Punto Wicaksono
Foto: IG @pe.we19

Setelah membahas mba Monica, sekarang gilirannya Mas Punto Wicaksono. Siapakah dia? 

Beliau adalah salah satu pemateri di Kelas Growthing Blogger. Cukup ahli di bidang IT.

Biasa dipanggil Mas PeWe oleh teman-temannya dan juga istrinya. Tapi kami para peserta Kelas Growthing cukup bervariasi manggilnya. Ada yang manggil Om Pewe, Coach, atau Mas Pewe. 

Ia nggak kalah kocak sama Mas Irwin. Terlihat dari chattingannya di grup yang jarang serius. Kadang tanya serius, eh, malah balik nanya. Candaannya juga memecah pikiran para peserta yang baru pusing mikirin tugas. 

Hadir sebagai pemateri yang membahas SEO off Page. Mas Punto menggambarkan bahwa SEO on Page tanpa off Page itu, bagaikan hidup tanpa pasangan (hadech!).

Di sini memang coach spesial pasangan yang so sweet adalah Mbak Monica dan Mas Punto, mereka bukan kakak beradik ternyata. Meski banyak yang menyangka begitu, pernikahan mereka tetap langgeng selama 17 tahun. 

Tentang Punto Wicaksono

Mas Punto adalah seorang sarjana IT Universitas Dian Nuswantoro. Saat ini beliau bekerja sebagai blogger, vlogger, content creator dan JasaWeb Desaign. 

Mas Punto juga menjadi partner kerja Mba Monica Anggen, yang memiliki kemampuan menulis, sementara ia ahli dalam mengurusi dalamannya blog. Pantas saja mereka jadi blogger kenamaan di Indonesia dalam waktu yang cukup singkat. 

Perkenalan Mas Punto ke dunia blogger baru di tahun 2017. Saat itu, ia dalam keadaan yang terpuruk. Akibat kehilangan pekerjaan setelah sakit parah yang hampir merenggut nyawanya selama 3 bulan. 

Agar tetap semangat Mba Monica mengenalkan aktivitas baru yaitu menulis blog. Meski sempat tidak tertarik, Mas Punto nyatanya sekarang menjadi ahli masalah tekniÄ· blogging.

Menjadi Coach di Kelas Growthing 

Mas Punto menjadi salah satu coach dari 6 orang coach yang memberikan materi di Kelas Growthing. Beliau memberi materi SEO off Page dan menjadi moderator artikel yang akan tayang di BRTnetwork.

Pemahamannya tentang SEO off Page membuat artikel di blognya melesat masuk ke halaman muda google. Bahkan sering saingan sendiri dengan artikel milik istrinya, wkwkw.

Sekilas Tentang Materi SEO off Page 

SEO off Page adalah optimasi SEO yang dilakukan di luar konten atau website. Contoh gampangnya dengan share link ke media sosial. 

Namun sebenarnya langkah SEO off Page bisa dimaksimalkan lebih dari sekedar share. Dengan SEO off Page harapannya tentu agar artikel bisa menempati halaman muda google sehingga jumlah pengunjung yang datang makin meningkat. 

Macam-macam SEO off Page:

> Share Media Sosial
> Google My Bussiness
> Listing Bisnis Terarah dengan mendaftar di situs seperti TripAdvisor, Zomato
> Brand mention di media sosial
> Review/Testimoni di Google Local Guide
> Link Building 

Media sosial yang bisa kita manfaatkan untuk link building adalah Kompasiana, Slideshare, Viva, Medium, Linkedin dan lainnya. 

Mas Punto juga memberi tips bagaimana mendapat backilink gratis dari website orang lain. Diantaranya adalah selalu membuat konten yang berkualitas, sehingga orang dengan sukarela mau mereview tentang blog kita. 

Kita juga bisa menulis artikel di BRT agar menunjang nilai DA blog kita. Terbukti bahwa catatanyustrini.com bisa naik DA karena menulis artikel guest post di sana. 

Akun Media Sosial Mas Punto Wicaksono

Aku sebenarnya sudah cukup lama kepoin akun media sosial mereka berdua. Isinya cukup membangun meski hanya seputar obrolan tentang website sederhana. Misal minta password, dijawab apa, keselnya kenapa? Wkwwk. 

Intinya, mba Monica dan Mas Punto ini saling memotivasi. Bahkan menjadi partner sekaligus rival yang positif dalam hal belajar. Mereka berdua juga saingan dalam mengoptimalkan website yang dikelola. 

Mas Punto sebelumnya sudah rajin melakukan riset untuk menaikkan DA, sebelum berbagi ilmu. Ia juga menerima jasa untuk menaikkan DA selama pandemi ini. Bila tertarik, silakan hubungi Mas Punto di akun media sosialnya. 

Facebook: Punto Wicaksono (PeWe)
Facebook Fanpage: PeWe
Twitter: @pe_we19
Instagram: @pe.we19
Blog: www.pe-we.com dan www.pewetekno.com

0 Comments