Pengalaman ikut kelas growthing

Pengalaman Ikut Kelas Growthing 

Halo, kali ini aku mau berbagi pengalamanku dalam mengikuti Kelas Growthing Blogger (KGB) yang super keren! 

Tulisan ini aku buat juga sebagai wujud rasa syukur karena berkat mengikuti KGB aku bisa memiliki blog dengan nilai Domain Authority (DA) hingga di atas 30 poin. 

Ikut Kelas Supaya DA Naik

Kelas Growthing sebenarnya bukan kelas pertama yang diadakan oleh Mas Irwin, dkk. Sudah ada 2 kelas sebelumnya yang juga diadakan secara gratis. Namun, dua kali daftar, aku tidak pernah lolos masuk ke kelas. 

Baru ketika ada pembukaan lagi, aku segera daftar dan bersyukur pada Tuhan ternyata lolos. Beruntung sekali aku bisa jadi salah satu dari 42 peserta kelas yang masuk ke Kelas Growthing. 

Akupun ngotot untuk bertahan di kelas hingga  materi terakhir. Dari awal, aku memang sudah menargetkan harus bisa selesai sampai puncak kelulusan dan ternyata aku bisa sampai di titik ini. Yeay!

Alasan aku ikut kelas gratis seperti ini, awalnya karena sering tidak lolos ketika mendaftarkan diri untuk mengikuti event atau job. 

Sering ditolak membuat aku bertanya-tanya apa yang kurang dari blog personalku? Kalo dulu masalah domain, sekarang sudah dibikin TLD. Harusnya nggak masalah dong! Tapi masih saja nggak keangkut. 

Pertanyaan itu pun terjawab lewat sebuah form yang disebarkan oleh sebuah komunitas blogger. Di situ dijabarkan berbagai syarat salah satunya DA blog minimal harus 15. Melihat syarat tersebut sudah jelas, aku nggak bakalan mendaftar karena sudah pasti nggak akan lolos. 

Kemudian aku mencari artikel bagaimana menaikkan DA. Dan menemukan postingan Mas Irwin di Facebook yang membuka kelas gratis khusus naikin DA. Langsung deh, aku bersemangat mendaftar tapi nggak lolos sampai dua kali. 

Tidak gentar, aku baca semua artikel milik peserta dan menyerap ilmu dari sana. Dan taraaa, hasilnya DA naik sampai ke-14 poin. Di sini aku masih penasaran, belum puas rasanya kalo DA belum sama dengan mereka. Apalagi terus dikomporin dengan postingan milik Mas Irwin, yang pamer DA terus. 


Kesempatan belajar

Mendapat Kesempatan Belajar di Bulan September

Aku percaya bahwa inilah rencana Tuhan yang luar biasa dalam hidupku. Aku bersyukur bisa lolos masuk ke kelas gratis ketiga yang diadakan kembali oleh Mas Irwin. Kali ini namanya bukan lagi kelas naikin DA tapi Kelas Growthing Blogger. Jadi fokusnya nggak cuma DA naik tapi ada pelajaran lainnya. 

Kenapa aku harus masuk ke kelas Mas Irwin di bulan September dan bukan di bulan Juni atau Juli? Mungkin inilah alasannya. 

Pertama, ada syarat harus memiliki data Google Analytics (GA) dan Google Search Console (GSC) selama 3 bulan. Sejak dulu, aku sudah memasang keduanya tapi sempat error di bulan April atau Mei kalo nggak salah. Aku nggak sengaja menghapus kode yang terpasang. Coba kalo aku ikut kelas sebelum September, wah bisa dikick dari awal. 

Kedua, aku sudah punya lebih banyak kenalan sesama blogger sekarang. Karena selama pandemi, aku rajin ikutan blogwalking dan program tukeran backlink. 

Berkat hal ini, aku bisa menyelesaikan tugas menulis artikel sekaligus mengumpulkan banyak komentar hanya dalam waktu 2 hari. Terima kasih banyak buat teman-teman yang sudah mau kucolek buat ngasih komentar di artikel tugasku, sehingga aku bisa bertahan.

SS DA 30

Ketiga, kelas dijalankan selama sebulan penuh. Awal Oktober, peserta diberi bonus DA naik hingga 30 lebih. Dan ini merupakan kado istimewa yang diberikan Tuhan di tahun 2020 di ulang tahunku yang memang jatuh di bulan Oktober. Rasanya senang sekali. Beda rasanya jika DA naik bulan Juli atau Agustus. 

Ada Kick di Kelas Growthing Gratis

Bagi yang pernah masuk ke kelas Mas Irwin pasti sudah tahu rasanya. Mirip naik bianglala pokoknya, deg-degan! Tidur tak nyenyak, makan tak enak, pikiran hanya soal tugas, tugas dan tugas. Belum lagi demo dari pasangan yang kurang perhatian, wah, bikin hati ambyar! 

Sebenarnya sebelum masuk kelas, kami sudah diberi peringatan keras sama Mas Irwin. Kalo mau ikut kelas harus siapkan mental dan stamina. Materi diberikan 3 hari sekali dan setelah tugas selalu ada kick. 

Bagi yang nggak ngerjain tugas atau salah dalam mengerjakan, bakalan kena tendangan madun milik Mas Irwin. Kalo sudah acara kick, nggak acara remidi lagi. Peserta langsung dikeluarkan dari grup WA dan grup selalu digembok saat penilaian sedang berlangsung. 

Bila acara kick sedang berlangsung, aku hanya bisa pasrah dan berdoa supaya bisa mengikuti materi selanjutnya. Kadang saking tegangnya, aku udah nggak berani buka grup. Malah suami yang suka kepo buka grup, sambil nanya "udah ada yang dikick belum?" 

Huh, bikin tambah deg-degan aja! 

Selalu teliti dalam membaca brief dan mengerjakan merupakan modal utama agar bisa bertahan di kelas. Sesama peserta juga saling memeriksa tugas agar tidak dikick. 

Ya, aturannya jika satu ada yang salah dalam mengerjakan tugas maka teman setim akan ikut dikick. Inilah yang juga menjadi tekanan bagiku. Takut kalau karena kesalahanku bikin teman setimku jadi ikutan dikick. 

Awalnya aku mendapat tim 3 dengan ketuanya Mbak Ria Fasha. Kami berdiskusi di grup kecil dan saling memeriksa tugas. Namun tiba-tiba coach membubarkan tim dan mengubah bahwa diskusi hanya dilakukan di grup besar.

Sedih rasanya saat kami bertujuh sudah mulai akrab satu sama lain, malah harus berpisah. Namun di satu sisi lega karena tekanan berkurang. Kami jadi bertanggungjawab atas diri sendiri. Satu salah, maka hanya dia yang akan dikick bukan teman setim. 

Mentor kelas growth

Materi Super dari Para Coach

Total ada sekitar 9 materi yang kami terima di kelas gratis dari 6 coach. Semuanya nggak ada yang kaleng-kaleng atau ala kadarnya. 

Mulai dari materi menulis, cara membaca Google Analytics, Google Search Console, SEO on Page, SEO off Page, sosial media, fotografi sampai soal Audit SEO semua lengkap. 

Biar semua materinya daging di sini tetap butuh kreativitas para peserta agar bisa menyerap ilmu dari coach dan juga dari teman-teman peserta. Yang ikut kelas di sini, ada yang sudah memiliki pengalaman banyak dan senang berbagi ilmu seperti Pak Bambang Irwanto, Mbak Ria Fasha, Mbak Marita dan Mbak Rahmah Chemist. 

Setelah materi pasti ada tugas. Dan semua tugas yang diberikan berguna agar peserta bisa lebih memahami materi. 

Aku sendiri mulai paham alasan kenapa ada Google Analityc, Google Search Console dan Riset Kata Kunci. SEO dalam menulis artikel juga harus selalu diperhatikan agar blog bisa mendapat banyak pengunjung dari mesin penelusuran. 

Jadi apa kabar tulisan-tulisan lamaku yang kebanyakan cuma curhat biasa tanpa ada penerapan teknik SEO? Hiks! 

Perbaikan-perbaikan sesuai arahan para coach terus kami lakukan sehingga blog jauh lebih baik dan skor DA masing-masing peserta mulai meningkat. 

Bonus bagi peserta yang bertahan sampai akhir adalah blognya dibantu naik DA hingga 30 lebih.

Efek Samping Mengikuti Kelas Growthing

Pengalaman ikut kelas growthing ini luar biasa. Mental dan fisik ditempa secara bersamaan. Di sini mau tidak mau harus melatih diri agar selalu siap menerima tugas yang diberikan. 

Mengatur waktu menjadi kunci kesuksesan dalam mengikuti kelas gratis rasa militer. Bagaimana tidak? 

Aku dituntut agar bisa membagi waktu antara ngeblog, ngurus rumah, masak, mencuci, belanja, mengurus suami, mengerjakan tugas pelayanan, menyelesaikan job, mengurus kerjaan lain. Jangan sampai gara-gara blog, rumah tangga kacau, kerjaan terbengkalai dan suami terlantar, ha, ha. 

Nggak heran jika banyak peserta yang mengundurkan diri di tengah jalan karena sibuk bekerja dan tak sempat mengerjakan tugas. Belum lagi PR untuk memperbaiki postingan lama dan harus ngoprek template hingga HTML agar SEO friendly. 

Sebenarnya sayang banget, udah masuk keluar lagi. Kuotanya terbuang sia-sia, padahal masih banyak yang di luar ingin masuk.

Salut sama teman-teman peserta yang udah punya anak dan bekerja di kantor bisa tetap bertahan mengikuti kelas. Ada juga yang laptopnya harus gantian sama anak yang sedang PJJ, sehingga harus ngetik tugas sampai malam. 

Capek, lelah, letih, lesu, mata perih, kurang tidur itu sudah pasti dirasakan oleh kami, ditambah senam jantung tiap ada jadwal kick. 

Tapi di balik kerja keras ada upah yang selalu menanti. Ilmu baru, teman, pengalaman dan tentang skor DA naik jadi 30 itu adalah bonus. 

Setelah baca pengalamanku ikut Kelas Growthing, masihkah kamu berminat meng-upgrade ilmu di kelas selanjutnya? 

Kalo iya, tunggu saja info pendaftarannya di media sosialnya Coach Irwin. Sampai jumpa! 






0 Comments