Manfaat mengikuti lomba blog

Manfaat ikut lomba blog itu cukup banyak lho, Sobat! Meski aku jarang menang tapi ada beberapa hal yang bisa kuambil hikmahnya dengan ikut kompetisi. 

Apa aja? 

Mari simak tulisan berikut...

Alasan Ikut Lomba Meski Jarang Menang 

Di awal lahirnya blog catatanyustrini.com, aku sering mengikuti lomba meski jarang menang. Tapi ada banyak manfaat yang bisa kuambil dari mengikuti kompetisi menulis blog atau event sejenis. 

Bagiku ngeblog itu masih sesuatu yang baru, aku bisa kenal komunitas blogger perempuan juga akibat ikut challenge ODOP 30 hari. Tahu ada komunitas blogger juga dari kontes blog. 

Dan di awal, hasilnya nggak buruk juga sih. Aku bersyukur masih bisa menempati juara 3 dan yang paling sering meraih peserta pengirim tercepat. Hadiah hiburan yang aku dapat lumayan juga, mulai voucher pulsa, bonus menginap hingga uang tunai. Lumayan bisa untuk hiburan (namanya juga hadiah hiburan 😆).

Mengikuti lomba blog juga membuatku mengetahui ada istilah SEO, backlink, internal link dan menambah pertemanan. 


Manfaat Ikut Lomba Walau Tidak Menang 

Siapa sih yang nggak berharap untuk memenangi lomba? Aku yakin siapa saja yang ikut lomba pasti harapannya bisa menang. Betul, nggak? 

Aku juga demikian. Namun kenyataannya dari puluhan lomba yang kuikuti, seringnya aku nggak menang alias zonk. Tapi..aku belum kapok dan masih pengen mencoba lagi karena ada manfaat berikut ini: 

1. Mendapat Ide Baru untuk Menulis Artikel

Ide sering buntu ketika mau membuat artikel di blog? Berasa nggak ada ide pertama yang mengalir? Ikut lomba blog aja! 

Biasanya penyelenggara akan memberikan tema atau topik, jadi kita nggak bingung lagi untuk nulis. Tinggal gali dan kaitkan dengan pengalaman pribadi. 

Blog pun terisi konten dengan ide yang segar. Ada banyak lomba blog di bulan Februari ini yang bisa kamu ikuti lho! Siapa tahu nama kamu keluar jadi pemenang. 

2. Menambah Pageview Blog

Manfaat yang kurasakan ketika mengikuti lomba adalah menambah page view dan traffik pengunjung blog. 

Biasanya sesama peserta akan saling berkunjung dan berkomentar. Belum lagi jika para juri akan menilai, mereka pasti akan berkunjung untuk membaca tulisan yang dilombakan.

3. Mendapatkan Backlink

Yang mendapatkan backlink biasanya pemenang tapi ada juga penyelenggara yang mau menampilkan semua url blog para peserta. Aku sendiri pernah beberapa kali mendapat backlink dari website penyelenggara meski tidak menang. 

Lumayan kan kalo dapat backlink dari website penyelenggara yang biasanya memiliki DA besar. Oleh karena itu, nggak heran kalo blog yang sering memenangkan lomba blog memiliki DA tinggi meski tidak berusaha tanam-tanam. 

4. Menjalin Silaturahmi Antar Blogger

Sebelum mengikuti blog competition, aku nggak kenal blogger mana pun. Dengan ikut beberapa lomba, aku jadi kenal dengan blogger meski hanya lewat kolom komentar. 

Aku juga jadi tahu banyak blogger keren yang langganan jadi juara. Dari blog mereka aku juga banyak belajar, menulis artikel yang lebih baik. 

5. Menghasilkan Artikel yang Lebih Berisi

Namanya aja lomba, tentu kita akan mengeluarkan kemampuan semaksimal mungkin agar keluar jadi pemenang. 

Aku juga demikian, berusaha menulis semaksimal mungkin. Mencari informasi tentang tema sebanyak-banyaknya. Bikin foto artikel yang terbaik. Mengoptimasi SEO dan berusaha bikin artikel yang berkualitas. Jadi postingan di blog ini nggak cuma berisi artikel suka-suka atau curhatan nggak jelas, hehe.

6. Mengasah Mental 

Mengikuti lomba otomatis bikin adrenalin meningkat, terutama kalo ikut kontes SEO wkwkwk. Bikin jantungan terus 🤣🤣🤣.

Belum lagi perasaan panik kalo mencari artikel kita mendadak hilang dari google pencarian, hadech! 

Yes, lomba blog merupakan ajang untuk mengasah mental pemenang kita. Biasa berkompetisi membuat jadi lebih kuat secara mental. Jika kalah kita juga harus belajar menerima dengan lapang dada.

7. Belajar Optimasi Blog

Menulis artikel blog untuk kompetisi, harus mengikuti syarat dan ketentuan. Misal harus bisa keindex google, membagikan ke media sosial, panjang minimal artikel, membuat eksternal link, dll. 

Aku masih ingat dulu, pertama ikut lomba blog adalah jenis kontes SEO. Kala itu, aku nggak tahu apa SEO? Namun mencoba aku mencoba aja. Dengan artikel dan tampilan blog seadanya. 

Blogku juga masih gratisan. Tapiii, pageviewnya lumayan loh, walau nggak berada di page one. Saat itu aku nggak optimasi seperti yang dikerjakan ahli SEO, hanya asal bikin artikel dan diberi keywords atau nggak memenuhi syarat.

Tahun ini aku kembali mengikuti kontes SEO Veronika, tujuannya untuk mengasah kemampuan. Pengen menang? Jelaslah! 

Namun yang terpenting aku pengen belajar memahami mbah Google yang suka pilih-pilih artikel untuk ditampilin di page one. Aku juga suka heran melihat artikel yang bisa mendapat pageview banyak, meski nggak dioptimasi. 

Giliran artikel buat promosi, udah dioptimasi, nulis dengan SEO, didaftarin blogwalking masih aja pageviewnya dikit, huhu... 

Nah, begitulah manfaat mengikuti lomba blog buat aku meski jarang menang. 

Terima kasih sudah membaca :)) 


1 Comments

  1. Banyak juga manfaatnya ya kak. Pengen ikut lomba juga tapi masih belum PD karena baru belajar nulis. hehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.