Nulis di BRTnetwork

Menulis artikel di BRTnetwork ternyata bisa menaikan DA lho! Sudah ada banyak blogger yang membuktikannya juga. Mereka sukses menaikkan DA karena mengirim artikel di sana.

Dikutip dari situs Dewawep, DA atau Domain Authority adalah website metric, ukuran kepercayaan yang dikembangkan oleh Moz berdasarkan mesin pencari dan pengguna. Semakin tinggi nilai Domain Authority sebuah website, berarti makin tinggi juga kepercayaan pengguna terhadap situs. 

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa salah satu cara untuk menaikkan DA adalah dengan mendapatkan backlink yang berkualitas. Selain itu, kita juga tidak boleh melupakan kaidah SEO supaya mendapatkan pageview yang banyak. 


Tentang BRTnetwork 

Tentang

BRTnetwork merupakan sebuah kanal yang disediakan untuk siapa saja yang ingin menulis dan berbagi cerita. Situs ini bermula dari sebuah komunitas bernama BRT atau Blogger Ruang Tunggu. 

Blogger Ruang Tunggu menjadi tempat berkumpulnya para blogger, tempat sharing, belajar dan juga mendapatkan info job menulis. 

BRTnetwork memberikan kesempatan yang terbuka buat para blogger mengembangkan diri. Blogger boleh menulis artikel dengan menambahkan url artikel alias backlink yang menuju ke blognya. 

Tema-tema yang Bisa Ditulis 

Tema tulisan

Ada banyak pilihan tema yang dapat ditulis di BRTnetwork, diantaranya ada parenting, lifestyle, food, hobi, buku, kerajinan, fotografi, blogging, teknologi, gadget, travel. Isi artikel harus bisa dinikmati oleh semua kalangan. 

Artikel berupa iklan judi, pornografi, seks dan sejenisnya pasti juga tidak aķan ditayangkan di BRTnetwork.


Syarat Menulis di Blogger Ruang Tunggu Network 

Syarat Menulis

Pertama tentu kita diwajibkan untuk register member terlebih dahulu. Kunjungi situs BRTnetwork.id, register. Isikan nama lengkap, username, deskripsikan tentang diri sendiri dan klik submit. Setelah berhasil, barulah kita bisa mensubmit artikel yang kita buat.  

Tentang artikel yang dikirimkan harus asli alias original dan bikinan sendiri. Artikel plagiat tentu tidak boleh  dikirimkan. Bisa aja kirim, sih, tapi semua artikel akan melewati tahap moderasi dulu. Jadi kalo syarat tidak memenuhi, nggak bakal ditayangkan. 

Panjang minimal artikel 600 kata, lebih banyak lebih baik. Disertai dengan 1 gambar yang menarik. Bila ingin mendapat backlink dari BRTnetwork, bisa ditambahkan keterangan url yang mau disisipkan dan anchor text di bawah artikel tulisan yang kita akan disubmit. 

Hal menyisipkan link ini wajib dilakukan jika kita ingin mendapatkan backlink. Linknya harus yang sesuai dengan tema yang kita tulis ya. Supaya relevan.


Tips Fotografi untuk Mempercantik Artikel

Gemaulani

Supaya artikel kita bisa dilirik oleh orang, berilah foto yang menarik. Apalagi jika ditayangkan di BRTnetwork, orang akan lebih tertarik membaca jika disertai dengan foto atau gambar ilustrasi. Selain itu, menaruh gambar yang bagus dan tidak blur dalam artikel membuat pembaca tidak bosan. 

Nah, kemarin saya mendapat ilmu dari coach di Kelas Growthing, yaitu Mbak Gemaulani atau yang kerap disapa dengan Mbak Ge. 

Ia membagikan tips bagaimana menggunakan smartphone untuk membuat foto yang menarik untuk mendukung performa blog. 

Pertama, sebelum memotret, bersihkan lensa kamera dulu. Bila perlu pakailah bantuan dengan tripod agar hasil gambar tidak goyang. Ambil gambar berulang kali dengan mengganti komposisi dan angle agar mendapat hasil foto yang terbaik.

Foto bersama produk, jangan menggunakan zoom ketika mengambil gambar. Lakukan editing secukupnya, hindari melakuķan cropping secara berlebihan. Mbak Ge juga mengingatkan agar jangan mengubah warna asli dari produk yang kita review hanya untuk menyesuaikan feed. 

Belajar di Kelas Growthing Premium 

Bagi seorang blogger tentu sangat penting untuk bisa menaikkan DA. Nilai DA yang besar dari sebuah blog membuat para klien percaya. Sebagian ahli juga berpendapat bahwa blog yang mendominasi di halaman muda mesin penelusuran didominasi oleh website dengan nilai DA yang tinggi. 

Untuk bikin DA tinggi tentu butuh perjuangan. Memperbaiki struktur dan belajar SEO tentu hal yang tidak bisa dilewatkan. Kalo kamu bingung mau belajar dari mana? Ikut saja di Kelas Growthing Premium. 

Di kelas ini, kamu akan dipandu bagaimana memaksimalkan GA dan GSC, SEO serta mendapatkan bonus DA 30++ dan DR 50++. Tentu harga 500 ribuan ini sangat sesuai dibanding dengan materi yang akan didapatkan. 

Jangan lupa juga untuk mensubmit tulisanmu di BRTnetwork biar nilai DA blog-mu makin melesat.

Coaching SEO




24 Comments

  1. tips fotografinya memang bermanfaat buat menunjang blog kita. Bersyukur banget bisa mengikuti Kelas Growthing apalagi yang premium ya bakal lebih gereget lagi bahasannya ya

    ReplyDelete
  2. Pernah diceritakan teman tentang kelas ini...seru ya sepertinya. Nambah ilmu banget tentang blogging

    ReplyDelete
  3. memang kalau mau DA tinggi harus rajin guest post di web-web terpercaya ya..noted...

    ReplyDelete
  4. Saya senang ikut kelas ini Mbak
    Banyak insight baru yang saya dapatkan
    Termasuk tools memetakan SEO

    ReplyDelete
  5. Wah tambah lagi kanal buat nulis dan berbagi ya mbak ... Dicoba yaa

    ReplyDelete
  6. Aku belum Irak Atik BRTnetwork mbak. Lumayan juga ya kalau gini, makin banyak temen yang bisa terhubung ke blog kita

    ReplyDelete
  7. eh dari kemarin banyak yang posting BRTnetwork, ikutan juga tah mbak? mantap nih, buat naikin DA kita :d

    ReplyDelete
  8. Beneran pengen ikut belajar Naikin DA DR ini, namun memang belum cukup waktunya utk fokus, balik kerja malam sudah tepar banget... alhasil selalu cari2 blog teman dan coba utak atik sendiri caranya, walau belum berhasil tetap mencoba sebisanya, dan ini lagi nulis utk submit di BRT, semoga bisa dipublish disana, heheh

    ReplyDelete
  9. Thx infonya tentang Blogger Ruang Tunggu yang bisa membantu meningkatkan DA. Saya menulis ga terlalu merhatiin DA, paling Alexa rank saja. Tapi blog kalau untuk job, DA itu basic sekali dan penting

    ReplyDelete
  10. Aku kok jd pengen yaa daftar ke BRT ini :). Selama ini blm pernah gabung menulis di tempat lain selain blog sendiri.

    Pengen juga ada pengalaman baru menulis di platform yg lbh banyak pembacanya :)

    ReplyDelete
  11. Selalu suka baca artikelmu mbak... bermanfaat banget.... DA-ku stuck di angka 7 belum naik-naik.... hiksss... kumenangis....

    ReplyDelete
  12. Wah terima kasih sekali informasinya. Saya lagi belajar soal DA/PA soalnya. Ini bisa buat prakteknya. Nanti saya coba daftar dan submit tulisan.

    ReplyDelete
  13. Otomatis langsung bersihkan lensa kamera ponsel. Ya, ampun, pantesan gambar yang dihasilkan ponselnya selalu buram dan kurang tajam. Kurang cahaya dan kurang tepat mengambil gambar pada waktu tertentu.

    ReplyDelete
  14. Kelas yang menarik ya. Untuk fotografi, saya perlu jewer kuping sendiri nih. Suka lupa bersihin lensa HP sebelum motret.

    ReplyDelete
  15. Wah infonya bagus banget ini kak aku mau join, DA ku masih jelek nih, tema temanya ini aku juga cocok thanks infonya

    ReplyDelete
  16. wah info yang menarik mba Yus, ini yang diceritakan kemarin ya, baru baca artikelnya, jadi pengen ikutan juga, biar DA nya naik deh. Tapi aku belum paham niy mba, artikelnya berarti bukan yang ada di artikel kita ya, kita nulis dan kirim ke BRT ini ya?

    ReplyDelete
  17. Wah makasih infonya Mbak, aku baru tau nih tentang BRT ini, udah lama nggak main sosmed dan jarang BW jadi agak kudet hehehe. Bagus banget nih buat yang mau naikin DA, bisa coba bergabung & submit tulisan disana ya.

    ReplyDelete
  18. Makasih informasinya, sangat bermanfaat untuk saya yan masih punya cita cita suatu saat bias jadi blogger serius.. BRT ini sepertinya sedang populer ya..

    ReplyDelete
  19. pengen banget DA naik, secara sekarang skornya cuma 14. menulis di BRT Network bisa jadi salah satu solusi nih mbak, thanks sharingnya

    ReplyDelete
  20. Mbak, aku masih gak paham gimana caranya nulis di BRTnetwork bisa naikin DA. Apa kita masukin link Blog kita di sana atau gimana alurnya?

    ReplyDelete
  21. Iya nih saya belum setor artikel ke BRTnetwork. Antri untuk tayang juga ya hehe

    ReplyDelete
  22. Wah bisa di coba ini Mbak e, agar DA bisa naik, kemaren DA q terjut bebas, masal dari DA 10 turun jadi 7 , SS juga naik lagi bikin sebel

    ReplyDelete
  23. wah aku jadi ter-reminder nih karena belum sempat juga nulis di BRT ini padahal aku udah gabung hihi, lumayan ya kalo bisa naikin DA gini kak

    ReplyDelete
  24. Waah terima kasih infonya. baru tahu ada BRT. Kapan-kapan mau coba, saat bikin postingan blog pastinya 😁

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.