Lokasi baru sate ratu

Hai, hai, hai... di bulan Februari yang ceria ini aku kembali menyambangi sebuah tempat kuliner yang baru tapi produk lama, wkwkw. Bisa ditebak kan, aku perginya ke mana? Apalagi kalo bukan Sate Ratu Bukan Sate Biasa, Kesukaan Turis Mancanegara dan Indonesia. Fyi, Sate Ratu ini sudah dikunjungi wisatawan dari 85 negara dan pemiliknya menyimpan berbagai testimoni mereka di dinding dan video. 

Sore itu, aku mengajak suamiku ke daerah Condong Catur dekat jalan Kaliurang. Cuaca agak sendu karena Jogja habis diguyur hujan yang lumayan deras. Sekitar setengah jam kami meluncur ke tempat Sate Ratu yang baru dari tempat tinggal kami. 

Sebelum postingan ini, aku sempat membahas buku yang ditulis oleh Pak Budi, pemilik usaha ini. Di sana Pak Budi menuturkan bahwa usahanya bakal pindah ke tempat yang baru. Nah, mulai tanggal 29 Januari 2021 kemarin, Sate Ratu sudah resmi pindah ke lokasi baru. Seperti apakah wujudnya? Yuk, simak ulasanku berikut ini! 

Lokasi Baru Sate Ratu 

Lokasi baru sate ratu

Di dalam buku Sate Ratu, kok bisa gitu? jika teman-teman sudah pernah membaca, pasti tahu bahwa Sate Ratu akan membuat keputusan yang selama ini sebenarnya dipertahankan. Yaitu tidak ingin berpindah lokasi usaha, karena satu dan lain hal . Namun kenyataannya tak semanis itu, Pak Budi harus rela memindahkan Sate Ratu yang sudah dirintis selama 5 tahun di Jogja Paradise. 

Pindah lokasi itu tidak mudah, aku sendiri pernah mengalaminya. Salut dengan kegigihan Pak Budi dalam mempertahankan bisnis. Tanpa persiapan yang cukup panjang, Pak Budi mencari lokasi baru dan akhirnya ditetapkan Sate Ratu akan menempati sebuah lahan yang cukup luas, seribu meter lebih.  

Masih dalam kota Jogja aja sih, tapi kalo dari kota sekitar 7 Km, lumayan jauh hu, hu. Namun nggak sejauh Jogja-Purwokerto hehe. 

Keputusan yang berat memang, mengingat pindah lokasi berarti harus mulai dari nol lagi setelah bertahun-tahun berada di satu lokasi  yang cukup strategis. Belum lagi jika pelanggannya kecelik (bahasa Indonesianya apa ya? 😆😆) datang ke lokasi lama. Promosi dan woro-woro melalui media sosial tetap dilakukan oleh Pak Budi secara rutin sembari membenahi problem yang muncul di tempat baru. 

Fasilitas di Sate Ratu 

Tempat duduk outdoor

Sebagai blogger yang sering diundang oleh Pak Budi, aku cukup bahagia melihat tempat baru Sate Ratu. Jika di Jogja Paradise, kami cukup kesulitan parkir karena harus berbagi dengan tamu di merchant yang lain. Kini kami secara eksklusif menempati lahan parkir yang dikhususkan untuk pengunjung Sate Ratu. 

Dari segi keamanan kami pun merasa lebih aman karena terbantu oleh tukang parkir yang sigap membantu kami. Bahkan kemarin jok motor kami yang basah karena kehujanan dilap dulu oleh mas tukang parkir, sehingga celana kami tidak kebasahan. 

Bagaimana tempat makan? Ow, jangan khawatir. Pak Budi sudah menyiapkan ruang makan yang nyaman. Mau duduk dekat parkiran, bisa. Duduk di tengah yang lebih lega dan nuansa musiknya terasa, bisa! Atau mau duduk di taman yang indah dan bisa menikmati langit terbuka, bisa! 

Jangan khawatir juga dengan kesehatan tukang bakar Sate Ratu. Karena kini mereka memiliki area bakar yang jauh lebih terbuka sehingga udara bisa berganti dengan bebas. Beda sekali dengan area bakar yang tertutup rapat di Jogja Paradise. 

Bagi pelanggan juga nggak perlu khawatir akan kena asap sate karena areanya cukup  jauh di belakang dan dibuat agar asap sate tidak mendatangi pengunjung, cukup satenya saja 😁. Jadi buat para cewek yang datang wangi, pulang tetap wangi juga, nggak ketambahan parfum sate, hehe. 

Bagi pengunjung yang baru datang, cukup duduk saja memilih tempat dan karyawan akan datang mencatat menu yang ingin dipesan. Jangan khawatir menunggu pesanan yang lama, karena ada 31 orang karyawan yang dikerahkan untuk melayani tamu-tamu Sate Ratu. 

Dominan Warna Putih

Testimoni sate ratu

Nuansa warna nya, nggak jauh beda dengan tempat lama Sate Ratu yaitu lebih menonjol warna putih. Saat di tanya kenapa memilih warna putih? Pak Budi menjawab agar lebih sejuk saja dan serasi dengan warna hijau dari rerumputan dan daun-daunan. 

Saya setuju dengan Pak Budi, warna putih itu sederhana dan mudah terlihat jika ada sesuatu yang nempel di dinding. Jika di lokasi lama, kita akan menemukan ratusan testimoni dari turis mancanegara, maka di lokasi baru, tulisan tersebut dimodifikasi menjadi potongan-potongan yang dibingkai. 

Sayangnya, ada beberapa tulisan testimoni tersebut yang robek ketika diambil, sehingga tidak semua bisa dibawa ke lokasi baru. 

Di masa pandemi seperti ini, Pak Budi mengaku tidak mendapat kunjungan lagi dari turis asing. Hanya satu saja yang dari Nepal, itu pun karena dia tidak bisa kembali ke negaranya dan terpaksa tinggal di Indonesia. Namun, beliau sudah menyiapkan untuk lembar testimoni jika suatu hari kedatangan turis asing lagi. 

Menu Utama Sate Ratu 

Sate merah

Menu yang ada di Sate Ratu tidak ada yang berubah. Kita bisa menikmati Sate Merah yakni sate ayam tanpa bumbu kacang namun kaya akan cita rasa karena sudah dimarinasi dengan bumbu-bumbu rahasia sebelum dibakar. Potongan ayamnya besar-besar, satu porsi berisi 6 tusuk dimakan dengan nasi dan kuah kaldu bikin tambah nikmat. Rasa Sate Merah ini pedas, manis dan gurih. Dagingnya empuk dan juicy. 

Saranku, Sate Merah ini lebih enak disantap saat baru matang. Jangan dibawa pulang karena kenikmatannya akan berkurang. Entah kenapa dagingnya tidak kembali empuk ketika dipanaskan. Pak Budi juga menyarankan demikian, Sate Ratu enaknya makan di tempat bukan dibawa pulang. 

Untuk anak-anak, disediakan Sate Kanak, menu yang menjadi Juara Nasional Unilever Ngulik Rasa 2029. Sate Kanak ini tidak terlalu pedas, sehingga cocok untuk anak-anak yang belum bisa makan pedas. 

Ada juga Sate Lilit Basah yang segar dengan irisan mentimun dan bawang goreng. Untuk pecinta pedas ekstra, bisa mencicipi menu Ceker Tugel yang mantap membahana, pecah di mulut. 

Semua bisa kita nikmati dengan harga yang bersahabat. Uniknya semua kelipatan 5k. Mulai dari nasi, minuman, dan menu-menu utamanya. Paling tinggi harga 25k. Jika makan berdua kira-kira habis 100k, itu pun sudah kenyang banget, suer hehe!  

Ayo buat kamu yang belum mencicipi kelezatan menu-menu Sate Ratu, wajib banget nyobain kulineran kelas premium di Jogja ini. Di tahun 2020 kemarin, Sate Ratu juga menerima penghargaan Traveller's Choice Award dari Trip Advisor. 

Denah Lokasi 

Jika menggunakan Google Maps kita bisa mengetik pencarian The Next Sate Ratu yang berlokasi di Jl. Sidomukti, Tiyosan, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Restoran buka mulai dari pukul 11 siang hingga 9 malam. 



9 Comments

  1. Tempatnya enak ya. Dan rasa sate merahnya itu lho, mak nyuuss...,😊

    ReplyDelete
  2. Sate merahnya Sate Ratu memang juara banget rasanya ya, kak. Nagih banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul Kak. Makasih ya udah diajakin ke sini :))

      Delete
  3. Tempatnya seperti bukan tempat makan sate.
    Kayaknua harus coba nih kalau main ke jogja 🤤

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha karena biasanya warung sate selalu kelihatan kotor dan banyak asap ya. Di sini enggak loh, kita bisa tetap wangi sepulang dari makan sate :))

      Delete
  4. Kuliner wajib dijajal jika suatu saat nanti bisa ke Yogya. Penasaran banget dengan rasa sate merah. Di Bandung dan Garut kayaknya belum ada waktu saya jajan sate.

    Sate Ratu memang inovatif. Menggoda banget. Aih. Salut pada Pak Budi. Saya selalu kagum pada orang-orang yang berani mencoba inovasi baru.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekali mba Rohyati, ini wajib banget dicoba kalo pas main ke Jogja :))

      Delete
  5. Bertahun-tahun pernah tinggal di Jogja dan membaca tulisan ini membuat saya bertanya-tanya. Kenapaaaa sayaaaa gak gauuuul. Kenapa belum nyobain sate ini. Apalagi sebelum pandemi tuh ya, setahun bisa tiga kali mudik ke Jogja. Duh, semoga bisa mudik dan nyobain sate ini. Ini daerah mana ya, Mbak Yustrini? Concat ya?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.