Pengertian dongeng menurut Wikipedia Indonesia

Manfaat Dongeng untuk Anak Usia Dini
Image: Pixabay

Dongeng merupakan salah satu bentuk sastra lama yang menceritakan suatu kejadian yang luar biasa dan penuh khayalan (fiksi) yang dianggap oleh masyarakat suatu hal yang tidak benar-benar terjadi. Biasa diceritakan secara turun-temurun dari nenek moyang. Dongeng berfungsi untuk menyampaikan ajaran moral/mendidik dan juga menghibur.

Contoh dongeng adalah Angsa Bertelur Emas, Si Kancil dan Buaya, Timun Emas, dll. Mendongeng bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Hanya butuh sebuah kebiasaan agar anak tertarik untuk mendengarkan.

Selain untuk mendidik anak lewat pesan moral yang terkandung di dalam dongeng, ternyata mendongeng bermanfaat juga untuk melatih kemampuan berkomunikasi anak. Alangkah baiknya jika anak dikenalkan dengan dongeng sejak masih usia dini, sehingga anak memiliki karakter yang baik.

Manfaat Dongeng Bagi Anak Usia Dini

Dongeng Aku dan Kau
Pixabay
Baca Juga: Serunya Mengasuh dan Mendidik Anak Balita 

Ada banyak manfaat mendongeng bagi anak usia dini terutama jika dilakukan sebelum tidur, diantaranya:

1. Menjalin kedekatan antara anak dan orang tua

Membacakan dongeng setiap malam sebelum tidur membuat anak secara otomatis menjadi lebih dekat dengan ayah atau ibunya. Anak akan merasa dirinya diperhatikan dan ia juga akan memperhatikan apa yang diceritakan.

Anak pun akan lebih mudah percaya kepada orang tuanya dan menjadi lebih terbuka.

2. Menumbuhkan minat baca dan imajinasi anak

Mendengarkan dongeng membuat anak menjadi berimajinasi masuk ke dalam cerita. Ia juga bisa menggali cerita lebih lagi dengan bertanya. Hal ini akan membuatnya tertarik dengan apa yang dibaca oleh orang tuanya.

Sehingga ketika bertumbuh makin besar ia sudah memiliki minat baca yang tinggi karena terbiasa dibacakan dongeng atau cerita.

3. Melatih ketajaman memori

Selesai membacakan dongeng, cobalah bertanya ulang kepada sang anak tentang alur cerita, siapa tokohnya dan awal cerita. Sang anak akan berusaha untuk mengingat-ingat kembali cerita yang didengarnya. Sehingga kemampuan mengingat sesuatu akan terlatih.

4. Meningkatkan ketrampilan berpikir kritis

Dongeng biasanya menceritakan hal-hal luar biasa yang tidak mungkin terjadi. Anak biasanya memiliki rasa keingintahuan yang tinggi sehingga akan bertanya-tanya tentang dongeng yang dibacakan. Hal ini secara tidak langsung melatih dirinya berpikir kritis.

5. Mengembangkan kemampuan dalam berbahasa

Biasa mendengarkan susunan kalimat yang ditata baik, akan membuat anak jadi terampil berbahasa. Dia juga akan aktif bertanya jika ada kata-kata yang baru didengarnya.

6. Melatih anak untuk mendengar

Membiasakan anak mendengarkan dongeng sebelum tidur juga melatih konsentrasi anak. Karena anak akan fokus pada alur cerita yang dibacakan.

7. Melatih anak untuk berbicara

Setelah mendengarkan kosakata baru, anak maka akan lebih mudah untuk menirukan bunyi suara yang didengarnya. Hal ini akan menghindarkan anak dari keterlambatan berbicara.

8. Membentuk kecerdasan emosional

Kecerdasan emosional sangat diperlukan anak ketika bersosialisasi dengan lingkungan. Dongeng biasanya mengandung banyak pesan moral seperti gotong-royong, saling tolong-menolong dan kebiasaan baik di masyarakat. Secara tidak langsung anak diajarkan untuk melatih emosinya ketika menghadapi situasi di sekitarnya.

9. Menumbuhkan rasa empati

Setelah memahami permasalahan, rasa empati anak juga dibangun melalui dongeng. Misalkan ketika ada yang sedih, maka anak tahu ia harus menghibur. Ketika ada yang kesulitan maka ia harus menolong.

10. Menanamkan nilai-nilai moral dalam kehidupan 

Cerita di dalam dongeng biasanya mengandung banyak nilai-nilai moral dalam kehidupan. Melalui dongeng anak akan belajar bagaimana berempati, menolong orang lain, menjaga kebersihan, bekerja keras dll. Ayah dan ibu bisa menggali pelajaran untuk ditularkan kepada anak tanpa harus berkesan menggurui. Biarkan melalui indera pendengarannya anak mengenal berbagai macam kisah kehidupan.

Nah, itulah manfaat mendongeng bagi anak usia dini.

Gerakan 1 Juta Dongeng Aku dan Kau

Jutaan bunda di Indonesia sudah bergabung dalam program Gerakan 1 Juta Dongeng dengan bermain Dongeng Interaktif Aku dan Kau bersama Si Buah Hati. Dancow berupaya untuk mengembangkan Anak Unggul Indonesia yaitu keberanian, kecerdasan, kreativitas, kepedulian dan kepemimpinan.

Di dalam website www.dancow.co.id tersedia 15 Video Interaktif Dongeng Aku dan Kau yang bisa dimainkan bersama dengan anak. Dongeng yang ada cocok digunakan untuk anak di bawah satu tahun karena bahasanya sederhana dan mudah diikuti anak.

Caranya beli Dancow 1+/3+/5+ ukuran apa saja, temukan kode unik, pilih salah satu dongeng interaktif, daftar dan masukkan kode unik untuk memainkannya.

Sumber:
- https://www.google.com/amp/s/www.appletreebsd.com/yuk-ketahui-10-manfaat-mendongeng-untuk-anak-usia-dini/amp/
- https://www.google.com/amp/s/www.indozone.id/amp/bnsNd3/manfaat-mendongeng-untuk-anak-usia-dini
- https://id.m.wikipedia.org/wiki/Dongeng

23 Comments

  1. Yap sepakat bgt emg manfaat mendongeng untuk anak dahsyat bgt ya. Yg jelas melatih anak berpikir dan menggali rasa penasaran dia. Plus yg pling penting mengenalkan dunia literasi sejak dini

    ReplyDelete
  2. Aku suka dongeng. Tapi belum pernah dongengin anak pakai buku. Biasanya anak-anak nonton dongeng. Hehehehe. Kalau untuk bacakan cerita, lebih ke kisah-kisah Islami, Mbak

    ReplyDelete
  3. Banyak banget manfaat dongeng yang bisa didapatkan oleh anak. Semoga para orang tua senantiasa membacakan dongeng untuk buah hatinya agar anak tumbuh menjadi lebih baik dan cerdas.

    ReplyDelete
  4. Saya juga senang bercerita untuk anak-anak. Quality time saya adalah sebelum tidur. Kadang-kadang pakai kostum ala ala biar seru, hehehe. Pokoknya membaca harus menyenangkan buat my three kiddos ☺

    ReplyDelete
  5. Anakku juga paling suka kalo dibacakan cerita, selalu antusias. Memang setiap hari harus menyempatkan untuk membacakan dongeng untuk anak karena ternyata manfaatnya banyak sekali ya. Makasih sharing nya Mbak.

    ReplyDelete
  6. Biasanya yang dongengin anak sebelum tidur itu suami. Kayaknya aku jg harus nih sbg ibu. Makasih sharingnya, Mbak. Jd menyadarkan ku utk lbh sering cerita ke anak

    ReplyDelete
  7. Ya Alloh, Dancow! buku dongeng saya waktu kecil sebagian besar berasal dr hadiah Dancow! super bagus bangett smpai dikumpulin jadi satu tebel banget. Terima kasih bnyak infornasi dan ulasan kece nya kak ^^

    ReplyDelete
  8. Memang dongeng sangat penting untuk di perdengarkan sebelum tidur, khususnya untuk Ibu wajib bisa mendongeng agar anak-anak bisa mengambil pelajaran dari pesan moral.

    Masih ingat sekali waktu saya kecil selalu di dongegi Ibuku sebelum tidur, dulu dongeng yg sering di perdengarkan adalah "Ande-ande lumut". Terimakasih IBU :)

    ReplyDelete
  9. Saya nggak pernah dongeng sama anak-anak. Nggak bisa. Tapi dulu waktu saya amsih kecil, setiap mau tidur ibu saya selalu mendongeng sebelum tidur. Dampaknya saya suka berimajinasi hingga saat ini.

    Sharingnya bermanfaat banget. Thanks

    ReplyDelete
  10. Dongeng tuh lebih mudah buat nanamin nilai-nilai. Anak-anakku lebih mudah dinasihati pakai dongeng daripada langsung, Mbak. Hehehe

    ReplyDelete
  11. Yaps setuju banget mba dongeng itu banyak manfaatny,aku kalo ponakan lagi nginep di rumah kadang aku dongengin sebelum tidur dia senang banget dan nyimak banget seperti lagi berimajinasi, terus jadi banyak tanya2 jugaa jadi ponakanku yang kecil terlatih untuk berbicara,

    ReplyDelete
  12. Aku sekarang juga lagi seneng2nya bacain dongeng buat anakku mbak. Aku suka bacain dongeng nabi-nabi, sih. Lucu banget ya bayi kalo dibacain donengn..

    ReplyDelete
  13. Saya sudah usia 45 tahun ini, masih ingat gaya mendongeng papa dan mama saya. Sangat berbekas ada ingatan saya.

    ReplyDelete
  14. Saya lagi berusaha membiasakan kegiatan mendongeng ini ke anak saya yang bontot. Belum sepekan ternyata kosakata dia nambah banyak. Seneng deh. Jadi tambah semangat untuk punya jadwal tetap bercerita

    ReplyDelete
  15. Wah, anak sy paling suka akalu diajak mendongeng. Seru, walau sebenarnya dongengan saya mgk garing. Tapi bener Mbak, kita jadi semakin dekat. Kedekatan antara ortu Dan anak. Makan juga jd lancar Jaya kalau sambil dongeng.

    ReplyDelete
  16. Nah, iya, anakku juga seneng ternyata kalau didongengin. Cuman kadang saya kehabisan ide. Dongengnya itu lagi dan lagi. Kudu banyak baca buku anak, nih, ibunya. Memang suka sih lihat ekspresinya anak saat didongengin. Dia jadi ikut membayangkan juga ceritanya.

    ReplyDelete
  17. yup, dengan mendongeng, bisa juga mencegah speech delay pada anak. sebelum tidur dua anakq selalu pengen didongengin. dulu, aq juga akrab dengan dongeng. mbahku suka dongeng tenteng abunawas dan kancil. sampai sekarang masih ingat cerritanya. :-)

    ReplyDelete
  18. Aku setuju banget dongeng bisa menstimulus anak untuk berpikir kritis. Karena kemampuan literasi itu nggak sekedar kemampuan membaca. Tapi juga memahami maksud ceritanya.

    ReplyDelete
  19. Bisa nih diterapkan ke anak... Tapi masih banyak ibu yang nggak tahu, kalau dongeng ibu berbeda dengan membaca cerita... Banyak ibu yang sekadar membaca cerita, bukan mendongeng...

    ReplyDelete
  20. Saya juga masih senang kalo didongengin... hehehehe. Waktu kecil orang tua suka ngedongeng tiap mau tidur.

    ReplyDelete
  21. Setuju dengan semua manfaat dongeng diatas terutama untuk melatih anak agar lebih lancar bicara :)

    ReplyDelete
  22. Cerita dongeng memang banyak mengandung pesan moral yang baik untuk anak. Dari dongeng anak-anak bisa belajar banyak hal tentang empati, rasa syukur dan lainnya. Program dancow ini bagus juga, mengajak bunda untuk membacakan dongeng pada anak.

    ReplyDelete
  23. bener ya, dalam dongeng itu banyak pelajaran yang bisa diambil anak karena disisipkan pesan moral, anak jadi bisa meniru kebiasaan baik dan berempati dari dongeng yang dibacakannya.

    waahh dongeng Dancow balik lagi ya? dulu paling senang menanti hadiah dongen di kemasan Dancow.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.