Bahrul Ilmi
Foto: IG @bahruladitya

Halo, mari kita bahas lagi tentang coach di Kelas Growthing. Kali ini ada Mas Bahrul Ilmi. Siapakah dia? Bagaimana orangnya? Dan ilmu apa saja yang dibagikan buat para peserta? Yuk, simak ulasanku berikut ini!

Tentang Bahrul Ilmi

Bahrul Ilmi atau yang kerap dipanggil Coach Baim oleh peserta kelas ini, cukup asyik dalam memberikan isi materi. Ia cukup tangkas dalam menjawab ketika dihujani oleh banyak pertanyaan dari para peserta. Dan satu peserta nggak puas cuma tanya 1 kali aja, kebayang nggak ribetnya? Tapi buat beliau nggak masalah kok! 

Ia merupakan seorang blogger yang bertempat tinggal di kota khatulistiwa yaitu Pontianak, Kalimantan Barat. Senang mempelajari hal-hal yang selalu berkaitan dengan teknologi, buktinya semua blog nyaris isinya nggak jauh-jauh dari itu. 

Selain menjadi blogger, Mas Bahrul Ilmi juga bekerja menjadi seorang Content Writer Pontianak dan Web Content Editor di sebuah agency yang ada di Jakarta. 

Dan saat ini beliau sedang fokus belajar tentang SEO. Ia belajar bukan hanya untuk diri sendiri, tapi karena ingin membantu orang lain memperkenalkan diri dan usaha lewat internet. Wah, nggak takut kah, Caoch kalo banyak yang pintar SEO terus jadi saingan? He, he. 

Tidak perlu takut orang lain akan melihatmu sebelah mata ketika hanya melihat segi fisik. Sebab, jika dirimu bisa melakukan sesuatu yang berarti untuknya, mereka akan melupakan apa yang kita sebut kekurangan. Teruslah belajar, perbaiki diri, jadilah berguna bagi orang banyak. -Bahrul Ilmi-

Senang Berbagi Ilmu 

Sudah menekuni dunia kreatif sejak 2011 lalu, nyatanya Mas Baim justru makin serius menggeluti usahanya di bidang internet. Ia juga aktif menjadi pembicara. Berbagi ilmu adalah kesukaannya. Beliau senang menulis tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi di blog nulisin.com dan ada blog satu lagi yaitu bahrulilmi.com. 

Dalam sebuah caption Instagramnya, Mas Baim menyatakan bahwa dirinya senang bisa berbagi apa yang ia tahu kepada banyak orang. Bila ditanya tentang cita-cita, mungkin inilah jawabannya. 

 "Ingin menjadi orang yang bisa membagi banyak hal ke orang lain"-Bahrul Ilmi 

Tak  heran jika dalam penyampaian materi, Mas Baim selalu mahir merangkai kata agar mudah dipahami. 

Keterbatasan juga bukan jadi halangan baginya untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi banyak orang. Keahliannya dalam bidang SEO adalah salah satu pembuktiannya. 

Menulis dan berbagi informasi dengan banyak orang di blog, bagi Coach Bahrul Ilmi terasa sangat menyenangkan. Lewat blog, berbagi ilmu yang ia tahu bisa dilakukan tanpa batas ruang dan waktu. 

Materi Daging yang Dibagikan Coach Baim

Daging di sini artinya ilmu yang berbobot, padat dan penuh manfaat. Ya, itulah yang saya rasakan ketika pertama kali mendapat materi-materi yang diberikan oleh Mas Baim. 

Dulunya, aku cuma tahu bahwa Google Analytics ya gitu-gitu aja. Kadang hilang sendiri tanpa disadari saat ganti template. Sekarang aku baru sadar, ternyata fitur-fitur dari Google Analytics bisa dipakai sebagai tolak ukur untuk mencari tahu postingan mana yang paling banyak dibuka oleh pengunjung. 

Manfaat Google Analytics: 

- Untuk mengetahui perkembangan trafik
- Untuk melakukan evaluasi konten, bounce rate dan durasi
- Mengetahui sumber traffik
- Mengetahui postingan mana yang diminati pengunjung 
- Untuk mengetahui kapan waktu posting yang tepat 

Begitu juga Google Search Console (GSC), ini adalah alat yang bisa membantu blogger untuk memaksimalkan artikel blog di mesin penelusuran. Setelah kita selesai posting artikel, wajib banget untuk diinspect agar artikel bisa cepat terindex Google. 

Parameter SEO yang kerap dilupakan juga mulai perlahan diterapkan dalam setiap postingan. Yak lupa juga harus riset kata kunci juga. Materi ini sudah pernah kubahas dalam tulisan bertajuk Belajar SEO di Kelas Growth Bersama Ahli SEO.

Pokoknya mantap deh, semua materi yang diberikan oleh Coach Bahrul Ilmi yang tanggal 17 September kemarin sedang berulang tahun. Bikin blogku jadi jauh lebih baik, lebih ramah SEO dan beberapa bisa masuk ke halaman muda Google. 

Bila dulu tulisanku ada juga yang  bisa ada di halaman satu, itu karena kebetulan. Namun jika dilihat lagi SEO-nya berantakan, he, he. Terima kasih udah dibagi ilmunya Mas Baim dan juga untuk coach Kelas Growth yang lain. 

Akun Media Sosial Bahrul Ilmi 

Untuk mengetahui apa saja aktivitas hore-hore yang dikerjakan oleh Mas Baim, mari kepoin dan jangan lupa untuk follow setiap akun media sosialnya. Pelajari juga setiap artikel yang ditulis oleh beliau agar kita makin melek teknologi. 

Berikut media sosial milik Mas Bahrul Ilmi
Facebook: https://facebook.com/gbygoober
Twitter: https://twitter.com/bahruladitya
Instagram: https://instagram.com/bahruladitya
Linkedin: https://www.linkedin.com/in/bahrul-ilmi

0 Comments