Jangan habis waktumu, hanya takut ini itu

Percayalah ada jalan jika kamu mau 

Mulai langkahmu...

Mulai langkahmu...


Itulah sepenggal lirik yang ada dalam event bluMusical yang tayang perdana di akun You Tube blu by BCA Digital. Acara sekeren ini tentu sayang jika dilewatkan begitu saja. 


Nonton bluMusical


Nonton bluMusical di saat perayaan Hari Kemerdekaan 17 Agustus, rasanya sangat tepat. Di mana kita mengenang kembali perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan. Dan hari ini giliran kita untuk mengisi kemerdekaan dengan karya dan semangat #MulaiLangkahmu #YangPentingLakuin.


Tentang bluMusical #MulaiLangkahmu

Acara bluMusical sendiri merupakan hasil kolaborasi PT. Bank Digital BCA dengan musisi berbakat, Yura Yunita. Tujuannya adalah untuk meningkatkan literasi finansial para generasi muda Indonesia melalui persembahan bluMusical. 


Mungkin di antara kalian ada yang belum tahu tentang BCA Digital. Jadi pada tahun 2019, BCA resmi mengakuisisi Bank Royal. Nah, Bank inilah yang selanjutnya diubah menjadi BCA Digital. 


Aplikasinya bernama blu. Baru saja diluncurkan tanggal 2 Juli 2021 bagi pengguna android. Seminggu berikutnya, barulah keluar versi IOS. 


Dari segi tampilan, aplikasi blu by BCA Digital ini memang di desain sebagai platform perbankan next-generation alias untuk anak muda yang dinamis, produktif dan suka mencoba sesuatu yang baru. 


Dijamin nggak akan ngebosenin meski aplikasinya didominasi dengan warna biru. Bahasanya juga cukup menarik dan ada fitur menabung yang unik, cocok sekali untuk anak muda. 


Serunya Nonton bluMusical dan Inspirasi Para Pemain 

bluMusical banyak menghadirkan anak muda yang energik dan penuh semangat. Selain Yura, ada juga 3 bintang tamu yang tak kalah inspiratif. Ada Raymond Chin, selaku CEO Ternak Uang, Jehian Panangian Sijabat, selaku CEO Menantea, dan Eva Alicia, seorang pelukis, content creator sekaligus pengusaha muda. 


Tabungan Online blu

Selain mereka, ada 10 talent berbakat lain yang melengkapi pertunjukan bluMusical. Tadinya aku tidak memperhatikan kenapa harus ada 10 pemuda yang tampil. 


Namun ketika di tengah acara ada penggalan kalimat populer yang pernah diucapkan oleh tokoh proklamator kita, Bung Karno:


'beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia' 


Aku pun mengambil kesimpulan bukan tanpa alasan, kenapa pemudanya harus berjumlah 10 orang. Dan mereka bukanlah pemuda sembarangan. Melainkan anak muda yang memiliki perjalanan hidup inspiratif dengan latar belakang profesi berbeda-beda mulai dari mahasiswi hingga dokter. 


Dan terbukti bahwa mereka berhasil menghadirkan pertunjukan musik yang luar biasa. 


Bagi kalian yang penasaran seperti apa penampilan mereka, yuk lihat video yang akan aku sematkan di bawah artikel ini! 


Inspirasi Keuangan Saat Nonton bluMusical #MulaiLangkahmu

Sebagai anak muda pasti kita semua punya mimpi-mimpi, rencana-rencana. Entah itu ingin beli rumah impian, ingin melanjutkan pendidikan, mau traktir mama, bayar hutang, lunasi cicilan, beli laptop, rencana nikah hingga buka usaha. 


Semua ada di kepala tapi seringnya cuma jadi wacana. Sebagai anak pasti ingin bisa mempersiapkan dana pensiun untuk orang tua, tapi seringnya cuma satu aja yang nabung. Kakak atau adik, ke mana uangnya? Tidak ada kabarnya. Ini nih, yang bikin nyesek. 


Rencana patungan, eh, yang lain kabur tanpa jejak. Akhirnya yang bayar cuma satu orang. Berat deh! 


Keraguan untuk menggapai mimpi itu yang sering menghalangi kita. Mungkin kamu juga pernah ngalamin mendadak miskin hingga uang di ATM nggak bisa ditarik. Kaya di awal bulan dan miris di akhir bulan. 


Mau niat nabung yang banyak tapi semangat nabung cuma di awal doang. Budget kecampur dan mengakibatkan tabungan terpakai buat yang lain. 


"Inilah pentingnya kenapa kita harus memiliki pos-pos pengeluaran, " ujar Yura Yunita. 


Persiapkan Dirimu untuk #MulaiLangkahmu Tanpa Ragu

Bintang tamu yang dihadirkan memberikan banyak sekali inspirasi, terutama tentang pentingnya perencanaan keuangan bagi anak muda.

Mereka mengajak agar kaum muda untuk berani maju, #MulaiLangkahmu dan #YangPentingLakuin.


Mulai Langkahmu

Secara unik, fitur blu juga dikenalkan di Live Premier bluMusical Mulai Langkahmu. 


bluSaving 

Raymond Chin menyampaikan bahwa punya target dan budget yang jelas itu penting. Kemudian kunci dengan disiplin dan fokus. Perlahan tapi yakin, kita bisa menabung khusus untuk ngopi cantik, beli baju, dana darurat sampai DP rumah. 


Fitur bluSaving memungkinkan kita bisa memiliki 10 tabungan di satu rekening saja. Budgeting lebih mudah karena kita seperti memiliki amplop digital. Tak perlu khawatir tabungan tercampur dengan dana yang lain. 


bluGether 

Jehian menyampaikan pesan, "satukan langkah untuk melangkah bersatu tanpa ragu. Kuncinya ada pada sinergi dan percaya diri."


Hal ini menggambarkan fitur bluGether, yaitu rekening tabungan akun tunggal yang dapat dipakai seperti rekening bendahara. Creator adalah nasabah yang membuat tabungan bluGether. Creator dapat mengundang teman ke dalamnya, yang disebut member untuk ikut memantau aktivitas dan ikut menambah dana. 


Cocok digunakan untuk patungan, uang kas, menyiapkan dana pensiun orang tua. Jadi tidak perlu menagih teman atau saudara jika mau patungan. 


bluDeposit

Eva Alicia berpesan, "Jangan lewatkan kesempatan buka pintu peluang di hadapan kalian. Tidak semua waktu paling optimal. Ada tanda-tanda baik yang harus kamu kenal. Saat yang tepat akan kau dapat". 


bluDeposit adalah deposito ARO. Jadi tidak diperpanjang otomatis. Saat jatuh tempo, maka bunga dan pokok akan otomatis masuk ke bluAccount. Keuntungan nabung di bluDeposit, kita tidak akan diberi penalti jika mengambil dana sebelum jatuh tempo. Hanya tidak akan diberi bunga. 


Bagaimana dengan Mimpiku? 

Dari awal nikah aku ingin nabung beli rumah. Tapi ada banyak hal yang menjadi keraguan. Selain upah minimum Jogja yang masih rendah, harga tanah dan rumah juga sudah selangit. 


Jangankan beli rumah di tengah kota, beli di daerah pinggiran saja sudah mahal. Belum lagi kebutuhan biaya hidup sehari-hari di kota Jogja tidaklah semurah yang orang bayangkan. 


Dengan penghasilan suami dan pendapatanku sebagai freelancer yang tak menentu, rasanya mustahil untuk membeli rumah. Berniat nabung sendiri untuk DP rumah, eh, selalu kepakai buat keperluan lain. 


Impianku yang lain, mau jalan-jalan ke Bali bareng orang tua juga masih tertunda karena budget kami tercampur. 


Penyebabnya karena aku hanya ada satu tabungan. Jadi mau nabung di situ, dana darurat di situ, mau bayar tagihan bulanan juga ambilnya dari satu rekening. Maunya sih, buka rekening baru tapi pasti akan menambah biaya admin lagi. Meski hanya Rp. 6.500 tapi dikalikan tiap bulan cukup lumayan jika dikumpulin. Ini sih, nabung nggak jadi untung malah buntung. 


Berkenalan dengan Tabungan Online blu 

Sudah lama banget aku menunda untuk bikin rekening baru. Penyebabnya aku tidak mau ribet dengan nomor rekening yang harus dicatat. Belum lagi jika aku lupa pernah buka tabungan. Selain itu, nggak mau rugi bayar biaya admin tiap bulan dong! 


Namun setelah menonton bluMusical dan mengenal fitur tabungan online blu, aku tertarik membuka rekening baru. 


Aplikasi blu by BCA Digital


blu merupakan aplikasi mobile banking milik BCA Digital. Semua layanannya dapat diakses melalui handphone. Merupakan anak perusahaan BCA, bagian dari BCA Group. 


Sebagai bank digital, blu tidak punya cabang offline dan tidak ada kartu ATM/setor tunai. Namun kita dimudahkan untuk tarik tunai di ATM BCA tanpa kartu. Untuk melakukan top up bisa dilakukan dengan cara transfer dari BCA atau bank lain. 


Pengalaman Membuka Tabungan Online blu 

Prosesnya cepat. Nggak sampai 10 menit aku menyelesaikan proses registrasi di aplikasi. Buat kalian yang mau buka rekening digital bisa download aplikasi blu di Play Store maupun App Store terlebih dahulu. Pastikan usia kalian minimal 17 tahun ke atas dan sudah memiliki KTP yang masih berlaku. 


Selanjutnya kalian isi aja data diri dengan benar. Persiapkan KTP, NPWP (jika ada), dan juga ATM BCA jika kalian sudah menjadi nasabah BCA. Namun bagi kalian yang bukan nasabah BCA tetap bisa membuka rekening dengan pilihan nasabah non-BCA. 


Selesai mengisi data kita akan diminta untuk video call dengan tim haloblu sesuai jam operasional (pukul 06.00-22.00). Pastikan juga kamu memiliki koneksi internet yang stabil. 


Meski dilakukan secara online, melakukan video call ini juga perlu antre. Tergantung juga sih, apakah di hari itu sedang banyak yang buka rekening blu atau tidak. Pengalamanku kemarin aku hanya menunggu 2 antrean. Jangan khawatir menunggu antreannya nggak lama kok. 


Oya, saat membuka rekening kita tidak perlu mengisi saldo. Jadi tidak ada biaya untuk pembukaan rekening. 


Alasan Membuka Rekening di Aplikasi blu by BCA Digital 

Download aplikasi blu


Setelah membaca banyak review pengguna aku pun tertarik dan mantap membuka rekening blu. Menurutku, aplikasi blu by BCA Digital ini cukup unik dan beda dengan yang lain. 


1. Proses pembukaan rekening tanpa harus ke bank

Namanya juga bank digital pasti tersedia secara digital sehingga kita tidak perlu ke bank untuk melakukan pembukaan rekening. Hal ini pas banget dengan situasi pandemi di mana kita sebaiknya tidak melakukan kegiatan di luar rumah. 


2. Tanpa setoran awal

Biasanya sebelum membuka rekening di bank, kita pasti bertanya-tanya berapa setoran awalnya. Apakah uangnya cukup atau tidak? 


Nah, di blu kita tidak diwajibkan untuk melakukan setoran awal. Jadi jika sedang tidak punya uang mau buka rekening pun bisa. 


3. Ada fitur tabungan yang dibutuhkan

Sebagai informasi, tabungan online blu dilengkapi dengan 3 fitur tabungan utama, yaitu bluSaving, bluGether dan bluDeposit. Nah, aku tertarik menggunakan fitur bluSaving yang memungkinkan aku memiliki 10 tabungan sekaligus dalam satu rekening saja. 

Dan kita bisa memberi nama tabungan ini sesuai dengan tujuan kita menabung. Jadi mirip amplop digital gitu deh! 


4. Koneksi Aman

BCA merupakan bank dengan sistem keamanan yang ketat dan jarang sekali mendengar kasus nasabah yang kebobolan rekening. Sehingga memiliki blu yang terkoneksi dengan BCA memberikan rasa aman tersendiri. 


5. Tanpa Kartu

Mungkin bagi sebagian orang akan kebingungan ketika mendengar punya tabungan tapi tanpa kartu debit. Namun bagi saya, hal ini justru memberikan keuntungan. 


Aku tidak perlu khawatir kalau kartu ATM ketinggalan, lupa simpan atau ketinggalan di mesin ATM. Hidup jadi sedikit lebih tenang. 


6. Bebas biaya admin 

Nah, inilah yang paling membuatku merasakan nyaman. Karena bebas biaya admin, bebas biaya transfer ke/dari rekening BCA, bebas biaya tarik tunai di ATM BCA. 


7. Terdaftar dan di bawah pengawasan OJK 

Hal yang terpenting adalah BCA Digital telah terdaftar dan berada di bawah pengawasan OJK. Juga menjadi peserta penjaminan LPS sehingga tak ada alasan lagi untuk ragu buka rekening blu. 


Yuk, aku sudah #MulaiLangkahmu dengan membuka rekening blu. Buat pos-pos keuangan  jadi lebih mudah dan praktis. Semoga aku bisa menggapai mimpi untuk membeli rumah sendiri. Pelan-pelan tapi yakin #YangPentingLakuin. 


Untuk mendapatkan inspirasi dan semangat kalian juga wajib nonton bluMusical di You Tube blu by BCA Digital atau lihat video di bawah ini! 


Download aplikasi blu di Play Store atau App Store saja. 



46 Komentar

  1. Kayaknya seru nih ya acaranya. Bikin kaum muda juga udah bisa melek finansial.

    BalasHapus
  2. sekarang buka tabungan makin simple dan praktis aja
    dari hape udah bisa klik klik klik

    dan aku baru tau kalau ada tayangan musicalnya mbak, cobain nonton juga ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget, modal klik-klik bisa selfie pula ya :)
      Nonton bluMusical itu bikin kita semangat untuk wujudkan mimpi finansial, liriknya mudah dihafal pula :)

      Hapus
  3. Beneran emang mbak blu ini emang unik dan banyak banget kelebihannya. aku juga udah buka rekening blu lho.

    BalasHapus
  4. Woe. Keren banget ulasannya. Infotmasinya lengkap dan sanhat menarik. Bisa disimpan dulu catatan ini. Siapa tahu nanti butuh BCA Digital sudah tahu cara mendaftarnta. Terimakasih sudah berbagi informasi menarik ini.

    BalasHapus
  5. Keren banget inspirasi dari pembicaranya kak. Setuju banget nih fitur tabungan digital blu cocok sekali dengan anak kekinian. Ga perlu ribet meski tanpa ATM karena kita bisa ambil uang tanpa kartu.

    Aku juga langsung download nih. Eh boleh promo ga ya? Pake kode referalku donk: DIDIKF6J0 biar dapat saldo Rp 25 ribu. Asyik banget kan? Hehehe..

    BalasHapus
  6. bener banget, aku pun semakin kesini semakin sadar klo butuh menyimpan dana buat masa pensiun, biar ga worry di masa tua nanti. Jadi harus banget nih merencanakan keuangan sebaik-baiknya dari sekarang, dengan atur tabungan dan investasi.

    BalasHapus
  7. Baru tau aplikasi ini, pengen coba pakai sepertinya simple

    BalasHapus
  8. Ternyata 10 pemuda itu ada fisolofinya ya mba. Sesuai dengan perkataan presiden Soekarno..wah makin ingin buka Tabungan di BLU deh

    BalasHapus
  9. Keren ya, BluMusical dari BCA ini. karena di dalamnya ada pesan moral. Ayo mulai melangkah untuk menabung. Dan memang benar, harus ada pos-pos dalam keuangan kita. Saya pun melakukan hal itu, Mbak. Dan bagus sekarang bisa dilakukan pula di tabungan digital.

    BalasHapus
  10. kebayang kerennya blumusical nanti.. karena theme songnya aja bagus loohhh dan enak untuk didengerin terus2an, nggak kayak theme song yang lain

    BalasHapus
  11. seru banget kak acara bluMusicalnya

    BalasHapus
  12. Wih asyik banget nih blu Musikal by blu BCA Digital

    BalasHapus
  13. Lewat acara blumusical berasa banget ya bahwa generasi muda untuk bergerak maju, apalagi dalam kelola keuangan. Sudah harus apik, terutama soal tabungan

    BalasHapus
  14. Keren banget metode edukasi-nya, melek financial adalah sebuah kewajiban.

    BalasHapus
  15. Mulai langkah dari langkah pertama yg baik dengan menonton blu Musical dan membaca uraiannya melalui tulisan ini. Menabung digital di BCA ternyata sangat mudah dan banyak manfaat yang akan didapatkan, khususnya dalam memanajemen keuangan. Makasih infonya mba.

    BalasHapus
  16. Mantap bangett nih bluMusical kemarin emang bikin semangatt ya mba. Saya jg nonton lhooo <3 dan jadi terinspirasi untuk terus produktif ngga nunda2 pekerjaan hehee

    BalasHapus
  17. wah seru sekali acara blu musical ini ya kak
    btw aku sudah download aplikasi blu dan buka rekening juga

    BalasHapus
  18. Saat ini membuka tabungan bisa banget via online, dengan cara verifikasi yang serba canggih gini membuat user nyaman, ya kak.

    BalasHapus
  19. Nonton bluMusical ini memang nambah semangat kita2 ya Mbak... bertabur bintang dan tips-tips sukses bisnis dari musisi Yura, Jakarta Movin, Jehian, Eva, dan Raimond yahh

    BalasHapus
  20. Ya ampun lengkap banget sih blu ini... AKu kan jadi pengen buka rekening juga di blu..hehhee Acara bluMusicalnya keren euy...

    BalasHapus
  21. Aku suka denga sloganya mulai langkah mu, yups kita harus memulai langkah sedari awal.
    Aku sudah cobai. Blusaving ka, cocom untuk yang mau memulai menabung, fitur blu nya lengkap sekali hihi

    BalasHapus
  22. nonton bluMusical buat kita juga jadi semangat tuk bisa raih mimpi finansial ya Mbak
    lagunya juga easy listening ya, mudah dihapal pun :)
    yukk yukkk semangat, saya juga udah buka Tabungan Online blu :)

    BalasHapus
  23. Wah nonton musicalnya juga ya hehehe. Aamiin semoga impiannya tercapai yaa. Aku sih pengen anak-anak dapat pendidikan terbaik sambil beres nabung dana darurat hihi. Aamiin!

    BalasHapus
  24. BCA emang nggak main-main sih kayaknya soal bank digitalnya ini. Aku yang udah bertahun-tahun jadi nasabahnya BCA, yakin banget sih kalau Blu ini gabakal mengecewakan

    BalasHapus
  25. Langsung otw dengerin di youtube ahh.. Butuh banget inspirasi tuk gapai mimpi nih. 😍

    BalasHapus
  26. Btwe, saya baru saja merasa gagal nih pengen nyerah huhu. Pas denger lagu baru kak Yura Yunita yang kolaborasi dengan blu ini tiba-tiba semangat lagi.

    BalasHapus
  27. aku juga udh buat akun rekening blu mba, gampang banget sumpah, ga pake ribet dan lama, 1x24 jam udah bisa dipake.. aku suka banget yg fitur blusaving jadi bisa misahin beberapa jenis tabungan :)

    BalasHapus
  28. Mba, harga tanah dan rumah di Jogja memang masyaallah ya. Padahal umr jogja termasuk rendah di banding Jabodetabek misalnya. Alhamdulillah ada blu 1 rekening bisa 10 tabungan karena ada blusaving. Ga perlu buka berbagai rekening lagi

    BalasHapus
  29. Seru banget acaranya... Udah lama penasaran sama blu, ternyata kemarin ada blumusical juga ya... Bikin makin semangat membuat perencanaan keuangan...

    BalasHapus
  30. Nah, bener banget. Aplikasi ini banyak fiturnya yang memudahkan kita, para emak yang nggak suka ribet-ribet mengelola secara manual. Tinggal pake bluSaving, beres deh.

    BalasHapus
  31. Acaranya enerjik banget ini. Aku ikut dengerin. Lagunya enak ya. Motivasi dari para narsumnya bikin semangat meraih mimpi.

    BalasHapus
  32. Asyik banget euy nonton bluMusical bersama BCA Digital.

    BalasHapus
  33. Sayang banget saya ketinggalan acaranya. Tapi kalau untuk aplikasinya saya sudah download dan daftar dong. Kebantu banget untuk transaksi sehari-hari dan nabung juga.

    BalasHapus
  34. Eh kalau nggak punya rekening BCA bisa tetep pakai. Blu nggak sih kak?

    BalasHapus
  35. Paling senang dengernya karena tidak ada biaya admin
    Jadi makin pengen install aplikasinya supaya tidak penasaran dengan apa saja yang bisa dilakukan dengan blu ini

    BalasHapus
  36. Wah makin keren aja sih si blu ini. Sebagai nasabahnya jadi ikutan seneng, hehe. Kedepannya, semoga semakin banyak fitur dan promo lagi ya dari blu!

    BalasHapus
  37. Yang enak itu tinggal di Yogya tapi kerja online dengan standar gaji Jakarta, Yus. Sebelum pandemi aku sempat loh mikir mau pindah ke Yogya dengan pertimbangan itu :D Soal keuangan ... pengaturannya jadi lebih mudah ya kalau pakai blu

    BalasHapus
  38. Nonton bluMusical ngasih banyak banget soal inspirasi keuangan ya kak. Aku juga seneng banget gaya informasi kayak gini. Jadi ga monoton kayak talkshow biasa. Refresh banget, baik gerak gaya maupun informasi yang disampaikan. Keren buat aplikasi blu by BCA Digital.

    BalasHapus
  39. Aku pengin buka tabungan blu ini. mau nyisihin sedikit sedikit untuk bayar hosting nanti dari honor menulis

    BalasHapus
  40. Aku juga sukaa banget sama acara bluMusical kemarinn. Mantep bangett pokoknya. Apalagii pas ada raymond chin dan jehian. Pesannya itu lhoo. Bikin semangat dan termotivasi untuk pantang menyerah mengejar mimpi

    BalasHapus
  41. lagunya emang bikin semangaat banget mbaa buat nabung dan atur keuangan. kayaknya sebelumnya belum pernah ada lagu yang kontennya seperti ini

    BalasHapus
  42. gara gara nonton bluMusical ini aku jadii semangat lagi dengan passionku, bener2 menginspirasi kaum muda sih

    BalasHapus
  43. bluMusical ini seru banget sih acaranya, aku juga udah nonton kak. Aku jadi lebih melek tentang pentingnya kita menjaga keuangan biar bisa mencapai mimpi-mimpi finansial yang udah kita impikan

    BalasHapus
  44. Fiturnya keren ya blu ini dan saya baru tahu, hehehe. Jadi pengen coba fiturnya karena saya nasabah BCA juga kok kayaknya enak gitu ya bisa membagi beberapa tabungan sesuai perencanaan. Oiya, bluMusicalnya juga keren banget, kreatif

    BalasHapus
  45. Ketinggalan nih gak nonton musicalnya. Kayaknya menarik. Banyak fitur yg berfaedah banget buat atur keuangan di aplikasi Blu ini ya. Jadi pengen buka rekening juga

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.