Selasa, 15 Oktober 2019

Kasih, Sukacita dan Pengharapan di Bulan Oktober


Tahun ini khususnya di bulan Oktober, merupakan masa-masa yang penuh kebahagiaan. Ucapan syukur kepada Tuhan tak henti-hentinya mengalir dari dalam hatiku. 

Di bulan ini, Tuhan sudah menambahkan umur satu tahun lagi. Air mataku sempat menetes ketika mendapat banyak ucapan selamat dari suami, keluarga dan teman-teman. Nggak nyangka aja bisa dapat sebegitu banyak ucapan selamat ulang tahun. Padahal di tahun-tahun sebelumnya, kebanyakan dari mereka lupa sama ulang tahunku. 

Bagiku nggak masalah sih, mau ada yang ngucapin atau enggak. Toh, sudah besar nggak perlu kaliii, seluruh dunia tahu dan mengucapkan happy birthday. Nggak pernah dirayain juga secara hura-hura paling cuma makan bareng atau dimasakin mie panjang umur. Udah!

Tahun ini adalah tahun kedua usia pernikahanku. Itu artinya ini ketiga kalinya, melewati ulang tahunku bersama suami. Di tahun sebelumnya, kami mengisi hari spesial itu dengan makan malam di restoran. Cieee! Tapi tahun ini aku minta nggak usah ke restoran. Bagi-bagi roti sama bawa konsumsi aja saat komsel. Namun, rencana kedua gagal karena bareng sama acara gereja. Ya sudahlah dibikin woles aja, ha, ha.

Dalam hati aku kecewa kenapa nggak pernah bisa berhasil bawa konsumsi dalam komsel pas berdekatan dengan hari spesial. Bayangin aja dari bulan Juni kami pengen bawa, tapi ada saja moment yang buat jadi batal. 

Dari suami, aku belajar jadi orang yang nggak gampang dikit-dikit ngambek. Bersyukurlah dalam segala hal. Entah kenapa situasi di gereja juga mendukungku untuk mengingatkanku selalu mengucap syukur dengan muncul lagu "Kubersyukur Bapa". Dan itu diulang-ulang terus. Puji Tuhan saya jadi bisa terus mengucap syukur meski ada banyak hal yang bikin aku sebenarnya bisa saja tidak mengucap syukur. Banyak hal yang mengecewakan dalam hidupku. Termasuk diriku sendiri. Ya, ada rasa kecewa terhadap diriku. 

Aku menyadari bahwa diriku bukan orang yang selalu baik dan bisa menyenangkan orang lain. Ada sikapku yang bisa dibilang kurang menyenangkan terutama jika ada sesuatu yang bikin aku tiba-tiba takut, tiba-tiba marah, ngambek, nggak mau ngapa-ngapain dan bisa nangis sendiri tanpa bisa mengungkapkan penyebabnya. Untuk kembali menjadi normal pun lama, bisa menghabiskan waktu seharian. 

Bila sudah seperti itu aku hanya ingin ditemani. Diajak berdoa dan didoakan. Setelahnya aku akan merasakan ketenangan. Kalau selama hidup dengan suami, biasanya dia akan menemaniku dan mengajakku mengenali apa sih yang ada dalam pikiranku, dalam perasaanku. Jangan dikira hal itu mudah, tidak itu sangat lama. Sulit sekali mengenali apa yang sebenarnya aku rasakan. 

Mengasihi orang lain seperti mengasihi diri sendiri itu tidak mudah jika kamu belum mengasihi dirimu. Mungkin kalimat tadi yang membuatku menjadi orang yang sulit untuk memberikan perhatian bagi orang lain. Tetapi dalam pernikahan aku belajar untuk mengasihi. Bukan lagi memikirkan perasaanku saja tetapi juga perasaan suamiku. 

Melalui komsel dan komunitas di gereja saat ini membawaku ke sebuah titik di mana aku belajar kembali tentang kasih. Paulus dalam 1 Korintus 13:2 menulis "Sekalipun aku mempunyai karunia untuk bernubuat dan aku mengetahui segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku memiliki iman yang sempurna untuk memindahkan gunung, tetapi jika aku tidak mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berguna".  

Mengasihi itu tidak mudah jika dilakukan sendiri tanpa pertolongan Tuhan. Begitu banyak hal di dunia ini yang membuat kita kepahitan, putus asa bahkan mengasihani diri sendiri. Namun terpujilah Tuhan, karena kasih itu sesungguhnya sudah hadir dalam hati kita. Sehingga kita bisa dengan mudah mengasihi orang-orang di sekitar kita. 

Dan itulah yang kurasakan, ketika teman-teman dan keluarga bahkan suami membuat hari ulang tahunku jadi terasa spesial dengan ucapan selamat. Seharian itu, hapeku sibuk sekali notifnya, wkwkwk. Terima kasih buat kalian yang sudah memberikan ucapan dan doa buat saya. 

Kejutan ulang tahun ternyata nggak berhenti sampai di sini. Karena lebih spesialnya lagi, suami dapat hadiah menginap dan jalan-jalan di Balkondes Kembang Limus, Borobudur, Magelang. Wow! 

Asyiknya jalan-jalan kami akan saya tulis dalam postingan selanjutnya. Bagiku ini adalah hadiah terindah yang Tuhan kasih dalam hidupku di bulan aku ulang tahun. Tahu nggak sih, kalian kalau aku tuh punya sukacita yang meluap-luap dari dalam hati. Bukan jalan-jalan biasa tapi ada banyak pelajaran yang kupetik lewat kegiatan ini. 

Jadi tunggu postinganku selanjutnya ya! Tuhan memberkati!


Senin, 30 September 2019

Review Pondok Bakaran Resto Umbulharjo, Yogyakarta

Review Kuliner Pondok Bakaran Giwangan Yogyakarta

Halo teman, apa kabarnya? Siapa di sini yang suka makan aneka olahan seafood dan hidangan bakaran bareng teman atau keluarga tapi nggak mau merogoh kocek dalam-dalam? Maka Pondok Bakaran Resto yang satu ini boleh kamu coba. 

Letaknya ada di 200 meter dari  terminal Giwangan, Yogyakarta tepatnya di Jl. Imogiri Timur KM 0.5 Giwangan, Umbulharjo, Yogyakarta. Restoran ini memiliki menu andalan berupa aneka olahan seafood bakar, namun tersedia juga menu lain seperti nasi dan mie goreng, sapi, ayam dan sayur. 

dokpri

Baru saja memiliki cabang baru yang ada di Manding, restoran ini cocok banget buat makan bersama-sama teman, sahabat dan keluarga. Tempat makannya pun tersedia dalam dua pilihan, lesehan atau duduk di kursi. 

Konsep makan di sini sepertinya sudah dirancang untuk rombongan. Terlihat dari tempat makan yang satu ruangan cukup untuk 100 orang. Tempat parkir sepeda motor berada di samping resto sebelah dalam. Sedangkan parkir mobil lumayan luas berada di halaman depan. Bus pariwisata pun muat parkir di sana.

dokpri

Soal harga jangan khawatir, karena Pondok Bakaran Resto ini menyediakan paket hemat untuk 5 orang. Mulai dari harga Rp. 175.000,00 kamu bisa menikmati Paket Pondok Mantap yaitu nasi, aneka gurameh, menu hotplate, sayur, tempe tahu goreng, sambal, lalapan dan minuman berlima. 

dokpri

Untuk bersepuluh juga lebih hemat lagi, mulai dari Rp. 310.000,00 kamu akan mendapatkan Paket Pondok Komplit yang terdiri dari  nasi, aneka gurameh, menu hotplate, sayur asem, trancam, tahu tempe, sambal, lalapan, buah potong dan minuman. 

Lebih hemat kan, makan rombongan tanpa khawatir bikin kantong bolong. Kamu bisa patungan sama teman-teman mulai dari Rp. 35.000, an saja per orang. Jiwa misqueen-mu dijamin nggak bakalan meronta kok! 

Selain kedua paket di atas tentu tersedia menu-menu seperti Sajian Sup, Sup Iga, Sup Gurame, Sup Nila, Sup Tom Yam, Sup Rolade, Sup Jagung. Good Gurame, Gurame Bakar, Gurame Crispy, Kepiting Saus, Cumi Bakar. Aneka Menu Hotplate ada cumi, udang, sapi, ayam dan kerang. 

Ada juga Paket Dhahar Kembul Gurame mulai dari Rp. 320.000,00 untuk 6-7 orang terdiri dari Gurame Bakar, Ayam Saus, Mie Goreng, Trancam, Tahu Tempe, Telur, Sambal lalapan, Peyek, Kerupuk, Nasi, Teh/Jeruk dan air mineral. 

Paket Kembul Segoro Panen mulai dari Rp. 235.000,00 untuk 4-5 orang, terdiri dari Kepiting, Kerang Ijo, Kerang Dara, Cumi Crispy, Brokoli, Jagung, nasi dan buah potong. 

Sebenarnya menu makanan di sini itu enak-enak terutama untuk gurameh crispy dan cumi hotplate-nya. Tapi suasananya berisik banget. 

dokpri

Saya agak terganggu dengan suara kendaraan yang berseliweran dan suara musik yang diputar dalam restoran sekaligus televisi. 
Nggak tahu maksudnya gimana, kenapa mereka memutar musik dan TV secara bersamaan. Belum lagi suara memasak dari dapur juga kedengaran sampai ke meja kami duduk. Jadi bicara pada orang yang di samping pun, kami harus berteriak-teriak agar bisa kedengaran.


Dulu saya pernah membaca sebuah artikel, jika mau membuat orang makan cepat-cepat menghabiskan makanannya maka putar lagu yang nadanya energik. Kalo ingin bikin orang makan dan betah berlama-lama maka putar lagu yang slow.

Nah, kalo di sini saya nggak tahu tujuannya apakah bikin pelanggannya cepat-cepat pergi? Atau supaya nggak jadi makan? Bawa pulang aja gih! 

Buat saya makan di sini bikin nagih karena kelezatan menu-menunya. Masalah bising ini, agak susah dihindari karena posisinya memang dekat sekali dengan jalan besar juga terminal. Untuk meminimalisir polusi suara dengan menegur karyawan agar nggak memutar musik keras-keras. Dan memilih posisi tempat duduk agak ke dalam. 

Pelayanannya agak lambat jika kita datang bersama rombongan dan belum memesan tempat. Mereka lebih mengutamakan melayani orang-orang yang sudah reservasi sebelumnya. 

Pondok Bakaran Resto buka mulai pukul 10.00-22.00 WIB.
Bisa dilihat melalui instagram @pondok_bakaran.

Lokasi :

1. Pondok Bakaran Umbulharjo
    Jl. Imogiri Timur KM 0,5 Giwangan, Umbulharjo Yogyakarta 55163

2. Pondok Bakaran Manding
    Jl. Parangtritis KM 11, Manding, Sabdodadi, Bantul, Yogyakarta 55175





Minggu, 22 September 2019

Mie Ayam Gaul Wajib Coba Buat Para Pecinta Mie Ayam

dokpri
Siapa di sini yang suka mie ayam? Hmm, kamu harus nyobain makan Mie Ayam Gaul ini deh! Karena selain rasa, ada tambahan ceker, bakso, telur ayam dan telur puyuh. Kalo kamu pecinta mie ayam original, nggak usah khawatir kamu tetap mendapatkan harga normal kok!

Mie Ayam merupakan jajanan murah, meriah dan lebih sehat dibanding mie instan. Selama di Jogja, saya yang memang suka sama makanan ini rajin mencicipi mana yang pas sama lidah. Namun saya jarang sekali nemu mie ayam yang benar-benar cocok karena ternyata masakan ayamnya berbeda dengan masakan ayam di Purwokerto. Kebanyakan kalo di Jogja, ayamnya sudah diolah sehingga tidak berwujud daging ayam lagi melainkan seperti ayam dicincang halus diberi bumbu rempah. Dan hal ini yang membuat saya kurang cocok.

Tak dapat dipungkiri bahwa media sosial adalah alat promosi yang efektif. Karena biarpun saya tiap hari lewat jalan Bantul tak pernah sekali-kali nengok ke arah warung mie ayam yang akan saya ulas. 

Berada di sebuah kios kecil jalan Bantul, dekat Masjid Wiworo Cipto atau dari perempatan Pojok Beteng Kulon ke arah selatan. Warung Mie Ayam Gaul buka dari pukul 10.00 sampai pukul 20.30 WIB.

Baca Juga: Sate Ratu Bukan Sate Biasa 

Tempatnya kecil tapi cukuplah untuk 15-20 orang. Harus sabar menunggu mienya dimasak. Tapi biar lama penyajiannya, saya nggak pernah kecewa dengan rasa atau tekstur mie-nya. Kan kalo makan di tempat lain, ada yang suka memasak mie-nya kurang matang atau dalemnya nggak bening. Jadinya masih terasa tepungnya.

Mie Ayam Bakso
Yang saya suka dari Mie Ayam Gaul, selain masak mie-nya selalu matang, rasa dari bumbunya juga terasa, ayamnya asli nggak terlalu banyak tambahannya seperti topping mie ayam yang dijual di Jogja. Biasanya kan, masakan ayam untuk mie ayam di Jogja itu dagingnya remuk dan seperti diberi tepung biar kental. Yang ini tuh enggak, malah banyak potongan dagingnya.

Mie Ayam Telur Puyuh

Harga Mie Ayam Gaul masih tergolong murah dan ramah di kantong. Satu porsi Mie Ayam Biasa dibanderol harga Rp. 9000,- dan Mie Ayam Bakso/Telur Ayam/Telur Puyuh/Ceker dibanderol dengan harga Rp. 12.000,-.

dokpri

Untuk minumannya, nggak terlalu istimewa walau sedia macam-macam seperti es teh, es jeruk dan aneka minuman kemasan siap seduh. Rasanya biasa aja ya. Harga semua flat Rp. 3000,-. 

Hanya kekurangannya adalah masih banyak potongan tulangnya. Agak mengganggu gitu kalo dimakan. Tapi nggak mengurangi nilai rasa mie ayam ini kok!

Karena berada di sebuah kios pinggir jalan besar, parkir mobil agak sulit. Mungkin harus numpang parkir di sebelah. Untuk motor masih aman, cuma kalo motor yang dipatkir agak banyak cukup sulit juga. Apalagi kanan kirinya juga jualan, satu sate dan satu lagi bakso. 

Kesimpulan:

Nilai + :
1. Potongan ayamnya kotak-kotak bukan suwir dan tidak remuk.
2. Bumbu mie terasa.
3. Banyak pilihan tambahan topping.
4. Tempatnya bersih.
5. Mie-nya matang.

Nilai - :
1. Lama menunggu mie-nya dimasak.
2. Banyak potongan tulangnya.
3. Sempit.
4. Parkir di pinggir jalan.

SKOR : 4/5 ☆☆☆☆

Peta : 

Kamis, 12 September 2019

Merdekain Warung Tradisional Berjuang Melawan Persaingan dengan Pasar Modern di Era Digital


Instagram kudo, editing by Yustrini

Apa yang teman bayangkan jika mendengar tentang "warung tradisional"? Pastinya akan terbayang sebuah toko kecil yang dikelola oleh perorangan atau keluarga, isinya barang keperluan sehari-hari entah itu sabun, shampo, minyak goreng, beras, gula, kecap, dll. Cara belinya mudah tinggal bawa uang secukupnya kita bisa beli secara eceran. Sesekali juga boleh ngutang trus bayarnya nanti kalo udah gajian he, he. Hayo, siapa di sini yang hobi utang di warung tetangga? 

Yuhu, warung tradisional memang semakin berat tantangannya sekarang. Selain jadi sasaran tempat buat ngutang tetangga, keberadaan warung tradisional juga semakin tergeser dengan kehadiran pasar-pasar modern, minimarket dan supermarket.

MajuinWarung.com

"Eh, Bu Deni mau ke mana? Lama nggak mampir ke warung saya lho!" Sapa Bu Aris, pemilik warung kelontong. 

"Mau ke minimarket, Bu Aris. Mau belanja sekalian bayar tagihan telepon dan transfer uang untuk ibu di kampung!" Jawab Bu Deni tanpa berdosa.

Bu Aris pun mengangguk tersenyum tapi di dalam hatinya beliau mengeluh akan omzet penghasilan warungnya yang tiap bulan makin menurun semenjak kehadiran minimarket di depan komplek perumahan. Tetangga yang tadinya menjadi pelanggan setia lebih memilih untuk berbelanja di sana, sementara jika ada yang membeli pasti berhutang. 

Banyak pemilik warung tradisional memiliki keluhan seperti Bu Aris. Meskipun warung tradisionalnya nggak kalah lengkap dan lebih murah dibandingkan di minimarket tetap saja sepi pembeli. Alasannya di warung Bu Aris, pembeli tidak bisa melakukan transaksi digital. Kalo omzet turun terus bisa bangkrut dong warung milik Bu Aris ini.

Salah satu usaha apa pun agar bertahan hidup adalah melakukan inovasi. Namun karena keterbatasan modal dan tempat seringnya pemilik warung lebih memilih menutup usahanya. Sangat disayangkan karena sebenarnya banyak keluarga kecil yang menggantungkan hidup dari usaha paling mudah yaitu membuka warung tradisional. Tidak perlu punya ketrampilan khusus atau memiliki ijazah tertentu, kita bisa membuka warung dengan memanfaatkan teras rumah atau ruang tamu. Asalkan memiliki kemampuan untuk mengelola dan mengambil untung yang wajar, saya yakin seseorang bisa meraih kesuksesan dengan buka usaha dari rumah.

Bagaimana Sebuah Warung Tradisional Bisa Bertahan di Tengah Badai Serbuan Pasar Modern dan Minimarket?  

Canva

Indonesia memang sudah merdeka sejak tahun 1945 silam. Tetapi tantangan semakin berat untuk membuat Indonesia menjadi bangsa yang rakyatnya memiliki kemerdekaan finansial. Apalagi di tengah-tengah perkembangan dunia digital yang memaksa semua orang untuk bisa melek teknologi dan melakukan belanja online. 

Sayangnya nggak semua orang memiliki smartphone dan bisa menggunakannya untuk bertransaksi digital. Kebanyakan orang takut berbelanja online karena takut ditipu, takut tidak dikirim barangnya, tidak mau belajar memakai internet, dll. Di titik inilah sebenarnya yang bisa dijadikan peluang oleh para pelaku usaha warung tradisionaal agar tidak tergerus perkembangan dunia digital. Untuk itulah KUDO hadir sebagai solusi bagi jutaan warung tradisional Indonesia yang memiliki keinginan untuk makin maju dan mampu bersaing dengan pasar modern dan minimarket. 

Apa Itu KUDO?

KUDO merupakan singkatan dari Kios Untuk Dagang Online. KUDO adalah sebuah platform yang memberikan peluang bagi jutaan penduduk Indonesia untuk menjadi pengusaha dengan menjadi reseller dari jutaan produk. Dengan adanya platform ini, warung tradisional bisa melayani berbagai transaksi digital termasuk menyediakan barang secara online namun dijual secara offline. Intinya dengan aplikasi KUDO warung tradisional bisa menjadi Warung Digital Serba Bisa.

Didirikan pada Juli 2014 oleh dua orang pemuda terbaik bangsa yaitu Albert Lucius, CEO Kudo dan Agung Nugroho, COO Kudo. Perusahaan ini mengembangkan platform Online to Offline (O2O). Bagi pelanggan yang ingin membeli barang di toko online tetapi tidak mau transaksi digital karena kendala internet atau tak memiliki rekening di bank bisa bertransaksi secara cash di warung yang telah menjadi Agen Kudo.

Warung Tradisional vs Warung Digital Serba Bisa

kudo.co.id

Perlu disadari oleh kita semua bahwa dunia sedang melakukan perubahan besar terutama di dalam dunia digital. Sekarang mau pergi bisa pesan taksi/ojek online, pesan makanan online. beli ini-itu online, nyaris semua aktivitas kita dilakukan secara online. Jika kita menolak perubahan maka dampaknya kita akan tertinggal dan kehilangan kesempatan untuk meraih masa depan yang gemilang. Sama juga warung tradisional akan tertinggal jika tidak mau berubah.

giphy.com

Dengan aplikasi Kudo, Warung Tradisional berubah menjadi Warung Digital Serba Bisa. Bisa apa saja?

1. Bisa membuka usaha Grosir Sembako

Sembako merupakan kebutuhan dasar untuk rumah tangga, pasti akan sangat menguntungkan membuka usaha grosir sembako ini. Kamu bisa membeli barang-barang dengan harga grosir secara online melalui Kudo untuk dijual kembali di tokomu. Lewat Kudo bisa banget untuk memasok barang secara online jadi tidak perlu pergi untuk berbelanja cukup lewat smartphone saja, pilih ini-itu dan tunggu barang dikirimkan ke warung.

Selain grosir sembako bisa jual barang apa saja yang tersedia online, misal termos. Lakukan promo bahwa kamu juga berjualan termos lalu tawarkan ke tetangga atau kenalan yang ingin membeli termos. Pilih termos dan transaksi online jual kembali ke tetangga dengan mendapat keuntungan dari Kudo.

2. Bisa membuka jasa Transfer Uang ke mana saja

Lewat aplikasi Kudo, warung tradisional pun menjadi canggih karena bisa transfer uang ke mana saja. Sejak Mei 2019 Kudo bekerja sama dengan BNI untuk memberikan pelayanan keuangan digital berupa fitur baru dalam aplikasi. Kini transfer uang tidak perlu repot karena tinggal datang ke warung Kudo, siapkan nomor rekening, nama penerima, uang yang akan dikirim dan biaya administrasi. Kamu bisa kirim uang ke bank mana saja, asyik kan?

3. Bisa banget ikutan Bisnis Pulsa

Sekarang hampir tiap orang punya HP, tentu butuh pulsa dan paket data kan? Nah, kamu bisa banget meraih keuntungan dengan berjualan pulsa. Modal yang dibutuhkan juga kecil, cukup ada smartphone, paket data dan aplikasi Kudo kamu bisa berjualan pulsa bahkan dengan modal di bawah 1 juta rupiah.

4. PPOB

Satu lagi kemudahan yang ditawarkan Kudo yaitu bisnis PPOB. Bila diartikan PPOB adalah sebuah layanan tagihan online yang menggunakan transaksi lewat bank, tagihan itu meliputi bayar tagihan PLN, PDAM, cicilan motor, asuransi dan  Bayar Tagihan Telepon.

6. Penerimaan Mitra Pengemudi Grab

Daftar Grab lewat Kudo? Bisa banget! Dengan aplikasi Kudo kamu bisa mendaftarkan teman, tetangga yang ingin menjadi pengemudi ojek/taksi online Grab. Semakin banyak pengemudi yang kamu daftarkan makin besar keuntungan kamu untuk mendapatkan bonus berupa voucher, saldo pulsa/PPOB atau saldo OVO cash.

7. Pemesanan Tiket Kereta

Ada tetangga yang mau pergi naik kereta api? Segera tawarkan jasa pemesanan tiket kereta biar tetanggamu nggak usah jauh-jauh ke stasiun untuk pesan tiket, cukup pergi ke agen Kudo. Maka segala tiket kereta akan mudah dipesan. Lebih mudah dan lebih dekat bukan?

Instagram kudo_indonesia

Cara Menjadi Agen Kudo

1. Mendownload aplikasi Kudo
2. Lakukan pendaftaran jadi agen Kudo di aplikasi
3.Mengisi saldo pulsa/PPOB untuk melakukan transaksi
4, Mulai jualan

Tips Agar Usaha Warung Digital Serba Bisa Makin Laris

giphy.com

Udah bisa melayani segala transaksi pembayaran dan bisa jualan apa saja. Jangan lupa untuk terus berinovasi biar terus bersaing dengan pasar modern dan minimarket. Cara-cara di bawah ini bisa kamu terapin deh di warung kamu biar rejeki terus mengalir:

1. Harus optimis dan ramah

Sikap optimis adalah sebuah kunci agar kita tidak mudah putus asa dikala warung sedang sepi. Terus berusaha untuk berinovasi dan membuat pelanggan untuk datang kembali ke warung kita meski sudah ada minimarket di sekitar rumah.

Untuk dapat bersaing dengan minimarket tentu jangan kalah pelayanan dengan mereka dong! Coba saja melangkah ke dalam minimarket, pasti sudah disapa dan waktu pergi lagi pun dikasih ucapan terima kasih. Kadang pembeli nggak hanya cari harga murah tapi juga perlakuan yang baik dari penjualnya. Ramah dan murah senyum tapi nggak usah kepo juga apa-apa ditanyain apalagi ngegosip. Bisa-bisa warung kita malah cuma jadi tempat rumpi ibu-ibu kompleks, hi, hi.

2. Rajin buat promosi

Biar warung kamu laris manis dan dapat omzet yang besar perlu banget melakukan promosi, caranya bisa dengan banner, status media sosial dan bila perlu ada giveaway juga. Promosikan barang-barang dagangan kamu ke orang-orang yang datang.

3. Tata dagangan dengan rapi dan jaga kebersihan 

Pajang barang dagangan dalam posisi yang mudah terlihat dari depan agar pembeli mengingat bahkan menambah jumlah pembeliannya. Selain mudah terlihat juga memudahkan kita sebagai penjual juga mudah mengambilnya. 

Meski cuma buka warung di depan rumah, harus jaga penampilan juga ya. Harus sudah mandi dan ganti baju yang rapi ketika membuka warung, biar pelanggannya nggak pingsan mencium aroma kita. Selain itu kita memberikan kesan biar cuma buka warung tapi kita benar-benar serius mengelola usaha yang kita miliki.

4. Rajin cek harga

Menentukan harga jual sangat penting dalam usaha warung, selalu cek harga barang yang ada di Kudo dan bandingkan dengan toko sebelah biar harga daganganmu tidak ketinggian dari harga pasaran pada umumnya. Jangan sampai pembeli kamu kabur ke warung sebelah gara-gara selisih harga.

5. Tingkatkan pelayanan dengan gratis kirim barang 

Bisa juga nih, kamu berikan jasa untuk mengantar barang sampai di rumah. Kadang kan berat juga harus bawa sendiri belanjaan, untuk jasa gratis kirim barang ini bisa diterapkan ke jenis barang seperti air mineral galon, gas dan sembako.

Tak lupa juga kamu harus berdoa kepada Tuhan supaya usahamu dilancarkan dan makin maju. Selain menjadi agen Kudo kamu juga bisa jadi #PejuangWarung buat #MajuinWarung lho!

kudo.co.id

Caranya: 

1. Datangi warung kesayangan kamu dan ajak mereka untuk jadi agen Kudo
2. Buka aplikasi Kudo milikmu, buka menu pendaftaran toko dan daftarkan pemilik warung untuk jadi agen Kudo.
3. Ikuti langkah-langkah pendaftaran, bantu pemilik warung untuk mendownload aplikasi dan login untuk pertama kami.

kudo.co.id

Manfaat buat warung & kamu: 

Buat warung jadi bisa jualan apa saja, berkembang jadi Warung Digital Serba Bisa yang melayani keuangan digital, bisa nyetok barang lewat aplikasi dan bisa mendaftarkan tetangga jadi pengemudi Grab.

Buat kamu #PejuangWarung memajukan warung-warung Indonesia lebih maju dengan teknologi dan dapat uang jajan tambahan berupa saldo OVO cash 65 ribu tiap mendaftarkan satu warung.

Gimana tertarik jadi Agen Kudo? Yuk, download aplikasinya di Google Play segera dan bantulah warung-warung di Indonesia berjuang melawan persaingan dengan pasar modern dan minimarket bersama Kudo.


Merdekain Warung Tradisional Pakai Kudo, Aplikasi Digital Buat #MajuinWarung

Artikel ini diikutsertakan dalam blog competition Kudo dengan tema "Merdekain Warung" periode: 24 Juli - 17 September 2019. 

Jumat, 06 September 2019

Jualan Online di Blibli.com? Siap-siap Hadapi Banjir Pesanan Harbolnas!

Image Canva edit by Yustrini

Makin hari hidup kita makin dipermudah, mau usaha nggak usah bingung cari modal banyak atau cari tempat. Karena cukup punya akses internet jualan pun bisa dilakukan dari rumah. 

Asal punya kemauan yang kuat untuk belajar, apa saja bisa dikerjakan saat ini. Nggak lagi gaptek atau kudet semua bisa dipelajari termasuk berjualan online di Blibli.com. 

Tahukah teman, nggak terasa kita sudah memasuki bulan-bulan terakhir di tahun 2019. Itu artinya kita harus bersiap-siap menghadapi momen untuk mendulang rupiah lebih banyak karena akan ada Harbolnas.

Apa itu Harbolnas?

Harbolnas merupakan kependekan dari Hari Belanja Online Nasional, sebuah kegiatan tahunan yang diselenggarakan bersama oleh berbagai toko online di Indonesia. Harbolnas biasanya jatuh pada tanggal 12.12 namun ada juga yang mengadakan di tanggal 11.11. Di hari itu ratusan toko online akan mengadakan promo besar-besaran yang digencarkan oleh para pelaku e-commerce termasuk Blibli.com. Harbolnas sudah diadakan 6 kali sejak tahun 2012 silam dan kini akan memasuki tahun yang ke-7. 

Kegiatan ini juga didukung dari pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media. Dapat dipastikan bahwa akan banyak sekali pelanggan toko online yang akan memanfaatkan momen tersebut untuk berburu barang idaman. Wah, siap-siap aja nih buat para Blibli Seller menghadapi lonjakan pesanan.

Nah, biar nggak ketinggalan kesempatan dan merugi pas Harbolnas, rekan Blibli Seller kiranya perlu mempersiapkan diri dari sekarang, apa saja yang dibutuhkan termasuk tenaga dan perlengkapan menghadapi lonjakan pesanan. 

Apa saja sih yang perlu disiapkan oleh para Blibli Seller menghadapi Harbolnas nanti?

1. Ikuti Training Online dan Offline 

Kumpulkan informasi tentang promo apa yang akan diadakan oleh Blibli.com dengan mengikuti training online tentang persiapan Harbolnas pada tanggal 13 dan 27 September 2019. Catat juga jadwal pelatihan Blibli Seller yang lain agar kemampuan berjualan dan meningkatkan usaha semakin lancar. Gabung dan ikuti update dari Instagram Komunitas Blibli Seller biar ilmu jualan online kamu makin melejit.

Instagram Komunitas Blibli Seller

2. Pelajari Fitur Penjualan

Pelajari sistem penjualan yang baik termasuk penggunaan fitur-fitur dalam aplikasi penjualan Blibli.com.

3. Perlengkapan Teknologi 

Siapkan perlengkapan teknologi dan internet agar bisa melayani pelanggan dengan tepat dan efisien. Jangan sampai gigit jari gara-gara mesin printer macet, internet lelet atau low bat, bisa-bisa pembeli kabur karena slow respon. Sayang, kan?

4. Label Nama dan Alamat

Siapkan juga label nama dan alamat dengan format yang rapi. Biar pas hari H tinggal masukin aja data sesuai informasi yang kita dapat. Buat agar mudah digunting dan tempel.

5. Pengemasan

Persiapkan perlengkapan packing seperti gunting, selotip, kotak pembungkus dan peralatan yang dibutuhkan untuk mengirim barang.

6. Perhatikan Kualitas Barang 

Cek kualitas barang dan jumlah stok barang yang dijual. Pastikan barang yang tersedia itu berkualitas baik agar pembeli puas dan kembali lagi ke toko kita.

7. Tampilan Barang 

Percantik toko kita dengan foto yang berkualitas dan deskripsi barang yang jelas agar pembeli merasa yakin dengan barang yang akan dibelinya.

8. Update Harga Barang

Update selalu harga di toko kita dan siapkan promo spesial agar menarik pembeli.

9. Siapkan Tim Sukses

Siapkan tim pelayanan yang tepat jika perlu tambah karyawan agar semua pesanan dapat diselesaikan dengan lancar.

Nah, jika teman-teman ada saran yang lain boleh juga menambahkan tips persiapan untuk menerima banjir orderan pas Harbolnas nanti. Semangat terus jualan online di Blibli.com ya Blibli Seller!

Mengapa Berjualan di Blibli.com?

Kalau menurut saya jualan online di Blibli.com itu menguntungkan karena alasan di bawah ini:

SS Blib.li/merchantcorner

1. Tersedia Banyak Pilihan Kategori

Banyak sekali piihan kategori barang yang bisa dijual di Blibli.com, jika diteliti maka ada 16 jenis kategori. Dimulai dari Galeri Indonesia, Blibli Mart, Handphone & Tablet, Olahraga & Aktivitas Luar Ruang, Komputer & Laptop.

Ada juga Mainan & Video Games, Peralatan elektronik, Fashion Pria, Home & Living, Fashion Wanita, Ibu & Anak, Tiket & Voucher, Kesehatan & Kecantikan, Otomotif dan tak ketinggalan ada kategori Tour & Travel.

Tidak usah ragu untuk mulai jualan online di Blibli.com, apalagi sudah mendekati Harbolnas pasti akan sangat menguntungkan jika dimulai sekarang.  

2. Gratis Photo Produk

Foto merupakan unsur penting dalam menarik pembeli agar mau membeli produk di toko kita, apalagi saat Harbolnas nanti. Para Blibli Seller harus berlomba-lomba menarik pengunjung. Oleh karena itu, foto yang dipajang tentu harus terlihat profesional, menarik dan terkesan tidak asal-asalan. Sayangnya untuk membuat foto tentu dibutuhkan kepandaian dalam memakai kamera. Jika menggunakan jasa fotografer tentu akan mahal. Tetapi Blibli Seller usah takut karena setiap penjual di Blibli.com dapat menikmati fasilitas foto produk secara gratis. Wah, baik banget kan Blibli.com ini?

3. Kemudahan Proses Pengiriman

Bersama Blibli.com tidak usah khawatir tentang proses pengiriman karena Blibli.com memiliki kerjasama dengan lebih dari 30 logistik yang akan mempermudah proses pengiriman ke seluruh Indonesia. Jadi tinggal pilih saja mana yang cocok dan pas untuk mengantarkan barang ke pelanggan. 

4. Asuransi Pengiriman Produk

Mengirim barang dan sampai ke pelanggan adalah salah satu hal yang tidak bisa disepelekan. Karena risiko barang rusak, cacat di perjalanan juga sangat besar. Bisa-bisa kita kehilangan barang, uang tidak diterima dan pelanggan kabur, rugi berlipat-lipat deh! Untuk itu, Blibli menjamin keamanan produk yang dikirim para seller dengan jaminan asuransi. Sehingga Blibli Seller tidak perlu menanggung risiko pengiriman dan tetap merasa aman dalam berjualan.


5. Kemasan gratis

Untuk meminimalisir risiko barang rusak diperjalanan, maka Blibli.com memberikan box kemasan dalam berbagai ukuran yang disediakan gratis. Sehingga Blibli Seller tidak perlu repot memikirkan mendesain kemasan, tinggal pilih ukuran sesuai dengan kebutuhan.

6. Gratis Biaya Kirim

Salah satu pertimbangan dalam berjualan online adalah masalah ongkir. Pembeli dan penjual sama-sama berhitung jika sudah menyangkut ongkir. Menariknya di Blibi.com ini memberikan fasilitas gratis biaya pengiriman hingga ke seluruh Indonesia untuk setiap produk reguler. Asyik, kan? 

7. Layanan Merchant Care

Blibli.com juga menyediakan fasilitas layanan Blibli Seller. Layanan ini tersedia setiap hari mulai pukul delapan pagi hingga sepuluh malam, bisa melalui surel dan telepon. Sehingga jika ada kesulitan penjualan, call-center ini siap membantu.  

8. Terdepan dalam Inovasi In Store 

Blibli.com menyediakan fasilitas khusus berupa panel biru berlayar sentuh agar pembeli dapat bertransaksi online ketika sedang berbelanja offline. Melalui layanan ini, penjual dapat menjual barang secara online melalui Blibli tetapi barang bisa dipilih langsung oleh pembeli. Makin mudah kan mewujudkan jualan untung ga tanggung-tanggung bersama Blibli.com?


Instagram Komunitas Blibli Seller 
Artikel ini diikutsertakan dalam Blibli Seller Blog Competition Tema Bulan September: Bersiap Hadapi Lonjakan Pesanan Di Harbolnas Blibli.com.



Kamis, 01 Agustus 2019

Peran Penting Asuransi Kesehatan Bagi Generasi Millenial

Gaya Hidup Kaum Millenial

Image: Pixabay.com
Kesehatan merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan bagi seseorang, tak terkecuali generasi millenial. Bagaimana mau sukses jika tubuh dan pikiran terganggu akibat adanya penyakit yang menyerang?

"Tapi saya kan, masih muda. Masih kuat bekerja seharian, lembur-lembur juga kuat. Penyakit masih jauhlah!"

Kata-kata di atas biasanya dikeluarkan oleh generasi millenial untuk menghindari tawaran asuransi kesehatan. Jangankan untuk membayar asuransi, menabung saja susah bagi mereka.

Ya, sekarang masyarakat Indonesia dipenuhi oleh generasi ini. Hampir separuh lebih dari penduduk Indonesia yang masuk usia produktif adalah generasi millenial yang lahir antara tahun 1980-an sampai akhir 2000-an. Generasi ini juga dikenal sulit untuk mengatur keuangan selain dikenal lebih suka ngopi di kafe daripada di rumah, suka jalan-jalan dan selfie demi mengisi konten di akun sosial media. Kreatif dan suka berinovasi menjadi ciri khas generasi ini. Sayang, dibalik itu semua tersimpan bahaya kesehatan yang mengancam.

Seharian sibuk bekerja dengan gadget, memantengin sosial media, jual-beli online, sibuk menyetir di tengah kemacetan lalu lintas, polusi namun tidak diiringi dengan olahraga dan makanan yang sehat. Otomatis ancaman kolesterol, diabetes, serangan jantung, stroke hingga kanker siap mengintai mereka kapan saja, di mana saja.

Rencanakan yang Tidak Direncanakan

Image: Sequis Official Instagram
Menurut penelitian AC Nielsen, riset global tahun 2015 hanya ada 33% dari generasi millenial yang sudah sadar dan memiliki asuransi. Selebihnya belum menyadari bahwa asuransi itu sangat diperlukan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Apalagi gaya hidup dan kemudahan teknologi sekarang lebih cenderung membuat orang jadi pasif bergerak.

Saat ini orang lebih memilih memesan makanan online ketimbang ke luar rumah untuk membeli makanan. Lebih suka memesan taxi online daripada nyetir kendaraan sendiri. Orang-orang yang jadi lebih aktif di dunia maya dan jarang bergerak. Resiko kesehatan pun bisa menyerang siapa saja tanpa pandang usia muda atau tua. Gangguan kesehatan paling sederhana adalah penglihatan, asam lambung, kolesterol yang jika dibiarkan maka akan semakin parah.

Keberadaan asuransi kesehatan akan terasa sekali manfaatnya jika sudah mulai membutuhkan perawatan kesehatan di rumah sakit. Biaya rumah sakit dan pengobatan itu mahal, guys! Mengikuti program asuransi merupakan salah satu cara agar ketika tiba-tiba jatuh sakit maka keuangan keluarga dan kebutuhan yang lain tidak terganggu. Karena yang akan membayar biaya rumah sakit adalah pihak dari asuransi. Sedia payung sebelum hujan, ikut asuransi kesehatan sebelum penyakit datang.

Sedikit berbagi cerita ya, beberapa tahun yang lalu saudara saya tiba-tiba mengalami kecelakaan fatal yang menyebabkan patah tulang. Untung saja sudah mengikuti program asuransi kesehatan jadi seluruh biaya operasi, rawat inap dan pemulihan ditanggung sepenuhnya oleh asuransi. Kendaraan yang dipakai juga telah diperbaiki dengan gratis karena telah diasuransikan. Coba kalau saudara saya tidak ikut asuransi maka akan menghabiskan banyak biaya rumah sakit dan perbaikan kendaraan.

Berbeda dengan kisah keluarga paman saya. Meski tadinya pengusaha kaya, keluarganya bangkrut gara-gara harus membayar biaya rumah sakit paman yang terkena kanker. Semua aset dijual mulai dari emas, tanah, rumah dan toko tidak cukup menutup semua kebutuhan. Anak-anaknya pun kebingungan ketika akan masuk kuliah karena tabungan sudah tidak ada lagi. Sayang sekali ya, seandainya waktu itu paman ikut asuransi kesehatan maka hal itu tidak akan terjadi.

Merencanakan yang tidak direncanakan bisa menjadi solusi dari situasi di atas. Selain tabungan darurat maka investasi di dalam bentuk asuransi juga diperlukan, gunanya untuk memproteksi hal-hal di luar keinginan.

Pengertian Asuransi

Image by Pixabay.com

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) asuransi adalah pertanggungan atau perjanjian antara dua belah pihak. Pihak pertama memiliki kewajiban untuk membayar iuran kepada pihak ke dua. Pihak pertama ini disebut dengan Pemegang Polis. Pihak ke dua berkewajiban untuk mengganti rugi jika terjadi sesuatu pada diri pihak pertama atau barang berharga yang diasuransikan menurut perjanjian yang telah dibuat di antara kedua pihak. Pihak ke dua ini disebut Penanggung. Yang bisa diasuransikan adalah jiwa, kesehatan, kendaraan, barang/jasa.

Sesudah mengetahui apa pengertian asuransi tentunya sudah mulai bisa menggambarkan manfaat asuransi kan?

Peran dan Manfaat Asuransi Kesehatan bagi Generasi Millenial

1. Memberikan ketenangan atau rasa aman kepada pemegang polis


Image by Pixabay.com
Asuransi dapat memberikan ketenangan dan rasa aman kepada pemegang polis. Dibandingkan dengan yang tidak memiliki asuransi tentu rasa ketenangan ini berbeda.Seandainya terjadi sesuatu yang di luar rencana maka asuransi akan memberikan ganti rugi atas kehilangan, kerusakan barang, serangan penyakit, kecelakaan, kematian maka masa depan keluarga akan tetap terjamin. Jika tidak terjadi klaim uang juga tidak akan hilang.

2. Melindungi masa depan orang-orang yang dikasihi



Image by Pixabay
Seringkali hidup terjadi kejutan-kejutan yang tak diinginkan misal ada anggota keluarga yang masuk rumah sakit. Rencana anak untuk masuk ke perguruan tinggi bisa tertunda akibat tabungan atau dana darurat habis, rumah hasil kerja keras bertahun-tahun terpaksa melayang, keuangan keluarga kacau seketika. Hal itu tidak akan terjadi bila kita sudah mengikuti program asuransi kesehatan, karena semua biaya perawatan, pemulihan dan rawat inap rumah sakit akan ditanggung oleh asuransi. Keluarga pun tenang secara keuangan, masa depan anak terjamin dan yang sakit bisa menerima pengobatan yang layak.

3. Sebagai investasi tabungan hari tua


Image: Pixabay.com

Jika selama mengikuti program asuransi tidak terjadi klaim, maka dana yang ada akan dikembalikan kepada pemilik polis. Hasilnya tentu lebih banyak jika menabung sendiri di bank karena diberikan dana pengembangan selama masa kontrak.

4. Dana darurat


Image: Pixabay.com
Sakit bisa datang kapan saja tanpa bertanya apakah kita sudah siap atau tidak. Dengan membayarkan premi setiap bulan pada perusahaan asuransi maka jika terjadi sakit atau hal yang tak diinginkan maka akan ditanggung oleh asuransi. Bila yang tertanggung meninggal dunia, maka pihak keluarga akan menerima uang pertanggungan dari asuransi yang dapat digunakan sebagai biaya hidup pewaris.

Keuntungan Generasi Millenial Memiliki Asuransi Kesehatan Sejak Dini

Image: Pixabay.com

1. Resiko masih rendah

Usia muda justru saat yang tepat untuk mulai ikut program asuransi karena premi akan lebih murah dan jangka waktunya lebih panjang. Resiko terkena penyakit juga masih kecil. Premi yang dibayarkan bisa untuk investasi jangka panjang yang dapat dicairkan jika tidak terjadi klaim selama masa kontrak. Alih-alih  menghabiskan uang untuk jalan-jalan dan makan-makan lebih baik uangnya diinvestasikan ke asuransi saja kan?

2. Meminimalkan resiko kebangkrutan

Musibah bisa terjadi kapan saja dan dapat menimpa siapa saja. Usia muda belum tentu pasti terbebas dari ancaman penyakit. Minimalkan resiko kebangkrutan karena uang hasil kerja keras justru habis untuk membiayai pengobatan di rumah sakit.

3. Peluang untuk bisa disetujui lebih besar

Beberapa perusahaan asuransi tentu memiliki program berbeda untuk rentang usia dan jangka waktu. Makin muda usianya maka kesempatan untuk disetujui perusahaan asuransi mengikuti program juga lebih besar.

4. Rentan waktu lebih lama

Keuntungan lain yang bisa didapat jika mengikuti program asuransi sejak dini adalah rentang masa kontrak yang lebih panjang dibandingkan dengan pemegang polis di usia 40 tahun ke atas. Makin lama masa kontrak, maka keuntungan juga makin bertambah.

Cara Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat

Image: Pixabay.com

1. Pilih premi yang sesuai dengan anggaran

Jangan pernah mengambil premi yang dirasa memberatkan. Pilih yang sesuai dengan kemampuan saja, sehingga asuransi bukan beban namun bermanfaat untuk masa depan.

2. Pahami manfaat yang akan diterima

Sebelum mengikuti asuransi sebaiknya cek dulu apa saja manfaat yang akan diterima. Jangan sampai menyesal karena salah pilih program.

3. Cek rumah sakit yang telah bekerja sama

Sangat penting bagi calon pemegang polis asuransi untuk mengetahui rumah sakit mana saja yang telah bekerja sama dengan pihak asuransi. Agar ke depannya, bila terjadi serangan penyakit tidak kebingungan dalam memilih rumah sakit.

4. Carilah asuransi yang dapat double claim

Mungkin pemegang polis sudah terdaftar dalam asuransi A, tak ada salahnya juga jika pemegang polis membeli asuransi B. Namun perlu diketahui, pastikan dahulu asuransi itu memperbolehkan atau mengijinkan adanya double claim dari pihak asuransi yang berbeda. Keuntungannya adalah jika asuransi A tidak dapat menanggung semua resiko tertanggung, maka kekurangan akan bisa ditutupi oleh asuransi B.

5. Pilihlah perusahaan asuransi yang dapat dipercaya

Jangan sampai salah pilih kemudian menyesal akibat tidak mengenal kredibilitas perusahaan asuransi dengan baik. Mau untung jadinya buntung akibat tertipu asuransi abal-abal. Karena itu perlu hati-hati memilih asuransi. Pastikan bahwa perusahaan asuransi dapat dipercaya. Pilih perusahaan yang telah bertahun-tahun dipercaya oleh masyarakat dalam memenuhi kebutuhan asuransi, contohnya Sequis

Sequis sudah berdiri selama 35 tahun, banyak menjawab berbagai kebutuhan masyarakat akan asuransi jiwa, kesehatan dan investasi. Sequis menaungi PT. Asuransi Jiwa Sequis Life, PT. Asuransi Jiwa Sequis Finansial dan PT. Sequis Aset Manajemen. Melalui perusahaan-perusahaan ini, Sequis terus mengembangkan berbagai produk asuransi yang inovatif.

1. Asuransi Kesehatan dan Rawat Inap


 www.sequis.co.id

Asuransi kesehatan dan rawat inap terbagi dalam 3 jenis program:

  • Sequis Q Infinite Medcare Rider
  • Sequis Q Health Platinum Plus Rider
  • Q Health Easy Insurance

2. Proteksi Penyakit Kritis (Critical Illness Protection)


 www.sequis.co.id
 www.sequis.co.id

3. Proteksi Kesehatan Wanita (Sequis Lady Protection Rider)

www.sequis.co.id
Sequis menyediakan asuransi kesehatan khusus untuk perempuan, karena tahu bahwa perempuan beresiko terkena penyakit yang berbahaya dan membutuhkan perawatan lebih. Sequis Lady Protection Rider hadir sebagai perlindungan wanita jika sewaktu-waktu terkena penyakit berbahaya. Ada pun fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh nasabah adalah masa mempelajari polis, masa keleluasaan, pemulihan polis dan perubahan data polis.

M!Protection 

Sequis juga mengeluarkan produk M!Protection. Produk ini adalah produk asuransi yang diperuntukkan bagi generasi millenial berusia 18 hingga 40 tahun. Dibuat secara khusus demi menjawab kebutuhan millenial saat ini.

M!Protection memberikan perlindungan atas:

  • Biaya harian rumah sakit
  • Cacat total dan tetap
  • Penyakit kritis
  • Disabilitas
  • Gangguan mental seperti Obsessive Compulsive Disorder (OCD), Bipolar dan Schizophrenia. 
Tersedia 3 pilihan plan yaitu plan Starter (mulai 138.000/tahun), Moderate (mulai 525.000/tahun) dan Advanced (mulai 1,3 juta/tahun). 

Untuk keterangan lebih lanjut mengenai produk Sequis lihat website resminya di https://www.sequis.co.id/ atau cek di media sosial berikut:
Instagram: @sequisofficial
Fan Page : Sequis Official

Jumat, 26 Juli 2019

Insto Dry Eyes, Solusi untuk Atasi Mata Kering

Insto Dry Eyes (dokumen pribadi)

"Mata adalah pelita tubuh. Jika matamu baik, teranglah seluruh tubuhmu," Matius 6: 22.

Pengalaman Mata Sepet, Pegel dan Perih


"Wah, luar biasa mba Yus bisa menyelesaikan 30 hari nulis blog," begitu kata teman-teman blogger yang mengetahui saya sudah menyelesaikan tantangan menulis selama 30 hari menulis blog.

"Iya, mbak. Puji Tuhan saya bisa menyelesaikannya," jawab saya sambil tersenyum senang.

Saya memang sangat bersyukur sudah menyelesaikan tantangan itu sebanyak dua kali, tapi waktu pertama kali ikut, duh, rasanya pengen nangis terus. Gimana enggak? Selain harus cari ide buat nulis tiap harinya, saya juga harus bergelut dengan masalah mata lelah, sepet, pegel dan perih. Rasanya hampir menyerah ketika sudah mulai masuk hari ke-15. Tapi saya nggak mau menyerah dan berhenti dengan apa yang sudah saya mulai.

Tekad kuat untuk menyelesaikan satu blog per hari terus ditanamkan meski mata ini rasanya sudah mulai tidak ada air matanya dan seperti berpasir. Selain itu, saya juga merasakan sakit di pelupuk mata dan sedikit pusing bila melihat layar komputer. Melihat saya seperti itu, suami menyarankan agar mengistirahatkan mata dan menetesi dengan obat tetes mata, Insto Dry Eyes. Kata suami, saya terkena gejala mata kering-SP2 alias Sepet, Pegel dan Perih. Dia juga sering mengalami kalau sedang banyak kerjaan di kantor yang mengharuskan untuk menatap layar komputer dalam waktu yang lama.

Setelah ditetesi dengan Insto Dry Eyes, mata saya terasa lebih nyaman. Tetapi karena daftar tugas ngeblog masih banyak, saya harus menyiasatinya dengan sering-sering beristirahat agar tidak terulang lagi. Dan di tantangan yang kedua menulis blog 30 hari, saya sudah terbebas dari masalah mata sepet, pegel dan perih.

Saya memang suka membaca dan menulis sejak kecil. Berlama-lama di perpustakaan sudah jadi kebiasaanku. Bisa dipastikan setelah keluar dari sana, mata saya pasti sepet, pegel dan perih. Yang sama-sama hobi membaca juga tahu hal ini, kan? He, he. Kadang pandangan saya juga buram jika beralih dari buku ke arah lain dalam jarak pandang yang jauh.

Mata sepet, pegel, perih juga kerap dirasakan ketika dalam perjalanan naik kereta api dari Jogja ke Purwokerto. Selama kurang lebih 3 jam saya harus berada dalam ruangan AC sambil melihat smartphone atau membaca. Capek dong mata saya. Tapi mau gimana lagi? Kalo dalam perjalanan sendirian seperti itu kan sangat bosan jika tidak ada aktivitas sama sekali.

Belum lagi aktivitas saya sebagai seorang blogger dan influencer yang mengharuskan saya untuk melototin layar komputer dan smartphone nyaris seharian. Mengalami mata pegel, mata sepet dan perih sering sekali saya alami. Syukurlah sekarang saya sudah selalu sedia Insto Dry Eyes yang dapat mengatasi penyakit mata kering.

Penyebab Mata Kering


Aktivitas ikut seminar seharian gini juga bikin mata kering (dokumen pribadi)

Penyakit mata kering atau yang kerap kali disebut Keratoconjunctivitis Sicca atau Sindrom Mata Kering lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan dengan pria. Faktor usia juga memengaruhi seseorang sering mengalami penyakit ini. Penyebabnya karena kurangnya pelumasan yang memadai dari air mata sehingga mata tidak bisa membersihkan diri jika ada kotoran atau benda asing yang masuk.

Penyebab mata kering antara lain:

1. Perubahan hormon terutama pada wanita hamil, wanita menopause dan penggunaan pil KB.
2. Proses penuaan yang menyebabkan produktivitas air mata berkurang.
3. Kondisi medis seseorang yang mengidap penyakit Diabetes, arthritis rematoid, Lupus, Scleroderma, Sindrom Sjogren, gangguan Tiroid, defisiensi vitamin A dan alergi.
4. Efek samping yang ditimbulkan dari konsumsi obat-obatan antihistamin, obat jerawat yang diminum, obat Parkinson dan obat Hipertensi.
5. Aktivitas menatap layar komputer dan gadget
6. Lingkungan yang berdebu
7. Faktor cuaca dingin dan ruangan ber-AC

3 Gejala Mata Kering:

1. Mata Sepet
2. Mata Pegel
3. Mata Perih

Cara Mengatasi Mata Kering

1. Jangan menggosok mata karena akan memperburuk kondisi mata kering
2. Sering berkedip jika sedang beraktivitas menggunakan komputer atau gadget.
3. Minum air putih dan asupan makanan mengandung lemak omega-3 yang membantu mata lebih sehat seperti Ikan Cod, Makarel dan Tuna.
4. Gunakan kacamata pelindung saat berada di lingkungan yang berdebu.
5. Jangan terlalu lama diam dalam ruangan AC.
6. Memakai obat tetes mata Insto Dry Eyes.


Si Mungil yang siap sedia di tas (dokumen pribadi)

Ukuran Insto Dry Eyes ini cukup mungil yaitu 7,5 ml sehingga bisa dibawa kemana-mana dalam tas. Harganya juga cukup murah Rp. 14.600 saja di minimarket terdekat. Jadi nggak ada alasan lagi mandeg ngeblog gara-gara mata kering, mata sepet, mata pegel, mata perih dan mata lelah. Atasi dengan Insto Dry Eyes khusus untuk mata kering.

Buka Mata, Buka Insto katakan "Bye Mata Kering!"





Rabu, 24 Juli 2019

Pentingnya Mendaftarkan Hak Kekayaan Intelektual

Pada Kamis, 25 Juli 2019 saya bersama teman blogger Jogja mengikuti #CerdasHukum Forum Sosialisasi Kepatuhan Terhadap Hak Kekayaan Intelektual (HKI) di Sheraton Yogyakarta. Forum sosialisasi ini diadakan kerja sama KOMINFO dan Kemenkumham karena masih kurangnya pemahaman dari masyarakat, pelaku UMKM dan pemilik HKI tentang pentingnya mendaftarkan HKI. Tujuannya agar pemilik HKI tidak dirugikan secara aspek ekonomi.


Forum ini sekaligus menjadi sarana untuk memotivasi masyarakat untuk menggali potensi dan keunikan dalam dirinya dengan mendaftarkan HKI. 

Dari nara sumber yang pertama, Bapak Handi Nugraha SH.,MH dengan membawakan tema "Regulasi Hukum Kekayaan Intelektual".

Hak intelektual ini perlu dilindungi karena ada nilai-nilai ekonomi. Hanya karya-karya yang memenuhi syarat yang diterbitkan peraturan perundang-undangan bisa didaftarkan. Ada dua jenis HKI yaitu
1. Hak cipta dan hak terkait
2. Hak kekayaan industri seperti hak paten dan hak merek.

Cara memperoleh perlindungan Kekayaan Intelektual;
1. Deklaratif melalui pengumuman/publikasi Hak Cipta dan Hak Terkait
2. Konsitutif melalui pengajuan pendaftaran paten, merek, desain industri, DTLST dan PVT
3. Secara diam-diam atau tersembunyi artinya hanya disimpan oleh pemilik hak kekayaan intelektual contohnya rahasia dagang

Asas umum:
1. Berlaku nasional
2. First to file system
3. Mensyaratkan kebaruan dan orisinalitas
4. Ada jangka waktu perlindungan dan tidak bisa diperpanjang kecuali merek
5. Jenisnya delik aduan, jika tidak dilaporkan maka tidak akan ditindak

3 Langkah Mudah Mendaftarkan Kekayaan Intelektual:
1. Mengisi formulir
2. Penuhi syaratnya
3. Bayar biaya pemohonan sesuai ketentuan PNBP di website resmi DJKI www.DGIP.GO.ID.

Paparan kedua disampaikan oleh narasumber Drs. Bambang Gunawan, M SI dengan tema "Penanganan Konten Pelanggaran HKI di Dunia Siber".


Bagaimana kita bisa bijak menggunakan internet?

Dengan tidak sembarangan menyebarkan informasi yang kita dapatkan di internet, saring dulu baru sharing.

Mengapa penting mengatur HKI di internet? Karena dalam satu menit ada jutaan pengguna internet di dunia.

Faktanya pengguna internet di Indonesia ada 64,8 % dengan rentang usia yang terbesar menggunakan internet adalah antara usia 19 sampai 25 tahun. Bidang usaha kewirausahaan dan konten yang paling banyak dicari saat ini adalah You Tube, game dan musik.

Fakta di Indonesia:
-4 dari 10 aktif di sosial media
-60% tak punya rekening tabungan tapi 85% punya ponsel
-Bisa hidup tanpa ponsel paling lama 7 menit
-Mengakses internet rata-rata 8-11 jam sehari
-Minat baca peringkat ke-60 dari 61 negara
-Baca buku rata-rata 27 halaman pertahun
-Baca koran rata-rata 12-15 menit per hari

Penanganan konten melanggar HKI diatur dalam UU No. 28/2014 tentang Hak Cipta pasal 55 dan pasal 56.

Bentuk hoax yang paling sering diterima 62,10% tulisan, 37,50% gambar dan 0,40% video. Hasil survey daring Mastel yang diikuti oleh 1116 responden pada tahun 2017 menunjukkan media sosial, aplikasi komunikasi dan bentuk tulisan, gambar dan video.

Kebijakan Pemerintah Kota Yogyakarta dan Pengembangan UMKM oleh narasumber Dra. CH Lucy Erawati

Index pembangunan manusia cukup tinggi, pertumbuhan gendernya tinggi, tingkat kemiskinan rendah tapi rentan kesenjangan sosialnya cukup tinggi. Maka pemerintahan Yogyakarta berupaya mengembangkan sektor UMKM.

Tantangan umum yang sering dihadapi adalah

1. Karakteristik
-Jenis usaha sewaktu-waktu dapat berganti
-Tempat usahanya tidak selalu menetap
-Cepat puas
-Belum melakukan administrasi keuangan dengan baik dan tidak memisahkan keuangan keluarga dan usaha
-Jiwa wirausaha kurang diolah dan dikembangkan
-Umumnya belum akses kepada perbankan karena kurang informasi
2. Inovasi:
-Cepat puas dengan apa yang dihasilka  sehingga kurang berinovasi mengolah dan mengembangkan produk
-Kurang wawasan

Permasalahan UMKM ini diupayakan agar dapat diatasi oleh pemerintah Yogyakarta dengan memberi arahan dan pelatihan kepada pelaku usaha UMKM serta #forumHKIkominfo_yogya

Sosialisasi ini ditutup dengan sesi lomba media sosial dan blog.


This entry was posted in