Miller


Hai Sobat Catatan Yustrini, apakah kamu sedang tertarik berkarir di industri pengelasan atau membuka usaha bengkel las? Hmm, kira-kira apa saja ya, alat yang dibutuhkan dan berapa modal yang akan kita butuhkan? 

Yuk, simak artikel berikut agar tak ragu lagi untuk memulai karir di bidang usaha pengelasan.

Mengenal Industri Pengelasan dan Alat Las


Berkarir di bidang pengelasan memang sangat menjanjikan. Hampir semua sektor membutuhkan proses pengelasan, mulai dari pembuatan pagar, teralis bangunan, konstruksi jembatan, pembuatan kendaraan, mesin, pembuatan kapal, karya seni hingga instalasi pipa air, dan lain sebagainya. 

Salah satu usaha yang bisa dilakukan secara perorangan adalah bengkel las. Kegiatan usaha bengkel las termasuk ke dalam ke dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak di sektor jasa. 

Usaha ini tidak membutuhkan modal yang terlalu besar, dengan pangsa pasar yang luas. Ya, di saat pembangunan berjalan begitu pesat, peluang usaha jasa las makin terbuka lebar. Dengan demikian, potensi keuntungan yang akan didapatkan juga semakin besar. 

Sebelum memulai usaha bengkel las, kita wajib tahu, apa itu las? Tips memulai usaha bengkel las dan alat apa saja yang kita perlukan? 

Apa Itu Pengelasan? 


Pengelasan mig

Sobat Catatan Yustrini pasti sudah tidak asing dengan istilah pengelasan bukan? Ya, pengelasan merupakan suatu proses penyambungan dua atau lebih bahan logam dengan cara mencairkan sebagian logam yang akan disambungkan kemudian membiarkannya mendingin sehingga membentuk sambungan yang kokoh. 

Proses pengelasan biasanya membutuhkan panas yang dihasilkan dari busur listrik, gas atau friksi. Dan juga memakai bahan tambahan yang disebut elektroda atau filler metal untuk mengisi celah antara bahan yang disambungkan tadi. 

Ada beberapa metode pengelasan, tergantung kebutuhan. Namun teknik pengelasan yang tepat, akan membuat hasil las jadi lebih kuat dan awet serta terlihat bagus. 

Alat yang Wajib Ada di Bengkel Las 


Sebelum membuka usaha bengkel las, kamu wajib tahu alat apa saja yang dibutuhkan dan sebaiknya dimiliki oleh bengkel las. Supaya usaha bengkel las kamu bisa berjalan lancar. 

1. Mesin Las Listrik

Jenis mesin las



Alat pertama yang kita butuhkan tentu saja mesin las. Bagaimana mau mengelas jika tidak ada mesin las? 

Secara umum, mesin las terbagi menjadi dua yaitu, mesin las listrik dan karbit. Awalnya, pengelasan tidak menggunakan listrik, melainkan gas acetylena yang dibakar. Namun sekarang industri-industri pengelasan lebih sering menggunakan mesin las listrik. 

Ada beberapa macam mesin las listrik yang beredar di pasaran yaitu, mesin listrik MMA/MMAI, TIG, dan MIG. 

2. Kawat Las Listrik atau Elektroda

Kedua, alat yang wajib kamu punya di bengkel las adalah kawat las. Dengan elektroda, energi listrik yang menghasilkan panas akan diubah menjadi pembakaran, dan membentuk kembang api. 

3. Alat Pemotong Besi 

Gergaji, brander potong gas, tang potong, gunting potong, gerinda potong adalah alat yang biasa digunakan untuk memotong logam. Lengkapi peralatan bengkel las juga dengan cutting plasma. 

Mesin plasma cutting adalah alat untuk memotong berbagai jenis logam, plat, dan bahan lainnya dengan menggunakan panas. Kelebihan mesin ini adalah lebih cepat, rapi dan presisi. 

Alat ini penting dimiliki bengkel las agar dapat membuat barang sesuai pesanan, seperti teralis, pagar atau kanopi. 

4. Kompressor

Dibanding pengecatan dengan kuas, hasil pengerjaan akan jauh lebih rapi dengan pengecatan menggunakan kompresor. 

5. Bor Listrik

Ada dua jenis bor yang diperlukan, yaitu bor beton dan bor biasa. Pastikan kamu sedia alat ini sebelum membuka bengkel las. 

6. Genset 

Untuk antisipasi mengatasi saat mati listrik dari PLN, genset sangat dibutuhkan ketika ada pekerjaan yang tidak bisa ditunda. 

7. Alat Bantu Pengelasan 

Terakhir, kita harus menyiapkan alat bantu pengelasan seperti, alat pengukur, alat penjepit, sikat kawat, klem massa, palu las, kabel las, dan pemegang elektroda. 

8. Alat-alat Keselamatan Kerja


las mig adalah metode pengelasan menggunakan gas inert dan kawat pengisi logam


Pekerjaan welding memiliki resiko yang cukup besar. Percikan api dapat sewaktu-waktu menimbulkan kebakaran, mesin las juga harus dioperasikan secara hati-hati dan pekerja harus mengenakan alat keselamatan kerja seperti, helm las, kaos tangan las dan sepatu pelindung. Sediakan juga APAR untuk berjaga-jaga jika ada percikan api yang menyebar di ruangan. 

Mengenal Berbagai Jenis Mesin Las Listrik 

Mesin las adalah alat yang wajib dimiliki oleh bengkel las. Fungsinya untuk menyambungkan dua material logam dengan cara pemanasan. Logam akan meleleh berkat pemanasan tersebut, dan bila titik leleh sudah tercapai, kedua logam akan  bisa menyatu. 

Mesin las listrik merupakan salah satu mesin las yang kerap kita jumpai. Mesin ini menggunakan listrik sebagai energi pemanas untuk proses pengelasan. 

Mesin las listrik dapat dipakai secara manual atau otomatis, tergantung kebutuhan dan aplikasi pengelasan. Bisa mengelas berbagai jenis logam seperti baja, besi dan aluminium. 

Kelebihan dari mesin las listrik adalah hasil pengelasan yang kuat dan tahan lama, mudah dioperasikan baik secara manual maupun otomatis, dan bisa untuk mengelas berbagai jenis logam. 

Terdapat beberapa jenis mesin las listrik yang ada di pasaran yaitu: 

1. Mesin Las Listrik MMA / SMAW 

MMA (Manual Metal Arc) atau disebut juga SMAW (Shield Metal Arc Welding) adalah mesin las listrik yang dioperasikan secara manual. 

Keunggulan dari mesin mma welding ini adalah harga beli dan biaya perawatannya lebih murah jika dibanding tipe lain. 

Pengelasan menggunakan mesin mma welding memerlukan peralatan khusus untuk melindungi keselamatan pekerjaan. 

2. Mesin Las TIG (Tungsten Inert Gas) 

Kedua ada mesin las TIG atau Tungsten Inert Gas yaitu, jenis mesin las yang menggunakan elektroda tungsten. TIG atau kerap disebut juga dengan istilah GTAW (Gas Tungsten Arc Welding) menggunakan inert gas (argon) untuk melindungi area las dari kontaminasi atmosfer. 

Mesin las TIG cocok digunakan untuk pengelasan pada logam tembaga, titanium dan nikel. Hasil pengelasan yang halus dan rapi, serta tingkat kepresisian yang tinggi menjadi keunggulan dari mesin las TIG ini. 

Mesin las TIG sering digunakan pada pengelasan yang membutuhkan kepresisian tinggi seperti pipa baja. 

Namun, operator mesin TIG haruslah seorang yang memiliki keterampilan dan keahlian dalam menjalankan proses pengelasan menggunakan mesin ini. Sebab sang operator harus bisa mengontrol aliran gas pelindung dan memegang elektroda dengan stabil.

3. Mesin Las MIG / GMAW 

Selanjutnya, ada mesin las MIG (Metal Inert Gas) atau disebut juga GMAW (Gas Metallica Arc Welding). Mesin ini sering dipakai untuk industri kapal, mesin dan kendaraan. 

Las mig adalah metode pengelasan dengan menggunakan gas inert bersamaan dengan kawat pengisi logam untuk menghubungkan dua bahan logam. Gas inert yang biasa dipakai yaitu, argon dan helium. Teknik pengelasan mig sering dipakai pada industri manufaktur dan konstruksi. 

Mesin GMAW welding atau mesin las MIG ini adalah jenis mesin yang menggunakan busur listrik dengan penggunaan gas pelindung untuk melindungi area yang dilas dari kontaminasi. Adapun gas pelindung yang dipakai bervariasi tergantung bahan yang dilas. 

Mesin las mig ini memiliki banyak keunggulan, diantaranya mampu melakukan pengelasan secara cepat dan efisien pada berbagai jenis logam, misalnya baja, aluminium dan stainless steel. Mudah digunakan dan tidak memerlukan pengaturan terlalu banyak. 

Maka pantas saja jika banyak pengelas profesional yang menggunakan mesin jenis ini. 

Nah, itu dia berbagai peralatan dan jenis mesin las yang perlu kamu ketahui bila ingin berkecimpung di industri pengelasan. 

Peralatan Las Berkualitas untuk Industri Pengelasan 


Miller adalah penyedia mesin plasma dan mma welding


Sebelum benar-benar terjun ke dunia usaha pengelasan, siapkan dahulu peralatan dan perlengkapan lainnya. Agar usaha kamu menjadi lancar dan mendatangkan keuntungan. 

Perlu diingat bahwa keselamatan kerja adalah nomor satu. Oleh karena itu penting sekali memilih alat las yang berkualitas. 

Salah satu produsen peralatan las terbaik adalah Miller Electric. Berdiri sejak tahun 1929, Miller terus berkembang menjadi andalan bagi para tukang las profesional, dan industri besar. Terkenal berkat inovasi, kualitas dan daya tahan produk-produk yang telah dihasilkannya. Sehingga sudah makin dikenal di kalangan pengelas di seluruh dunia. 

Miller Electric menawarkan bermacam-macam peralatan las kelas atas dunia. Mulai dari mesin las mma welding, TIG, mesin las MIG atau gmaw welding, peralatan keselamatan, mesin plasma, sistem robot, dan perangkat pemanas induksi. 

Dapatkan semua produk Miller yang asli di Kawan Lama Sejahtera. Ada juga tim ahli yang akan membantu untuk memilih produk sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. 


Referensi:

https://www.kawanlama.com/brands/miller?brand=MILLER

https://www.kawanlama.com/category/welding-equipment/mig-mag-gmaw-welding

https://www.kawanlama.com/category/welding-equipment

https://news.indotrading.com/peluang-bisnis-bengkel-las/

https://www.pengelasan.net/las-mig/

https://situansan.id/welding-equipment/jenis-jenis-mesin-las/#Mesin_Las_MIG


13 Komentar

  1. PT Kawan Lama Sejahtera ternyata penyedia berbagai barang dan jasa ya. Ini peralatan listrik dan las ternyata lengkap juga ada di Kawan Lama. Jadi kalau mau belanja cukup di satu tempat saja nih

    BalasHapus
  2. Industri mengelasan ini memang akan terus dibutuhkan. Tidak hanya untuk mengelas sesuatu yang besar, tapi juga perabot rumah tangga. Misalnya ada rak yang patah, kaki kursi yang patah, dan sebagainya. Makanya jadi peluang membuka usaha las. Apalagi peralatan yang dibutuhkan tidak terlalu banyak ya.

    BalasHapus
  3. Industri pengelasan merupakan salah satu sektor penting dalam dunia manufaktur. Permintaan tenaga ahli las pun selalu tinggi, terutama di Indonesia yang sedang giat membangun infrastruktur.
    penting juga untuk menggunakan peralatan keselamatan lainnya seperti sepatu las, masker las, dan penutup telinga.

    Menguasai penggunaan alat-alat las ini dengan baik dan benar akan membantumu dalam bekerja dengan aman dan menghasilkan lasan yang berkualitas.

    BalasHapus
  4. Kalau inget ngelas, aku jadi terngiang pas zaman kuliah, karena di organisasi ketemunya sama anak-anak teknik, jadi mereka sering banget bawa alat2 pengelasan gitu.

    BalasHapus
  5. Untuk yang ingin berbisnis dalam hal bengkel, ataupun yang sedang menempuh pendidikan di bidang ini, memang perlu nih mengetahui macam² las ada apa aja. Biar dapat pemahaman lebih dalam

    BalasHapus
  6. Dulu banget ketika ayah bekerja di bidang pengelasan, las yang digunakan masih jadoel menggunakan karbit sehingga disebut juga las karbit. Sekarang jenis-jenis las sudah sangat beragam dan alat-alat untuk pengerjaan pengelasan pun sudah sangat lengkap tersedia seperti di kawan Lama ini

    BalasHapus
  7. Oh ini ya, alat alat pengelasan yang wajib diketahui bagi yang ingin berkarier dalam bidang pengelasan ya

    BalasHapus
  8. Ternyata banyak ya jenis peralatan las. Aku kira hanya satu macam saja. Lalu, penggunaan gasnya juga bermacam-macam

    BalasHapus
  9. Aku dulu sempat takut sama kerjaan yang menimbulkan percikan api kayak pengelasan, mungkin karena tukang ngelas di sekitar rumah, galak kali, ya. Tapi ternyata, tanpa tukang las kita nggak punya teralis, pagar rumah, dan perlengkapan lainnya. Jadi emang kudu beli mesin las yang bagus sih biar jadinya berkualitas

    BalasHapus
  10. Ada banyak hal yg perlu disiapkan ya. Tapi tenang sih, soalnya ada Miller.

    BalasHapus
  11. wah artikel ini harus saya share ke tetangga saya yang punya usaha las nih, penting juga kan untuk mengenal mesin las dan peralatan lainnya untuk usaha las ya

    BalasHapus
  12. Sepupuku waktu itu bilang pengin balik kampung dan buka usaha pengelasan. Tulisan ini bakal membantu dia banget sih. Weralatan las terbaik adalah Miller Electric ya.. well noted

    BalasHapus
  13. Selain skills pengelasan, juga perlu banget melengkapi alat keselamtan kerja yang melindungi dari segala macam kemungkinan terburuk saat sedang bekerja.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.