Gilang Maulani
Foto: IG @gemaulani

Gilang Maulani merupakan salah satu blogger keren yang ikut berbagi ilmu di Kelas Growthing. Siapakah dia? Dan apa nama blognya? Yuk, simak ulasanku berikut ini!

Kenalan dengan Gilang Maulani 

Mendengar namanya saja tanpa mengetahui orangnya, pasti bakalan mengira kalo Gilang Maulani ini adalah seorang cowok. Dan "i" dikira salah ketik harusnya "a". 

Begitu pun denganku. Aku kira nama Gilang adalah nama sematan. Mungkin "Gilang" adalah nama pasangan atau nama samaran. Biar keren. 

Tapi ternyata dugaanku keliru. Justru nama Gilang Maulani merupakan nama asli dari mbak Gemaulani sejak lahir. 

Uniknya, mba Gemaulani sudah terbiasa ketika orang salah manggil "mas", "bang" atau "bapak". Dalam proses administrasi juga sering mendadak berganti jenis kelamin jadi "laki-laki" atau berubah nama jadi "Gilang Maulana". 

Ha, ha. Jadi ingat waktu aku pesan ojek online, abangnya manggil aku dichat "mas Yus" dan kejadiannya nggak cuma sekali. Usut punya usut, ternyata nama cuma pakai nama pendek aja, "YUS". Dari situ aku nyadar bahwa namaku juga mengandung unsur nama yang biasa dipakai oleh laki-laki. 

Mbak Gilang Gemaulani memang lebih terkenal dengan nama Gemaulani di semua akun media sosialnya. Biasa disapa Mbak Ge atau Mbak Gemaulani yang terlihat ceria, banyak bercerita di dunia maya, kabarnya (aku belum pernah ketemu langsung), justru sosok yang pendiam dan pemalu di dunia nyata.

Ada yang manggil mba Ge, Gema atau Maulani. Biar singkat, aku panggil Mbak Ge saja ya? 

Aku tahu Mbak Ge, sejak ia ikut Kelas Naikin DA yang gelombang pertama. Berkat ikut kelas ini, skor DA blognya sudah di angka 30++.

Karena aku sendiri nggak lolos, jadinya ikut rajin mantengin blogger yang keangkut kelas. Setiap ada postingan yang membahas bagaimana naikin DA, pasti deh, aku baca.  Saking stress-nya karena skor DA-ku yang nggak naik-naik. Bersyukur kini aku bisa ikutan Kelas ─órowthing ini. Meski akibatnya jadi tambah stress, wkwkw.

Kukira dia ikutan masuk ke grup WA KGB yang gelombang satu ini buat jadi peserta, eh, ternyata dia jadi salah satu coach-nya. Di kelas, Mba Ge membagikan materi tentang Teknik Fotografi untuk Blogger

Tentang Blog Gilang Galing 

Mbak Gemaulani ini suka menulis tentang dirinya di blog. Tulisan di blognya kebanyakan berisi tentang review buku film, produk dan tips seputar gaya hidup. Gaya bercerita dan cara penuturannya dalam menulis lancar jadi enak banget untuk dibaca sampai tuntas. 

Dia juga seorang pecinta kucing, sempat menuliskan beberapa kisah kehilangannya tentang kucing kesayangannya. 

Mbak Ge memilih nama Gilang Galing karena nama "Gilang" adalah nama aslinya sendiri. Sedangkan "Galing" dirasa mewakili rambut ikal miliknya dalam bahasa Sunda.

Secara singkat, nama Gilang Galing bisa diartikan sebagai kisah hidup seorang yang bernama Galing dengan segala macam gelombang dan lika-likunya. 

Lewat blogpost, Mbak Ge ingin menuliskan kisah hidupnya sendiri yang mirip gelombang rambut ikalnya. Sebelumnya ia juga sempat memberikan nama My Little Notes untuk blognya. Namun sekarang ia lebih mantap memakai nama "Gilang Galing" untuk blog pribadinya. 

Karya Mbak Gemaulani

Mbak Ge juga suka menulis cerpen, puluhan buku antologi sudah berhasil diterbitkan. Beberapa cerpen bisa dibaca di blognya lho! Yuk, kamu yang suka baca cerpen, intipin karyanya di sana. 

Buku berjudul Untuk Dikenang adalah salah satu bukti bahwa ia memang memiliki passion untuk menulis cerita fiksi. Bakat menulisnya ini ternyata tumbuh berkat bimbingan mamanya. 

Waktu kecil mamanya suka membacakan dongeng sebelum tidur dan mengajarinya menulis. Saat agak besar, Mba Ge diberi diari sendiri untuk menulis unek-uneknya. 

Wah, ternyata menulis harus ditumbuhkan sejak dini. Terbukti Mba Gemaulani jadi suka menulis. 

Ilmu Fotografi yang Ditularkan di Kelas Growthing 

Mba Ge membagikan materi tentang fotografi di Kelas Growthing. Ia mengatakan bahwa blogger lebih baik memakai foto hasil jepretannya sendiri. Karena jika postingan itu menyangkut review, pembaca akan lebih percaya jika foto yang dipakai untuk ilustrasi adalah milik sendiri.

Dalam materi mba Ge memberikan tips bagaimana mengambil gambar produk dengan menggunakan smartphone. 

Tipsnya antara lain:
1. Siapkan kamera belakang beresolusi minimal 12 MP
2. Tentukan tema dan konsep foto
3. Pilih backdrop yang sesuai dengan tema
4. Nuansa dan properti foto jangan berlebihan agar foto tidak terlalu ramai
5. Perhatikan pencahayaan

Mba Gemaulani cukup baik dalam menyampaikan materi. Susunannya cukup mudah dipahami. Walau mungkin waktu pengiriman materi agak sedikit ada masalah. Namun tidak apa-apa, ilmunya sudah kami terima dan mulai sedikit demi sedikit akan diterapkan. Terutama masalah foto ilustrasi di blog Catatan Yustrini yang masih kurang oke. 

Yuk, Kepoin Blog dan Media Sosial Gilang Gemaulani

Kalo mau lebih jauh mengenal keseharian dari Mba Ge, blogger keren dari Bandung ini. Bisa kepoin blognya dan media sosialnya. 
Blog: www.gemaulani.com
Facebook: Gemaulani 
Twitter: @gemaulani
Instagram: gemaulani
Youtube: Gilang Maulani

Demikian ulasanku tentang Mbak Gilang Gemaulani. Semoga yang diulas berkenan. Mohon maaf bila ada kesalahan kata-kata atau informasi yang kurang pas. 

Terima kasih. 

0 Comments