Tips Hemat Kuota 

cara hemat kuota you tube


Menonton video di You Tube tentu sangatlah mengasyikkan ya? Banyak info dan ilmu yang bisa digali dari aplikasi yang satu ini. Tapiiii...kuota bisa cepat habis nih! Apalagi jaman pandemi gini, pemerintah masih menyarankan agar jangan keluar rumah jika nggak penting. 
Meski PSBB sudah mulai dilonggarkan, aku masih was-was keluar rumah buat nyari Wi-Fi gratis, apalagi di mall atau ruang publik lainnya. Mau pasang internet di rumah juga masih sayang uangnya. Hadech, maunya irit terus ya? He, he. 

Dan pada akhirnya aku TERPAKSA putar otak biar ngirit kuota. Karena hari itu aku mau ikut webinar gratis dari Kompasiana yang sayang jika dilewatkan. Acaranya sendiri berlangsung 2 jam. Wow! Habis berapa giga nonton selama itu?

Lalu aku googling deh, cara menghemat kuota data saat nonton You Tube. Apa aja? Aku share di sini ya sekaligus buat reminder kalo butuh hemat kuota data lagi. Terutama aku juga butuh tiap minggu ikutin ibadah online di You Tube. 

Cara Menghemat Kuota Saat Nonton Video di You Tube

1. Ubah kualitas video 

Tips pertama agar hemat kuota saat nonton live You Tube adalah dengan mengubah kualitas video. Yup, ternyata menonton video dengan kualitas video tinggi apalagi HD menyedot lebih banyak kuota. 

Caranya adalah dengan mengeklik titik tiga yang berada di pojok atas sebelah kanan video. Pilih "kualitas video" lalu pilih ukuran yang paling kecil yaitu 144p.

Memang kualitas videonya agak pecah kalau dizoom. Tapi untuk suara masih terdengar jelas.

2. Gunakan browser penghemat data

Cara lain adalah dengan menggunakan browser penghemat data seperti Opera Max atau browser bawaan smartphone. Aktifkan penghemat data di dalam browser dan akses You Tube dari browser tersebut.

3. Gunakan You Tube Go

Aplikasi You Tube Go juga bisa jadi pilihan lain untuk bisa menikmati video-video yang ada di You Tube  agar lebih hemat kuota.

4. Simpan video

Di dalam aplikasi You Tube ada fitur untuk menyimpan video untuk ditonton offline. Caranya dengan mengunduh menggunakan jaringan Wifi.

Kamu bisa menonton video saat offline nanti. Kalau untuk akses ke aplikasi pertamanya masih butuh jaringan internet. Begitu video yang sudah didownload tadi berhasil diputar, baru deh matikan datanya.

5. Aktifkan juga penghemat daya di ponsel

Ada juga yang mengatakan dengan mengaktifkan penghemat daya, maka kuota yang dipakai untuk menonton video atau livestreaming akan lebih sedikit. Kalo aku sih berpendapat jika penghemat daya ini diaktifkan maka latar belakang aplikasi yang lain bakalan terhenti dengan begitu lebih irit kuota.

6. Beli kuota You Tube

Biasanya ada paket kuota You Tube yang disediakan oleh para penyedia layanan internet. Kita tinggal pilih yang sesuai dengan kebutuhan. Mau ambil paket sehari, mingguan atau unlimited. Jangan tanya saya, sebaiknya pake jaringan mana ya, karena nggak lagi endorse atau kerja sama dengan provider mana pun saat nulis ini, he, he.

Yang pasti cek n ricek dulu, berlaku di jam-jam tertentu atau bebas. Cek juga sinyalnya bagus apa enggak di daerah kita. Jangan tergoda dengan harga murah ya. Dan ingat jangan download video dengan kuota You Tube apalagi kalo cuma beli 1 GB. Bisa dipastikan kuotanya bablas dalam hitungan menit, he, he. *pengalamanpribadi*

Buat aku sendiri yang udah kubuktikan adalah cara pertama. Dalam dua jam ikut webinar Kompasiana hanya menghabiskan kuota 200 MB saja. Cukup hemat kan?

Kalau kamu ada cara lain buat menghemat kuota saat nonton video di You Tube boleh dong bagi-bagi infonya di kolom komentar ya! 

Trima kasih sudah membaca.

Yustrini



8 Comments

  1. Ubah kualitas video ini sangat penting
    Dulu saya paling boros kuota
    Kini saya beralih menggunakan wifi, jadi lebih hemat dan tenang.
    Walau kelemahannya tidak bisa kemana-mana, lagian juga jarang kemana mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wifi memang masih jadi pilihan utama buat nonton video ya :)

      Delete
  2. aku biasanya simpan video terutama video panjang
    jadi pas di rumah ada wifi aku simpen video tar pas di luar pas nunggu ornag bisa diliat
    tapi sayang engga semua video bisa disimpen dan akhirnya pakai YT Go hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, nggak semuanya bisa disimpan videonya. Karena itu YT Go diperlukan he, he...

      Delete
  3. belom nyoba nih youtube go, mau nyoba ah. makasih infonya makshaay

    ReplyDelete
  4. Ditempat sayan ada wifi langganan 100rb per bulan, hemat..kalau pakai kuota bisa habis 500rb buat beli kuota.

    ReplyDelete
  5. mbakk hemat banget cuman abis 200 MB, wahh perlu aku coba nih
    aku selama ini belum coba pakai via yuotube go

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.