Wisata bumi merapi

Hai teman-teman, bagaimana kabarnya? Aku doain selalu agar teman-teman dalam keadaan sehat, jika saat ini ada yang sedang sakit, semoga cepat sembuh ya, amin. Menghadapi situasi seperti sekarang ini memang harus pandai-pandai menjaga kesehatan fisik juga pikiran. Nggak ke mana-mana alias di rumah aja jangan malah suntuk. Tapi harus kreatif.

Mumpung baru jarang ada event offline nih, aku mau selesaikan draft yang sebulan lebih mangkrak di blog. Cerita perjalanan wisataku ke daerah lereng Merapi, jika sebelumnya ke Ugul-Ugul Kepurun kali ini ke tempat wisata yang baru nge-hits banget di Instagram.

Eits, jangan khawatir ini cocok buat seluruh anggota keluarga kok! Tempat wisata ramah anak tapi tetap memperhatikan kebutuhan para emaks millenial, yang sayang anak dan nggak mau ketinggalan narsis di sosmed.

Baca Juga: Review Ugul-Ugul Kepurun, Destinasi Wisata Agroedutourism Klaten

Bhumi Merapi

Namanya Agrowisata Bhumi Merapi, kawasan wisata ini dibuat memang untuk wisata yang ramah anak tetapi tetap instagramable. Di sini anak-anak bisa mengeksplore segala sesuatu tentang alam dan lingkungan. Mereka bisa belajar ilmu merawat kambing domba, mengenal satwa seperti burung hantu, kucing, kambing, ular, kura-kura, rusa dan kuda.

BELAJAR BERINTERAKSI DENGAN BINATANG

Argowisata Bhumi Merapi merupakan tempat yang dibuat sedemikian rupa sehingga keamanannya baik untuk anak-anak. Tak ada tempat-tempat yang berbahaya karena semua dibuat mungil, tetapi tetap nyaman untuk dilalui orang dewasa.

Suasananya pun dibuat khas seperti kawasan pedesaan ada kebun sayur, ada kandang kambing, kuda, rusa dll. Ada juga aktivitas memerah susu sapi, memberi makan kelinci dan kambing. Berinteraksi dengan domba, berfoto dengan burung hantu, melihat ikan dan naik kuda poni. Bisa juga belajar bercocok tanam secara hidroponik atau mengenal tumbuhan. Belajar sambil bermain bersama hewan tentu akan menyenangkan bagi anak-anak.

Satwa


Anak-anak bisa mengenal hewan unik seperti Kucing Bengal, Sugar Grinder, Bubo Sumatranus, Buffy Fish (Beluk Ketupa), dll. Setiap berfoto dengan salah satu hewan ini, kita diminta mengisi kotak sukarela.

Kucing Bengal merupakan keturunan ketiga dari hasil persilangan antara kucing bulu pendek Amerika dengan kucing Kuwuk. Kucing ini berasal dari California dan Amerika Serikat. Kucing Bengal disebut juga Bengal Tiger Cat. Mungkin karena motif bulunya mirip harimau ya, hi, hi.

Selain bisa berfoto dengan hewan-hewan kita juga bisa mendapatkan fakta unik dari para binatang ini. Asyik kan?

Tiket Masuk dan Fasilitas


Bumi merapi


Untuk memasuki kawasan wisata kita dikenakan biaya masuk Rp. 20.000,- per orang. Untuk memberi makan kelinci atau kambing kita dikenakan biaya lagi Rp. 5000,- dan naik kuda sebesar Rp. 10.000,-. Lokasi wisata berada di lereng Gunung Merapi membuat tempat ini cocok sekali dijadikan tujuan wisata edukasi tentang perkebunan dan perternakan bagi keluarga. 

Fasilitas yang tersedia tak hanya kebun dan perternakan, ada juga gazebo, rumah hobbit, kandang burung, kandang reptil, kura-kura dan kolam bermain air.

Di tempat ini disediakan paket kegiatan khusus seperti Kemah Keluarga dengan Tenda Biasa, Kemah Keluarga dengan Tenda di atas Mobil, Paket Susur Kali Kuning dan Tangkap Ikan, Program Outbond Training dan Paket Tour Kalikuning dengan Jeep. 

Paket pelatihan budidaya kelinci hias, kelinci pedaging, manajemen ternak domba dan kambing, budidaya tanaman hidroponik, pembuatan pupuk organik dan cair. Fasilitas lainnya ada tempat parkir, toilet, kantin dan spot foto.

Spot Foto Baru "Langlang Buana" Bertema Alpen House


Langlang buana

Nah, bagi yang suka banget berfoto bisa masuk ke wahana barunya Bhumi Merapi, Langlang Buana. Di sini tersedia berbagai spot foto dengan bangunan rumah ala-ala desa di Eropa. Kita juga bisa menyewa kostum dengan harga Rp.20.000,- per jam. Tiket masuk ke wahana ini Rp. 20.000,- tetapi pas aku ke sana baru ada harga promo jadi Rp. 10.000,- saja. Asyik!!

Bila dirasa terlalu sesak di dalam dan kesempatan foto kurang, kita diperkenankan keluar masuk lagi lho! Memang benar sih, sewaktu berada di sana mau foto susah banget! Di mana-mana ada pengunjung belum lagi satu titik foto kita harus menunggu antrean yang cukup panjang.

Foto di atas adalah hasil jepretan yang dalam sepersekian detik ada spot kosongnya. Setelah jepret selesai, muncul lagi kerumuman orang. Maka jika dilihat hasil fotoku kebanyakan ke atas semua biar nggak bocor, ha, ha.

Baca Juga: Baturraden Tempat Penuh Sejuta Kenangan

Warung Godhong Gedhang


Godhong Gedhang

Jika ingin makan siang bisa ke kantin yang di dalam tetapi menunya tidak lengkap. Oya, di kantin ini kita bisa menukarkan tiket masuk dengan segelas susu murni gratis.

Kita bisa ke Warung Godhong Gedhang yang berada di bagian kanan area parkir. Menunya merupakan masakan ala pedesaan. Kita bisa memilih makan di bagian depan atau di dapur dekat kasir.

Harga makanan di sini cukup terjangkau tetapi rasa masakan jangan ditanya enak enggaknya, karena kalau menurutku masih kurang pas di lidah. Malah lebih cenderung hambar. Tetapi pelayanannya cukup bagus.

Sekian dulu ulasanku tentang Agro Wisata Bhumi Merapi, terima kasih sudah membaca. 

Lokasi


 Agrowisata Bhumi Wisata terletak di Jl. Kaliurang KM 20, Sawangan, Sleman. Buka setiap harinya mulai pukul 08.30-17.00 WIB (situasi normal, ketika ada pandemi COVID-19 kemungkinan kawasan ditutup).


26 Comments

  1. Semoga cobaan segera berlalu supaya bisa jalan-jalan lagi.

    ReplyDelete
  2. jadi list untuk ke depannya jalan2

    ReplyDelete
  3. mauuu jalan-jalan ke sini setelah keadaan membaik ah, pasti seru!

    ReplyDelete
  4. Aku belum pernah kesini, padahal aku tinggal tidak terlalu jauh dari tempat wisata itu. Ahhh.. entar deh kalo si Corona sudah berlalu, kuajak anak-anak main kesini. Makasih reviewnya, Yus..

    ReplyDelete
  5. pernah sekali ke sini tapu waktu itu masih belum serapi ini mba dan masih awal-awal dibangun, buat tugas penelitian

    ReplyDelete
  6. Aku baru tahu ada obwis ini. Oiya, ini semacam bonbin mini juga ya

    ReplyDelete
  7. Beberapa kali dnegar teman cerita mengenai Agrowisata Bhumi Merapi ini, semoga setelah kondisi kemabli normal bisa mengajak anak-anak main ke Bhumi Merapi ini.

    ReplyDelete
  8. Wah bhumi merapi kaliurang jadi keren banget gini dibanding pas dulu aku ke sana waktu awal-awal buka, hem itu udah lama sih hahaha... pasti wahana dan kebunnya udah tambah banyak ya

    ReplyDelete
  9. Aku dulu pernah ke sini. Tapi belum selengkap ini. Belum ada spot foto bertema alpen itu. Tambah bagus sih, cocok sebagai wahana edukasi anak dan keluarga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Main ke sini bareng anak kecil, pasti pada betah sekali. Berwisata sekaligus belajar dari alam.

      Delete
  10. Jadi pengen kesana deh bisa lihat hewan kesukaan anak dan mengajarkan anak menyayangi binatang.

    ReplyDelete
  11. kangen jalan-jalaaaaaann tahun ini batal semua rencana liburan anak-anak. eh tapi semua keadaan ini bukan kita yang mau... semoga corona punah selamanya...

    ReplyDelete
  12. Kalau ke Jogja biasanya saya ke malioboro atau ke parangtritis. Nanti kalau ke Jogja lagi mau mampir ke sini. Tempatnya bagus, fasilitasnya juga banyak, harga tiket masuknya juga terjangkau. Recommended banget buat liburan bareng keluarga. ..

    ReplyDelete
  13. instagramable banget alpen house nya, memang bagi yang senang narsis narsis cocok kesini, pasti setiap sudutnya di jepret, hehehe

    ReplyDelete
  14. sayang banget, kemarin pas ke yogya gak sempat kesini atau lebih tepatnya belum tahu lokasi ini.

    ReplyDelete
  15. Beberapa kali ke Yogya tapi belum pernah ke sini, eh tahunya juga kan baru sekarang. Aduh, gimana dong.

    ReplyDelete
  16. Saya sudah sering ke Yogya, Mbak Rini. hanya sayangnya saya baru putar-putar ke wisata kotanya saja. Padahal di luar kota Yogya, banyak sekali wisata alam yang menarik ya, Mbak.
    Keren nih, buat wisata keluarga. ada paket-paketan juga. Semoga Corona segera berakhir dan bisa jalan-jalan lagi. Aamin.

    ReplyDelete
  17. Belum pernah ke sana, sepertinya menarik. Ada kucing Bengal juga ya, sejenis kucing hutan ukuran besar & ga jauh beda anak macan hehe... Ada edukasi juga soal merawat hewan & menjaga alam

    ReplyDelete
  18. Di Sleman ya.. Catat dulu ah..mudah2an bisa ajak krucil ke sana after covid19 nanti. Aamiin..

    ReplyDelete
  19. Wahh semakin banyak tempat rekomendasi untuk wisata nih diwilayah Jogya, ga salah julukan Jogya Never Ending Story,karena akan selalu ada cerita baru disini

    ReplyDelete
  20. Tempatnya bangus ya kak, apalagi cocok untuk anak-anak.
    Semoga wabah ini segera berlalu jadi bisa jalan-jalan lagi

    ReplyDelete
  21. Bagus bgt ya, aku suka nih tempat begini banyak seninya bagus jg buat konten instagram, hehehe

    ReplyDelete
  22. BEberapa bentuk dibuat menyerupai dunia liliput, membuat anak bebas berimajinasi.
    BAgus memang. APalagi harga cukup terjangkau, ya. Jadi bisa ajak anak ke sana sering-sering

    ReplyDelete
  23. Wah lihat foto kantinnya inget waktu mahasiswa dulu pernah ke rumahnya Mbah Marijan kuncen lereng Merapi waktu itu beliau masih hidup. Wah ada obwis Argowisata Bhumi Merapi ya sekarang. Insyaallah kapan2 ke sana ah kl Corona udah ga ada lagi huhuu

    ReplyDelete
  24. Sejak letusannya waktu itu lum pernah lagi ke magelang. Penasaran tapi aku masih trauma hehe

    ReplyDelete
  25. Akhir tahun kemaren saya beserta keluarga ke jogja, sayangnya tidak semua tempat dapat dikunjungi semua, padahal Jogja salah satu kota yang memiliki banyak tempat wisata menarik lainnya.

    Moga saja setelah pandemi ini berakhir, kami dapat berkunjung kembali ke Jogja dan terutama ke Agrowisata bhumi merapi

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.