Ugul-ugul Kepurun Klaten

Menikmati suasana pedesaan merupakan hal yang cukup mewah bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Beruntung, saya diajak teman-teman untuk mengunjungi sebuah kawasan wisata nan cantik yang berada di sekitar lereng Merapi.

Berbekal keinginan untuk menikmati suasana sejuk sekaligus ingin berwisata, saya pun menuju ke Ugul-Ugul Kepurun yang secara administratif sudah masuk ke wilayah desa Kepurun, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah.

Untuk mencapai lokasi wisata ini dibutuhkan waktu kurang lebih 60 menit dari Jalan Janti. Perjalanan makin menarik tatkala kendaraan kami mulai memasuki kawasan belakang Candi Bubrah yang masih satu area dengan Candi Prambanan.

Baca Juga: Wisata Sejarah Candi Mendut Magelang 

Hamparan sawah yang hijau di kanan kiri jalan terus mengiringi sepanjang perjalanan. Maklum dari Jl. Solo-Prambanan masih cukup jauh tetapi semua pemandangan tadi mampu menghapus rasa lelah kami.

Tentang Ugul-Ugul


Resto ugul ugul

Di awal berdirinya pada akhir tahun 2017, Ugul-Ugul hanya merupakan sebuah restoran berlatar belakang suasana pedesaan.

Namun awal tahun 2018, Ugul-Ugul mulai melebarkan sayap bisnisnya ke dunia pariwisata berkonsep argoedutourism. Sehingga Ugul-Ugul bukan saja menyediakan makanan dan minuman, tetapi sekaligus menjadi tempat wisata yang mengerti akan kebutuhan masyarakat perkotaan yang rindu untuk menikmati udara bebas polusi. 

Argoedutourism adalah wisata pendidikan mengenai dunia pertanian. Di Ugul-Ugul ini kita bisa mendapatkan semua manfaat berwisata sekaligus mempelajari tentang tumbuhan, hewan dan pertanian.

Ugul-Ugul dikelola oleh PT. Kepurun Pawana Indonesia, farm industries & agro tourism beserta masyarakat desa Kepurun.

Makna dari nama Ugul-Ugul adalah unggul. Jadi jika diartikan Ugul-Ugul Kepurun adalah sesuatu yang diunggulkan di desa Kepurun. Visinya tentu saja untuk meningkatkan semua potensi yang tersembunyi dari desa Kepurun, baik itu dari segi ekonomi, sumber daya manusia dan sumber daya alamnya.

Kegiatan yang bisa dilakukan di Ugul-Ugul Kepurun


Kegiatan Outbound

Berbagai kegiatan bisa kamu lakukan di sini lho! Mulai dari memancing, outbond, memberi makan hewan ternak, menyaksikan ikan di kolam, terapi ikan, naik kuda, berfoto di taman bunga, naik perahu kayuh, menginap, praktek menanam hidroponik, praktek memproduksi makanan seperti bakso, mengolah susu, membuat pupuk atau sekedar bersantai di gazebo. 

Tak perlu takut jadi mati gaya karena biasanya kalo udah masuk ke hutan atau bukit-bukit jadi susah sinyal. Karena Ugul-Ugul ini mengerti kebutuhan kaum millenial akan sinyal. Jadi di sini disediakan Wi-Fi gratis yang bisa dinikmati oleh semua pengunjung. 

Berada di lahan seluas 3,5 hektar, Ugul-Ugul mempunyai fasilitas yang terbilang komplit, mulai dari guesthouse, mini farming, meeting room, campground, restoran, ATV, taman bunga, water park, angkringan, kolam Catch and Release (CnR), gazebo, toilet, free Wi-Fi, tempat parkir dan mushola.

Menu andalan Ugul-Ugul Resto


Menu masakan

Karena Ugul-Ugul berkonsep dasarnya resto, maka yang pertama kami lakukan adalah mencicipi makanannya dulu.

Menu andalan di sini adalah Ikan Bakar Nila dan Sup Ikan Nila Asam Pedas. Saya dan teman-teman tentu saja memilih menu makanan ini.

Untuk Ikan Bakar Nila dari penampakannya saja sudah menggoda selera. Rasanya hmm, yummy... ikannya sama sekali tidak bau tanah atau lumpur. Biasanya kan kalo ikan suka bau gitu. Ini enggak loh! Bumbunya juga terasa sampai ke dalam daging ikan. Sambal dan lalapannya mantulll, menambah selera makan.

Sup Ikan Nila Asam Pedas terasa menyegarkan saat disantap seusai menghabiskan nasi. Daging Nilanya cukup asam bagi saya, tetapi kuahnya enak terasa segar dan pedas ketika dimakan dengan daun kemanginya. Di kuahnya ada cabe utuh, sehingga yang tidak suka pedas masih aman. Kalo seleranya suka pedas, cabenya bisa digerus biar makin mantap!

Selain menu di atas kami juga mencicipi mendoan yang krispi. Hmm, mungkin lebih tepat disebut tempe tepung krispi aja ya? Karena kalo mendoan di Banyumas itu tepungnya masih basah atau istilah di sana menyebutnya 'mendo'.

Menu Ugul-Ugul Resto lainnya


Daftar menu

Selain menu di atas, Ugul-Ugul Resto menyediakan Menu Kambing Gunung yaitu Gule Kambing, Bistik, Sate, Balungan Kambing dan Tongseng.

Ada juga Iga Bakar, Sop Iga, Sop Buntut. Ikan Gurame, Cumi, Udang, Ayam tersedia dalam pilihan goreng, bakar, asam manis, asam pedas, bumbu kemangi, cabe ijo dan sup.

Aneka penyetan Lele, Nila dan Ayam. Aneka Bakmi, Nasi Goreng, Capcay, Oseng Genjer, Oseng Kangkung, Oseng Daun Kates.

Aneka cemilan seperti pisang bakar, pisang gorenh, kentang goreng, tahu, tempe, mendoan. Paket keluarga dan paket Ugul-Ugul mulai 30k per orang.

Minuman di sini ada Wedang Uwuh, Wedang Sereh, Wedang Jahe, Teh, Jeruk, aneka Jus, Soft Drink dan Buble Drink.

Berkeliling di Area Wisata Ugul-Ugul


Area wisata

Usai mengisi perut kami segera berkeliling ke area wisata Ugul-Ugul. Cuaca siang itu tak begitu terik sehingga enak buat jalan-jalan.

Pertama kami menuju ke area selfie dan bersantai, di tempat ini ada box telepon merah, meja dan bangku taman, lampu-lampu dari bambu dan replika benteng pengintai. Bersebelahan dengan kandang burung Parkit dan Love Bird.

Taman bunga dan area kolam CnR (Catch and Release). Di sini pengunjung bisa selfie atau yang suka mancing bisa menyalurkan hobi memancing ikan tetapi ikan di sini dipancing untuk dilepas kembali. Kecuali untuk Ikan Nila bisa dibeli dengan ditimbang dan dibayar di kasir.

Koleksi Hewan 


Koleksi binatang

Ugul-Ugul menyediakan fasilitas wisata edukasi untuk belajar mengenal dan merawat hewan. Ada kolam khusus ikan, kandang Kambing, kandang Sapi, Kerbau Bule, Kuda dan Rusa. 

Guest House


Tempat menginap

Karena PT. KPI juga membuka pelatihan untuk sekolah-sekolah, instansi-instansi dalam bidang perindustrian, pertanian dan perternakan, maka di area Ugul-Ugul juga tersedia kamar-kamar, kamar mandi, mushola, ruang makan dan ruang-ruang produksi. Guest house ini bekerja sama dengan OYO.


Ada pula tempat khusus untuk pengolahan pupuk, pengolahan sampah organik dan nonorganik. 

Mini Farming 


Kebun

Di sini kita bisa mempelajari sistem menanam di pot, hidroponik, aquaponik maupun di polybag.

Area Permainan


Tempat bermain

Area permainan Ugul-Ugul disediakan khusus untuk anak-anak SD dan SMP. Jadi kami belum bisa mencobanya, he, he.

Kolam Ikan


Kolam ikan

Bersebelahan dengan area permainan ada kolam ikan khusus untuk pemeliharaan. Jadi ada kolam khusus yang penuh tumbuhan sejenis alga untuk makanan ikan.

Perahu Kayuh


Tiket perahu

Bagi yang ingin merasakan naik perahu kayuh sambil menikmati suasana sejuk udara di danau bisa loh! Cukup dengan membayar tiket 20k kamu bisa puas mengayuh sepeda selama 20 menit untuk 2 orang.


Tiket Masuk dan Biaya 

Harga tiket masuk sementara untuk motor Rp.2000 dan mobil Rp. 5000 sekalian biaya parkir. Biaya memancing adalah 100k ditukar dengan voucher makan dan minuman di restoran.

Harga makanan mulai dari 10k sampai 50k per porsi. Untuk paket keluarga harga mulai 30k per orang.

Agar bisa menikmati fasilitas belajar dan didampingi bisa menghubungi pihak Ugul-Ugul untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut.

Lokasi 

Ugulugul kepurun
Jl Pasar Butuh Baturan, Dusun 1, Kepurun, Manisrenggo, Klaten Regency, Central Java 55583
0857-8680-8616


Kontak

Email: ppa_kpi@yahoo.co.id
Web: www.ptkepurun.com
Telepon: 0821 3629 2100
IG: @ugulugul_kepurun









34 Komentar

  1. Saya suka resto dan tempat wisata yang lebih menonjolkan alam seperti ini. Liburan Natal lalu ke Jogja, tapi belum tahu tempat ini. Saya main ke Magelang. Ini harganya juga enggak mahal ya. Sepertinya menyenangkan dikunjungi kalau pas main ke Jogja lagi. Apalagi dekat kawasan candi. Bisa sekalian mainnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul, tempat ini menonjolkan suasana hutan yg masih alami. Makanan termasuk murah dan tiket masuknya gratis lagi.

      Hapus
  2. Saya orang Desa tapi koq baru tahu wisata desa yang satu ini ya? Yang sering saya tau (meski belum ke sana) adalah Desa Wisata Ponggok, Klaten.

    Etapi, ini lokasinya mirip-mirip desaku ya Mba? Inspiratif banget nih...

    BalasHapus
  3. tempatnya enak... asri..
    sayangnya lumayan jauh dari kota jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus diniatin piknik kalo mau ke sini, ya...he,he.

      Hapus
  4. Nila bakar pasti enak. Aku jadi tergoda terapi ikan mbak 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemarin belum sempat terapi ikan ya? He, he...Iya Nila Bakarnya juara!

      Hapus
  5. Suasananya mendukung untuk makan banyakkk hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terutama setelah keliling-keliling area wisatanya, he, he...

      Hapus
  6. tempatnya alam banget ya mba, cocok buat yang suka wisata berbau alam dan edukasi, cocok membawa anak-anak ke sini, bagus konsepnya ini pemberdayaan masyarakat lokal juga ya dan tiket masuknya sangat terjangkau

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuhu betul banget, konsepnya bagus banget bisa menguntungkan berbagai pihak.

      Hapus
  7. Namanya unik banget bikin penasaran dan kepingin tahu kayak apa wisata yang ditawarkan. Ternyata cakep ya. Tertata banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..namanya unik tapi bermakna mbak 😊

      Hapus
  8. Ahh, aku pengen ke sini tapi belom kesampaian. Waktu ada tawaran trip bareng, aku nggak bisa ikut... yah, setidaknya aku bisa menikmatinya lewat tulisanmu mba... pas besok ke sana sudah punya referensi :)

    BalasHapus
  9. Namanya unik, tempatnya asri. Saya suka. Menu makanan tradisonalnya juga menggugah selera.

    BalasHapus
  10. Wah, reviewnya kece. Jadi pengen berlibur ke sini deh. Semoga bisa berkunjung ke Klaten, aamiin.

    BalasHapus
  11. Ya Allah, ini baru ya mbak. terakhir 2015 pulang kayaknya belum ada, atau saya yang nggak tahu.Soalnya ini daerhanya dekat rumah saya di yogya. Itu menu restorannya bikin pengin pulkam.

    BalasHapus
  12. Saya yang suka sekali dengan suasana pedesaan sepertinya cocok deh berkunjung ke tempat ini. Apalagi kalau bawa anak-anak, wah mereka bakalan betah berlama-lama di sini. Mudah-mudahan ada rezeki, bisa jalan-jalan ke Klaten.

    BalasHapus
  13. Wah, keren nih Mba. Di Klaten ya? Baru tahu. Boleh nih dicoba kalo ke sana. Nantiii... setelah covid 19 berlalu... hehehe

    BalasHapus
  14. Konsepnya keren ini: agroedutourism. Saya sekeluarga lumayan suka bepergian ke tempat seperti ini. Di Malang ada sih yg mirip ini. Trus mudik lebaran ini rencananya mau mampir Klaten juga. Hiks, tapi sepertinya harus tertunda ya. Simpan dulu lah info tentang Ugul-ugul ini. Terimakasih :)

    BalasHapus
  15. Tempatnya asri banget ya. Cocok untuk destinasi beberapa hari, karena lengkap fasilitasnya, ada outbond, bercocok tanam juga arena hewan.

    Bakal seru ajak keluarga ke Ugul-ugul Kepurun.

    BalasHapus
  16. Ada homestaynya juga. Lengkap ya. ada farming juga

    BalasHapus
  17. enak banget nih kalo qtime bareng keluarga ke ugul-ugul ini, ternyata enak banget dan asri tempatnya. Udah gitu ya, menunya itu bukan fastfood, jadi menggugah selera banget. Aku sih gasabar buat coba sup ikan nila nya donggg, pasti seger

    BalasHapus
  18. Cocok banget buat wisata keluarha atau acara gathering gitu ya. Aku baru tau tempat ini di klaten. Kalau ke sana boleh deh coba mampir. Makasih infonya mba

    BalasHapus
  19. Woow mantap nih ya kayak argowisata di Batu Malang ya😍

    BalasHapus
  20. Betul sekali, Mbak..buat orang kota menikmati suasana pedesaan itu mahal karena susah banget dijumpai. kayaknya asyik banget nih jalan-jalan ke Ugul-Ugul sambil berwisata kuliner...

    BalasHapus
  21. Ini sih paket komplet. Semua ada di satu tempat. Andai nggak lagi di karantina udah bisa main ke sini nib. Sayangnya harus isolasi diri dulu. Huhuhu

    BalasHapus
  22. Rekomendasi yang mantul nih kak, ugul-ugul Kepurun. Apalagi itu tuh tersedia WiFi soalnya daku pernah berkunjung ke salah satu tempat kalau nggak dapat sinyal ya kurang asik aja, hehe

    BalasHapus
  23. Objek wisata yang menarik sekali nih Mbak. Banyak stok yang bisa dikunjungi kalau ke sana apalagi biaya masuknya juga cukup bayar parkir saja ya. Rekomended bangetlah yah semoga saja pandemi bisa segera berlalu dan kita bisa refreshing lagi ke tempat2 wisata seperti di Ugul Ugul Kepurun ini.

    BalasHapus
  24. Serrruuuu mbak, aplaagi buat anak anak ya. Seru banget ini mah. Apalagi Klaten dekat juga sama Semarang. Bisa nih kapan kapan ke sana, kalau Covid 19 ini sudah berlalu. Semoga cepat berlalu ya mbak Aamiin

    BalasHapus
  25. Namanya unik banget. Ini tempat wisata paket lengkap. Jadi bisa belajar banyak sekalian bersantai dengan keluarga.

    BalasHapus
  26. namanya lucu ya, saya kirain tadi mode permainan semacam odong-odong. owalah ternyata temp[at toh...

    BalasHapus
  27. komplit banget wisatanya. Nggak cuma buat anak2 tapi juga bisa utk orang tua

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.