Cara mengatasi writers block

Hai Sobat Catatan Yustrini, apa kabar semoga kalian dalam keadaan yang baik. Pandemi belum berakhir dan kegiatan kita harus terus aktif selama di rumah saja. 

Keseharianku di rumah memang selalu berkutat dengan dunia menulis dan media sosial. Tapi ada kalanya aku mengalami writer's blog alias ide mentok. Mau nulis tapi nggak tahu apa yang akan ditulis. Padahal tulisan itu sebenarnya pesanan dari klien yang deadline-nya sudah dekat sekali. 

Nah, untuk mengatasi writer's block ini aku punya cara tersendiri. Ingin tahu lebih lanjut? Mari simak tulisanku lebih lanjut. 

Cara Jitu Mengatasi Writer's Block

Writer's block merupakan hal yang biasa dialami oleh penulis. Kebuntuan menulis ini bisa terjadi cuma sebentar, lama hingga berhari-hari bahkan berbulan-bulan. Duh, kalo sudah begini pasti blognya bisa dihuni sarang laba-laba, hihi. 

Aku pernah mengalami saat mau ngeblog nggak tahu mau nulis apa? Tetapi untungnya aku bisa cepat-cepat mengatasinya. Yuk, cari tahu penyebabnya sebelum mencari jalan keluarnya!

Penyebab Kebuntuan Menulis di Blog

Writers block

Apa sih yang menyebabkan seorang blogger menjadi susah menulis karena ide sudah mentok? Bahkan kehilangan motivasi ngeblog lagi.

Dilansir dari laman exabytes, di tahun 1970-an psikolog klinis bernama Jerome Singer dan Michael Barrios menemukan penyebab writer's block ada 4 diantaranya

1. Terlalu keras dalam mengkritik diri sendiri

2. Takut dibandingkan dengan penulis lain

3. Kurang motivasi dari luar misalnya pujian dan perhatian

4. Kurangnya motivasi internal dari dalam diri untuk bercerita

Selain penyebab writer's block yang disebutkan di atas, aku juga mencari penyebab kenapa aku sendiri sebagai blogger juga pernah mengalami hal yang sama, mentok  ide saat ngeblog.

1. Kehilangan Motivasi Ngeblog

Ada kalanya motivasi ngeblog mendadak hilang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, mulai dari bosan mengelola blog, tidak mendapat hasil yang diinginkan meski sudah berusaha optimasi. 

Aku juga sempat merasakan hal itu, ketika blog stagnan. Optimasi SEO tapi postingan malah nggak nongol, mungkin ada di google tapi entah di halaman ke berapa puluh ribu kali. Mantengin Google Analityc, traffik cuma puluhan, hiks!

Mau daftar job atau event ditolak karena syarat DA kurang atau follower IG gak sesuai yang diminta brand. Akibatnya jadi males ngeblog dan malas menulis lagi. 

2. Terlalu Berambisi Membuat Postingan yang Bagus

Adakah yang karena hal ini jadi kehilangan ide buat nulis? Aku sering nih! Sewaktu mendapat tugas untuk menulis di BRT, aku sempat minder sama kemampuanku sendiri. Inginnya bikin tulisan yang bagus dan sebaik mungkin, tapi yang terjadi malah sebaliknya. Aku gagal memetik ide menulis pertama. Duh! 

Menulis artikel blog itu bagus tapi terlalu berambisi malah melunturkan semangat awal untuk memulai menulis. 

3. Kebanyakan Teori

Menerapkan teknik SEO dan menulis sesuai permalink itu SULIT! Ya, kadang teori malah bikin ide jadi mentok. 

Apalagi kalo menulis sambil mengedit. Tulis, hapus, tulis lagi hapus lagi. Sampai kapan selesainya? Haha. 

Maka ada baiknya jika saat menulis kita abaikan sebentar teori menulis. Tulis dulu, endapkan, baca lagi besoknya baru edit. 

4. Merasa Insecure

Hal ini sering banget aku alami, sebagai blogger pemula wajar kalo merasa belum bisa seperti blogger lain. Kadang kegagalan mengikuti job atau event bikin jadi nggak pede. 

Perasaan insecure bisa dialami juga ketika DA blog kecil, traffik minim, spam score tinggi, kalah ikut lomba blog, dll. 

5. Kekurangan Ide Baru 

Nggak bisa nulis lantaran nggak ada ide? Wah aku sering tuh! Niatnya ODOP tapi apa daya ide tak muncul-muncul sampai masa posting berakhir? Ya, gagal sudah ODOP-nya, hu,hu. 


Ide Mentok Saat Ngeblog, Mari Putar Keran Idenya 

Cari ide baru

Setelah tahu apa penyebab ide kita jadi terhambat, sekarang giliran cari solusi agar masalah itu bisa segera teratasi. Deretan daftar di bawah bisa dipilih mana yang sesuai dengan kondisi kita. 

1. Mulai Menulis Saja

Kadang kala ketika nggak ada ide, aku tetap berusaha menulis. Walau nggak tahu apa yang bakal ditulis. Entah cuma menulis uneg-uneg atau curhatan nggak jelas di dashboard blog atau di buku. Yang penting mulai dulu. Biasanya ide akan datang dan kalimat demi kalimat mengalir dengan lancar.

2. Selingi Kegiatan dengan Hobi yang Lain

Ada kalanya kita sebagai penulis atau blogger merasakan lelah setelah mantengin layar laptop/komputer dalam jangka waktu yang lama. Bukannya makin lancar menulis, untuk melihat satu kalimat aja mata sudah perih. Kalo sudah begini aku akan berdiri dan mencari kegiatan yang lain. 

3. Selesaikan Segera

Kadang kalo sudah nge-draft tapi dibiarkan dalam waktu yang lama jadi kehilangan mood untuk melanjutkan. Enggak tahu kenapa ide awal jadi lenyap saat tulisan tidak langsung diselesaikan. Jadi, kalo sudah menulis usahakan sampai selesai dan jangan beralih ide dulu. 

4. Banyak Membaca 

Membaca merupakan asupan gizi yang baik saat ide mentok dalam menulis. Ibaratnya teko yang kosong tidak akan bisa memenuhi gelas yang kosong. 

Mendapatkan bahan bacaan di era digital itu sangat mudah. Ada banyak platform digital dan aplikasi berita yang bertaburan di internet. Kita bisa mendapatkan e-book atau membeli buku cetak secara online.

Melakukan blogwalking juga sangat membantu membangkitkan ide nulis yang mentok. Tapi ingatnya, kita membaca artikel bukan untuk dicopy paste, jangan jadi penulis plagiat. No, no!

Jadi ingat pesan Mba Monica, lingkaran penulis di Indonesia itu kecil jadi kalo ada yang plagiat pasti bakal ketahuan. Nah, lho! Dan biasanya bakal rame dibicarain dalam kalangan penulis dan blogger.  

5. Bikin Bank Ide 

Bank ide maksudnya adalah kumpulan ide-ide yang belum diwujudkan jadi artikel. Biasanya kalo sudah ada daftar ide, menulis jadi lebih mudah. 

Waktu ikutan ODOP dari komunitas blogger perempuan aku bikin langsung dalam sebulan ide apa aja yang bakal aku tulis. Dan setiap harinya aku tulis secara urut dan hasilnya taraaaa, aku berhasil menyelesaikan ODOP. 

6. Ikut Lomba Blog 

Jika ide belum ada juga, bisa kok ikutan lomba blog. Di sana akan ada tema dan ketentuan yang akan dijabarkan. Kadang kalo aku mentok banget bingung mau nulis apa, lomba blog bisa jadi solusi. 

Oya, waktu ikutan lomba blog jangan berambisi dulu untuk menang. Alasannya kita bisa kehabisan semangat karena takut kalah. Tulis saja yang terbaik, masalah menang atau kalah itu nanti.

7. Beri Hadiah untuk Diri Sendiri

Biar semangat ngeblog lagi, nggak ada salahnya memberikan reward buat diri sendiri. Nggak usah yang besar-besar, misal setelah berhasil posting satu artikel boleh deh, nonton film favoritmu. Atau beli es krim kesukaan setelah berhasil membuat artikel tiap hari selama 1 minggu. 

Nah, itulah caraku untuk mengatasi writer's block saat ngeblog. Intinya memang ketika ngeblog harus bahagia. Masalah uang nanti akan mengikuti saat kita ngeblog with passion. Semoga bermanfaat!




1 Comments

  1. Kadang aku juga bosen ngeblog. Tapi kalau lama nggak ngeblog rasanya kangen. Jadi ketika aku bosan ngeblog ya aku biasanya nonton drama Korea atau ngemil jajan.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.