Serangan jantung di usia muda

Hai, semoga kalian terus ada dalam keadaan yang sehat selalu ya! Untuk itu, kita perlu menjaga kesehatan agar nggak mudah sakit. Tahukah kamu bahwa ada penyakit yang diam-diam mengancam kehidupan kita? Ya, seperti judul di atas yaitu serangan jantung. 

Kita sama-sama mengetahui jika Asraf Sinclair, suami dari penyanyi cantik Bunga Citra Lestari atau BCL meninggal akibat serangan jantung. Padahal jika dilihat Asraf ini masih sangat muda, baru sekitar 40 tahunan. Pasti sedih sekali ditinggal pergi oleh kepala keluarga secara tiba-tiba begitu. 

Kematian memang selalu menjadi misteri Ilahi, tapi tak ada salahnya kita mencoba mengenal tentang penyakit serangan jantung ini lebih jauh kan? 

Apa Itu Serangan Jantung? 

Dilansir dari laman alodokter.com, serangan jantung adalah gangguan serius pada jantung di mana otot jantung tidak mendapat aliran darah secara normal, sehingga menghambat kerja jantung untuk mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

Dalam ilmu kedokteran, serangan jantung disebut juga infark miokard atau Sindrom Koroner Akut.

Penyebab 

Penyebab utama serangan jantung adalah adanya penyakit Jantung Koroner, di mana pembuluh darah koroner (yang mengalirkan darah ke jantung) tersumbat akibat timbunan kolesterol yang membentuk plak di dinding pembuluh darah. 

Inilah sebabnya mengapa seseorang yang memiliki kolesterol tinggi dapat terkena penyakit jantung. Jadi serangan jantung bisa menyerang siapa saja walau masih berusia muda.

Adanya penyakit darah tinggi, diabetes atau faktor genetik juga bisa memicu serangan jantung. 

Tanda-tanda Terkena Serangan Jantung

Gejala yang dirasakan oleh seseorang ketika terkena serangan jantung bisa berupa nyeri dada, terasa sesak napas, pusing, gelisah dan berkeringat dingin. Namun ada juga yang langsung mengalami henti jantung. 

Cara Mencegah Serangan Jantung

Supaya terhindar dari serangan jantung yang mendadak, kita bisa lakukan langkah pencegahan. Diantaranya:

1. Terapkan Pola Hidup Sehat 

Hidup sehat dengan mengurangi makanan berlemak, rajin berolahraga, tidak merokok, tidak minum alkohol. Makan makanan sehat buah dan sayur. Hindari makan makanan bersantan yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. 

Oya, kolesterol sebenarnya ada dua, kolesterol baik dan kolesterol jahat. Kolesterol baik ini yang banyak bermanfaat bagi tubuh kita. Kamu bisa kepoin tulisanku yang berjudul cara menaikkan kadar kolesterol dalam tubuh untuk lebih jelasnya. 

2. Kelola Stress 

Penyakit kadang dipicu oleh pikiran, oleh karena itu sebaiknya kita pandai-pandai mengelola stress. Selingi kegiatan rutin kita dengan melakukan hobi yang menyenangkan misalnya bermain games, menonton film lucu seperti Teachers atau memelihara tanaman. 

3. Rutin membaca artikel kesehatan 

Salah satu yang bisa membuat diri kita jadi sehat adalah dengan membaca artikel kesehatan. Dulu ingat sekali waktu masih kecil, mamaku pasti membuka buku berisi tips-tips memelihara kesehatan. Katanya agar bisa menerapkan bagaimana cara hidup sehat dan tidak selalu ke dokter jika ada anaknya yang sakit. 

Kita juga bisa membaca artikel kesehatan dari situs/aplikasi terpercaya seperti SehatQ, Halodoc, Alodokter, dll. 

4. Banyak Berdoa

Jangan lupa untuk selalu berdoa supaya dihindarkan dari penyakit silent killer dan penyebab kematian terbanyak di dunia. Doa juga membuat kita tenang dan mempercayakan hidup sepenuhnya pada Sang Pencipta. 

Di samping berdoa kita juga melakukan upaya seperti yang telah disebutkan di atas. Nggak mau kan meninggalkan duka dan kesedihan mendalam bagi keluarga tercinta. 

Nah, semoga tulisan tentang serangan jantung ini bermanfaat ya Sobat Catatan Yustrini. Terima kasih! 


Referensi bacaan:

- https://m.mediaindonesia.com/humaniora/290689/kenali-serangan-jantung-penyebab-meninggalnya-ashraf-sinclair

- https://www.alodokter.com/serangan-jantung





0 Comments