Halooo, Sobat Catatan Yustrini. Kali ini aku mendapat kiriman tulisan dari Velysia Zhang yang bagus banget buat kita semua yaitu tentang tips tetap produktif menulis di masa Pandemi. Mari kita simak tipsnya!

10 Tips Agar Tetap Produktif Menulis Blog Di Saat Pandemi

Tulisan oleh: nonanomad.com

Saat pandemi Covid-19 ini, ada juga hal positif yang terjadi pada saya. Ya, saya mulai rajin menulis blog lagi. Kalau dihitung-hitung sudah lebih dari setengah tahun saya terkurung di rumah saja demi menjaga kesehatan diri sendiri dan juga keluarga.

Daripada bengong, main hp, atau nonton drama, mending saya update blog aja. Tulisan saya yang biasanya lebih ke arah traveling atau wisata, sekarang saya lebih senang menulis tentang hal-hal seputar blogging dan digital marketing.

Baca Juga: Pengalaman Mengikuti Kelas Growthing Bonus DA 30++

Selain karena memang tertarik, dengan menulis topik tersebut saya bisa membaca lebih banyak dan melakukan riset, sekalian belajar juga.


Tips produktif menulis di blog
dok. nonanomad.com

Memang tidaklah mudah untuk konsisten menulis blog. Menulis sebuah artikel saja butuh waktu berjam-jam bahkan berhari-hari karena harus riset terlebih dahulu, merencanakan isi artikel agar lebih komprehensif, yang paling sulit adalah mengumpulkan mood untuk menulis.

Tidak jarang pula ada gangguan terutama scroll layar hp dan ngelihat sosial media. Nah, saya ingin berbagi beberapa tips agar tetap produktif menulis blog terutama di saat pandemi ini.

1. Buat Kalender atau Jadwal untuk Post Artikel Blog Baru

Cara yang paling penting menurut saya agar tetap produktif adalah menentukan tujuan dan membuat perencanaan yang matang dalam menerbitkan tulisan baru. Pertama, saya udah bertekad untuk posting artikel baru at least dua hari sekali.

Kemudian saya merencanakan kira-kira topik apa saja yang ingin saya tulis. Ada baiknya membuat kalender atau jadwal sebagai acuan untuk posting artikel baru di blog. Untuk riset keyword, riset sumber yang berbeda juga saya jadwalkan di hari tertentu.

Ciptakan kebiasaan atau rutinitas seperti kerja di kantor, walaupun tidak seharian full tapi yang penting ada waktu-waktu tertentu yang memang difokuskan untuk menulis blog.

2. 2. Membuat Outline atau Kerangka Artikel

Pernah coba nulis blog tapi setelah berjam-jam artikelnya belum kelar juga? Dulu saya juga sering mengalami kendala tersebut. Apalagi kalau udah stuck, bingung mau menulis apa.

Akhirnya saya belajar tentang pentingnya membuat outline atau kerangka artikel sebelum menulis. Biasanya saya akan list dulu poin-poin penting atau garis besar isi artikel.

Kemudian setelah kira-kira melakukan riset yang cukup, akan saya jabarkan lagi atau kembangkan lagi poin tersebut menjadi paragraf yang lebih padat.

Dengan cara ini, saya pun jadi lebih cepat menyelesaikan sebuah artikel.

3. 3. Prioritaskan Dulu yang Lebih Penting dan Lakukan di Pagi Hari

Saya kurang tahu ya kalau kamu orang lebih produktif di pagi atau malam hari. Kalau saya pribadi memang lebih produktif di pagi hari. Semua task atau kerjaan yang penting pasti akan saya prioritaskan untuk dikerjakan secepatnya, di pagi hari.

Kalau kamu memang lebih produktif malam boleh juga tapi langung kerjakan yang penting terlebih dahulu. Sebisa mungkin jangan multi-tasking. Sebagai blogger kadang karena banyak yang ingin kita lakukan, buka tab sana sini, eh ujung-ujungnya tidak ada yang ketulis.

Ketika jadwalnya tulis blog ya memang tulis, jadwalnya merencanakan topik ya memang untuk nge-rencanain, jadwalnya untuk posting media sosial ya memang untuk itu. Jangan dicampur-campur aja. 

4. Jangan Sering Pegang HP

Sering kali kita terganggu dengan apa yang muncul di hp. Baik pesan dari teman, nge-scroll feed Instagram atau Facebook, cek barang di toko online. Rasanya tidak bisa lepas dari hp.

Jujur sekarang saya sudah jarang pegang hp kalau di siang hari. Buka sosmed juga udah jarang. Palingan malam aja sebelum tidur. Apalagi di masa pandemi sekarang isinya negatif semua.

Mending waktu yang ada saya luangkan benar-benar untuk menulis blog atau menambah ilmu baru dengan belajar online.

5. Luangkan Waktu untuk Beristirahat Juga

Istirahat itu penting. Bahkan untuk berdiri, meregangkan tubuh dan juga mengistirahatkan otak sesekali. Ketika kita menumpuk stres, produktivitas dan kualitas tulisan cenderung menurun.

Kalau memang udah stuck, luangkan waktu sebentar dan menjauhlah dari meja. Coba renggangkan badan, hirup udara segar, atau bikin kopi biar melepas rasa jenuh. Saat sudah baikan baru deh lanjut nulis lagi.

6. Sistem Pengelompokkan untuk Publish Artikel

Nah, cara ini juga bisa kamu terapkan yaitu menggunakan sistem batch atau pengelompokkan. Contohnya di satu hari saya langsung nulis 3 artikel sekaligus yang nantinya saya jadwalkan untuk selama seminggu.

Begitu juga dengan posting di media sosial. Kontennya sudah direncanakan di awal bulan misalnya terus pakai aplikasi scheduling seperti hootsuite atau buffer untuk langsung pos otomatis di tanggal-tanggal yang sudah ditentukan.

7. Gabung dengan Komunitas Blog

Agar tetap semangat dan termotivasi, kamu bisa juga gabung dengan komunitas blog dan saling mendukung blogger lain. Kadang juga ada event misalnya 1 hari 1 blog, atau sesi sharing, jadinya makin semangat juga untuk ngeblog.

Baca Juga: Kenapa Bergabung di Blogger Perempuan Network? 

8. Cari Ruang Kerja yang Nyaman 

Carilah ruangan atau posisi meja yang nyaman untuk menulis blog. Bisa di kamar tidur, ruang tamu, atau sudut mana saja yang penting memang didedikasikan untuk bekerja atau menulis.

Saya sarankan sih tidak menulis di tempat tidur ya sambil baringan, yang ada bawaannya jadi pengen tidur. Usahakan tidak banyak barang berserakan di sekitar meja. Pencahayaan sebaiknya juga terang.

Kalau kamu suka dengerin musik boleh putar musik. Kalau memang tidak bisa konsentrasi kalau ada suara musik, ya tidak usah. Kalau saya suka muter lagu kayak di cafe-cafe biar berasa di cafe.

9. Jangan Terlalu Keras Terhadap Diri Sendiri 

Kadang saking maunya produktif malah ngerencanain banyak hal dan akhirnya tidak terkejar. Balik lagi boleh menentukan tujuan tapi yang realistis.

Tidak apa-apa juga kalau tidak sesuai rencana. Jangan menyalahkan diri sendiri dengan berpikir kalau hari ini tidak produktif. Next time kamu bisa berusaha lebih baik lagi.

10. Tulis Blog Karena Kamu Memang Suka 

Semua yang kita lakukan, asalkan memang yang kita sukai pasti tidak akan menjadi beban. Tulis blog karena kamu memang suka, karena memang hobi. Jangan memaksakan karena alasan uang saja. Ketika kita suka dengan hal yang dikerjakan, kita pun akan semangat juga.

Baca Juga: Alasan Menulis di Blog Versi catatanyustrini.com

Itulah 10 tips yang mungkin bisa membantu kamu agar dapat lebih produktif dalam menulis blog. Mumpung lagi pandemi dan tidak bisa ke mana-mana jadi rajin nulis blog aja. Selamat mencoba!


2 Comments

  1. Terimakasih atas informasinya ya mbak yus. Sangat mencerahkan. Dan kalo saya sendiri paling suka menulis dan posting blog saat pagi hari. Kalo udah siang, bawaannya ngantuk, kalo udah malem ada saja acara dengan teman-teman, misalnya olahraga badminton dll. Jadi harus pinter2 ngatur waktu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Mas Wahid. Kalo pagi hari sebenarnya enak tuh buat nulis dan update blog tapi aku sibuk menyiapkan sarapan dulu. Jadi bisanya siang. Memang benar sih, harus pandai-pandai mengatur waktu.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.