 10 April 2020

10 Manfaat Dongeng untuk Anak Usia Dini


Pengertian dongeng menurut Wikipedia Indonesia


Image: Pixabay

Dongeng merupakan salah satu bentuk sastra lama yang menceritakan suatu kejadian yang luar biasa dan penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Biasa diceritakan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral/mendidik dan juga menghibur.

Contoh dongeng adalah Angsa Bertelur Emas, Si Kancil dan Buaya, Timun Emas, dll. Mendongeng bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya butuh sebuah kebiasaan agar anak tertarik untuk mendengarkan.

Selain untuk mendidik anak lewat pesan moral yang terkandung di dalam dongeng, ternyata mendongeng bermanfaat juga untuk melatih kemampuan berkomunikasi anak. Alangkah baiknya jika anak dikenalkan dengan dongeng sejak masih usia dini, sehingga anak memiliki karakter yang baik.

Manfaat Dongeng Bagi Anak Usia Dini


Dongeng Aku dan Kau
Pixabay

Ada banyak manfaat mendongeng bagi anak usia dini terutama jika dilakukan sebelum tidur, diantaranya:

1. Menjalin kedekatan antara anak dan orang tua

Membacakan dongeng setiap malam sebelum tidur membuat anak secara otomatis menjadi lebih dekat dengan ayah atau ibunya. Anak akan merasa dirinya diperhatikan dan ia juga akan memperhatikan apa yang diceritakan.

Anak pun akan lebih mudah percaya kepada orang tuanya dan menjadi lebih terbuka.

2. Menumbuhkan minat baca dan imajinasi anak

Mendengarkan dongeng membuat anak menjadi berimajinasi masuk ke dalam cerita. Ia juga bisa menggali cerita lebih lagi dengan bertanya. Hal ini akan membuatnya tertarik dengan apa yang dibaca oleh orang tuanya.

Sehingga ketika bertumbuh makin besar ia sudah memiliki minat baca yang tinggi karena terbiasa dibacakan dongeng atau cerita.

3. Melatih ketajaman memori

Selesai membacakan dongeng, cobalah bertanya ulang kepada sang anak tentang alur cerita, siapa tokohnya dan awal cerita. Sang anak akan berusaha untuk mengingat-ingat kembali cerita yang didengarnya. Sehingga kemampuan mengingat sesuatu akan terlatih.

4. Meningkatkan ketrampilan berpikir kritis

Dongeng biasanya menceritakan hal-hal luar biasa yang tidak mungkin terjadi. Anak biasanya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sehingga akan bertanya-tanya tentang dongeng yang dibacakan. Hal ini secara tidak langsung melatih dirinya berpikir kritis.

5. Mengembangkan kemampuan dalam berbahasa

Biasa mendengarkan susunan kalimat yang ditata baik, akan membuat anak jadi terampil berbahasa. Dia juga akan aktif bertanya jika ada kata-kata yang baru didengarnya.

6. Melatih anak untuk mendengar

Membiasakan anak mendengarkan dongeng sebelum tidur juga melatih konsentrasi anak. Karena anak akan fokus pada alur cerita yang dibacakan.

7. Melatih anak untuk berbicara

Setelah mendengarkan kosakata baru, anak maka akan lebih mudah untuk menirukan bunyi suara yang didengarnya. Hal ini akan menghindarkan anak dari keterlambatan berbicara.

8. Membentuk kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional sangat diperlukan anak ketika bersosialisasi dengan lingkungan. Dongeng biasanya mengandung banyak pesan moral seperti gotong-royong, saling tolong-menolong dan kebiasaan baik di masyarakat. Secara tidak langsung anak diajarkan untuk melatih emosinya ketika menghadapi situasi di sekitarnya.

9. Menumbuhkan rasa empati

Setelah memahami permasalahan, rasa empati anak juga dibangun melalui dongeng. Misalkan ketika ada yang sedih, maka anak tahu ia harus menghibur. Ketika ada yang kesulitan maka ia harus menolong.

10. Menanamkan nilai-nilai moral dalam kehidupan 

Cerita di dalam dongeng biasanya mengandung banyak nilai-nilai moral dalam kehidupan. Melalui dongeng anak akan belajar bagaimana berempati, menolong orang lain, menjaga kebersihan, bekerja keras dll. Ayah dan ibu bisa menggali pelajaran untuk ditularkan kepada anak tanpa harus berkesan menggurui. Biarkan melalui indera pendengarannya anak mengenal berbagai macam kisah kehidupan.

Nah, itulah manfaat mendongeng bagi anak usia dini.

Gerakan 1 Juta Dongeng Aku dan Kau

Jutaan bunda di Indonesia sudah bergabung dalam program Gerakan 1 Juta Dongeng dengan bermain Dongeng Interaktif Aku dan Kau bersama Si Buah Hati. Dancow berupaya untuk mengembangkan Anak Unggul Indonesia yaitu keberanian, kecerdasan, kreativitas, kepedulian dan kepemimpinan.

Di dalam website www.dancow.co.id tersedia 15 Video Interaktif Dongeng Aku dan Kau yang bisa dimainkan bersama dengan anak. Dongeng yang ada cocok digunakan untuk anak di bawah satu tahun karena bahasanya sederhana dan mudah diikuti anak.

Caranya beli Dancow 1+/3+/5+ ukuran apa saja, temukan kode unik, pilih salah satu dongeng interaktif, daftar dan masukkan kode unik untuk memainkannya.

Sumber:
- https://www.google.com/amp/s/www.appletreebsd.com/yuk-ketahui-10-manfaat-mendongeng-untuk-anak-usia-dini/amp/
- https://www.google.com/amp/s/www.indozone.id/amp/bnsNd3/manfaat-mendongeng-untuk-anak-usia-dini
- https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dongeng

6 Manfaat Asuransi Kesehatan AXA Hospital Plus Life

Mengenal AXA Hospital Plus Life

Pixabay
Tinggal di iklim tropis seperti di Indonesia memiliki resiko terserang berbagai macam penyakit seperti Typus dan Demam Berdarah. Biaya perawatan rumah sakit pun tidaklah murah, apalagi jika ingin mendapatkan pelayanan yang terbaik.

Miliki dua perlindungan asuransi kesehatan selain BPJS agar bisa double klaim ketika sakit tiba-tiba menyerang. Tabungan masa depan pun tetap aman dan keluarga menjadi tenang karena biaya rumah sakit sudah tercover oleh asuransi rawat inap.

AXA Hospital Plus Life adalah salah satu produk perlindungan kesehatan dari Asuransi Kesehatan AXA dengan manfaat proteksi terhadap penyakit tropis.

Dapatkan juga manfaat santunan harian untuk rawat inap dan rawat inap di unit ICU. Keuntungan lainnya ada pembayaran premium dengan membayar premi tahunan yang nilainya sama dengan 10 bulan. Disertai dengan pengembalian premi sampai 100% apabila terdapat klaim maupun tidak ada.

6 Manfaat Asuransi Kesehatan AXA Hospital Plus Life 

Ig AXA Indonesia 

1. Santunan untuk Perawatan Inap

Memberikan ganti biaya harian rawat inap di RS sampai 1 juta rupiah per hari maksimal 90 hari per tahun.

2. Santunan Rawat Inap Penderita Penyakit Tropis

Memberikan ganti biaya rawat inap di RS sampai 2 juta per hari apabila dirawat karena penyakit tropis maksimal 90 hari per tahun.

3. Santunan untuk Perawatan ICU

Memberikan penggantian dana harian di ruang perawatan intensif hingga 3 juta per hari dengan maksimal 30 hari per tahun.

4. Manfaat Pemberian Perlindungan Jiwa

Bila tertanggung/nasabah meninggal dunia dalam 4 tahun pertama, maka pewaris akan mendapatkan total premi yang dibayarkan selama 4 tahun.

Jika dalam tahun ke-5 sd ke-12, nasabah meninggal karena kecelakaan maka akan mendapat 240 kali manfaat santunan harian.

Jika bukan karena kecelakaan, maka ahli waris akan menerima sebesar 120 kali manfaat santunan harian.

5. Manfaat Pemberian Diskon Premi

Bayar premi tahunan dan dapatkan diskon 2 bulan. Jadi bayar setahun hanya membayar sebesar premi selama 10 bulan saja.

6. Manfaat Pengembalian Premi

Bila tidak terjadi klaim atau manfaat, kita bisa mendapatkan pengembalian premi sebesar 100 %. Jika terjadi klaim atau manfaat maka pengembalian klaim tetap 100%.

Syarat untuk Mendapatkan Asuransi Kesehatan AXA Hospital Plus Life

1. Usia masuk mulai 15 hari sampai 53 tahun, dihitung pada saat ulang tahun terakhir.

2. Masa pertanggungan sampai dengan 65 tahun.

3. Minimum premi Rp. 140.000,- (usia 0-30 tahun dan Plan I).

4. Pengembalian premi di akhir tahun ke-12 sebesar 100%.

5. Cara bayar bisa bulanan atau tahunan.

6. Jalur distribusi secara telemarketing.

7. Tidak ada family discount.

Sabtu, 04 April 2020

7 Aplikasi Pengusir Kebosanan Sekaligus Menghasilkan

Halo...halo...gimana kegiatan kalian di masa pandemi virus Corona ini? Kerja dari rumah atau masih harus keluar buat kerja? Tetap semangat ya temans!

Semoga pandemi ini lekas berlalu dari seluruh negara-negara di dunia. Stay safe semua.


Diam di rumah memang membosankan. Kayaknya dari bangun tidur udah lakuin ini, itu tapiii masih aja bosan.  Adanya malah masak terus, makan terus, main hape terus. Diam di rumah malah bikin mager, alhasil bikin tubuh jadi melaaar....wuaaa..

Biar nggak makin bosen, biasanya aku buka hape. Tapi nggak melulu buka IG, Twitter atau Facebook ya, ada aplikasi lain yang aku gunakan juga. Dari kegiatan ini aku bisa hasilin receh buat beli pulsa, hi, hi.

Aplikasi apa sajakah itu?

1. Surveyon


Play Store Google 

Pertama ada SURVEYON. Dari namanya aja, udah jelas bahwa aplikasi ini merupakan aplikasi untuk survey.

Di sini kita diminta untuk mengisi survey, yang jika selesai diisi maka akan mendapat imbalan berupa poin. Nah, poinnya bisa ditukerin dengan pulsa atau Paypal.

Setiap survey bisa mendapat mulai dari pecahan 1p, 10p, 50p, 100p, 1000p sampai 5000p. Bisa dapat 3p tiap hari jika mengisi quickpoll maksimal 3 kali per hari.

Para surveyon bisa mendapat 200p dengan membuat quickpoll sendiri, dengan syarat sudah mendapat 100 suara.

1 poin disini setara dengan 1 rupiah. Penukaran poinnya cukup mudah hanya dengan minimal 11ribu poin bisa ditukar pulsa 10ribu. Pastikan nomor hp yang didaftarkan sama dengan nomor yang akan diisi pulsa.

2. Nusaresearch



Aplikasi ini hampir sama dengan Surveyon. Ada 4 tipe survey yaitu survey publik, survey pribadi, survey cepat dan hai survey.

Untuk mengumpulkan poin harus rajin-rajin menengok dan mengisi survey. Kita bisa mendapat 1 sampai 50 poin. Bila beruntung kita dapat mengisi survey pribadi yang dikirim melalui email. Dari survey itu, bila sesuai dengan kriteria yang dicari Nusaresearch maka bisa mendapat poin lebih besar. Dari satu survey pribadi aku bisa mendapat poin sampai 150.

Untuk penukaran tersedia 5 pilihan, Gopay, pulsa, e-wallet,  Line Gift code dan Paypal. Minimal poin yang biaa ditukar 500 poin yang setara dengan 25.000 rupiah.

Kalo di Nusaresearch aku sudah beberapa kali menukarkan reward berupa pulsa.

Cek rewiewku menggunakan Nusaresearch juga di Mengisi Waktu Luang dengan survey dari Nusaresearch.

3. Pomona 



Punya struk belanja? Jangan dibuang ya teman. Lumayan lho kalo difoto trus diunggah ke aplikasi struk belanja ini. Tunggu verifikasi dulu apakah struk sesuai dengan ketentuan atau tidak? Biasanya butuh 2x24 jam atau bisa lebih cepat kalo struk ternyata ga memenuhi syarat.

Sejak ada aplikasi ini, tiap belanja bisa banget deh dapat cashback mulai 300 sampai 500 rupiah per struk. Meski receh kalo dikumpulin lumayan tuh bisa ditukar buat ngisi pulsa, tuker Go-Pay atau ditransfer ke bank.

Minimal penukaran 10.000 untuk pulsa, 25.000 untuk Gopay dan 50.000 transfer bank. Yeay, asyik kan belanja dapat cashback.

Oya tidak berlaku buat struk pembelian di toko online, tempat makan dan bank receipt.

4. Snapcart



Mirip sama Pomona namun bagiku ini lebih ke permainan aja. Jadi sistemnya sama, foto struk diunggah lewat aplikasi. Nanti setelah diunggah nggak langsung dapat cashback tapi dapat coins.

500 Coins harus ditukar untuk bermain satu kali di snap tastic agar mendapat cashback. Menurutku ini cuma buat mainan aja, karena ngumpulin cashbacknya lama.

Bayangkan 500 coins untuk 1x permainan, cashback yang didapat kisaran 10 sampai 25 rupiah aja. Kalo beruntung bisa dapat Super Tile 5000 rupiah. Tapi selama ini belum pernah dapet hu, hu..

Minimal untuk nuker 10 ribu aja (aku baru satu kali tukar dengan pulsa). Kayaknya pilihannya cuma dapat reward pulsa aja. Masih betah di aplikasi ini karena buat ngisi waktu aja.

5. Shopee



Siapa yang udah pasang Shopee? Pasti tahu dengan fitur Shopee games ya?

Awalnya ada Goyang Shopee, trus sekarang mulai hilang. Tapi tergantikan dengan Shopee Tangkap, Shopee Lempar, Shopee Ingat-ingat. Menurutku jika rajin ngikutin permainan ini lumayan lho dapat koin Shopee. Nantinya koin ini bisa jadi potongan harga. Maksimal koin yang bisa dipakai untuk pembelian adalah 25 % dari harga yang harus dibayar.

6. Cashzine 



Kalo baca berita sambil ngumpulin receh mau nggak? Gara-gara nonton You Tube review aplikasi asal Malaysia ini jadi pengen download deh.

Tiap satu berita yang dibaca, kita akan mendapat 50 koin. 5000 koin setara dengan Rp. 1000,-. Minimal penukaran koin adalah 500.000 ditukar dengan 100 ribu rupiah.

Jika ingin cepat menukarkan koin, kita bisa mengikuti program refferal. Tiap satu teman yang memasukkan kode refferal akan mendapat 8000 koin langsung dan yang punya kode akan dapat 40.000 secara bertahap.

Kalo dari teman-teman berminat download aplikasi ini, jangan lupa untuk masukin kode referral 3348819. 

7. ShopBack



Suka belanja online? Bisa banget dapat cashback lho! Caranya buka aplikasi ShopBack lalu pilih e-commerse favorit lalu belanja seperti biasa. Aplikasi ini lumayan banget bisa menambah uang beli pulsa.

Cashback yang bisa didapat bervariasi, biasanya 1-7 % dari harga barang. Nantinya cashback itu dikumpulkan dulu menjadi saldo yang tertunda, sambil menunggu proses verifikasi dari toko e-commerse.

Setelah disetujui saldo berubah menjadi saldo yang dapat ditarik. Minimal penarikan, 25 ribu berbentuk pulsa dan 50 ribu transfer ke bank.

Jika mendaftar melalui kode refferal, maka kita akan mendapat saldo tertunda 25.000 rupiah pertama. Saldo tersebut akan berubah menjadi saldo yang bisa ditarik jika sudah melakukan pembelian minimal Rp 125. 000 di e-commerse yang terdaftar.

Bagi teman-teman yang ingin mendownload ShopBack sekaligus mendapat kode referral bisa klik di sini.

Meski receh tapi kalo dikumpulin lumayan buat beli kuota. Hi, hi.

Nah, dari 7 aplikasi di atas mana yang sudah kamu pakai? Atau kamu punya aplikasi lain untuk mengusir kebosanan sekaligus penghasil receh, bisa dishare di komentar ya.