Tips Aman Traveling

Halo sobat Catatan Yustrini, apa kabar? Semoga selalu dalam keadaan sehat ya! 

Siapa di sini yang kangen jalan-jalan lagi? Pasti banyak di antara kita yang rindu bisa berpergian dengan bebas. Setelah tiga bulan lamanya kita hanya bisa beraktivitas di rumah, karena ancaman dari virus Covid-19 yang begitu menular.

Kini pemerintah sudah mulai membuka kembali tempat-tempat wisata, meski tetap memberikan himbauan agar selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun kita berada.  

Mendengar banyaknya tempat wisata yang sudah dibuka kembali membuat jiwa traveling kita pasti bergejolak ingin kembali berkelana menelusuri tempat-tempat yang belum sempat kita eksplore. Layaklah kita bergembira tapi jangan lupa ancaman virus Corona masih belum juga berakhir, kita wajib berjaga-jaga agar tidak tertular atau menularkan virus ke orang lain. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati? 

Jangan khawatir Sobat Catatan Yustrini, kita masih bisa tetap berwisata dengan nyaman dan aman, berikut ada tips traveling di masa pandemi agar tetap aman. Stt, ada info tentang EPIC sale juga lho di akhir artikel!

Tips Aman Traveling di Tengah Pandemi 


Tips aman berpergian

1. Pastikan Tubuh Dalam Keadaan Sehat

Cek kondisi tubuh kita sendiri sebelum melakukan perjalanan wisata, apakah dalam keadaan fisik yang prima atau sebenarnya sedang kelelahan? Hati-hati lho, meski merasa sehat tapi jika sedang merasa lelah tubuh akan rentan terkena virus. 

Istirahatlah yang cukup, makan makanan bergizi dan minum vitamin sebelum dan selama berwisata mungkin bisa jadi upaya agar tubuk kamu tetap vit.  

2. Cek Zona Risiko Daerah yang Akan Dikunjungi

Ketahui tempat wisata yang akan kita tuju, apakah masuk dalam wilayah zona risiko tinggi atau tidak. Caranya dengan mengecek website resmi covid19.co.id. Hindari wilayah dengan risiko tinggi yang banyak ditemukan kasus konfirmasi positif Covid-19. 

3. Pesan Tiket Perjalanan Secara Online dan Lakukan Pembayaran Non-Tunai

Demi menghindari kerumunan, sebaiknya kita memesan dan membeli tiket secara online. Jika pun terpaksa dilakukan secara offline karena tempat wisata tidak menyediakan penjualan tiket online, pakailah metode pembayaran secara non-tunai. Dan lakukan pembayaran di mana saja dengan dompet digital. 

4. Persiapkan Surat-surat yang Dibutuhkan Selama Traveling

Kini transportasi umum telah dibuka kembali oleh pemerintah, meski tetap harus mematuhi aturan protokol kesehatan yang diberlakukan dalam setiap fasilitas moda transportasi. Beberapa aturan melengkapi dokumen tambahan diberlakukan seperti di bandara dan stasiun.

Cari informasi selengkapnya dokumen apa saja yang diperlukan terrutama jika berpergian menggunakan pesawat terbang. Persiapkan dokumen yang dibutuhkan seperti KTP, Surat Rapid Test dengan hasil non-reaktif dan Swab Test PCR dengan hasil negatif. 

5. Selalu Rajin dalam Mengikuti Protokol Kesehatan

Ingatlah selalu memakai masker dan tidak melepasnya jika tidak sedang makan atau minum. Selalu rajin cuci tangan dengan benar dan hindari kerumunan, sebisa mungkin jaga jarak dengan orang yang tidak serumah minimal 1 meter. 

6. Minimalisir Menyentuh Benda di Area Umum

Hindari menyentuh benda-benda seperti gagang pegangan pintu, eskalator, tombol ATM, pagar pembatas atau benda apa pun yang memiliki kemungkinan dipegang oleh banyak orang. Selalu bersihkan juga kursi sebelum duduk terutama bila sedang ada di keramaian. Tissue disinfektan bisa digunakan untuk membersihkan permukaan kursi, meja yang akan digunakan.

Hindari juga menyentuh area wajah dan selalu mencuci tangan di tempat-tempat yang sudah disediakan. 

7. Minimalisir Penggunaan Toilet Umum

Toilet umum juga bisa menjadi sarana penularan virus, oleh karena itu minimalisir pengunaan toilet selama dalam perjalanan. Jika terpaksa harus menggunakan, pilih toilet jongkok daripada toilet duduk. Selalu cuci tangan atau gunakan hand sanitizer setelah menyelesaikan ritual BAK atau BAB. 

8. Bawa Peralatan Makan Sendiri 

Selalu membawa peralatan makan sendiri jika sedang berpergian. Meski terkesan agak ribet karena banyak yang harus dibawa, tetapi pengunaan piring, sendok dan gelas di rumah makan saat pandemi dapat menurunkan risiko penularan virus melalui benda. 

9. Membawa Masker Cadangan 

Bila sebelum pandemi kita nyaman saja berjalan-jalan tanpa masker, kini semua berubah. Kita wajib mengenakan masker di mana saja dan kapan saja terutama jika sedang di luar rumah. Bawalah masker cadangan untuk ganti ketika berada di tempat wisata. Memakai masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat wajah kita berkeringat dan menyebabkan masker menjadi kotor. 

10. Bersihkan Pakaian dan Perlengkapan yang Dibawa Saat Traveling

Begitu sampai di rumah atau menginap di hotel, jangan lupa untuk selalu membersihkan baju yang dikenakan saat pergi. Bersihkan tas, koper, sandal/sepatu, topi, kacamata dan semua barang yang dipakai traveling agar terhindar dari virus berbahaya.

Traveling Hemat dengan Memanfaatkan Promo 

Kalau mau piknik tapi tetap hemat dan nggak bikin dompet jadi tipis kamu harus pintar-pintar mencari promo, salah satunya di travel fair yang sedang berlangsung di Traveloka. 

Dapatkan promo diskon hingga 80% untuk pembelian produk tiket pesawat, hotel, bus, travel, rental mobil, Xperience, Eats, PayLater dan Traveloka Protect di Traveloka. 

Promo EPIC Sale ini dimulai dari tanggal 5 hingga 11 November 2020. Jadi jangan sampai ketinggalan! 


11 Comments

  1. Pasti harus selalu pakai masker, cuci tangan , olahraga dan makan makanan sehat

    ReplyDelete
  2. Ada risikonya Travelling selama masih pandemi korona. Tapi artikel ini memberikan tips untuk meminimalisir risiko. Saya justru lebih mengkhawatirkan Orang Tanpa Gejala (OTG) menularkan ke yang lemah imunitasnya. Saya yakin OTG masih banyak berkeliaran, tidak dipernah dites swab, tidak isolasi mandiri, dan sembuh dengan sendirinya

    ReplyDelete
  3. wah ini bermanfaat banget buat aku mba Yus, secara aku udha mulai merancang untuk traveling lagi. dan selama pandemi ini jarang banget malahan hampir ga keluar rumah deh jadi banyak ketinggalan informasinya. siap deh pokoknya protokol kesehatannya ya ga boleh ketinggalan. untuk mengantisipasi dan meminimalisir hal-hal yang tidka diinginkan

    ReplyDelete
  4. Sudah lama mageran dirumah saja, sekarang saatnya traveling. Makasih share dan tipsnya bisa jadi pegangan sekaligus pengetahuan

    ReplyDelete
  5. Makasih ya informasinya.. bisa untuk orang yang harus bepergian tapi tidak mau terjangkit wabah.. semoga wabah ini segera berlalu...

    ReplyDelete
  6. Kalo udah liat tulisan discount hampir 80% mataku langsung melotot , rasanya hrtggg pengen banget berlibur, tapi sayang cuti ku udah ludesss ampe tahun depan... jadi yaaa tetap harus mantep dirumah dan sekitarnya saja :(

    ReplyDelete
  7. Makasih tipsnya, Mbak. Meski masih pandemi bukan berarti kita nggak bisa traveling ya, justru manfaatkan momen ini karena banyak diskon. Asal tetap mematuhi protokol kesehatan dan karantina setelah sampai tujuan dan setelah kembali dari traveling.

    ReplyDelete
  8. Tipsnya sangat diperlukan di masa pandem seperti ini nih. Masih banyak yang mengabaikan, masyarakat masih perlu diedukasi terus.

    ReplyDelete
  9. Saya tuh masih ngeri mbak gunakan toilet umum dan makan di ruang tertutup ..terkadang klo harus keluar rumah saya sengaja ga banyak minum biar ga kebelet pipis heheh tap ga baik juga kan malah bisa dehidrasi..duh repot deh..

    ReplyDelete
  10. Makasih tipsnya kak. Tapi sy blm berani traveling bawa keluarga. Sabar menanti pandemi berlalu aja deh 😁

    ReplyDelete
  11. Kayaknya yang belum pernah terpikir adalah bawa peralatan makanan sendiri. Benar juga ya. Sebaiknya saya siap-siap beli kemasan sendok garpu sumpit kemasan traveling. Oh, dengan tumbler makannya sekalian ^_^

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.