platform belajar online Indonesia

Hai, Sobat Catatan Yustrini masa pandemi memang belum berakhir ya, namun kita bisa menggunakan waktu di rumah dengan mengikuti kursus online gratis. Ada banyak platform belajar online Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan sekaligus mengasah keterampilan. Sebagai blogger dan seorang istri, aku ingin selalu bisa mengembangkan kemampuan diri. Baik itu kemampuan menulis, berbahasa, menggunakan aplikasi, belajar personal branding dan masih banyak lagi. Harapannya tentu agar aku selalu bisa berjalan mengikuti perkembangan zaman. 

Meningkatkan Kemampuan Diri dengan Kursus Online Gratis

Pepatah mengatakan, kejarlah ilmu sampai ke negeri Cina, namun di zaman serba digital pepatah itu sepertinya sudah tidak berlaku lagi. Kenyataannya, kini kita bisa mengejar ilmu dari rumah melalui platform belajar online Indonesia baik berbayar atau yang gratis. Bedanya dulu dan sekarang adalah kita bisa kursus kapan saja dan di mana saja. Kita tidak harus datang ke tempat kursus di jam-jam tertentu dan bisa menghemat waktu dan tenaga. 

Asalkan ada kuota internet ditambah modal smartphone, kita sudah bisa mempelajari ilmu baru yang pasti bakal meningkatkan kualitas diri kita. Tak peduli latar belakang kita apa, jadi seorang profesional, wirausaha, karyawan, ibu rumah tangga atau blogger, semua butuh menambah wawasan dan keterampilan terutama dalam menghadapi persaingan global. 

Dunia teknologi yang berkembang pesat juga membuat kita harus bisa bergerak cepat untuk menyesuaikan diri. Karena biar dikata orang sudah sukses, kalo nggak mau mengikuti perkembangan zaman pasti lama-lama akan tertinggal. 

Sebagai seorang blogger, aku juga harus selalu belajar sesuatu yang baru terutama saat trend teknologi seperti ini. Meski masih banyak hal-hal yang belum kupahami sampai sekarang, aku berupaya untuk mengupgrade informasi dengan banyak membaca, mencoba aplikasi baru dan ikut kursus gratis online. 

Pentingnya Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri Bagi Seorang Blogger

Perencanaan karir dibutuhkan oleh semua orang, bukan hanya bagi seorang pekerja saja, seorang profesional juga perlu membuat perencanaan agar bisa meraih keberhasilan di bidangnya. Seorang blogger harus bisa membaca situasi apakah blognya bisa terus bertahan atau tidak. Apakah dia harus merambah menjadi Youtuber atau bekerja lainnya. Oleh karena itu, penting baginya untuk menyiapkan perencanaan dan menentukan langkah apa saja yang harus diambil. Haruskah memperpanjang umur domainnya, menambah jumlah blog agar bisa menambah penghasilan tiap bulannya serta bagaimana cara agar dapat mengembangkan kemampuan diri. 

Pengembangan diri bagi blogger juga sangat penting karena ternyata ngeblog itu nggak cuma sekedar ketak-ketik aja, tapi ada hal-hal yang harus dioptimasi dan cara membuat blognya dikenal orang. Munngkin seorang blogger juga perlu mengasah skill di bidang digital marketing, financial, IT, bahasa Inggris dan keterampilan lain yang menunjang pekerjaannya. 

Langkah mudah untuk merencanakan karir bisa dimulai dengan membuat visi, kenali kelemahan dan kekuatan pada diri, mengulas kembali pencapaian masa lalu, meningkatkan dan mengasah keterampilan yang sudah dimiliki, kenali passion, membaca trend dan peluang di masa depan, jalankan karir yang sudah ada dengan disiplin, lakukan evaluasi bulanan, dan menambah keterampilan baru. 

Investasi Murah Lewat Belajar Online Gratis


aplikasi belajar online


Dalam sebuah tayangan program televisi hari Minggu kemarin, Nia Ramadhani mengatakan kalo ada duit, mending investasi pendidikan aja. Karena ilmu yang didapat pasti akan berguna di masa depan dan bisa meningkatkan taraf hidup kita jadi lebih baik. Hmm, setuju ya? 

Manfaat pendidikan memang nggak langsung bisa dirasakan sekarang tapi pasti bisa membantu untuk menambah penghasilan di masa mendatang. Aku setuju banget sama pendapat yang satu ini. Pendidikan memang harusnya jadi nomor satu buat bekal masa depan. 

Beruntung di masa pandemi seperti saat ini, ada banyak aplikasi belajar online yang bisa menambah ketrampilan. Ada banyak pilihan kursus yang bisa kita ambil sesuai kebutuhan, terutama untuk perencanaan karir dan pengembangan diri agar menjadi pribadi yang lebih sukses. Salah satu situs belajar online gratis yang terbaik di Indonesia adalah QuBisa. 

Tentang QuBisa, Aku Bisa Kamu Bisa

QuBisa merupakan salah satu platform belajar online terbesar di Indonesia yang bertujuan meningkatkan ketrampilan diri & digital untuk para mahasiswa, profesional dan masyarakat umum.

Dengan tagline Aku Bisa Kamu Bisa, QuBisa memiliki misi untuk menyiapkan lulusan baru dan profesional muda agar menjadi lebih kompeten  dan kompetitif dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Meningkatkan akses Pendidikan dan Pelatihan yang berkualitas untuk semua orang di mana saja, kapan saja, serta membimbing lulusan baru untuk menemukan jalur mereka. 

Pengalaman Kursus Online Gratis Personal Branding di QuBisa 

kursus online gratis personal branding

Kenapa Belajar Personal Branding?

Blogger juga butuh yang namanya personal branding. Fungsinya agar blog mudah dikenali secara spesifik dan memudahkan orang membedakan blog kita dengan yang lainnya. Alasan lain aku belajar personal branding karena ada jutaan website yang sedang beredar di dunia maya saat ini. Dan aku perlu mempelajari bagaimana cara mempromosikan diri dengan lebih baik. 

Lalu bagaimana proses belajarnya? 

Pertama Daftar Akun QuBisa 

Untuk mendaftar akun di platform kursus online ini cukup mudah. Kita tinggal masukkan nama lengkap (pastikan sesuai KTP karena nantinya akan tercantum pada sertifikat), alamat email, username, kata sandi dan nomor handphone. Pendaftarannya gratis 100%. 

Setelah itu, kita diminta verifikasi alamat email dan login kembali. Taraaa! Kita sudah jadi member QuBisa. 

Pilih Kursus yang Diminati

Untuk awal aku pilih Belajar Kilat dengan Judul Scale Up Personal Branding and Millenials Trend. Ada 10 video dengan durasi antara 1 hingga 5 menit. Cukup mudah untuk diikuti bisa diulang-ulang sesuai kebutuhan. 

Di kursus ini, aku belajar tentang pengertian pesonal branding, langkah simple untuk membangun citra diri dan berbagai strategi untuk membangun citra diri yang positif. 

Mengambil Kursus Personal Branding (Pencitraan Pribadi) 

Kursus online gratis Personal Branding terdiri dari 2 pelajaran dengan durasi 32 menit, 43 detik. Materinya 1 berupa PDF dan 1 video pelajaran. Instruktur aku adalah Bayu Setiaji. 

Namun kedua materi tersebut tidak langsung terbuka sebelum materi pertama dipelajari lebih dulu. Setelah keduanya selesai maka kita bisa memberikan ulasan dan penilaian tentang kursus tadi. 

Bagaimana Cara Mengulang Materi Kursus yang Pernah Diikuti? 

Semua kursus yang pernah kita ikuti akan tersimpan pada fitur Kursus Qu. Dengan begitu, kita akan mudah jika ingin mengaksesnya kembali.

Kelebihan dan Benefit yang Bisa Didapat dari Platform Kursus Online QuBisa

platform belajar online QuBisa

Setelah mengikuti salah satu kursus online gratis Personal Branding, ikut webinar gratis Indonesia dan menonton beberapa video pembelajaran. Secara  pribadi aku merasakan ada banyak kelebihan dan manfaat yang bisa diperoleh dari Qubisa. 

Memang aku baru kenalan sama platform yang satu ini, tapi sudah bisa merasakan efek positifnya. Kelebihan QuBisa aku rangkum sebagai berikut: 

1. Bisa Belajar Kapan Saja dan Di Mana Saja 

Beda banget masa sekarang dengan zaman dulu di mana kalo mau ikut kursus harus pergi ke tempat kursusan. Akan sangat merepotkan dan menyita waktu jika kita udah kerja atau jadi ibu rumah tangga. Belum lagi jadwal kursus yang kurang fleksibel dengan jadwal kerja. 

Nah, di QuBisa kita bisa belajar secara online cukup dari rumah, kantor atau di mana saja. Waktunya juga bisa disesuaikan dengan jadwal kita pribadi. Asyiknya lagi kita bisa kembali mengulang-ulang materi di mana saja dan kapan saja. 

2. Bisa Ikut Webinar Gratis 

Sebagai platform belajar online, QuBisa tidak saja menyediakan kursus tetapi webinar gratis Indonesia yang bisa diikuti oleh siapa saja. QuBisa akan menyediakan sertifikat bukti bahwa kita telah mengikuti webinar. 

Adapun jadwal webinar gratis yang diadakan selama bulan Februari adalah 

- Rabu, 24 Februari 2021 Pukul 16.00 WIB 
Memahami Perjanjian Kerja dalam Perspektif UU Cipta Kerja
Pembicara: Budi Suzaldi

- Kamis, 25 Februari 2021 Pukul 19.30 WIB
Asyiknya Studi di Luar Negeri (Cerita Anak Band Mengejar Master) 
Pembicara: Adhitya Budi Laksana, Harfizan Arnas

- Jumat, 26 Februari 2021 Pukul 16.00 WIB 
Do The Right Things In The Right Way 
Pembicara: Rocky Pradetyojati

- Jumat, 26 Februari 2021 Pukul 19.30 WIB 
(Long Distance Relationship) atau (Long Distance Rel......ship)?
Pembicara: Ratih Dwi Aryani

Ada juga jadwal Webinar Indonesia yang bisa kita ikuti baik secara gratis maupun berbayar di QuBisa. Kita tinggal daftar dan mengikuti webinar sesuai jadwal. Siapkan catatan dan juga jaringan internet yang stabil agar dapat menyimak webinar dengan lancar. 

3. Kategori Kursus yang Lengkap

Memang kita bisa kursus apa di QuBisa? Pengen belajar Public Speaking atau Bahasa Inggris ada nggak? 

Jangan khawatir, QuBisa menyediakan lebih 500 materi kursus terbaik yang bisa kita ikuti dan bisa dipilih dengan mudah sesuai kategori yang diinginkan. 

belajar online gratis


Saat ini ada 9 Kategori Kursus dalam QuBisa: 

1. Business

Pada kategori bisnis, pengguna bisa belajar semua hal yang berkaitan dengan dunia bisnis dan dibagi menjadi beberapa subkategori, All Business, Communications, Entrepreneurship, Finance, Home Business, Industry, Management, Media, Strategy. 

2. Finance

Kategori Finance dibagi kembali menjadi 4 subkategori: All Finance & Accounting, Finance, Investing & Trading dan Money Management Tools. 

3. Human Resource 

Kategori ini dibagi jadi 5 subkategori: All Human Resource, HR Management, HR Transformation, Organization Development dan Recruitment & Selection. 

4. IT & Software 

Ada 2 subkategori yaitu All IT & Software dan Operating System. Meski terdengar seram ada juga materi khusus untuk pemula yang ingin belajar IT seperti aku. 

5. IT Development 

Untuk kategori ini dibagi jadi 5 subkategori, All IT Development, Machine Developmeny, Mobile Development, Programming Languages dan Web Development. 

6. Lifestyle & Health 

Selain kategori di atas ada juga kursus yang dikategorikan dalam Lifestyle & Health. Ada 8 subkategori yaitu All Lifestyle & Health, Beauty & Makeup, Food & Beverage, Gaming, General Health, Music, Sport dan Travel. 

7. Personal Development 

Ada 8 subkategori didalamnya, All Personal Development, Career Development, Creativity, Leadership, Motivation, Personal Brand Building, Psychology dan Stress Management. 

8. Sales & Marketing 

Kursus Sales & Marketing dibagi jadi 4 subkategori, All Sales & Marketing, Digital Marketing, Product Marketing dan Social Media Marketing. 

9. Teaching & Academics 

Ada 4 subkategori, All Teaching & Academics, Geography, History dan Language. 

4. Belajar Kilat Menggunakan Kumpulan Microlearning 

Ingin menambah atau mengasah skill tapi merasa tak punya cukup banyak waktu untuk mengikuti kursus? 

Di QuBisa, kita dapat belajar secara kilat dengan menggunakan microlearning. Dalam 1 materi belajar kilat ini ada beberapa video microleaning dengan durasi yang cukup singkat, yakni hanya 2-5 menit saja. Sehingga bisa pilih dan tonton video sesuai minat kita, kapan saja dan di mana saja. 

5. Fitur YMSC Program untuk Cek Kompetensi

Pada platform kursus online ini, kita bisa mencari tahu kelemahan dan kelebihan diri kita melalui fitur Young Millenials Succes Competencies (YMSC). Kita hanya diminta menjawab 24 pertanyaan secara jujur dan nanti akan keluar hasil di manakah letak kekuatan diri dan kompetensi mana yang perlu ditingkatkan.

Dari hasil tes itu, kita akan mengetahui kompetensi apa saja yang perlu ditingkatkan untuk pengembangan karier. QuBisa juga akan memberikan saran kursus apa saja yang perlu diambil untuk meningkatkan kompetensi.

6. Akses Seumur Hidup 

Cukup mendaftar secara gratis alias tidak dipungut biaya, kita sudah bisa mengikuti kursus gratis online, webinar gratis online, di situs web dan aplikasi belajar online QuBisa. 

7. Tersedia Paket Kursus yang Lebih Praktis

Selain bisa belajar online gratis melalui video, webinar Indonesia, QuBisa menyediakan Paket Kursus. Kelebihannya kita bisa belajar lebih mudah secara bertahap, lebih hemat karena akan mendapat potongan harga dan belajar sesuai kebutuhan dengan materi yang lengkap. 

8. Materi Berkualitas dan Bersertifikat

Ada lebih dari 100 instruktur/pengajar, 100 lebih webinar Indonesia berkualitas, dan 500 lebih kursus terbaik yang disediakan oleh platform kursus online ini. Akses yang tanpa batas ke seluruh kursus QuBisa, puluhan subkategori, webinar gratis, acara spesial di hari tertentu, dan keanggotaan gratis. 

Setelah berhasil menyelesaikan satu materi kursus, kita akan mendapat sertifikat yang tentu berguna untuk menambah nilai ketika akan mendapatkan peluang kerja atau bekerja sama dengan klien.

Kesimpulan:

Bagi siapa saja yang ingin menambah wawasan, keterampilan dan mengasah skill, QuBisa merupakan wadah yang tepat. Banyak fasilitas yang tersedia dan penyampaian materinya yang sederhana sehingga mudah dimengerti. Siapkan saja gadget terbaik dengan sinyal internet yang kuat sehingga bisa menikmati video pembelajaran platform kursus online QuBisa dari situs maupun aplikasi. Kita juga bisa mengunduh aplikasi belajar online ini di Google Play Store dan Apps Store. 


0 Comments