Mencintai diri sendiri

Mencintai Diri Sendiri

Ada banyak orang yang sebenarnya bermasalah dengan mencintai diri sendiri namun mereka enggan mengakuinya. Mereka merasa bahwa mengasihi diri sendiri lebih ke sikap yang keliru, dan takut jika dibilang egois. 

Akibatnya kita justru menjadi orang yang insecure, sering merasa bersalah dan membandingkan diri dengan orang lain. Insecure adalah perasaan tidak nyaman dimana kita merasa kurang percaya diri, takut, cemas , malu dan gelisah. 

Makna Cinta pada Diri Sendiri

Seorang psikologi, Margaret Paul Ph.D memberikan definisi mencintai diri sendiri sebagai perilaku memahami nilai dalam diri, tentang siapa sebenarnya kamu dan bukan menilai diri berdasarkan penampilan fisik atau performa diri. 

Mencintai diri sendiri merupakan perihal menghargai diri sendiri, tentang kelebihan dan kekurangan yang kamu miliki. Dan tidak terpaku pada kekuranganmu saja dan apa yang dikatakan orang. 

Lalu bagaimana sih, sikap mencintai diri sendiri agar hidup lebih bahagia? Yuk, pantengin tulisan berikut! 

1. Belajar Mengenali Siapa Dirimu? 

Pasti sulit kan untuk mencintai jika kamu tidak mengenali siapa sih dirimu? Apa yang kamu sukai, minatmu dan apa tujuan hidupmu yang paling berharga? 

Luangkan waktu untuk berkenalan dengan dirimu, mungkin selama hidup kamu jarang menerima penghargaan sebagai pribadi yang spesial. Kamu terlalu sibuk memberikan pujian dan waktu untuk orang lain jadi lupa bahwa kamu pun butuh sebuah penerimaan. 

2. Berdamai dengan Kekuranganmu

Merasa bahwa kamu kurang cantik, putih atau kurang pandai? Stop semua itu. Penampilan fisik memang selalu menjadi penilaian bagi orang lain. Namun tidak adil jika kamu sendiri juga nggak menyukai kekurangan dari dirimu. 

Aku dulu sempat minder karena orang suka mengatakan diriku sangat pendiam. Tetapi perlahan aku mulai menerima hal itu, bukan juga dengan berusaha jadi seorang yang banyak ngomong. Namun berusaha untuk selalu mencairkan suasana dengan berkata sesuatu jika sedang bersama orang lain. 

Mungkin ada orang yang nggak suka dengan sifatku yang pendiam. Nggak masalah kok. Karena aku nggak bisa memaksa semua orang dapat menyukaiku dan aku juga nggak harus suka dengan semua orang. 

3. Isi Hidupmu dengan Hal yang Berguna

Alkitab berkata, "Karena itu, perhatikanlah dengan seksama, bagaimana kamu hidup, janganlah seperti orang bebal, tetapi seperti orang arif dan pergunakanlah waktu yang ada, karena hari-hari ini adalah jahat. Sebab itu janganlah kamu bodoh, tetapi usahakanlah supaya kamu mengerti kehendak Tuhan. Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh Roh (Efesus 5:15-18)".

Mencintai diri sendiri berarti memberikan segala kebutuhan yang terbaik. Berikan makanan yang sehat untuk tubuh, rawat tubuh dengan mandi teratur, cukup berolahraga, hindari merokok, begadang dan mulailah hidup dengan rencana. 

Rajin beribadah, kelilingi diri dengan orang yang positif, selalu mempelajari ketrampilan baru dan hindari orang yang memberi pengaruh negatif dalam hidupmu. 

4. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Tips jitu agar lebih percaya diri adalah berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain apalagi artis, hehe. Aku percaya jika setiap kita masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. 

Sebagai manusia biasa, aku sadar bahwa hidupku mungkin tak seindah foto di Instagram para influencer. Tetapi aku percaya jika aku punya rejeki yang nggak kalah sama mereka. Jadi diri sendiri itu lebih baik daripada bergaya dan berubah menjadi sosok yang bukan aku. 

Toh, apa yang ditampilkan di media sosial nggak selalu sama dengan realita. Buat apa merasa iri dengan hal yang nggak mesti nyata? 

5. Bebaskan Diri dari Rasa Bersalah

Kadang kita sendiri memiliki perasaan menyesal, malu karena sesuatu. Namun percayalah memaafkan diri sendiri dan belajar bangkit dari kesalahan adalah hal yang terbaik. Fokuslah akan masa depanmu. Maafkan dirimu hari ini dan melangkahlah ke depan. Mungkin yang berlalu sulit diperbaiki tapi yang akan datang bisa dimulai dengan cara yang berbeda.

Nah, itulah 5 cara bagaimana agar kamu bisa mencintai diri sendiri. Orang yang selalu mencintai diri sendiri akan bebas dari depresi, minder dan pasti akan merasa bahagia. 

Sudahkah kamu mencintai diri sendiri? 



2 Comments

  1. aku rasa aku juga pernah mengalami hal ini
    sekarang menurutku enjoy aja dan amat sangat mencintai diri sendiri. mengembangkan potensi diri juga, pokoknya buat diri sendiri hepi aja

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.