Bisnis Rumahan

Hai, Sobat Catatan Yustrini apa kabar? Semoga kita selalu sehat dan selalu ada dalam penyertaan Tuhan yang sempurna, amin.

Belakangan harga-harga kebutuhan pokok seperti beras, gula, minyak goreng, sayur dan buah semakin naik. Jika hal ini tidak diimbangi dengan kenaikan pendapatan, tentu akan berdampak pada keuangan keluarga. 

Oleh karena itu, tak ada salahnya kita mencoba menjalankan ide bisnis rumahan untuk upaya menambah pundi-pundi rupiah kita. Mudah, modal kecil, dan bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan seorang ibu rumah tangga yang sibuk mengurus rumah dan buah hati. 

Alasan Menjalankan Bisnis Rumahan

Banyak orang sukses memulai usahanya hanya dari rumah. Bermula dari garasi kecil, kemudian merambah menjadi besar dan pelan-pelan membangun toko. 

Seorang ibu rumah tangga juga bisa sukses dari rumah berkat menekuni bisnis rumahan. Selain tak perlu menyewa ruko. Bisnis rumahan modal kecil ternyata berpotensi meraup kesuksesan di masa depan. 

Bisnis rumahan modal kecil
Foto: Yuk Jualan Online



Ada banyak alasan orang memilih untuk memulai bisnis dari rumah, antara lain:

1. Tetap Bisa Mengurus Buah Hati dan Keluarga

Alasan pertama mengapa kita perlu menjalankan bisnis dari rumah adalah tetap bisa bekerja tanpa harus keluar rumah. 

Menjalankan bisnis rumahan, membuat seorang ibu atau ayah lebih dekat dengan buah hatinya. Kedekatan ini juga membuat para orang tua mudah mengajari anaknya tentang bisnis sejak dini.

2. Menambah Pemasukan Keluarga

Mendapat sumber pemasukan baru berarti membuat keuangan keluarga menjadi makin kokoh. Hal ini disebabkan karena pemasukan tidak hanya dari satu sumber. Jika suami masih bekerja di luar rumah, usaha di rumah bisa dipegang oleh istri begitupun sebaliknya. 

Dengan bertambahnya pemasukan keluarga, peluang untuk menabung dan perencanaan keuangan keluarga menjadi lebih baik.

3. Menjadi Lebih Mandiri 

Dengan membuka usaha sendiri di rumah, seorang istri menjadi lebih mandiri secara finansial. Dengan memiliki penghasilan sendiri, ibu rumah tangga jadi lebih leluasa dalam mengelola keuangan keluarga dan bisa merencanakan dana darurat. 

Seorang ibu rumah tangga akan lebih percaya diri jika memiliki pemasukan dari hasil kerjanya. Keluarga dari pihak suami pun pasti akan lebih menghargai seorang menantu yang tidak hanya menggantungkan diri pada penghasilan dari suami. 

4. Mengisi Waktu Luang 

Mungkin setelah pulang dari kantor, kita masih memiliki waktu luang. Nah, kenapa tidak dimanfaatkan untuk berbisnis saja?

Membuka toko kelontong di depan rumah tidak butuh tenaga ekstra. Atau membungkus paket pesanan online pun bisa dilakukan setelah pulang kerja. 

5. Mengasah Bakat dan Kreatifitas 

Bakat dan kreatifitas bisa digali dengan melakukan kegiatan bisnis rumahan. Misalkan sudah memiliki keahlian membuat kue dan laku dijual. Lama-kelamaan akan muncul permintaan dari konsumen untuk membuat kue dengan variasi lain. Nah, di sinilah kita akan belajar membuat sesuatu yang baru. 

Kesulitan-kesulitan kita dalam berbisnis pun membuat kita makin terasah untuk menemukan solusi. 


5 Bisnis Ibu Rumah Tangga dengan Modal Kecil yang Menjanjikan 

Ide Bisnis Rumahan
Foto: Yuk Jualan Online

1.Toko Kelontong

Bahan kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, gula pasir, dll merupakan barang yang terus dicari orang. Membuka toko kelontong di rumah bisa jadi pilihan menarik bagi ibu rumah tangga yang ingin memiliki usaha sendiri. 

Cukup dengan memanfaatkan teras atau ruangan di depan yang tidak terlalu lebar, kita sudah bisa memulai usaha warung sembako atau toko kelontong. 

2. Jual Camilan 

Saat ini ada banyak resep camilan yang menarik bertaburan di media sosial. Kenapa tak coba bikin sekalian untuk dijual? Untuk langkah pertama, kita bisa menawarkan camilan buatan sendiri ke tetangga atau teman-teman, tak lupa siapkan juga contoh camilannya. 

Bila tidak mau repot membuatnya sendiri, kita bisa membeli camilan di produsen dan menjualnya kembali dengan kemasan yang lebih menarik. 

3. Buka Warung Makan

Membuka warung makan merupakan ide bisnis rumahan yang menjanjikan. Apalagi jika tempat tinggal kita dekat dengan jalan besar atau kos-kosan. 

Selain tidak perlu menyewa ruang usaha, membuka warung makan di rumah tidak perlu modal yang banyak. Manfaatkan saja peralatan memasak di dapur yang sudah ada. Sedikit demi sedikit, kita bisa menambah modal peralatan jika usaha sudah berjalan.

4. Laundry 

Bisnis rumahan modal kecil yang bisa dilakukan di rumah selanjutnya adalah bisnis laundry. Dengan bermodalkan mesin cuci, setrika, sabun dan pewangi serta lahan yang ada, bisnis laundry bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga di rumah. Biasanya orang yang memakai jasa laundry adalah orang kerja kantoran atau mahasiswa tidak sempat mencuci baju. 

5. Bisnis Online

Kini berkat kemajuan teknologi, ada banyak kemudahan yang bisa kita rasakan. Salah satunya bisa berbelanja dan berjualan online. Ada banyak platform digital yang bisa dimanfaatkan untuk bisnis online, salah satu yang terbaik adalah Lazada. 

Nah, itu tadi sederet bisnis ibu rumah tangga dengan modal kecil namun berpeluang sukses meraup untung. 

Tips agar Sukses Menjalankan Bisnis Rumahan secara Online

Sebelum memulai bisnis rumahan secara online, ada banyak hal yang perlu diperhatikan agar usaha kita berhasil. Berikut adalah tips agar sukses menjalankan bisnis rumahan secara online.

1. Pilih Ide Bisnis Rumahan yang Sesuai dengan Minat

Ada banyak pilihan bisnis rumahan yang menjanjikan di masa depan. Namun tanpa minat dan tekad yang tinggi tentu saja hal itu tidak akan bertahan lama. Diperlukan semangat agar usaha tersebut bisa terus berjalan. 

Misal, kamu menyukai K-pop. Kamu bisa menjual berbagai pernak-pernik yang berkaitan dengan band atau penyanyi K-pop yang sedang populer. 

2. Ketahui Produk yang Dibutuhkan oleh Pasar 

Sebelum memulai bisnis online, pertama kita perlu mengetahui produk apa yang sedang dicari dan dibutuhkan orang. Hal ini dilakukan agar barang bisa cepat laku dan uang berputar menjadi lebih cepat. 

Pelajari apa yang sedang tren di masyarakat, perbincangan di media sosial dan sediakan produk incaran mereka. 

3. Pelajari Performa Pesaing 

Di bisnis online perlu mempelajari performa dari penjual produk dan lokasi kota yang sama. Makin banyak keuntungan bisnis rumahan yang menjanjikan di bisnis online, membuat persaingan dagang juga makin ketat. Oleh sebab itu, perlu untuk mengetahui persaingan di lokasi yang sama dan kategori yang sama. Karena umumnya, pembeli cenderung memilih lokasi terdekat agar mendapat harga ongkir yang lebih murah. 

4. Buat Rencana Bisnis Sederhana

Sebelum berbisnis ada baiknya membuat perencanaan bisnis terlebih dahulu, meliputi analisis pasar, produk dan barang, pemilihan supplier, strategi promosi, operasional, serta modal. Dengan melakukan perencanaan bisnis, maka usaha akan lebih terarah. 

5. Menentukan Platform untuk Berjualan 

Langkah yang tak kalah penting adalah menentukan platform untuk berjualan. Ada banyak e-commerce di Indonesia yang bisa kita pilih. Masing-masing tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kita tinggal memilih e-commerce mana yang cocok untuk menjual produk atau jasa dari kita. 

Pemilihan platform digital untuk jualan online sangatlah penting. Ini menentukan sukses tidaknya usaha kita di masa yang akan datang. 

Ada platform jualan online yang menurutku pas banget buat pemula. Karena di situ penjual tak hanya berjualan barang saja namun ada banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Untuk menjadi seller pun sangatlah mudah. Dan platform itu sudah sangat familiar di masyarakat. Ya, betul. Lazada. 

Yuk, Kembangkan Bisnis Rumahan di Lazada

Bisnis rumahan yang menjanjikan
Foto: dokpri

Lazada merupakan e-commerce berjualan online nomor 1 di Indonesia. Dan merupakan tempat jualan online terbesar di Asia Tenggara. Kira-kira ada 30 juta pengunjung yang datang ke Lazada tiap bulannya. Wow! Peluang besar buat kesuksesan bisnis nih!

Ada banyak keuntungan menjadi seller di Lazada, diantaranya kita akan mendapat pendampingan selama 3 bulan di awal pendaftaran menjadi seller baru. Cara daftar pun cukup mudah. Nanti aku bocorin ya, caranya. 


Bisnis rumahan modal kecil
Foto: dokpri


Keuntungan lainnya ada fitur bantuan, Lazada University, Lazada Club, Lazada Service Marketplace dan Fulfilled by Lazada yang disediakan untuk para seller. Juga ada blog Yuk Jualan Online yang bisa membuat seller makin pintar berbisnis. 

Blog Yuk Jualan Online merupakan situs yang berisikan berbagai artikel menarik seputar dunia bisnis online, berita, gaya hidup, inspirasi dari penjual online lainnya. 

Situs ini memang dirancang khusus bagi seller di Lazada biar jualannya makin laku dan sukses. Buat yang baru memulai bisnis rumahan online, baiknya menggali blog ini lebih dalam. Permasalahan seputar bisnis online bisa ditemukan solusinya di sini. 


Langkah Mudah Menjadi Seller di Lazada  

1. Daftar jadi Seller

Siapkan KTP, nomor HP, alamat email, nama toko, dan nomor rekening yang akan dipakai. Kunjungi situs web Lazada.co.id. Pilih tombol Menjadi Seller lalu pilih Daftar Sekarang. Kamu akan menuju ke sellercenter.lazada.co.id. Di bagian Daftar sebagai Seller, isikan nomor HP dan tunggu kode OTP. Atur kata kunci. Pilih perorangan atau perusahaan. Isikan alamat email dan password. Tunggu verifikasi dari Lazada. 

2. Isi dan Lengkapi Data Penjual

Langkah kedua, kita tinggal lengkapi data penjual. Alamat toko dan nomor rekening seller. 

3. Unggah foto produk 

Unggah foto produk yang menarik untuk mengisi toko onlinemu di Lazada. 

4. Mulai berjualan 

Sekarang, kamu sudah siap berjualan di Lazada. 

Cukup mudah bukan cara jualan di Lazada? Nah, tunggu apa lagi yuk, mulai bisnis rumahan dan jualan online bersama Lazada! 



26 Komentar

  1. Bisnis online ini emg mudah bgt ya kak. Apalagi kl pk sistem dropship. Kita ga perlu pny brg tp ttp bs jualan. Apalagi ada bantuan dr komunitas seller di Lazada. Bs slg berbagi ilmu utk mrraih cuan bersama tuh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Ga perlu banyak modal udah bisa langsung jualan.

      Hapus
  2. Bagus banget tipsnya. Bisa ditiru nih biar bisnis online

    BalasHapus
  3. bisnis rumahan ini tuh cocok bgt buat buibu rumah tangga yg pengen juga punya penghasilan, boleh dicoba nih tipsnya yaaa buibuuu

    BalasHapus
  4. aku pernah mencoba menjalankan bisnis rumahan saat awal pandemi, tapi ternyata tidak berjalan lancar. mungkin kurangnya ilmu juga bisa mempengaruhi kita dalam menjalankan bisnis rumahan ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin perlu strategi yang pas sebelum memulai bisnis. Melihat pasarnya juga.

      Hapus
  5. Kita dimudahkan dengan teknologi ya saat ini, semua bisa memiliki usaha dari rumah dan pemasarannya dibantu oleh lazada.

    Serba online praktis produk kita bisa di kenal di penjuru negeri (gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Berkat Lazada bisa menjangkau pasar yang lebih luas

      Hapus
  6. Ternyata mudah banget ya jadi seller di Lazada. Gampang bikin akunnya dan juga dapat pendampingan supaya sukses jualannya. Pantesan banyak yang jualan di Lazada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak yang sudah jualan di Lazada. Karena cukup mudah syaratnya jadi penjual

      Hapus
  7. Tertarik juga sich ... untuk jualan online, namun inginnya buka toko ... setelah dihitung pengeluarannya banyak sekali ... jadi masih taraf memgumpulkan modal dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa lekas terwujud toko onlinenya kak

      Hapus
  8. Enaknya bisnis rumahan ya gitu
    Bisa sama jagain anak dan gak perlu keluar rumah.

    BalasHapus
  9. Tak perlu sewa ruko, sekarang dari rumah juga sudah bisa jualan online ya mbak. Ada banyak beragam pilihan lagi mau usaha apa. Meskipun ibu rumah tangga punya bisnis, tetap masih bisa dekat dengan keluarga.

    Dengan menjadi seller Lazada banyak keuntungan yang di dapat ya. Dikasih pendampingan selama 3 bulan sangat membantu sekali. Jadi, kita sebagai seller baru nggak bingung lagi ya mbak harus ngapain. Cara daftarnya juga mudah banget. Yuk ah jualan online! hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali. Dengan online bisa hemat di sewa tempat

      Hapus
  10. Salah satu alasan menjalankan bisnis rumah tangga memang ingin sambil cari cuan dan menjaga buah hati di rumah ya mbak. Seneng banget sekarang ada Lazada yang memfasilitasi ibu rumah tangga seperti kita untuk menjalankan bisnis rumahan.

    BalasHapus
  11. Bisnis rumahan sangat menyenangkan memang, bisa kontrol dari rumah. Tapi kendalanya sebagai owner harus bisa bagi bagi waktu agar terkontrol

    BalasHapus
  12. Wah ternyata di Lazada ada Lazada University juga ya, selain jualan juga bisa nambah ilmu nih, keren program Lazada

    BalasHapus
  13. Paling enak itu memang bekerja dari rumah. Urusan domestik tetap terurus, isi dompet pun nggak kurus. Terima kasih tips-nya, Mbak, tertarik juga nih jadi seller di Lazada.

    BalasHapus
  14. Saat liat tetangga depan rumah yang buka toko kelontong dan warung terlihat sibuk tiap hari. Gak bisa memanejemen waktu. Maka dari itu saya lebih memilih usaha online saja, bisa disesuaikan dengan kondisi.

    BalasHapus
  15. Wah banyak banget nih idenya, boleh dicoba salah satu atau beberapa diantaranya. Lengkap pula dengan tipsnya nih, asiiikk.

    BalasHapus
  16. Wah ternyata mudah banget ya menjadi seller di Lazada. Trus info pilihan jualannya juga banyak. Aku juga pengen jualan Snack di Lazada ntar

    BalasHapus
  17. Untuk sekarang ini, memang bisnis online itu sangat menjanjikan ya. Kita bisa usaha tanpa harus pusing memikirkan modal yang besar. Terpenting memang manajemen waktu harus sudah mantap ya

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.