Menjalani hari-hari sebagai calon ibu baru, tak dapat menghindarkan aku dari gejala awal kehamilan yaitu mual dan kadang-kadang disertai muntah. Sempat putus asa dengan keadaan ini, karena jadi mengganggu aktivitas ngeblog di Catatan Yustrini.


Aku pun mencari cara bagaimana mengatasi mual atau yang disebut juga morning sickness di internet. Dan taraaa, aku menuliskannya juga untukmu di sini! 

Atasi Mual Saat Hamil


Cara Sederhana untuk Mengatasi Mual Saat Hamil 

Morning sickness atau perasaan mual biasa terjadi pada pagi hari atau bahkan sepanjang hari. Keadaan mual muntah ini biasa dialami oleh ibu hamil di trimester pertama disebabkan oleh perubahan hormon. Dan mencapai puncaknya saat akan masuk di trimester kedua. 


Meski hal ini wajar dialami ibu hamil, namun jika dirasa sangat mengganggu aktivitas, terutama bagi yang bekerja. Dan muncul kekhawatiran berat badan janin akan kurang karena kekurangan nutrisi, ada baiknya cari tahu bagaimana cara untuk mengurangi mual.


1. Makan dengan Porsi Kecil Namun Sering

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah jangan membiarkan perut kosong atau lapar. Jangan makan dalam porsi banyak, tapi makanlah sedikit-sedikit dalam porsi lebih kecil. 

Bisa juga diselingi dengan ngemil buah atau biskuit. Hal ini akan membantu mengurangi rasa mual yang berlebihan. Karena saat hamil, asam lambung cenderung akan naik. 


2. Bangun Lebih Pagi 

Saat bangun tidur di pagi hari jangan langsung beranjak dari tempat tidur. Istirahat dulu sekitar 20-30 menit. Bisa juga dengan mendengarkan musik sambil minum teh atau jahe. Sediakan cemilan sehat di kamar, agar tidak repot ke dapur. 

Usahakan bangun lebih pagi, supaya aktivitas ini tidak mengganggu pekerjaan yang harus dilakukan. 


3. Konsumsi Permen Mint atau Jahe

Permen mint atau jahe juga cukup ampuh untuk mengurangi rasa mual. Saat merasa mual, biasanya mulut terasa pahit atau tidak nyaman. Aroma dari mint atau rasa jahe bisa sedikit menghilangkan rasa tidak nyaman di mulut. 


4. Cukupi Kebutuhan Cairan

Minum air yang cukup. Jika air putih saja terasa tidak enak, bisa ditambahkan dengan aroma jeruk atau jahe. Bisa juga dengan mengonsumsi susu, jus buah atau minuman sehat lainnya yang aman untuk ibu hamil. 

Jangan sampai kekurangan cairan. Minumlah sehari minimal 10-12 gelas. 


5. Melakukan Hobi 

Menjalankan aktivitas yang disukai terbukti dapat mengalihkan perhatian ibu hamil. Membaca buku, menonton drama Korea, memasak atau hobi lain bisa coba dilakukan agar pikiran tak terfokus hanya pada rasa mual. 

Pokoknya bikin hepi aja, sehingga rasa mual perlahan akan menghilang dengan sendirinya. 


6. Beristirahat yang Cukup

Jangan lupa untuk beristirahat yang cukup. Tidur merupakan cara yang cukup ampuh untuk mengatasi mual. Sederhana dan paling mudah dilakukan bukan? 


7. Hindari Makanan yang Beraroma Tajam

Masakan atau makanan yang berbau tajam, bisa memperparah rasa mual. Karena itu, hindari makan makanan dengan aroma yang cukup tajam. 

Hindari juga bau yang kurang disukai dan dapat menimbulkan rasa mual. 


Bila Perlu Hubungi Dokter 

Nah, itu dia cara-cara yang bisa ibu hamil coba saat mengalami mual atau muntah. Bila gejala terjadi semakin parah bahkan tidak bisa kemasukan makanan sama sekali, sebaiknya cepat hubungi dokter agar mendapat saran terbaik. 


Ibu hamil juga harus menjaga kesehatan agar tidak mudah tertular virus berbahaya. Terlebih di masa pandemi gini harus terus menerapkan 5M. 


Mungkin yang aku bagikan di sini bisa berbeda dengan para ibu hamil lainnya. Jadi kalo ada tips mengatasi mual yang lain boleh banget dishare di kolom komentar ya! 

Terima kasih :)) 

0 Komentar