PT Mayora Indah Tangerang

Hai, apakah kamu penggemar seperti jajanan Choki-choki, Beng-beng, Selai O'lay, Roma Marie Susu, Mi Gelas atau suka minum Torabika Creamy Late? Wah, kalo iya, kita samaan dong! 

Tahukah kamu tentang siapa produsen dibalik jajanan yang begitu melekat dengan keseharian kita? Ya, kamu benar! Merek-merek tersebut merupakan produk dari PT. Mayora Indah, Tbk yang sudah menjadi pelopor aneka jajanan di Indonesia. 

Dengan tagline "Satu Lagi dari Mayora," perusahaan olahan makanan dan minuman ini terus berinovasi dan menghasilkan produk-produk yang digemari oleh masyarakat dari berbagai kalangan. 

Produk-produk yang dihasilkan oleh Mayora Indah bisa dinikmati siapa saja, baik tua maupun muda. Anak-anak atau orang dewasa pasti bisa mengonsumsi produk yang dihasilkan, terutama bagi penyuka wafer, cokelat, permen hingga kopi. 

Dalam tulisanku kali ini, aku mau ajak kalian untuk mengenal lebih dekat perusahaan food & beverage Mayora serta membuka fakta-fakta di balik kesuksesannya. Berikut ulasannya:

Fakta Tentang PT. Mayora Indah, Tbk


Fakta tentang Mayora

1. Berdiri Sejak Tahun 1977

Mungkin banyak di antara kita belum ada yang lahir ya di tahun itu. Tapi PT. Mayora Indah sudah berdiri dengan lokasi pabrik pertama yang berada di Tangerang. 

Produk andalannya kala itu adalah biscuit dengan citarasa kelapa yang unik dalam kemasan yaitu Biscuit Kelapa Roma yang digemari oleh masyarakat Indonesia dan meledak di pasaran hingga sekarang.

2. Menjadi Perusahaan Publik pada Tahun 1990

Di awal berdirinya, PT. Mayora Indah hanya memiliki target pasar Jakarta dan sekitarnya. Setelah mampu memenuhi pasar Indonesia, barulah perseroan melakukan Penawaran Umum Perdana menjadi Perusahaan Publik di tahun 1990. 

Dengan menembak target pasar negara-negara di Asean. Hingga saat ini Mayora Indah telah berhasil merambah ke negara-negara di 5 benua yang ada di dunia. Cukup membanggakan bukan?

3. Ada 6 Divisi 

Untuk produksinya sendiri, PT. Mayora Indah,Tbk dan entitas anak secara umum diklarifikasikan dalam 2 kategori yaitu makanan dan minuman olahan. Dan dibagi menjadi 6 divisi yang menghasilkan produk berbeda namun terintegrasi. 

6 divisi itu adalah Divisi Biscuit, Divisi Kembang Gula, Divisi Wafer, Divisi Cokelat, Divisi Kopi dan Makanan Kesehatan. 

4. Pelopor Produk Jajanan 

Berkat kerja keras dalam berupaya dan berinovasi untuk memberikan yang terbaik bagi konsumen, pekerja, pemegang saham dan mitra usaha. Perseroan berhasil memproduksi aneka jajanan yang menjadi pelopor di masing-masing kategori. 

Berkali-kali Mayora mengeluarkan produk baru yang jadi pelopor produk di Indonesia dalam masing-masing kategorinya. Produk apa sajakah itu? 

● Kopiko

Siapa tak kenal permen kopi ini? Produk permen kopi menjadi pelopor permen kopi di Indonesia dan selalu laris manis di pasaran.

● Astor

Wafer stick yang pertama kali diproduksi dan jadi pelopornya adalah Astor. Tak heran jika orang selalu menyebut Astor untuk semua wafer stick apapun mereknya, iya nggak? 

● Beng-beng 

Produk selanjutnya ada Beng-beng. Rasanya semua orang suka deh sama jajanan yang satu ini, ternyata Beng-beng jadi pelopor wafer caramel berlapis cokelat yang ada di Indonesia. 

● Choki-choki

Produk Choki-choki adalah salah satu jajanan favoritku di masa kecil yang merupakan pelopor coklat pasta. Dan rasanya dari dulu hingga sekarang tak berubah, nggak heran jika Choki-choki tetap jadi favorit anak-anak. 

● Energen

Menyebut Energen pasti kita akan kebayang minuman sereal yang lezat dan bisa buat mengganjal di kala lapar. Ya, Energen merupakan pelopor minuman sereal yang kini hadir dalam berbagai macam rasa. 

● Kopi Torabika Duo dan Duo Susu

Pelopor coffe mix adalah produk dari Mayora, Kopi Torabika Duo dan Duo Susu. 

● Kopiko Brown Coffee

Pelopor racikan kopi dicampur gula aren adalah Kopiko Brown Coffee. 

● Torabika Creamy Latte

Mau kopi Latte sajian gula terpisah? Ya, Torabika Creamy Latte pelopornya!

5. Sudah Banyak Menerima Berbagai Penghargaan

Sebagai perusahaan penghasil produk makanan yang berkualitas tinggi, Mayora Indah sudah meraih berbagai penghargaan diantaranya:

■ Indonesia 50 Best of the Best Companies 2019, dari Forbes.

■ Indonesia Very Good Performance Public Companies Award 2019, dari Warta Ekonomi200

■ Top Performing Listed Companies di seluruh Asia Pasifik, versi Forbes

■ CSA Awards 2019 dalam kategori Growth Stock, dari CSA Research

■ Indonesia Most Admired Companies Award 2019, dari Warta Ekonomi

■ Most Admired CEO 2019 - Excellent Leadership for Extensive Export Market Penetration dari Warta Ekonomi.

■ Brandz Top 50 Most Valuable Indonesian Brand, untuk Roma, dari The Store WPP EMEA & Asia.

Dan masih banyak lagi. 

Visi dan Misi Mayora Indah

Sebagai perusahaan besar, tentu Mayora Indah memiliki visi dan misi agar terus maju dan berkembang. Berikut kutipan Visi dan Misi PT. Mayora Indah, Tbk: 

1. Menjadi produsen makanan dan minuman yang berkualitas dan terpercaya di mata konsumen domestik maupun internasional dan menguasai pangsa pasar terbesar dalam kategori produk sejenis.

2. Dapat memperoleh Laba Bersih Operasi diatas rata-rata industri dan memberikan value added yang baik bagi seluruh stakeholders Perseroan.

3. Dapat memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan dan negara dimana Perseroan berada.

Mengenal Sosok Jogi Hendra Atmaja 

Bicara tentang Mayora Indah tak bisa lepas sosok yang menjadi pendiri perusahaan makanan dan minuman tersebut. 

Komisaris Utama

Beliau adalah Jogi Hendra Atmaja yang merupakan pendiri sekaligus Komisaris Utama PT. Mayora Indah, Tbk sejak berdirinya pada 17 Februari tahun 1977 hingga sekarang.

Jogi Hendra Atmaja merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti yang lahir di Jakarta tahun 1946. 

Tak hanya menjadi Komisaris Utama, beliau juga menjabat sebagai Komisaris Utama pada PT. Unita Branindo, PT. Torabika Eka Semesta, dan PT. Kakao Mas Gemilang. Serta menjabat sebagai Komisaris di PT. Sinar Pangan Barat dan PT. Sinar Pangan Timur.

Berkat usaha dan kerja kerasnya Mayora sudah menguasai 40% pasar produk makanan dan minuman olahan di Indonesia. Jogi Hendra Atmaja saat ini dinobatkan sebagai orang terkaya ke-10 di Indonesia versi 
Majalah Forbes (2020). Kekayaannya mencapai 3 milliar dolar Amerika atau sekitar 43 triliun rupiah.

Produk-produk dari Mayora Indah

Setelah mengetahui fakta-fakta tentang PT. Mayora Indah, Tbk kini saatnya kita mengingat kembali apa saja sih, produk-produk dari Mayora? 

Produk Mayora

1. Biscuit

Biscuit berikut pasti sudah tak asing lagi ya, ada Roma Kelapa, Roma Malkist, Sari Gandum, Slai O Lai, Better, Roma Marie Susu, Roma Sandwich, Royal Choice, dll.

2. Kembang Gula

Produk permen atau kembang gula ada Kopiko, Tamarin, Kiss, Kiss Chewy, dll.

3. Wafer

Untuk merek wafer cukup bervariasi mulai dari Astor, Beng Beng, Roma Wafer Coklat, Roma Zuperr Keju, dll.

4. Cokelat

Untuk produk cokelat ada Choki-choki dan Beng Beng Drink.

5. Kopi

Torabika Duo, Torabika Cappucinno, Torabika Creamy Latte, Torabika Moca, Torabika Jahe Susu, Kopiko Brown Coffee, Toracafe Volcano Chocomelt, Torabika Caramelove, dll. 

6. Makanan Kesehatan

Produk makanan kesehatan dari Mayora ada Energen berbagai varian dan Prima Cereal.

Selain produk-produk tadi, Mayora juga bekerja sama dengan PT. Tirta Fredindo Jaya untuk memproduksi air mineral bermerek Le Mineral. Membuat produk dari Mayora Indah makin lengkap sehingga dapat dinikmati dari segala kalangan dan orang dari berbagai macam usia.

Mayora Indah pun selalu mengikuti trend jajanan terbaru. Tak heran jika produk-produknya banyak yang jadi pelopor di Indonsia bahkan ada yang menjadi leader di pasar Internasional seperti Torabika, Danisa dan Kopiko. 

Lokasi Kantor: Gedung Mayora
Jl. Tomang Raya Kav 21 – 23, Jakarta Barat

Lokasi Pabrik: Tangerang 

Nah, itu tadi ulasan tentang PT. Mayora Indah, Tbk semoga bermanfaat. 


Sumber gambar: Mayora Indah, Forbes
Referensi:
https://www.mayoraindah.co.id/
https://bisnis.tempo.co/amp/1040667/bos-mayora-orang-terkaya-padamkan-mitos-redupnya-generasi-ketiga
https://www.trenasia.com/kopiko-hingga-torabika-produksi-mayora-rajai-ekspor-sektor-manufaktur-kembali-pulih/
https://www.biografiku.com/biografi-dan-profil-jogi-hendra-atmadja-pengusaha-terkaya-pendiri-mayora/#forward
http://m.surabayapagi.com/read/dirikan-mayora-jadi-orang-terkaya-ke9-di-indonesia




9 Comments

  1. satu lagi dari mayora , melekat banget ditelinga dan semua produk mayora adalah cemilan favorit keluarga

    ReplyDelete
  2. semua produk Mayora Indah ku suka semuaaaaa, dari kecil sampai sekarang rasa dan kualitasnya nggak berubah ya. duh bayangin mamam beng beng, hhh

    ReplyDelete
  3. Ini mah kesukaan aku semua deh enak banget sih

    ReplyDelete
  4. Taglinenya itu lho gak pernah berubah ya dari jaman saya SD hehehe, saya suka produk Mayora ini rasa coklatnya enak banget

    ReplyDelete
  5. Choki-choki, Beng-beng, Slai O'lay, Roma Marie Susu, Mi Gelas, Torabika Creamy Late, Astor, Energen .... wiiih ... ada semua nih di warung sebelah, jajanan kami juga hehe .... semoga Mayora tetap menjaga kualitasnya ya ... terutama konsisten menjaga kehalalan produk2nya.

    ReplyDelete
  6. Produk dari mayora indah ini favoritku sejak kecil mbak. Hingga kinipun aku tetap menyukainya. Biasanya kalau lagi ke rumah saudara kalau bawa oleh-oleh aku belikan jajanan dari produk mayora indah ini mbak.

    ReplyDelete
  7. Produk mayora itu sudah lama ada ya, sejak jadi cemilan saya waktu masih kecil dan sekarang cemilan anak saya yang masih kecil dan beranjak besar.. semua kesukaan

    ReplyDelete
  8. Itu semua jajanannya kegemaran saya semua. Beng Beng, Kopiko, roti mari, astor. Duh, baca artikel ini langsung pengen ngemil itu semua. Apalagi kalau hujan, nyesap torabika creamy late, nyelupin astor, dan maem beng beng. Nom nom nom.

    ReplyDelete
  9. Satu lagi dari Mayora. Tagline yang nempel banget sama Mayora, hehehe. Aku suuka hampir semua produk jajanan Mayora. Mulai dari Astor, Beng Beng, biskuit Roma sampai Torabiko Capuccinno.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.