Tips rambut agar tidak mengembang

Masalah Rambut Kering dan Mengembang 

Cara agar rambut tidak mengembang setelah keramas bisa dilakukan dengan mudah dan minim biaya lho! Karena sering mengalami masalah rambut mengembang, aku jadi mengumpulkan cara mengatasinya dan mencatatnya di sini.

Rambut mengembang dan susah diatur bikin percaya diriku jadi turun apalagi di depan pasangan. Apalagi sering dikatain rambutnya megar kayak singa, duh, malunya berlipat-lipat. 

Nah, untung aku sudah menemukan solusi mudah agar rambutku jadi lebih bersahabat dan nggak mengembang kayak singa. 


Cara Agar Rambut Tidak Mengembang 

1. Keramas Secara Teratur 

Keramas secara rutin dan teratur membuat rambut jadi terlihat bersih dan terawat. Namun keramas setiap hari bisa menyebabkan rambut menjadi kering. 

Terutama jika memiliki rambut super kering, maka cukup keramas dua kali seminggu. Jika berminyak maka perlu 2 hari sekali secara teratur. 

2. Sisir Rambut Sebelum Keramas

Saat keramas, gesekan rambut bisa menyebabkan rambut kusut dan mengembang ketika sudah kering. Untuk menyiasatinya kita bisa menyisir dulu sebelum keramas, sehingga mengurangi resiko rambut menjadi kusut dan lebih mudah diatur. 

3. Gunakan Shampoo yang Tepat 

Pastikan kamu memakai shampoo yang sesuai dengan jenis rambutmu. Kesalahan memilih shampoo bisa membuat kerusakan rambut jadi lebih parah. 

4. Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Dengan menggunakan kondisioner, kelembaban rambut jadi lebih terjaga dan tidak kering. Salah satu penyebab rambut mengembang adalah rambut kering. Jadi jangan lewatkan pemakaian kondisioner sehabis keramas agar rambut jadi lebih lembab dan mudah diatur. 

5. Pakai Sisir Bergigi Jarang

Kesalahanku dulu ada pada saat menyisir rambut. Ternyata cara menyisir yang salah bisa menyebabkan rambut jadi susah diatur dan mengembang. 

Jangan pernah memaksa rambut menjadi rapi seketika terutama sehabis keramas. Sisirlah rambut dari bawah secara perlahan. 

Gunakan sisir bergigi jarang atau sisir pakai jari dulu untuk mengurai rambut. Baru setelah agak rapi gunakan sisir yang bergigi rapat. 

Memaksa menyisir rambut kusut bisa menyebabkan kerontokan dan rambut patah. Jadi sabarlah saat menyisir ya, pelan tapi pasti rapi. 

6. Rutin Menggunakan Masker Rambut

Gunakan masker rambut yang sesuai dengan tipe rambutmu agar rambut lebih terawat dan tidak mudah kering. 

Untuk rambut yang mudah mengembang sebaiknya gunakan vitamin rambut saat kondisinya masih basah untuk mengunci kelembabannya. Sehingga saat kering, rambut menjadi lebih rapi dan tidak mengembang.

7. Hindari Penggunaan hair dryer atau catokan

Mengeringkan rambut menggunakan hair dryer kerap kali dilakukan terutama ketika akan bepergian. Nah, sebaiknya pemilik rambut yang mudah mengembang hindari penggunaan hair dryer terlalu sering. Tujuannya agar rambut tidak kehilangan kelembabannya karena suhu yang dihasilkan dari alat perawatan rambut seperti hair dryer dan catokan. 

8. Keringkan Rambut Secara Alami

Mengeringkan rambut bisa dilakukan secara alami, biarkan rambut tergerai bebas setelah disisir hingga kering dengan sendirinya. Bisa juga diangin-angin dengan kipas. Hindari menggosok rambut dengan handuk karena akan merusak rambut dan membuatnya makin kusut. 

9. Konsumsi Makanan Sehat

Setelah melakukan perawatan dari luar, peelu juga perawatan rambut dari dalam. Makan buah-buahan yang kaya vitamin dan banyak minum air putih akan membuat rambut mendapat nutrisi sehingga menjadi lebih sehat.

10. Hindari Produk Perawatan Rambut yang Mengandung Alkohol

Alkohol membuat rambut menjadi kering, oleh karena itu pakailah produk perawatan rambut yang bebas alkohol. Sehingga rambut terhindar dari kekeringan. 

11. Manfaatkan Bahan Alami Sebagai Masker

Lidah buaya dan madu bisa digunakan sebagai masker rambut. Gunakan salah satu bahan secara bergantian sebagai masker. 

Lidah buaya yang terkenal kaya manfaat ini sangat berguna untuk menyuburkan rambut dan bisa membuat rambut jadi lebih halus dan lembut. 

Madu memiliki sifat anti-bakterial yang berguna menyeimbangkan pH dan menghindarkan kulit kepala dari ketombe. Masker madu bermanfaat merangsang regenerasi folikel pada rambut, mengunci kelembaban dan melindungi kutikula rambut. 

Nah, bagaimana mudah bukan cara agar rambut tidak mengembang? Semoga tulisan tadi bermanfaat ya sahabat Catatan Yustrini :))





24 Comments

  1. rambutku mengemabng banget makanya aku selalu potong pendek, kalau panjang malas ngaturnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rambut pendek bisa jadi salah satu cara menyiasati agar rambut bisa lebih mudah diatur.

      Delete
  2. aku palingan cuma pakai masker rambut kadang2, trs shampoo, sama pakai vitamin rambut.. hhh
    karena sehari2 pakai hijab jadi nggak begitu mengembang rambutnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah rajin mbak, betul juga sih kalo pake jilbab rambutnya jadi nggak mengembang :D

      Delete
  3. Kalau aku asal rajin keramas, vitamin rambut dan sisir rapi rambutku tidak menggembang

    ReplyDelete
  4. Rambut kayak singa? Kayaknya banyak yang alami kasus gitu di saat sekarang ini. Pamdemi bikin orang gak bisa potong rambut lagi ke salon atau sekadar lakukan perawatan rutin. Tips di atas bermanfaat. Saya terpaksa potong rambut sendiri lagi lalu akan minta daun lidah buaya pada sepupu untuk maskeran. Cuaca panas kemarin bikin rambut kering. Suhu sekarang kata Google 30 derajat celcius. Tidak heran rambut kehilangan kelembapan.

    Potong rambut sendiri hasilnya tidak simetris, hi hi. Tapi apa boleh buat situasi gini mana berani saya ke salon.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya nggak berani potong rambut sendiri takut jadi aneh ga rapi, hi, hi. Lidah buaya bagus tuh bikin rambut tebal dan teratur.

      Delete
  5. Makasih informasinya.. apakah ini berlaku untuk anak anak juga? rambut anak anak saya ada yang tebal sekali hingga gampang kusut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa juga mbak. Pake produk rambut untuk anak-anak yang aman.

      Delete
  6. wah ini bisa saya rekomendasikan ke sauadara aku mba Yus yang rambutnya jegreg ngembang gitu hehehe, dan susah diatur gara-gara suka dicatok sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicatok harus pakai vitamin yang tepat biar rambut nggak rusak dan kering.

      Delete
  7. Berarti selama ini saya salah dong ya, sebab sering gosok gosok rambut dengan handuk, terimakasih tipsnya kak, mau dirubah deh kebiasaan salah selama ini biar rambut bisa lebih baik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nggak boleh gosokin handuk ke rambut setelah keramas, cukup ditekan aja biar airnya terserap.

      Delete
  8. Bermanfaat sekali tipsnya. Sy gak pernah pakai masker rambut. Yg bagus merk apa y kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagusnya cari produk masker yang sesuai dengan jenis rambutnya kak. Atau pakai lidah buaya bagus juga agar rambut tebal dan lebih halus.

      Delete
  9. Rambut saya termasuk gampang mengering, penyebabnya memang krn jarang memakai kondisioner, makasi tips2nya ya mba akan sya coba satu persatu caranya nih

    ReplyDelete
  10. Saya kalau pakai masker rambut, rambutnya malah kaku dan kering. Habis dimaskeri sih lembut. Pas udah kering rambutnya, kerasa kering dan kaku. Apa salah jenis masker rambutnya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin jenis maskernya nggak sesuai dengan tipe rambutnya

      Delete
  11. Saya jadi diingatkan lagi nih .. rambut saya kering. Susah diatur, untungnya gak pernah pakai hair dryer. Nah, makanan sehat juga berpengaruh ya.

    ReplyDelete
  12. Rambut saya, juga kering... Kalu sudah keramas dia bagus, tapi sudah kering malah mengembang itu... Bingung pake shampoo apa ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. shampoo untuk tipe rambut kering lalu pakai kondisioner dan vitamin rambut.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.