Halo, Sobat Catatan Yustrini! Hari ini aku mau sharing tentang langkah-langkah mudah melakukan SEO On Page buat blogger pemula. Aku memang belum lama ngeblog dan baru beli domain sekitar satu tahun yang lalu, dan sempat tercengang menyadari bahwa ada beberapa artikel yang berhasil nangkring di posisi teratas mesin penelusuran. Namun aku penasaran mempelajari SEO lebih dalam dan mengumpulkan informasinya di sini. Semoga tulisan ini bisa bermanfaat! 

Langkah Optimasi On Page

Pengertian SEO On Page

SEO merupakan Search Engine Optimation atau optimasi mesin pencarian. Tujuan umum SEO adalah untuk menaikkan peringkat website atau blog di mesin penelusuran Google. SEO On page adalah optimasi yang dilakukan dari dalam blog sendiri, tidak hanya dari artikel tapi bisa juga dari keseluruhan blog. 

Para pemilik blog/website berlomba-lomba agar setiap artikel yang dibuat bisa berada di halaman pertama (page one) di Google. Awalnya aku sendiri merasa bahwa menempatkan artikel blog di halaman itu susah banget dan mustahil. 

Namun seperti pendapat para ahli SEO bahwa SEO bukan lagi tentang engine tapi experience. Karena algoritma Google selalu berubah dalam menentukan website mana yang berhak masuk di halaman pertama mereka. 

Karena sifatnya eksperience atau pengalaman maka harus berani untuk terus mencoba dan mencoba lagi. Coba-coba-bisa istilahnya. 

Baca Juga: Pengalaman Mengikuti Kelas Growthing Bonus DA 30++

Tujuan dan Manfaat SEO 

Sebelum kita mempelajari apa sih, langkah-langkah yang harus dilakukan atau diperhatikan untuk optimasi SEO, kita perlu tahu tujuannya SEO untuk apa? 

1. Mendapatkan Peringkat Teratas di Mesin Pencarian Google

Semakin website kita berada di atas dan muncul di halaman pertama mesin penelusuran, tentu potensi kita akan mendapat klik dari pengguna internet akan makin besar. Banyak klik, banyak pengunjung dan page view pasti melesat. 

2. Mendapatkan Pengunjung Baru

Setelah berada di halaman pertama atau page one, maka kita bisa memperoleh kunjungan dari pengguna internet yang sebelumnya belum pernah berkunjung ke website kita. 

3. Meningkatkan Traffik Blog dari Mesin Pencarian Google

Semakin banyak pengunjung tentu semakin besar juga traffik yang kita dapatkan. Siapa mau mendapatkan pageview yang banyak, maka terapkan juga SEO di dalam blog kita. Pengunjung yang mendatangi website kita juga lebih bervariasi bukan hanya dari media sosial. 

Manfaat SEO

4. Meningkatkan Periode Waktu Pengunjung Berada di Blog

Setelah mendapatkan informasi pertama yang dicari, pengunjung biasanya akan mencoba menggali informasi lain dari website. Oleh karena itu, penting supaya selalu ada internal link atau artikel yang relevan di setiap postingan yang kita tulis.

5. Meningkatkan Popularitas Blog atau Website

Semakin berada di atas, maka website kita akan mendapat potensi dilihat banyak orang. Jika kebanyakan artikel kita berada di posisi atas, maka branding website akan makin populer. 

6. Memenangkan Kompetisi SEO

Bila sudah merasa cukup mampu dan mahir, boleh juga ikut kontes SEO. Manfaatkan kemampuan SEO untuk memenangi kompetisi yang biasanya berhadiah jutaan rupiah. Dengan begini penghasilan kita bisa bertambah. 

Lalu langkah-langkah optimasi apa saja yang dapat diambil untuk menaikkan peringkat website di mesin pencarian? Berikut saya rangkum dari berbagai materi yang sudah saya dapat di kelas online salah satunya, Kelas Growthing Blogger.

 

Langkah Mudah Optimasi SEO On Page

Ada beberapa hal yang harus kita perhatikan dalam menerapkan optimasi SEO on page diantaranya sebagai berikut:

1. Buat Judul Artikel yang Mengandung Kata Kunci

Sebagai langkah pertama yang harus kita perhatikan adalah judul artikel. Selain harus menarik dan eye catching, peletakan kata kunci sangat penting. Panjang judul tidak boleh melebihi 55 karakter atau 60 karakter. 

Judul artikel yang panjang dapat terpotong ketika muncul di hasil pencarian sehingga membuat orang jadi ragu-ragu ingin mengunjungi website tersebut. 

2. Sisipkan Keyword di Permalink

Permalink adalah link artikel kita. Masukkan atau sisipkan kata kunci di dalam link. Usahakan agar panjangnya tidak melebihi dari 75 karakter dihitung dari huruf "H". Alasannya agar tidak mengurangi kekuatan SEO yang sudah kita terapkan dan tidak terpotong di hasil penelusuran. 

3. Letakkan Keyword di Meta Deskripsi

Meta deskripsi adalah keterangan singkat tentang isi artikel yang muncul di bawah judul artikel. Usahakan untuk membuat meta deskripsi yang singkat dan menarik agar orang mau berkunjung ke website kita. 

4. Ada Keyword di 150 Karakter Pertama

Terkadang Google menampilkan paragraf pertama dari artikel kita dan bukan meta deskripi. Oleh karena itu, usahakan agar ada keyword di 150 karakter di paragraf pertama dan juga di paragraf terakhir.

5. Bikin Paragraf Tidak Terlalu Panjang

Buatlah paragraf yang tidak terlalu panjang. Cukup satu sampai tiga kalimat, singkat, padat dan berisi. Jangan menulis secara bertele-tele dan membuang-buang kata. 

6. Perhatikan H1, H2 hingga H6

Dikutip dari laman Qwords, SEO On Page merupakan cara optimasi dengan memperhatikan faktor-faktor internal sehingga subjudul atau heading perlu diperhatikan. Subjudul ini memudahkan web crawler untuk mengidentifikasi kedalaman konten berdasar pembagian heading. 

Wajib untuk membuat heading H1, H2, dst secara urut jangan sampai meloncat-loncat. H1 sudah secara otomatis sudah digunakan oleh judul artikel, sehingga tidak boleh lebih dari satu. H2 merupakan subjudul, H3 adalah judul kecil pemakaiannya bisa lebih dari satu.

7. Title dan Alt Image/Video

Jangan lupa untuk mengisi title dan text alternatif pada gambar atau video. Kita bisa manfaatkan alt ini dengan keyword turunan. Antara title dan alt harus beda supaya tidak dianggap sebagai spam. Beri nama pada image dengan jelas dan bukan IMG_2311200xx. 

8. Taruh Internal Link 

Memberikan internal link atau artikel yang berkaitan dengan artikel harus dilakukan. Internal link berfungsi agar pengunjung betah berlama-lama di blog atau website kita. Berikan juga eksternal ke website yang terpercaya dan relevan dengan isi artikel. Ingat bahwa perbandingannya harus lebih banyak internal link-nya. Maksimal yang dapat ditaruh dalam satu postingan adalah 150 link baik internal maupun eksternal. 

9. Gunakan Keyword Turunan

Menyebarkan kata kunci dalam artikel memang wajib dikerjakan tapi jangan mengulang kata-kata yang sama. Kita bisa gunakan keyword turunan atau sinonim dari kata kunci utama. Misal kata kuncinya "tips menulis" maka keyword turunannya bisa "cara belajar menulis", "cara agar pandai menulis", "tips belajar menulis". 

10. Share Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu hal wajib agar website kita bisa dikunjungi banyak orang terutama dari kalangan teman-teman kita sendiri. Berikan tombol share agar memudahkan pengunjung untuk membagikan artikel. Ingat, jangan simpan tulisanmu sendiri. Makin banyak share media sosial maka kemungkinan untuk masuk ke halaman pertama Google akan lebih besar. 

Langkah-langkah SEO On Page

11. Buat Konten yang Lengkap 

Biasanya artikel yang berada di halaman pertama Google adalah artikel dengan informasi yang super lengkap. Buat artikel yang ringkas, padat, berisi dan dapat memberikan solusi bagi pembacanya. Jika perlu lengkapi artikel dengan infografis, video dan gambar yang mudah dimengerti. 

12. Buat Link Dibuka Di Tab Baru

Jangan lupa untuk selalu membuat tiap link internal maupun eksternal agar bisa dibuka di tab baru, supaya pengunjung nggak capek harus menekan tombol back untuk kembali ke artikel pertama. Bounce rate juga bakal bengkak jika kebanyakan link dibuka di tab yang sama, terutama jika itu link eksternal. 

Nah, itu dia sharingku tentang cara optimasi SEO On Page yang mudah diterapkan bagi kamu yang baru memulai ngeblog. Jika ingin mendapatkan informasi tentang domain dan hosting murah kamu dapat mengunjungi website Qwords. Pelayanannya cukup ramah dan bisa chat langsung jika ada pertanyaan. Sekian. Semoga tulisan ini bermanfaat ya Sobat :))


6 Comments

  1. Ini yg masih belum konsisten aku lakuin :D. Mencari kata kunci juga ga selalu. Kalo LG rajin, aku usahain deh sesuai SEO sebelum posting. Tp kalo udh dikejar waktu ngelakuin yg lain, bhaaay. Yg penting posting dulu hahahhaha. Memang hrs dibiasain sih sblm posting tulisan baru :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang kalo udah kepepet yang penting posting dulu urusan SEO belakangan, he, he. Menurutku senyamannya kita aja sih. Nanti malah nggak jadi posting karena berburu keyword hehehe :))

      Delete
  2. Aku pengen belajar SEO jugaa nih mbak. Siap buat praktekin artikel di atas. 👌

    ReplyDelete
  3. Sejak index web di google web master di hilangkan, buat masuk halaman google lumayan bekerja keras yaa.. SEO onpage ini memang sangat membantu untuk memasukkan linkblog ke google

    ReplyDelete
  4. Jadi bertambah wawasan saya ttg Seo on page ini, biasanya saya menulis post tidak pakai keyword apalagi turunan, foto gak diisi alt imagenya, sekarang semuanya harus diperhatikan ya sebelum dipublish :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.