Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel   

Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel merupakan sebuah fitur layanan digital berbasis chat yang berfungsi untuk memudahkan pelanggan dalam melakukan transaksi pembelian pulsa, cek sisa kuota internet, tukar POIN, informasi lokasi MyGraPARI dan informasi lain terkait dengan layanan Telkomsel. 

Jadi jangan marah ya, kalo suami bilang sedang kehabisan pulsa atau cari lokasi MyGraPARI dia malah tanya Veronika dan bukan nanya ke istri 😆. 

Cara pakainya juga gampang banget, semudah chatting dengan teman. 

Betulkah?

Tentu. Kita juga nggak usah khawatir kalo nggak ada waktu buat mencet kode-kode atau nyariin tombol informasi yang diperlukan. Tinggal hubungi aja Veronika yang selalu siap melayani pertanyaanmu selama 1x24 jam. 

Tanya Veronika Asisten Virtual dari Telkomsel

Bagi pelanggan Telkomsel pasti sudah tidak asing lagi dengan layanan yang diluncurkan oleh provider merah ini. Aku sendiri pelanggan setia Telkomsel lho! Karena hanya provider inilah yang sinyalnya paling bersahabat kalo sedang ke mana-mana, ke daerah paling pelosok sekalipun sinyalnya tetap on.

Pengguna kartu Telkomsel bisa memakai fasilitas layanan Asisten Virtual Telkomsel, kecuali pengguna Kartu Halo corporate dan nomor tambahan.

Kita bisa dengan mudah bertanya sama Veronika Telkomsel seperti memiliki asisten virtual pribadi. 

Fitur ini memakai teknologi berbasis chatbot meski belum sepenuhnya menggantikan asisten manusia tapi cukup efisien dalam merespon setiap pertanyaan dari pelanggan. 

Mengenal Chatbot, Definisi, Cara Kerja dan Fungsinya

Chatbot atau chatterbot merupakan layanan percakapan robot virtual dengan kecerdasan buatan atau AI (Artificial Inteligent). Robot virtual ini bisa menirukan percakapan manusia melalui pesan suara atau pesan tulisan.

Teknologi chatbot juga dapat melakukan tugas lainnya seperti membantu melakukan reservasi penerbangan, memberitahu cuaca terkini, memilih dan memesan sesuatu, memberikan jawaban/solusi dan menjadi teman untuk bercakap-cakap. 

Chatbot dilengkap juga dengan teknologi canggih seperti Artificial Inteligent (AI), Machine Learning, Deep Learning, dan NLP (Natural Lenguage Processing. 

Machine learning ini berfungsi sebagai mesin yang menganalisa, mempelajari dan mengenali bahasa yang dipakai pada chatbot. NLP bertugas untuk memahami dan mengerti bahasa manusia lalu memberiķan respon yang sesuai dengan kebutuhan. 

Nah, Telkomsel telah menerapkan teknologi chatbot ini kepada sang asisten virtual agar bisa memahami dan memproses permintaan pelanggan serta memberikan jawaban yang relevan dengan waktu yang lebih singkat.

Jadi kita tidak perlu menghubungi customer service atau mendatangi MyGrapari untuk mengurus segala yang berkaitan dengan Telkomsel. Tanya Veronika Asisten Virtual selalu siap siaga menjawab pertanyaan kita kapan saja dan di mana saja.

Review Tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel 

Aku sudah memakai Telkomsel sejak zaman SMA lho, sempat berganti-ganti nomor tapi yang dipakai kalo nggak Simpati, ya Kartu As. Karena dua jenis kartu SIM itu, layanannya paling bagus dan yang terpenting sinyalnya setia menemaniku di manapun aku berada (cieee!!!)

Jadi kalo aku pernah berganti ke provider lain, pada akhirnya tetap kembali juga ke Telkomsel. Jodoh kali ya? Hehe.  

Hanya saja aku kurang memperhatikan keberadaan si Veronika yang sebenarnya sudah ada sejak 24 Agustus 2017 (duh, maafkan daku ya, aku telah nyuekin kamu). 

Awal Mula Hadirnya Fitur Tanya Veronika 

Mungkin sedari tadi teman-teman bertanya-tanya siapa sih, mbak Veronika ini? Yang jelas bukan namaku ya, he, he. 

Sebagai perusahaan operator telekomunikasi seluler Indonesia yang sudah berdiri sejak Mei 1995. PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) berupaya untuk memberikan layanan terbaik bagi para pelanggannya, salah satunya dengan menghadirkan fitur Veronika Telkomsel.

Nama Veronika sebenarnya berasal dari kata VERONiCA (Voice Response and Info Care), sebuah mesin penjawab otomatis saat panggilan masul tidak terjawab atau di luar jangkauan.

Kalo dulu teman-teman menelpon seseorang tapi tidak diangkat maka terdengar pesan suara dari seorang wanita, "selamat datang di Telkomsel Veronica, bla, bla, bla..." Kemudian dengan ramah, ia menanyakan apakah mau meninggalkan pesan dan memandu langkah apa yang harus kita lakukan. 

Saat itu pesan SMS dan telepon masih cukup popoler. Namun ketika aplikasi chat mulai banyak digunakan Veronica pun berubah menjadi Veronika. Bedanya sekarang fitur ini bukan hanya sebagai mesin penjawab otomatis tapi juga memiliki kemampuan untuk berinteraksi melalui pesan chat. 

Cara Mengakses Asisten Virtual Telkomsel

Teman-teman tidak perlu bingung jika ada kendala pada SIM Card karena ada asisten virtual Telkomsel yang siap membantu 24 jam. Tinggal hubungi Veronika Telkomsel melalui aplikasi My Telkomsel, LINE, Facebook Messenger, Telegram, WhatsApp, dan situs web Telkomsel. 

1. Aplikasi My Telkomsel 

Bagi pengguna android, aplikasi My Telkomsel bisa diunduh di Play Google Store. Sedangkan pengguna iPhone bisa mengunduhnya di AppStore. 

Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk isi pulsa, bayar tagihan, beli kuota, cek aplikasi, tukar poin dan mendapat kuota gratis dari Telkomsel. 

Untuk mengakses layanan asisten virtual dari Telkomsel, cukup login dengan nomor kita dan lakukan verifikasi melalui SMS yang dikirim ke nomor Telkomsel. 

Setelah berhasil, baru kita cari ikon Tanya Veronika di bagian Customer Service. Klik dan mulai percakapan dengan mengetik halo atau hai. 

2. LINE

Dilansir dari Kompas.com, pengguna aplikasi LINE mencapai 90 juta netizen dan kebanyakan dari mereka masih berusia remaja. Telkomsel mengetahui hal itu, sehingga LINE menjadi salah satu pilihan akses untuk memudahkan komunikasi perusahaan dengan para pelanggan.

Bagi pengguna LINE, mudah banget caranya. Tinggal ketik @Telkomsel di menu pencarian. Jika sudah ketemu, kita bisa memulai chat diawali dengan halo atau hai di ruang percakapan Tanya Veronika. Praktis, kan? 

3. Facebook Messenger

Siapa yang masih setia jadi pengguna Facebook Messenger? Kamu bisa juga mengakses asisten virtual di sini lho! 

Caranya login ke akun Facebook, ketik di menu pencarian "Telkomsel" dan pilih akun Telkomsel asli yang ada tanda centang birunya. Klik. Pilih kirim pesan. Lalu kita akan terhubung dengan messenger. Lakukan percakapan seperti yang kusebutkan sebelumnya. 

4. Telegram

Aplikasi Telegram cukup populer akhir-akhir ini dan punya banyak fitur unggulan. Cara mengakses Veronika dengan menggunakan Telegram adalah kita cari akun @Telkomsel_official_bot (Telkomsel Care). 

Klik start maka secara otomatis akan muncul pesan dari Telkomsel. Dan kita tinggal mengikuti arahan bot yang ada di sana.

5. WhatsApp

Nomor WA Veronika Telkomsel adalah 081-1111-111 (1-nya ada 8 kali). Kita bisa langsung chat dengan menggunakan aplikasi ini tapi pastikan dulu nomor WA yang kita gunakan adalah nomor Telkomsel.

6. Situs Web 

Cara lain yang tak kalah mudah adalah dengan mendatangi alamat website Telkomsel di https://www.telkomsel.com. 

Setelah berhasil terhubung, kita tinggal cari ikon seorang wanita berbaju merah di pojok kanan bawah. Klik nanti akan muncul kolom chat. 

Kita akan diajak kenalan dulu dengan diminta mengetikkan nama dan, taraaa kamu bisa mulai bertanya seputar layanan Telkomsel.

Catatan: 

Untuk mengawali percakapan dengan Asisten Virtual Telkomsel, ketik saja "halo" atau "hai". Nanti Veronika akan muncul dengan teks pertanyaan. 

Jika ingin mengalihkan topik permasalahan, kita bisa klik batal dan mengetikkan kata kunci yang lain. 

Fitur dan Fungsi yang Ada Pada Veronika

Setelah mengetahui cara mengakses asisten virtual Telkomsel ini, kita penasaran dong apa saja sih fungsi dan fitur yang terdapat pada Veronika ini? 

1. Menjawab Pertanyaan Secara Cepat

Jika kita tanya Veronika Asisten Virtual Telkomsel maka secara otomatis akan dijawab dengan cepat. Tidak perlu nunggu sampai telur menetas jadi ayam. Dan tersedia dalam 24 jam. 

Biasanya jika kita mengetik 'halo' atau 'hai' akan dijawab dengan promo yang sedang tersedia di bulan itu. 

2. Jelajah Produk Telkomsel

Di fitur ini kita bisa beralih ke produk Telkomsel yang lain seperti Simpati Combo, Kartu As Combo, Ilmupedia dan Halo Kick. 

Jika kita bingung memilih produk Telkomsel mana yang tepat, maka Veronika akan membantu untuk mencarikan produk yang pas. 

3. Informasi Tentang Nomor Telkomsel 

Di sini kita bisa mengetahui tagihan atau sisa pulsa, jumlah poin dan menghubungi customer care. 

4. Cek Sisa Pulsa 

Melalui Veronika kita tinggal mengetik kata kunci seperti cek pulsa, cek paket data, poin. Secara otomatis Veronika akan memberitahu kita berapa nominal pulsa/paket data/poin dan disertai masa aktifnya. 

Ada juga tawaran untuk pembelian pulsa atau paket data. Kita juga bisa bertanya berapa poin yang sudah dikumpulkan dan nanti Veronika akan menawarkan penukaran poin.

5. Fitur Informasi Umum

Fitur informasi umum ini terdiri dari:

- Nomor handphone pelanggan, nama pengguna yang terdaftar pada nomor Telkomsel
- Info menu layanan yang disediakan oleh Asisten Virtual Telkomsel 
- Info paket langganan yang sedang aktif digunakan pelanggan
- Info voucher, memberikan info pada pelanggan mengenai periode voucher yang sedang berlaku
- Informasi layanan Telkomsel seperti paket data, tagihan, pulsa, poin, promo, dll.
- Informasi tentang PUK, PIN T-Care

6. Fitur Quiz dan Humor

Baru gabut? Kamu bisa memanfaatkan fitur yang satu ini. Mulanya aku pun bingung kenapa Veronika suka jawab pertanyaan dengan pantun lucu. 

Lalu aku mencoba ketik quiz, dan Veronika memberikan soal yang bisa aku jawab. Jadi kita bisa menambah pengetahuan lewat kuis yang diberikan oleh asisten virtual dari Telkomsel ini. 

7. Bantuan Lain 

Selain informasi di atas kita juga bìsa mendapat bantuan seperti: 

- Informasi alamat GraPARI terdekat dan jam operasionalnya. Caranya dengan mengetik 'GraPARI terdekat' lalu gunakan fitur 'share lokasi'.
- Pemesanan nomor antrian GraPARI secara online
- Menghubungi GraPARI 
- Pembayaran Tagihan Pelanggan Pascabayar 
- Top up pulsa prabayar 
- Informasi T-cash pelanggan
- Informasi penukaran poin Telkomsel 
- Isi pulsa teman
- Riwayat pengisian pulsa

Cara Bertanya Pada Veronika

Bagaimana cara bertanya pada Asisten Virtual Telkomsel? Mungkin sebagian teman-teman penasaran, masa iya robot bisa melakukan semua tugas di atas? Gimana caranya?

Pertama kita bisa masuk ke aplikasi yang tadi sudah disebutkan (FB, WA, Telegram, Website, LINE dan Aplikasi My Telkomsel).

Jika menggunakan My Telkomsel tinggal buka Tanya Veronika. Ketikkan kata "halo" atau "hai" untuk memulai percakapan, kita akan dijawab dengan program promo. 

Selanjutnya kita bisa ketikkan kata kunci sesuai dengan kebutuhan, misal cek poin, sisa kuota dll.

Bila dirasa belum ketemu dengan solusi, maka kita bisa tulis "menu". Selanjutnya bisa diklik bagian yang diperlukan.

Syarat dan Ketentuan Menggunakan Asisten Virtual Telkomsel

Meski Veronika dirancang menjadi asisten virtual yang bisa membantu apa saja, tentu ada syarat dan ketentuan yang harus kita patuhi.

Dalam menggunakan layanan Asisten Virtual Telkomsel kita dilarang untuk:

1. Menggunakan bahasa yang tidak etis, porno, vulgar atau kasar dalam menggunakan layanan Veronika.

2. Merusak nama baik, mengancam, menghina, melecehkan orang lain atau sebuah organisasi lain. 

3. Melakukan spamming.

4. Mengeluarkan pernyataan yang dapat memicu konflik terhadap SARA.

5. Melakukan pelanggaran keamanan layanan Telkomsel.

6. Mengirim gambar, link, video, audio, dokumen yang termasuk dalam kategori pornografi

7. Mengirim media gambar, video, audio dan dokumen tanpa seizin pemilik hak intelektual yang bersangkutan.

8. Melakukan illegal akses ke Asisten Virtual Telkomsel.

9. Memberikan informasi palsu yang merugikan pihak lain.

10. Melakukan hal-hal yang bertentangan dengan nilai-nilai dan hukum yang berlaku di Indonesia. 

Aturan Terkait Kode Verifikasi (OTP) Saat Berkomunikasi di Asisten Virtual Telkomsel

Bagaimana jika kita salah memasukkan kode OTP yang diminta? Ini dia aturan dari Telkomsel yang mengatur hal tersebut: 

- Jika pelanggan salah memasukkan kode OTP sebanyak 3 kali, interaksi dengan Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 5 menit. 
- Jika pelanggan meminta kode OTP sebanyak 3 kali, maka interaksi dengan  Asisten Virtual Telkomsel akan terblokir selama 5 menit.
- Namun jika pelanggan salah masukin kode OTP sebanyak 9 kali, maka interaksi dengan bakal terblokir selama 1x24 jam. 

Pengalaman Menggunakan Layanan Veronika Telkomsel Melalui Aplikasi My Telkomsel

Layanan asisten virtual Telkomsel

Sebagai pengguna layanan Telkomsel, wajib banget punya aplikasi My Telkomsel. Di situ aku bisa membeli pulsa, beli paket data dan tahu berbagai macam promo. 

Kalo lupa sama masa aktif berlakunya paket data atau bingung mencari promo, aku bisa tanya sama asisten virtual Telkomsel. 

Kemudahan Membeli Paket Data Telkomsel 

Menurutku lebih praktis karena nggak seperti tanya sama customer service yang dipegang manusia. Pada fitur Veronika Telkomsel, aku tinggal ketik aja yang kubutuhkan, misal beli paket data. 

Langsung deh, Asisten Virtual Telkomsel menunjukkan promo apa yang sedang berlangsung. Aku tunjukkan screenshoot percakapan sama Veronika melalui aplikasi My Telkomsel ya (lihat gambar di atas)! 

Di sini aku langsung bisa memilih nominal pulsa yang aku inginkan. Selanjutnya ada pilihan bayar mau dengan sistem pembayaran apa, Akun Virtual, LinkAja atau pembayaran dengan dompet digital yang lain.

Pengisian pulsa dan pembelian paket data cukup dalam waktu yang singkat. 

GraPARI Online 

Saat aku butuh ganti kartu, juga mudah banget. Aku nggak usah bingung lagi mencari GraPARI mana yang buka selama corona. Tinggal Tanya Veronika, dan dia memberitahu GraPARI paling terdekat sekaligus bisa pesan nomor antrian. 

Nggak repot lagi deh pokoknya. Jadi layanan customer service ini serasa seperti GraPARI online yang buka 24 jam sehari, 7 hari dalam seminggu. 

Yuk, kita perangi corona dengan mendatangi Tanya Veronika Asisten Virtual Milik Telkomsel cukup di rumah aja. 


Referensi: 

-https://www.telkomsel.com/asisten-virtual-telkomsel

Sumber Gambar 
- Media sosial Twitter Telkomsel