Salah satu hal yang membuat semakin banyaknya ide-ide kreatif yang dihasilkan adalah perkembangan teknologi. Sehingga dalam memulai sebuah bisnis, tentunya hal tersebut dapat dimanfaatkan sebagai modal awal.


Apalagi saat ini kita dituntut untuk bisa beradaptasi dengan kondisi ekonomi yang ada dengan cepat.


Umumnya kita memiliki pola ukur seperti, yang penting produknya dapat terjual dan mendapatkan untung, saat kita membuat suatu produk. Namun, sebenarnya sebuah produk, apalagi di dunia bisnis itu ada yang namanya plagiarisme. Dengan begitu, saat ingin serius menjalankan bisnis perlu direncanakan dengan matang agar tidak mengalami kerugian.


Keuntungan Mendaftarkan Merek untuk Usaha


Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah dengan memberikan dan mendaftarkan merek produk yang ingin dijual ke masyarakat. Merek mempunyai peranan yang penting dalam proses pemasaran produk karena bisa menunjukkan orisinalitas dari barang yang dijual tersebut.


Namun masih ada juga usaha yang belum didaftarkan mereknya oleh pemilik usahanya. Padahal, para pengusaha bisa mendapatkan berbagai keuntungan dan mengembangkan bisnis ke depannya jika mendaftarkan trademark untuk usahanya. 


Agar lebih meyakinkan, berikut ini beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika sebuah produk didaftarkan trademark, yaitu: Pentingnya mendaftar trademark Indonesia


1. Identitas untuk kredibilitas


Fungsi dan keunggulan pertama yang bisa didapatkan jika sebuah produk dibuatkan trademark adalah menjadi tanda pengenal atau identitas dari produk tersebut. Pihak lain tidak akan bisa meniru produk yang kita daftarkan, karena sudah memiliki identitas dari merek. 


Hak produk yang terdaftar dalam merek kita juga sepenuhnya milik kita. Selain itu, produk kita bisa dengan mudah dikenali baik bagi kita maupun para konsumen. Usaha kita juga bisa dibedakan dengan usaha milik orang lain dengan adanya merek tersebut. 


Merek usaha kita juga bisa menjadi pembeda dan jaminan atas mutu dan kualitas barang atau jasa yang ditawarkan meskipun nantinya muncul produk serupa dari pihak lain.


2. Perlindungan hukum


Apabila ada pihak lain yang mencoba untuk meniru atau membuat kegiatan yang mengatasnamakan merek kita yang sebelumnya sudah terdaftar secara resmi, pihak tersebut bisa kita gugat secara hukum melalui pengadilan. Karena prinsip dari pendaftaran merek ialah siapa yang mendaftarkan merek pertama kali, itulah yang menjadi pemegang merek.


3. Peluang bisnis


Melakukan kerja sama merupakan salah satu strategi yang digunakan agar bisnis dapat berkembang dengan cepat. Namun, jika usaha kita tidak memiliki legalitas atau merek, sudah pasti tidak semua pihak mau melakukan kerja sama.


Dengan begitu untuk bisa mengajukan kerja sama dan berpeluang mendapatkan waralaba, franchise, hingga ekspor, kita harus mendaftarkan merek terlebih dahulu. Sehingga sudah jelas merek dapat memberikan keuntungan dari sisi finansial dan hukum seiring meningkatnya jenis-jenis usaha saat ini.


Untuk Menambah Nilai Aset Perusahaan


Sebuah perusahaan biasanya memiliki branding yang mana bisa didapatkan dari sebuah merek. Para investor juga dapat datang untuk menanamkan modal jika perusahaan memiliki sebuah branding.


Apalagi jika sudah resmi terdaftar di DJKI, maka merek sebuah usaha akan semakin berharga.


Usaha kamu bisa tidak memiliki nilai jual sama sekali, jika usaha kamu tidak didaftarkan merek karena bisa digunakan oleh semua pihak. Kamu tetap bisa mendaftarkan merek untuk produk kamu meskipun usaha kamu memiliki kesamaan dengan pihak lain, selagi produkmu ada nilai keunikan yang lebih.


Namun kita terlebih dahulu harus mencari merek yang sudah ada sebelumnya demi menghindari adanya sengketa merek di masa mendatang. Tentunya kita harus membuat nama merek yang unik, sehingga bisa dengan mudah dikenali oleh banyak orang.

 

9 Komentar

  1. Brand atau merek memang penting sekali ya mbak, bisa sebagai branding dan juga mempermudah untuk mengembangkan usaha kedepannya dan tentunya legalitasnya harus di urus biar tenang

    BalasHapus
  2. Betul banget karena banyak juga pemain pemula produknya viral belum sempat mendaftarkan produknya sudah di akui orang lain

    BalasHapus
  3. Kantorku juga pernah mendaftakan merk dan lumayan nunggu waktu lama juga. Lumayan juga ya mbak punya trademark dagang bisa dikenal luas masyarakat

    BalasHapus
  4. Terutama kalau merek tersebut akan disematkan pada produk yang membutuhkan ekstra usaha untuk memperoleh atau memproduksinya, ya. Kan sayang banget. Merek juga menjadi identitas sih, seperti kita tahu ada banyak produk atau jasa yang mendunia dengan hanya menyebutkan mereknya saja.

    BalasHapus
  5. Wah penting banget nih daftarin merek ke trademark, biar nggak karya atau produk kita nggak dicuri oleh orang lain.

    Susah-susah gampang ya kalo mau daftarin merek, salah-salah dikit malah dikira plagiat merek dagang milik orang lain. Berarti harus cari nama yang unik dan menjual. Siip deh, makasih ulasan kerennya Mba Tini.

    BalasHapus
  6. Ini bener banget sih mbak apalagi untuk nama-nama merek yg unik2 gitu. Harus dipatenkan banget supaya gak jadi sengketa ya. Gak akan rela dong ya kalo nama yg kita inginkan malah diklaim sama orang lain. :(

    Jadi daripada terjadi hal2 yg gak diinginkan baiknya kita inisiatif untuk mendaftarkan duluan merek dagang kita.

    Terus kalo punya trademark sendiri keliatan lebih profesional juga kan merek dagang kita. Jadi lebih punya nilai kredibilitasnya bagi konsumen maupun jika kita berniat melebarkan usaha yg kita punya. :)

    BalasHapus
  7. wah memang penting banget ya mendaftarkan trademark untuk produk yang kita miliki. apalagi kalau misalkan mau dibuatkan sebagai bisnis usaha

    BalasHapus
  8. Suamiku juga daftarin brand souvenirnya kak. Biar nggak diambil orang lain. Kalo gini allhamdulilah lega deh jadi nggak bakal ada yg ambil hak merek

    BalasHapus
  9. Nah, penting banget nih buat yang punya usaha ya. Apalagi zaman sekarang makin banyak bermunculan berbagai jenis merek. Biar aman dan terhindar dari plagiat harus banget ya Mbak didaftarkan ke trademark ini

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.