cara menstabilkan jaringan internet

Hidup di masa pandemi seperti ini memang butuh koneksi internet yang mumpuni. Tapi kadang jaringan tiba-tiba melambat jadi bikin kesal deh! Mau ngapa-ngapain jadi terhambat, karena internetnya lemot. 

Namun, kamu jangan khawatir sebab ada beberapa cara yang bisa dipakai untuk mempercepat jaringan internet di hp, laptop dan wi-fi. Mudah dan nggak ribet kok!

Tips untuk Membuat Jaringan Internet Stabil

Sebenarnya ada beberapa faktor penyebab yang membuat koneksi internetmu jadi melambat. Mari simak tips berikut biar koneksi internetnya nggak lemot lagi!

1. Cek Pengaturan Jaringan

Internetmu mendadak jadi loading terus? Coba deh, cek pengaturan jaringanmu! Bisa jadi kamu sedang berada di area yang tidak mendukung jaringan yang sedang kamu pakai.

Tenang, kita bisa mengakalinya dengan mengubah pengaturan jaringan mobile/hp melalui menu pengaturan dan setting jaringan mobile. 

Sebaiknya ubah jaringan terpilih ke 4G LTE jika areamu sudah tersedia sinyal 4G. Namun bila belum, lebih baik pilih opsi HSDPA/3G only untuk memperoleh sinyal yang lebih stabil. 

2. Hapuslah Widget dan Aplikasi Tidak Terpakai

Tahukah kamu jika data internet yang dipakai pada smartphone kita nggak hanya tersedot saat kita membuka aplikasi aja, loh! Data internet ternyata tetap berjalan di latar belakang walau smartphone kamu sedang tidak dipakai. Terutama jika kamu suka download aplikasi. Apa aja didownload hehe. 

Biarpun tidak dipakai, aplikasi-aplikasi itu tetap berjalan di latar belakang. Hal ini yang bikin koneksi internetmu jadi lambat. Dan bandwith yang dipakai jadi harus berbagi deh! 

Nah, jika kamu merasa terlalu banyak aplikasi yang ada di smartphone milikmu, sebaiknya dihapus saja. Terutama untuk aplikasi dan widget yang jarang atau bahkan tidak pernah dipakai lagi. Selain bisa mempercepat koneksi internet, hapus aplikasi dan widget juga bisa menghemat data. Jadi irit kuota deh!

3. Jangan Buka Tabs Terlalu Banyak

Buka tabs banyak dalam satu waktu, wah, aku sering banget tuh, apalagi kalo ada blogwalking. Maunya buka tab baru tanpa menutup halaman sebelumnya. 

Nah, jika kamu sering melakukannya, ada baiknya sekarang mulai ubah sedikit kebiasaan itu. Tidak membuka banyak tabs adalah cara yang cukup ampuh untuk membuat jaringan internet stabil dan anti buffering.

4. Update Selalu Anti Virus Pada Perangkat 

Tips selanjutnya yang bisa kamu coba untuk mempercepat koneksi jaringan adalah selalu update anti virus yang terpasang pada PC atau laptop kamu. Salah satu penyebab mengapa PC atau komputer menjadi lelet juga dikarenakan adanya serangan virus. Pastikan kamu selalu update antivirus yang kamu pakai. Jadi internet cepat, perangkatmu juga bisa bekerja dengan lancar. 

Dari sekian tips yang sudah disebutkan di atas, jika kamu tidak menggunakan jaringan internet stabil tentu akan terasa percuma bukan? Terutama pada saat pandemi dan WFH (Work From Home) seperti saat ini, kebutuhan internet jauh lebih meningkat dibandingkan biasanya. 

Yuk, dapatkan promo spesial IndiHome paket guru dan dosen untuk para pendidik yang membutuhkan paket internet untuk mengajar.



0 Comments