Struktur organisasi mayora indah

Satu lagi dari Mayora. Siapa yang tak kenal dengan tagline ini? Yuhu, nggak salah lagi tebakanmu sangat tepat. Mayora merupakan produsen jajanan di Indonesia yang produknya sudah berhasil menyebar hingga ke 5 benua. Hebat kan? 

Di balik kesuksesan perusahaan yang bergerak dalam industri makanan, tentu ada tim dan juga ada banyak pihak yang bekerja keras.

Kira-kira bagaimanakah struktur organisasi Mayora ini? Yuk, kita simak ulasan berikut ini! 


Struktur Organisasi Mayora Indah 

Berdiri di tahun 1977, dengan lokasi pabrik pertama yang terletak di Tangerang. PT Mayora Indah Tbk ini memiliki orang-orang yang berperan dalam mengelola dan memajukan perusahaan. 

Struktur organisasi Mayora beserta jabatan dan fungsinya tergambar dalam bagan di bawah ini. 

Struktur organisasi mayora

Jabatan dan Tugas: 

1. RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham)

Di tiap perusahaan pasti ada pemegang saham. Nah, mereka memiliki agenda tahunan yang disebut Rapat Umum Pemegang Saham. Dalam RUPS ini, mereka akan memberikan pendapat secara formal berdasarkan laporan yang diterima. Bila pendapat mereka disetujui, maka hasilnya akan diserahkan ke dewan komisaris dan diteruskan ke jajaran direksi untuk dilaksanakan. 

Jadi bisa dikatakan kalo masa depan perusahaan bergantung dengan keputusan RUPS ini. Oleh sebab itu, RUPS harus dilakukan secara hati-hati. 


2. Dewan Komisaris 

Dikutip dari laman Wikipedia, dewan komisaris merupakan sebuah dewan yang memiliki tugas untuk mengawasi dan memberikan nasehat yang berkaitan dengan kebijakan direksi dalam menjalankan perusahaan. 

Pada struktur organisasi Mayora, terlihat bahwa Dewan Komisaris ini dipegang oleh 4 orang. Yaitu, Hermawan Lesmana, Gunawan Atmaja, Suryanti Gunawan dan Anton Hartono. 


3. Komite Audit

Komite audit merupakan komite yang dibentuk oleh dan bertanggung jawab kepada dewan direksi. Tugasnya adalah membantu tugas dan fungsi dewan komisaris dalam mengawasi dan bertanggung jawab untuk menjaga akses komunikasi antara pejabat perusahaan (dewan komisaris, direksi, sekretaris dan unit audit internal). 


4. Direktur Utama

Jabatan yang tak kalah penting yang ada di bawah dewan komite adalah Direktur Utama. 

Direktur Utama merupakan orang yang memiliki wewenang merumuskan dan menetapkan kebijakan dan program perusahaan sesuai dengan batas wewenang yang diberikan oleh dewan komisaris.  

Sederhananya, tugas direktur utama yaitu sebagai koordinator, komunikator, pengambil keputusan, pengelola sekaligus menjalankan perusahaan. Dalam pelaksanaan tugasnya, direktur utama dibantu oleh beberapa orang direktur lagi.

Direktur Utama PT Mayora Tbk dibantu oleh beberapa direktur di bawahnya, yaitu: 


a. Direktur Supply Chain, bertugas mengawasi dan mengelola rantai pasokan dan logistik. Supaya produktivitas dan efisiensi proses dapat berjalan lancar. 

Menjalin relasi yang baik dengan pemasok dan vendor juga menjadi tugas dari Direktur Suplay Chain. 


b. Direktur Keuangan, bertanggung jawab membuat, mengawasi laporan keuangan perusahaan. Menyusun strategi untuk meningkatkan keuangan perusahaan dan  meminimalisir risiko yang dapat merugikan perusahaan. 


c. Direktur Operasional, tentu saja memiliki tanggung jawab dalam operasional perusahaan. Juga membantu direktur utama dalam menyusun strategi pemenuhan target perusahaan, bertanggung jawab dalam pengembangan kualitas produk dan karyawan. 


d. Direktur Pemasaran, bertugas untuk mengatur proses pemasaran produk yang dihasilkan perusahaan dan strategi agar produk lebih dikenal masyarakat. 


5. Sekretaris Perusahaan dan Unit Audit Internal 

Andy Lauwrus dan Junih Gunawan menjabat sebagai Sekretaris Perusahaan yang bertugas untuk memastikan kelancaran komunikasi antara perusahaan dengan pemegang saham, dan juga pemangku kepentingan lainnya. 

Selain itu, sekretaris membantu direksi dan dewan komisaris dalam melaksanakan tata kelola perusahaan, penyampaian laporan dan dokumentasi RUPS serta rapat-rapat. 

Unit Audit Internal PT Mayora Tbk dijabat oleh Hendra Kurniawan. Bertugas untuk menguji dan mengevaluasi atas efisiensi dan efektivitas di bidang operasional, keuangan, sumber daya dan akuntasi. 


6. Bagian yang Lain

Selain jabatan-jabatan di atas. Ada juga yang berperan tak kalah penting dalam struktur organisasi Mayora. 


Purchasing: Andrias E. Wahono

Teknologi Informasi: Rudy Handoyo Kosasih 

Pemasaran: Ricky Afrianto 

Keuangan dan Akunting: Roman Soentadjaya 

HRD dan Personalia: Heri Soesanto

Legal: Julie Susanto

Manufacturing: Nurdin Lesmana 


Nah, itulah struktur organisasi Mayora yang semoga dapat memberikan gambaran bagi kita selain fakta menarik Mayora Indah, produsen jajanan sepanjang masa yang telah kutulis juga dalam blog ini. 


Sumber informasi: 

https://www.mayoraindah.co.id/content/Struktur-Organisasi-PT-Mayora-Indah-Tbk--39

https://www.cermati.com/artikel/amp/rups-rapat-umum-pemegang-saham-pengertian-tujuan-hingga-jenis-jenisnya

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pejabat_Eksekutif_Tertinggi



18 Komentar

  1. ohh ini toh struktur organisasi mayora
    baru tahu aku
    mayora ini emang produsen jajajan sepanjang masa ya kak

    BalasHapus
  2. Aku kenal Mayora sejak suka sama coki-coki. Mengelola perusahaan gede ga mudah yaaa, ya ampun ada banyak banget nama2 di struktural perusahaannya hahah. One day bisa ngga ya jadi investor di situ hihi. aamiin

    BalasHapus
  3. Salah satu brand yang sudah dikenal luas sama masyarakat. Produknya juga sangat familiar.

    Makasih infonya loh, saya jadi tahu isi struktur organisasi perusahaan sekelas Mayora. Coba kalo saya nggak mampir ke artikel kece badai ini, saya nggak bakalan tahu.

    BalasHapus
  4. Ingetbanget dengan tagline ini sering lihat di TV dulu. Produk Mayora banyak juga yang aku suka soalnya. Akhirnya bisa tau struktur organisasi Mayora

    BalasHapus
  5. Mayora nih banyak banget produknya. Pantas saja struktur organisasinya juga begitu lengkap.

    BalasHapus
  6. satu lagi dari mayora! ini iklan paling mengena dalam benakku sedari kecil sampai sekarang. Suka juga sama produk jajanannya..

    BalasHapus
  7. Dari kecil sampe anakku usia 19 tahun. Tagline Mayora masih terngiang2. Dan baru kutau ini struktur organisasi Mayora

    BalasHapus
  8. Perusahaan besar yang keren dan banyak produk ternyata begini to sistem organisasinya. makasih mba Yus, buat informasinya

    BalasHapus
  9. Sebagai perusahaan yang sudah besar, Mayora ini memang sudah punya struktur yang baik ya kak. Dan semua berjalan sesuai rules nya. Keren sih ini.

    BalasHapus
  10. Ingat biskuit kesukaan anak-anak, ingat Mayora, hehe. Beneran udah melegenda perusahaan Mayora tuh. Sejak jaman kecil kalau jajanan ya Mayora yang rasanya so pasti enak.

    BalasHapus
  11. Beginilah struktur organisasi perusahaan termasuk Mayora pasti ada RUPS karena memegang kendali penuh walaupun belinya hanya 1 Lot

    BalasHapus
  12. Satu lagi dari Mayora. Ini tagline jaman tahun 90an lho. Sempat hits juga. Wah produk jajanannya udah ada di 5 benua. Keren ya...

    BalasHapus
  13. Mayora nih biskuit biskuitnya favorit aku bangeeeettt dari sejak jaman dahulu kalaaaa.. hihihihi. Ternyata ini ya struktur organisasi perusahaan mayora, pengantar suksesnya mayora hingga saat ini yaaa

    BalasHapus
  14. Mayora ini produknya banyak yang aku suka lho dan termasuk perusahaan yang bertahan lama ya. Pantas saja, struktur organisasinya juga bagus begitu

    BalasHapus
  15. Ulasan struktur organisasi mayora-nya lengkap banget nih. Jadi tahu strutur organisasi di perusahaan Mayora seperti itu...

    BalasHapus
  16. Mayora tu produk-produknya jadi jajanan favorit sepanjang masa. Beragam banget soalnya. Struktur organisasi yang mantab mungkin jadi sebab perusahaannya bisa bertahan hingga sekarang

    BalasHapus
  17. Jajanan dari Mayora semenjak saya kecil sampai sekarang paling suka. Perusahaan ini tetep berdiri karena kerjasama tim yang solid. Terlihat dari struktur organisasinya semuanya orang-orang hebat di dunia perindustrian

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.