Sewa Apartemen atau Beli Rumah?  

Sewa Apartemen

3 Kebutuhan Dasar Manusia 

Kita semua tentu membutuhkan 3 kebutuhan dasar seperti sandang, pangan dan papan. Dari ketiga hal itu, nggak mungkin bisa menghilangkan salah satunya. Apalagi tempat tinggal. 

Oya, dari daftar kebutuhan dasar di atas mungkin ada yang mau nambahin kuota data? Jaman sekarang milenial nggak bisa lepas dari internet kan, ya? He, he.

Mahalnya harga rumah menjadi alasan kenapa tidak semua orang bisa memiliki rumah sendiri. Tapi semua orang butuh tempat untuk berteduh. 

Syukurlah jika sedari lahir, kita boleh bernaung di bawah atap rumah orang tua. Namun ketika sudah dewasa, mau tidak mau harus keluar juga. 

Nggak mungkin selamanya akan tinggal di rumah orang tua. Apalagi jika sudah kuliah atau bekerja. Pasti akan mencari tempat tinggal yang lebih dekat dengan kampus atau kantor. 

Bagi pasangan muda juga harus merencanakan kapan punya hunian sendiri. Tak mungkin tinggal bersama satu keluarga besar. Karena biasanya percecokan timbul jika anak-anak sudah dewasa dan berkeluarga. 

Mau Pilih Mana, Beli Hunian, Kontrak Rumah atau Sewa Apartemen? Ini Pertimbangannya! 

Sewa apartemen Bintaro

Membeli rumah impian

Berdasarkan pengalaman pribadi, mencari hunian yang cocok untuk dibeli tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. 

Gampang-gampang susah kayak mencari jodoh. #eh. Harga rumah yang semakin naik, menjadi alasan kenapa sebaiknya jangan menunda untuk segera membelinya. 

Jika belum memiliki uang yang cukup, kita bisa mengajukan kredit rumah. Pertimbangkan cicilan per bulan dan DP yang harus dibayarkan. 

Sebaiknya tunda dulu jika belum memiliki DP yang cukup. Hindari mengambil pinjaman KTA atau kartu kredit karena bunga yang harus dibayar cukup tinggi.

Perhatikan arus keuangan pribadi, apakah sudah cukup stabil untuk membayar cicilan dalam jangka waktu yang panjang? 

Sebaiknya segera lunasi jika ada rejeki lebih. Karena selain cicilan, rumah juga butuh biaya perawatan. Pertimbangkan juga kualitas bahan dari rumah tersebut. Jangan sampai selesai angsuran, selesai juga rumahnya alias rusak. 

Perhatikan lokasi rumah, apakah berada di daerah bebas banjir, dekat dengan tempat kerja dan fasilitas umum seperti rumah ibadah, sekolah hingga tempat belanja? 

Jika letaknya cukup jauh dari kota, pertimbangkan juga aksesnya. Mudah tidak untuk mendapatkan transportasi umum? Persiapkan juga dana lebih untuk urusan transportasi. 

Mengontrak Rumah atau Kost 

Alternaltif kedua sebelum memutuskan membeli rumah idaman, bisa dengan ngontrak atau kost. Tergantung dengan kebutuhan juga. 

Jika masih single baiknya sewa kamar kost saja biar lebih praktis. Ada teman kost juga dan barang belum begitu banyak. 

Kalau mau lebih lega dan murah, sebenarnya bisa mengontrak satu rumah. Ajak teman untuk patungan, agar jatuhnya bisa lebih murah. Bila sudah berkeluarga, mengontrak rumah pilihan yang tepat. 

Sembari mengumpulkan uang untuk DP rumah juga kan? Hemat pengeluaran dan rajin berinvestasi menjadi salah satu kiat agar segera memiliki rumah idaman. 

Pahami perjanjian kontrak, pastikan lokasi juga dekat dengan tempat kerja. Karena kalau jauh, biaya transport yang dikeluarkan juga tidak sedikit. 

Pertimbangkan juga apakah ada biaya renovasi yang dikeluarkan sebelum benar-benar menempati rumah. Diskusikan dengan pemilik rumah, jika ada kerusakan siapa yang akan membenahi?

Semua harus dibicarakan dengan jelas dengan pemilik rumah ya. 

Sewa Apartemen

Apartemen biasanya berada di lokasi dekat dengan berbagai fasilitas perkantoran, sekolah, transportasi umum hingga pusat perbelanjaan. Bahkan jika memungkinkan kita bisa jalan kaki ke kampus atau tempat kerja. Hemat waktu, hemat biaya. 

Kalau mau bersih-bersih tinggal panggil bagian kebersihan saja. Keamanan juga lebih terjamin. Privasi pun lebih terjaga. Pas banget kan buat kebutuhan para kaum milenial? 

Letaknya yang strategis, fasilitas dan keamanan membuat harga apartemen menjadi sangat tinggi. Rasanya mau beli apartemen juga belum sanggup. 

Kabar baiknya adalah ada banyak unit apartemen yang disewakan oleh pemiliknya. Nah, sewa apartemen bisa jadi alternaltif kaum milenial yang sibuk. 

Alasan Kaum Milenial Memilih Sewa Apartemen

Sewa apartemen

Tinggal di apartemen sudah menjadi gaya hidup para kaum milenial masa kini. Kaum milenial dikenal mempunyai aktivitas yang padat dan menyukai hal-hal yang praktis termasuk dalam memilih tempat tinggal.

Sebenarnya apa sih, alasan mereka lebih memilih sewa apartemen dibanding membeli rumah tinggal sendiri? Yuk, simak penjabaran di bawah ini.

1. Kebutuhan akan Tempat Tinggal

Alasan milenial mengapa lebih memilih sewa apartemen, dikarenakan butuh tinggal yang dekat dengan tempat kerja. 

Bila menunggu mencari rumah yang akan dibeli, tentu tidak bisa secepat seperti sewa apartemen. Butuh waktu untuk mencari, survey rumah. Hingga kecocokan lokasi, model rumah dan harga. 

Kalau mau pindah kerjaan juga mudah, tinggal pindah apartemen. Tidak perlu repot menjual rumah. Dan bisa pindah kapan saja.

2. Lokasi di Tengah Kota 

Bagi yang berprinsip waktu adalah uang, cocok jika memilih sewa apartemen. Karena biasanya apartemen berada di pusat kota seperti apartemen Bintaro. Aksesnya pun mudah mau ke mana saja. 

Selain itu, tak butuh waktu lama untuk menuju ke kantor. Bisa juga naik sepeda. Berangkat kerja sekalian berolahraga. 

3. Hemat Budget

Buat milenial menyewa apartemen bisa menghemat budget, karena jaraknya lebih dekat dengan kantor. 

Dengan sewa apartemen, bisa mendapatkan fasilitas seperti kolam renang, lapangan olahraga, mall, tempat parkir dan taman bermain. Hal ini juga bisa menghemat pengeluaran untuk transport. 

4. Lebih Praktis

Jika ada masalah dalam apartemen seperti ada kerusakan dinding, atap bocor atau keran patah, mereka tinggal menghubungi pengelola apartemen. 

Milenial tidak perlu dipusingkan dengan urusan perbaikan bangunan. Mereka bisa lebih fokus bekerja.

Tips Memilih Apartemen yang Murah dan Nyaman untuk Disewa

Sewa apartemen

Setelah mengetahui alasan mengapa milenial memilih sewa apartemen. Berikut tips dalam memilih apartemen yang murah dan nyaman untuk disewa. 

1. Tentukan Kriteria Apartemen yang dibutuhkan

Sebelum berburu apartemen yang akan disewa, sebaiknya tentukan dulu kriteria apa yang sesuai dengan kebutuhan. Mau full furnished, semi furnished atau unfurnished. 

Berapa jumlah kamar yang dibutuhkan, fasilitas apa saja yang dibutuhkan, mau ada balkon atau tidak, dll. 

2. Tentukan lokasi

Setelah menentukan tipe seperti apa, tentukan lokasi. Misalkan ingin sewa apartemen Bintaro. Maka tentukan lokasinya mau di tengah kota, agak pinggir atau yang penting dekat dengan tempat kerja?

Mudahkah transportasinya? Dekat tidak dengan fasilitas umum yang dibutuhkan? Dll.

3. Datangi situs penyedia sewa apartemen

Untuk mencari apartemen yang mau disewa sesuai kebutuhan. Tidak perlu berkeliling ke sana kemari. Cukup ketikkan saja sewa apartemen di mesin pencarian, maka taraaa situs-situs penawaran sewa apartemen pun bermunculan.

4. Tentukan budget

Jangan lupa juga tentukan budget yang sesuai dengan kemampuan. Mau bayar secara bulanan atau tahunan. Jika tahunan tentu jatuhnya lebih murah.

Atau bila ada teman yang akan bekerja di kantor yang sama bisa diajak patungan. Lumayan kan, harga sewa dibagi dua?

5. Cek fasilitas

Cek fasilitas yang disediakan oleh pengelola apartemen, sesuai tidak dengan harganya. Apakah ada biaya tambahan jika ada perbaikan, internet, sewa parkir, dll. 

Apakah ada AC, balkon, dapur, peralatan dan perabotan? Bandingkan juga dengan apartemen yang berlokasi sama. Bagaimana fasilitas keamanannya? Fasilitas apa saja yang ditawarkan?

Baca Juga:

Happy Life Before 40's, Impian Sebelum Memasuki Usia 40

7 Aplikasi Pengusir Kebosanan Sekaligus Menghasilkan

Nah, setelah membaca artikel di atas. Apa pilihanmu? Apakah kamu memilih beli rumah, kontrak, kost atau sewa apartemen? Yuk, ceritakan alasannya di kolom komentar!

Sumber Referensi:

-https://lifepal.co.id/media/alasan-kenapa-harus-pilih-sewa-apartemen-daripada-ngontrak-ngekost/amp/
-https://m.republika.co.id/amp/nvh7c67
-http://bacafornearme.com/43054597

Gambar: Pixabay.com

0 Comments