Deposito BPR Komunal


Halo Sobat Catatan Yustrini, tak terasa ya kita sudah di penghujung tahun 2021. Apa nih resolusimu untuk menyambut tahun baru? 


Kalo aku sih mau menutup tahun dengan membuka Deposito BPR Komunal, mumpung masih di bulan Desember sedang ada promo menarik. Siapa tahu bisa jadi rezeki buat dedek bayiku yang masih ada di perut, kan?


Tetapi tentu saja tujuanku bukan itu saja, melainkan ingin menyiapkan masa depan keuangan keluarga agar lebih baik. Bagaimana pengalamanku membuat rekening deposito BPR Komunal tanpa harus antre dan apa saja kelebihannya? Yuk, simak dalam tulisanku berikut ini!

Berkenalan dengan Deposito BPR Komunal 

Dibanding dengan tabungan, menyimpan dana di deposito lebih aman dan terkontrol, karena ada jangka waktu tertentu untuk mengambil dana tersebut. Beda banget sama tabungan, yang kapan aja bisa diambil. Bunga deposito juga lebih tinggi dari bunga tabungan biasa.


Lah, nabung kok diambil terus? Kapan kumpulnya? 


Sebenarnya keinginanku untuk memiliki deposito itu sudah lama sekali. Mengingat pentingnya memiliki tabungan dan investasi. Tapi selalu mager kalo harus pergi ke bank. Maklum, aku paling tidak betah jika disuruh untuk menunggu antrean. 

Produk keuangan BPR


Beruntung, aku menemukan informasi langsung dari akun Instagram milik komunal.id. Dari sinilah aku mulai mengenal Komunal Deposito BPR yaitu produk terbaru dari PT Komunal Sejahtera Indonesia. Produk ini memberikan kesempatan bagi kita untuk mengalokasikan dana ke produk simpanan BPR berupa deposito.

 
Di mana kita bisa melakukan pembukaan rekening deposito tanpa harus pergi ke bank. Cukup sediakan foto KTP, foto selfie dan nomor rekening saja dari rumah, kita sudah bisa membuat akun dan membuka deposito. 


Dan yang paling menarik adalah minimal saldo depositonya cukup bersahabat untuk dompet ibu rumah tangga seperti saya. Ya, mulai dari 1 juta kita sudah dapat membuka deposito di BPR Komunal. Pilihan tenor juga beragam, mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan dengan bunga lebih tinggi dari bank biasa. 


Mengenai PT Komunal Sejahtera Indonesia


PT Komunal Sejahtera Indonesia merupakan perusahaan yang bergerak di bidang teknologi finansial dan telah memiliki badan hukum resmi di Indonesia. Dan telah terdaftar di Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) dengan nomor 0366/REG/AFT/SU.


Semua BPR yang tersedia di Komunal telah terdaftar dah diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). 

Aman Nggak Sih Nabung di BPR? 


BPR (Bank Perkreditan Rakyat) sebenarnya sudah tidak asing lagi bagiku, karena sewaktu masih di Purwokerto aku memilih menabung di bank ini untuk mengembangkan usaha warung makan milik mama.


Kegiatan usaha BPR memang menghimpun  dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan deposito berjangka, tabungan dan menyalurkan dana berbentuk pinjaman/kredit kepada pelaku UMKM serta masyarakat. 


Bisa dibilang bahwa BPR menjadi sahabat bagi kami untuk mengelola keuangan, pelaku usaha karena mudah untuk mengajukan kredit dan membuka rekening. Jadi menabung di BPR cukup memberikan manfaat dalam mendukung kemajuan perekonomian negara. 


Selama menabung di BPR tidak pernah ada masalah, bagiku aman-aman saja. Justru dana yang disimpan makin berkembang karena BPR memberikan bunga tabungan yang lebih tinggi dibanding dengan bank biasa. Meski kegiatannya cukup terbatas, karena BPR dilarang menerima simpanan giro, kegiatan valas dan asuransi.

Apakah Menanam Dana di Deposito BPR Aman? 


Komunal



Nah, penting banget untuk diketahui sebelum kita menanam dana di sebuah lembaga keuangan atau platform seperti Komunal. Nggak mau kan ya, tiba-tiba dana yang sudah kita sisihkan dari penghasilan eh, nggak bisa dicariin. 


Tenang, status platform Komunal Deposito BPR saat ini tercatat dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sedangkan dana yang di depositokan dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) hingga 6%. 


Karena itu aku nggak ragu lagi menaruh dana di depositobpr sebab aman dan tak perlu antre ke bank. Lantas bagaimana mengajukannya? 


Cara Membuat Akun di Komunal Deposito BPR 


Pertama, kita harus bikin akun Komunal dahulu melalui www.depositobpr.id. Sebelumnya, aku mendapat informasi jika prosesnya butuh 1-2 hari untuk melakukan pendaftaran tetapi ternyata dalam sehari sudah beres. 


Oya, senangnya kita nggak perlu download aplikasi yang bikin beban HP makin berat. Cukup dari website aja ya, dan kita bisa mengaksesnya melalui smartphone. Praktis kan? 


Kalo malas pake smartphone, bisa gunakan perangkat digital lain seperti komputer, laptop atau tablet. Biar lebih jelas tentunya. 


• Kunjungi alamat website www.depositobpr.id 
• Klik 'masuk' di pojok kanan atas 
• Pilih 'daftar sekarang'
• Pilih daftar sebagai 'Deposan'
• Lengkapi data diri seperti NIK, nama, alamat email, buat kata sandi baru, no HP, no rekening, foto KTP dan foto selfie 
• Selanjutnya kita akan diminta untuk konfirmasi akun melalui email yang sudah didaftarkan
• Klik konfirmasi pada email
• Masuk kembali ke akun Deposito BPR Komunal dengan email dan password yang sudah dibuat
• Kita pun akan diberikan deretan produk Deposito
• Silakan memilih produk sesuai dengan nominal dan jangka waktu yang diinginkan beserta estimasi perhitungan pengembalian dana


Sebelum melakukan pengajuan deposito kita harus menunggu pihak Komunal mendaftarkan kita ke PrivyID. Namun bagi yang sudah mempunyai akun PrivyID, tinggal menunggu notifikasi email pemberitahuan saja. 



Cara Membuka Rekening Deposito BPR Komunal 


• Setelah yakin dengan produk yang dipilih dan setuju dengan estimasi pengembalian dana, kita klik 'ajukan deposit
• Baca syarat dan ketentuan lalu klik 'Ya, setuju' 
• Lalu kita akan diarahkan untuk menandatangani Dokumen Surat Kuasa dan E-Form melalui PrivyID
• Login ke akun PrivyID dan password yang diperoleh melalui pemberitahuan email
• Tunggu pengajuan rekening deposito diproses
• Selama proses menunggu, maka status pengajuan akan tertulis 'Diulas'
• Jika sudah disetujui kita akan mendapat notifikasi email untuk melakukan pembayaran
• Ada pilihan pembayaran melalui transfer ATM, Internet banking dan M-banking. Pastikan kita memasukkan nomor rekening yang dituju dengan benar 
• Tenggat waktu pembayaran yang diberikan menurut pengalaman saya kemarin ada 5 hari
• Jika sudah berhasil maka kita akan mendapat bukti pembayaran melalui email
• Selanjutnya tunggu konfirmasi data dari bank melalui chat WA/telepon
• Tunggu bilyet dikirim ke rumahmu


Pengalaman Menanam Dana di Komunal 


Deposito BPR Aman


Setelah yakin bahwa Deposito BPR Aman, aku langsung mendaftar di depositobpr.id. Proses pengisian data cukup cepat, karena aku sudah menyiapkan foto KTP, foto selfie dan nomor rekening. Notifikasi untuk konfirmasi pendaftaran PrivyID yang perlu menunggu. Tapi nggak sampai seharian kok. Pagi daftar siang sudah mendapat email. 


PrivyID ini gunanya untuk menandatangani dokumen secara digital. Nantinya kita akan mendapat ID dan password lewat email.

Simpanan BPR Komunal


Karena aku tak bisa langsung mengajukan deposito, manfaatkan waktu saja untuk memilih produk mana yang cocok denganku. Aku pilih deposit 1 juta dengan tenor 1 bulan, mengingat mungkin tahun depan membutuhkan dana cash untuk melahirkan. 


Setelah hampir 2 jam menunggu, ternyata aku sudah bisa mengajukan deposito. Segera saja aku klik ajukan deposito. Dan statusku menjadi 'diulas'. Selanjutnya tinggal menunggu email notifikasi pembayaran. 


Malamnya aku cek email ternyata sudah ada pemberitahuan untuk segera melakukan transfer. Langsung aku tranfer saja, dan statusku di website Komunal berubah menjadi aktif. Esok harinya aku mendapat chat dan telepon melalui WA dari BPR yang kupilih untuk penempatan dana. Isinya berupa konfirmasi data dan alamat pengiriman bilyet. Nah, sekarang tinggal nunggu bilyet dikirimkan ke rumah. 

Proses yang kulewati ini terbilang cukup cepat karena biasanya memerlukan waktu 1-2 hari bahkan bisa lebih.

Kelebihan Memiliki Deposito BPR Komunal


• Membuka Deposito BPR Aman karena dijamin LPS, tercatat dan diawasi oleh OJK 
• Mudah mengajukan penanaman dana semudah belanja online di marketplace, bisa dilakukan di mana aja. 
• Banyak pilihan nominal dan jangka waktu yang bisa dipilih mulai dari 1 juta rupiah
• Seluruh transaksi dilakukan secara transfer (cashless) sehingga mengurangi potensi fraud
• Bunga Deposito BPR Komunal lebih kompetitif di banding dengan bank konvensional



Komunal Deposito BPR BrrrRr! Hadiah Langsung!!! Promo di Bulan Desember 


Yuk, alokasikan danamu segera! Karena di bulan Desember sedang ada promo Komunal Deposito BPR BrrRr! Hadiah Langsung. Dapatkan kesempatan memperoleh hadiah IPhone 13 dan hadiah langsung lainnya di akhir tahun. 


Syaratnya dengan membuka rekening deposito minimal 5 juta dengan jangka waktu minimal 3 bulan. Gunakan kode promo HUJANBERHADIAH. Kamu bisa mendapat hadiah tanpa diundi lho! 


Menarik bukan? Kamu bisa buka deposito dengan aman, bunga hingga 6% dan dari manapun.


Dapatkan cashback senilai Rp. 100.000,- dengan memasukkan kode RINTIKHADIAH. Berlaku bagi deposan baru dengan pembukaan rekening minimal 1 juta rupiah. 


Dapatkan juga promo lainnya dengan menggunakan kode refferal dariku. Kamu akan mendapat bonus pendaftaran Rp. 20.000,- yang akan ditransfer ke akun DANA maksimal H+14 hari setelah menyelesaikan pendaftaran. Gunakan kode YY2380 saat mendaftar di Deposito BPR Komunal. 


12 Komentar

  1. Dengan 1 juta saja sudah bisa memiliki deposito ya, sungguh memudahkan. Selain itu prosesnya juga cepat dan praktis karena cukup melalui gadget saja. Deposito BPR Komunal sangat cocok untuk pemula.

    BalasHapus
  2. Artikel yang menarik, kebetulan saya pun sudah 10 thn bekerja di BPR. Artinya BPR Komunal ini merupakan kolaborasi ya, untuk BPR lebih ke arah digital. Aku turut mendukung gebrakan digital financial seperti ini. Ide yang menarik

    BalasHapus
  3. Wah nggak mau ketinggalan sekarang BPR pun sangat berkembang sampai bisa buat investasi juga ya kak. Boleh nih diperhitungkan dan jadi preferensi

    BalasHapus
  4. Nabung di BPR Komunal mematahkan pemikiranku kl BPR itu kuno, ga kekinian. Sekarang, bikin deposito malah semudah kita membayar pake e-money di merchant. Bikinnya jg ga perlu ke bank. Semua udah online. Bunganya juga lebih tinggi. Aku juga ikutan nih.

    BalasHapus
  5. Cuma satu juga udah bisa buka deposito? Ringan ya syaratnya. Biasanya kan di atas 5 juta gitu. Boleh juga nih dicoba, biar duit nggak bablas melulu.

    BalasHapus
  6. wah, inovasi baru nih yaaa biar lebih banyak yang berminat investasi deposito di bpr, cara dan syaratnya juga mudah, yuk ah mari mulai investasi

    BalasHapus
  7. Lagi banyak promo ya sekarang mba dan banyak inovasinya. Karena setau saya dulu belum ada. Hehe. (Lupa tahun kapan) Tapi sekarang jadi lebih memudahkan.

    BalasHapus
  8. Suka dengan bank yang mulai berbenah dan aware dengan kebutuhan masyarakat. Membuka rekening semudah membuat email. Ga perlu panas-panas, apalagi ngantri berlama-lama ya Kak

    BalasHapus
  9. Baru tau soal BPR Komunal dan soal deposito ini. Layanan perbankan sekarang makin baik ya, memudahkan. Bahkan untuk buka deposito gak ribet dan gak perlu ngantri di bank.

    BalasHapus
  10. makin berkembang ya BPR nih, sekarang bisa deposit dengan praktis cuma lewat hp aja, dan pastinya aman.

    BalasHapus
  11. aku belum pernah coba buka deposito. tapi seru ya sekarang serba cepat untuk buka rekening. aku jadi pengin deh ikutan

    BalasHapus
  12. Dengan 1 juta sudah bisa membuka depostio ya. Hm.. sangat terjangkau setoran awal di BPR Komunal. Selain itu proses pengajuan lumayan sederhana, perlu banget untuk dicoba biar duit gak jelas ke mana larinya.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.