Cara mengatasi masuk angin tanpa obat

Hai Sobat Catatan Yustrini, apakah kamu pernah mengalami masuk angin? Kalo aku akhir-akhir ini sering sekali mengalaminya. Terutama saat cuaca hujan dan udara menjadi sangat dingin.

Masuk angin sebenarnya nggak ada ya dalam istilah medis, biasanya di dalam dunia kedokteran akan disebut cold atau flu ringan untuk menunjuk keadaan deman atau sedang tidak enak badan. Kondisi masuk angin ini terjadi ketika udara dingin mengenai tubuh sehingga menyebabkan pembuluh darah yang ada pada kulit menciut. 

Kondisi ini biasanya disertai dengan beberapa gejala seperti perut kembung, rasa mual sampai terkadang muntah dan juga pusing. Meski hal ini bisa dikatakan sebagai masalah kesehatan yang ringan, namun ternyata dampaknya juga kurang menyenangkan, karena bisa sangat menganggu aktivitas jika tidak segera diatasi.

Cara Mengatasi Masuk Angin

Mengatasi masuk angin

Cara untuk mengatasi masuk angin sebenarnya sangatlah banyak, namun beberapa orang memilih jalan pintas yaitu dengan konsumsi obat-obatan yang banyak dijual di pasaran. Padahal sebenarnya untuk mengatasi kondisi yang satu ini tidak perlu dengan menggunakan obat-obatan. 

Ada banyak cara alami yang terbukti cukup efektif dalam mengatasi masuk angin. Apalagi bagi aku yang pada dasarnya tidak suka mengonsumsi obat-obatan, maka cara yang satu ini bisa dijadikan sebagai pilihan, yaitu:

1. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Cara pertama dalam mengatasi masuk angin yang dapat dilakukan adalah dengan banyak minum air putih. Seperti yang sudah kita ketahui bahwa air putih sendiri memang memberikan begitu banyak manfaat bagi tubuh

Air putih berfungsi membantu dalam mengontrol suhu tubuh agar tetap normal. Jadi ketika tubuh terasa kurang nyaman, maka cobalah memperbanyak konsumsi air putih, hal ini juga dapat digunakan untuk cegah dehidrasi.

2. Istirahat yang Cukup

Pastikan juga agar kita mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Karena semakin diforsir tenaganya maka akan semakin memperburuk kondisi masuk angin. Cukupi kebutuhan tidur minimal 7 jam setiap harinya. Karena kondisi tubuh akan semakin drop, dimana sistem kekebalan menjadi lebih lemah ketika kekurangan jam tidur.

3. Mengonsumsi Makanan Bergizi

Nutrisi yang kamu konsumsi sangat berperan penting dalam meningkatkan sistem imuns tubuh. Membantu dalam melawan infeksi bakteri maupun virus yang nantinya menyerang. Kamu tidak boleh melewatkan sayur dan juga buah ketika kondisi tubuh tidak begitu fit, karena makanan ini memang kaya akan vitamin dan juga mineral penting untuk kesehatan.

4. Jaga Kebersihan Makanan

Saat kondisi tubuh sedang tidak begitu fit, kemudian lalai dalam menjaga kebersihan makanan, tentu dampaknya akan sangat fatal. Karena bisa menyebabkan kita jadi mudah terserang penyakit lain yang lebih berbahaya. Sebut saja misalnya diare sampai dengan tipes. Pastikan pembuatannya higienis, begitu juga cara penyajian makanan tersebut.

5. Jaga Pikiran Agar Tetap Positif

Berpikir positif penting untuk dilakukan sehingga nantinya dapat memberikan efek yang bagus dalam penyembuhan penyakit. Karena bagaimanapun penyakit juga bisa berasal dari pikiran. 

Ketika pikiran selalu negatif atau stress maka hal ini akan memicu terjadinya perubahan secara fisiologis pada tubuh, hal tersebut juga akan melemahkan sistem imuns.

6. Menggunakan Ramuan Herbal

Kita juga bisa mengandalkan beberapa jenis ramuan herbal yang nyatanya berkhasiat di dalam meredakan gejala-gejala masuk angin. 

Salah satunya adalah jahe merah yang sangat bagus untuk kesehatan. Jahe merah mampu untuk menghangatkan badan dan juga meredakan perut kembung. 

Kita bisa membuatnya sendiri dengan cara diseduh, namun jika ingin yang lebih praktis sekarang ini sudah ada, yaitu dari Herbana. Tak hanya bagus dalam mengobati masuk angin saja, melainkan juga beberapa gangguan kesehatan yang lainnya.

Masuk angin semacam ini memang paling banyak menyerang di saat musim hujan. Namun jangan khawatir kita bisa mencoba berbagai cara mengatasi masuk angin seperti di atas. Tetap sehat dan semangat ya! 



0 Comments