Aplikasi Absensi Online

Aplikasi absensi online kini menjadi tools yang wajib Kamu miliki. Selain kemudahan dalam melakukan absensi, ternyata penggunaan aplikasi absensi memiliki berbagai manfaat yang tidak ditemui dengan mesin absensi lain. Apa saja itu? 

Kemudahan Akses Kebutuhan Karyawan 

Selain mempermudah kredensial seorang karyawan untuk bekerja di mana saja seperti WFH, absensi online juga memberikan akses kebutuhan lain bagi karyawan. 

Pertama, absensi online memungkinkan karyawan untuk mengajukan cuti dan juga lembur dengan mudah melalui aplikasi secara real-time. 

Kedua, karyawan juga bisa memberikan notifikasi lembur kepada perusahaan. Mengajukan lembur biasanya menjadi hal yang sangat pribadi. Mengajukan lembur dengan aplikasi juga dapat meningkatkan privasi karyawan. 

Ketiga, kebutuhan yang tidak kalah penting misalnya saja akses benefit. Dengan absensi online karyawan dapat dengan mudah mendapatkan akses benefit semisal pulsa saat work from home, voucher olahraga, atau obat-obatan ketika sakit. 

Keempat, kebutuhan reimbursement. Dengan aplikasi absensi, karyawan dapat dengan mudah mengajukan reimbursement kepada perusahaan ketika karyawan sedang melakukan pekerjaan lapangan atau perjalanan dinas. 

Mempermudah Komunikasi Antar-Karyawan 

Aplikasi absensi sejatinya memuat berbagai data karyawan. Dengan begitu, karyawan bisa membangun komunikasi antar-divisi. 

Hal ini berfungsi apabila karyawan menerapkan cross-function. Karyawan bisa mencari kontak berdasarkan nama dan divisi pada satu aplikasi. 

Selain itu, kini banyak aplikasi absensi yang dilengkapi dengan fitur chat. Hal ini tentu memungkinkan karyawan untuk membangun komunikasi sebelum melakukan pekerjaan lintas-fungsi. 

Bukan hanya itu, perusahaan juga bisa menyebarkan pengumuman atau survei di dalam aplikasi. Misalnya saja ada pegawai baru, survei kesehatan, atau pengumuman perubahan peraturan perusahaan. 

Bisa Akses Slip Gaji! 

Slip gaji mungkin menjadi hal yang paling sensitif untuk dibagikan. Sama jabatan, sama fungsi, namun mendapatkan gaji yang berbeda bisa saja menimbulkan konflik laten di dalam organisasi. 

Namun dengan absensi online, karyawan tidak perlu lagi menerima slip gaji secara fisik. Slip gaji dapat diterima oleh karyawan melalui aplikasi absensi online. 

Di dalam aplikasi juga tertulis jelas besaran komponen gaji seperti potongan, bonus, dan juga gaji pokok. 

Melalui aplikasi absensi, karyawan juga bisa mengakses slip gaji terdahulu. Hal ini berguna sebagai bukti jika terjadi kesalahan hitung gaji bagi perusahaan. 

Kemudahan Operasional HRD 

Aplikasi absensi online juga tidak hanya memberikan kemudahan bagi karyawan, namun juga pekerjaan HRD sekaligus. 

Bagaimana tidak, bayangkan jika Kamu memiliki cabang perusahaan sedangkan proses rekonsiliasi absen dilakukan secara manual. Ada tiga kemungkinan yang bakal terjadi; risiko kehilangan data, proses rekonsiliasi memakan waktu, atau terjadi human error. 

Selain mengefisiensikan pekerjaan dan waktu, penggunaan absensi online juga bisa mengefisiensi biaya. Perusahaan tidak perlu lagi menambah karyawan baru, menginvestasikan uang pada tools yang lebih membutuhkan biaya. 

Baca juga: Perbedaan Aplikasi HRD On-Premise dan Cloud 

Keamanan Data yang Lebih Baik 

Sistem penyimpanan data pada aplikasi absensi online menggunakan cloud. Di mana data tersimpan pada sebuah server yang tersambung pada jaringan internet. 

Data yang masuk langsung terenkripsi sehingga data sulit diubah-ubah dan diakses oleh sembarang orang. Informasi akses data juga bisa dilihat secara real-time. 

Berbeda dengan sistem absensi manual yang rawan dengan manipulasi dan kecurangan. Selain itu, data pada absensi manual juga rawan rusak dan hilang. 


Sistem Aplikasi Absensi Terbaik 

Menggunakan sistem absensi berbasis aplikasi di tengah industri digital merupakan sebuah tuntutan terutama di tengah tren kerja fleksibel seperti work from home atau bekerja melalui kantor virtual. 

Namun, Kamu juga perlu memahami bagaimana cara memilih aplikasi absensi. Banyak penyedia layanan aplikasi absensi, namun apakah itu dapat memenuhi kebutuhan perusahaan Kamu saat ini dan ke depannya? 

Syarat pertama sebuah aplikasi absensi adalah memiliki fitur yang komprehensif. Artinya, aplikasi tersebut dapat mengerjakan keseluruhan kegiatan HRD. Bukan hanya proses absensi saja, namun hingga proses perhitungan gaji seperti lima poin yang sebelumnya disebutkan. 

Salah satu penyedia yang dapat memenuhi segala kebutuhan adalah Talenta. Aplikasi absensi online di Talenta memiliki fitur yang komprehensif dan memiliki lima kriteria yang telah disebutkan sebelumnya. 

Dengan sistem absensi online Talenta, Kamu juga dapat menghitung berbagai perhitungan gaji dengan komponen penyertanya secara otomatis. 

Temukan keunggulan absensi online di Talenta dan dapatkan free demo sekarang!  

 


0 Comments