Nostalgia ke era 90an

Belakangan ini banyak orang yang mengeluh bosan tinggal di rumah saja selama pandemi. Istilah WFH atau SFH menjadi populer. Meski sekarang PPKM sudah dilonggarkan dan mulai ada pembelajaran tatap muka tapi belum maksimal kembali seperti sedia kala. Sebagian besar waktu kita masih dihabiskan di dalam rumah. 


Bagi ibu hamil seperti saya tentu lebih lagi mengurangi aktivitas di luar rumah. Rasa bosan hingga rasa stress kini menjadi ancaman. 


Nah, daripada terus menerus merasakan kebosanan selama di rumah, aku mengisi waktu dengan memasak, mengisi survey online, menulis blog, ikutan giveaway di sosial media hingga bermain games online gratis. Harus gratis lho! Karena kalo berbayar nanti malah tambah stress ya, kan? 


Nostalgia ke Permainan Anak Generasi 90-an

Ngomongin soal games, Sobat Catatan Yustrini masih ingat nggak sih sama permainan anak zaman dulu?

Yuk, sambil mengingat-ingat kita nostalgia sejenak ke tahun 90-an. Meski teknologi terbilang belum secanggih sekarang, namun banyak orang berpendapat bahwa permainan zaman dulu lebih mengasyikkan dan cocok bagi anak-anak untuk menyalurkan energi mereka.

Selain permainan tradisional, ada banyak juga mainan yang sudah menggunakan teknologi meski sederhana. Apa saja? 


7 Perangkat Games Jadul Generasi Era 90-an 

Bagi kalian yang mengalami masa kecil di era tahun 90-an pasti nggak akan asing sama mainan seperti yang kusebutkan di bawah ini. Yuk kita bernostalgia ke era 90an! 


1. Water Games

Mainan ini disebut juga gimbot air karena di dalamnya memang ada airnya. Seru banget deh kalo main gimbot air. Uniknya, mainan ini tidak memerlukan baterai atau memakai sumber tenaga listrik. Cukup dengan dua tombol yang ada, maka efek tiupan gelembung akan membuat ring atau gelang kecil berwarna-warni di dalamnya bergerak. 

Tugas kita adalah memasukkan ring ke bagian tiang yang tersedia. Meski terkesan sederhana, permainan ini butuh kesabaran karena memasukkan lingkaran ring ke tiang tidaklah mudah. 


2. Tamagotchi

Jujur aku nggak pernah mainin Tamagochi waktu kecil. Seingatku, mainan ini mirip seperti hewan peliharaan digital yang harus diberi perhatian, diajak main, diberi makan, dan dibersihkan. Jika kita lalai maka akan menyebabkan hewan digital ini mati dan harus mengulang lagi dari awal. 

Mainan ini menjadi favorit anak-anak di era 90-an. Dibanding memelihara hewan asli, tentu merawat virtual pet lebih mudah dan memiliki sensasi yang berbeda.


3. Gimbot/Game Boy

Di zaman dulu, mainan gimbot ini cukup populer tapi tidak semua anak bisa memilikinya. Bisa dikatakan jika pemilik gimbot pasti punya uang yang lebih untuk membelinya dan bikin dia jadi salah satu anak yang dikagumi di sekolahan. 

Aku pun tidak memilikinya dan jika ingin bermain harus menunggu giliran dengan teman-teman lain. Itu juga belum tentu dapat kesempatan. Padahal permainannya cuma games sederhana yang mengeluarkan bunyi bib-bip, tapi udah terasa keren di zaman itu. 


4. Sega Mega Drive

Games konsol ini mungkin tak begitu populer di Indonesia karena kalah saing dengan game bot dan nintendo. Namun game ini mampu memainkan lebih dari 900 koleksi judul, karena dikembangkan berdasar motherboard Sega 16. Salah satu seri permainan yang paling populer sampai saat ini adalah Sonic the Hedgedog. 

Tetapi karena persaingan ketat di dunia konsol game membuat popularitas Sega kian redup.


5. Nintendo

Siapa yang tak kenal dengan Nintendo? Raksasa game asal Jepang ini sudah mengukuhkan dirinya sebagai perusahaan yang paling berpengaruh dalam dunia game sejak tahun 80-an. Terbukti hingga saat ini Nintendo masih bertahan dan terus berkembang. 

Dalam tahun 90-an, Nintendo sudah jadi mainan idaman anak-anak. Mungkin beberapa dari kalian mengenal game populer berasal dari konsol ini, seperti Super Mario World, Donkey Kong Country, dan Final Fantasy. 


6. PlayStation 1

Nah, setelah Nintendo dan Sega, muncul pemain baru yakni PlayStation yang keberadaannya tetap populer hingga sekarang.

Bila di permainan video game sebelumnya menggunakan perekam khusus bernama cartridge, maka PlayStation hadir dengan CD yang memberikan sentuhan grafis game lebih baik.


7. Pinball Game

Masih ingatkah dengan game anak Pinball? Nah, kalo di era 90-an, mainan ini seru banget. Aku ingat tuh, pernah membeli alat tulis yang di dalamnya ada PinBall.

Bermain Pinball sangat sederhana, kita tinggal menggerakkan bola agar melewati lajur dan mencapai target finish. 

Ada banyak versi dan ukuran permainan mengendalikan bola. Bahkan sekarang kita bisa memainkan Pinball versi lebih modern yang bisa dinikmati generasi masa kini. Wah, jadi makin bisa bernostalgia ke masa kecil nih! 


Mainkan Ribuan Game Seru di Plays.org 

Plays Org


Jika di era 90-an, kita harus beli perangkat konsol mahal untuk bermain game. Maka di masa sekarang tidak perlu lagi. Cukup melalui smartphone dan jaringan internet yang memadai, kita bisa bermain game online sepuasnya. 


Tak perlu download aplikasi satu per satu untuk menikmati permainan online. Tinggal buka plays.org melalui browser di smartphone, laptop, pc, atau tablet,  kita bisa akses game langsung dan bermain sepuasnya. 


Tersedia banyak pilihan game seru untuk dimainkan. Juga tersedia game jadul seperti Pinball, Typing Zombie, Solitaire,  yang membawa generasi milenial sukses terbawa kembali ke era 90-an.


Ada banyak game edukasi juga untuk anak-anak dan mereka selalu mempunyai game baru untuk dimainkan oleh siapa saja. Jangan khawatir sebab semuanya gratis, bisa banget untuk mengisi waktu luang bersama anak dan keluarga dengan bermain game online ini.


Pengalaman Bermain Games Online di Plays.org


Sewaktu mengunjungi situs Plays.org ini, ingatanku jadi menuju ke masa SD dulu. Ada permainan Tetris yang nge-hits banget waktu ity. Tapi sayang aku hanya bisa menonton temanku memainkannya, karena aku nggak punya perangkat game. 

Kini melalui situs Play Free Online Video Games, Plays.org aku bisa main tetris sepuasnya. Meski kaku banget mainnya karena jujur aku nggak jago main video games. 

Berikut beberapa games yang aku suka: 

1. Tetra Blocks 

Nostalgia ke era 90an


Permainan Tetra Block terinspirasi dengan tetris di mana desainnya sudah dibikin lebih modern. Di dalamnya ada bintang yang bisa menambah poin bonus saat garis selesai. 

Menurutku Tetra Block bisa bermanfaat untuk melatih otak mengenali bentuk dan melatih strategi. Seru banget deh, tak terasa aku cukup lama memainkannya di Plays.org

2. Powerpuff Girls Unordinary Week 

Permainan online plays Org


Siapa generasi 90-an tak kenal dengan Buttercup, Bubbles, dan Blossom? Ketiga pahlawan cilik ini bertarung melawan musuh yang akan menyerang. 

Memainkan games ini sangat seru, kita akan memilih salah satu karakter dari Powerpuff Girls. Level berikutnya baru akan terbuka di hari selanjutnya jika kita berhasil menang. 


3. Tom and Jerry Mousetrap Pinball 

Bermain games online


Ada beberapa pilihan permainan Pinball tapi aku tertarik dengan Tom and Jerry Mousetrap Pinball. Cukup sulit untuk mempertahankan bola di meja dan mendapat poin. Mungkin aku yang kurang cekatan juga. Namun secara keseluruhan aku menyukai games ini, musik latar belakang juga nggak terlalu berisik sehingga tetap aman dimainkan kapan saja. 

Aku belum bisa mengulas semua permainan yang ada di Plays.org karena jumlahnya yang ribuan. Tak hanya cocok untuk generasi 90-an, aneka pilihan games yang beragam cocok juga di mainkan oleh generasi muda saat ini. Pokoknya dari usia muda sampai dewasa, orang tua cocok bermain games di Plays.org.

Hanya tetap ingat waktu ya, jangan sampai game online malah bikin kecanduan dan lupa waktu. Kalo yang generasi 90-an, games yang mana yang bikin kalian bernostalgia? 



Sumber referensi:

https://www.google.com/amp/s/m.liputan6.com/amp/3945663/5-permainan-anak-ini-pasti-pernah-kamu-lakukan-auto-nostalgia

-https://roomme.id/artikel/lifestyle/aneka-game-tahun-90an


17 Komentar

  1. Beneran nostalgic sih, ini. Aku suka mainan begini karena simpel. Jadi beneran refreshing

    BalasHapus
  2. Dulu favorit banget nih main tamagoci, haha seru aja berasa punya hewan piaraan

    BalasHapus
  3. Hehe hiya ya dulu aku paling sering main tetris yang di gimbot. Asiikk ya ...eh skrg ada games yg ratusan ya? Hmm pngen cobain ahh...

    BalasHapus
  4. Senang juga deh bisa berkenalan dengan aplikasi plays.org ini karena sangat menghibur sekali. Trus asyik aja karena gak perlu unduh aplikasi dan gak ada iklannya juga

    BalasHapus
  5. Tamagochiiii... pasti anak-anak di era 90an kenal nih. Happening banget kan saat itu ya. Sekarang sudah ada plays.org by online. tinggal mainkan aja, karena banyak pilihan.

    BalasHapus
  6. Jadi bisa main juga karena dulu kenal permainannya
    Sekarang makin memudahkan karena digital

    BalasHapus
  7. Wah ketaiy deh generasi 90an nih hehehe..aku suka banget dulu nih mainan kayak gini. Bisa nostalgia lagi deh

    BalasHapus
  8. Game ini asyiknya pas jaman masih SD, SMP. Suka banget nongkrong di gardu-gardu habis pulang sekolah, uhh nostalgia banget sih

    BalasHapus
  9. aaaah beneran? langsyng otw ke websitenya mau maiiiiiiiinnnn. aku suka banget dari dulu main game :')

    BalasHapus
  10. Aku juga udah nyobain nih main di plays.org, seru banget sih game2nya buanyak banget pilihannya. Cuma kudu sadar waktu sih, biar nggak kebablasan ngegame terus, wkwk.

    BalasHapus
  11. aku kemarin juga sempat buka, iseng main eh... keterusan. Penasaran mau main lagi soalnya kemarin kurang lama eksplornya...

    BalasHapus
  12. Beneran nggak perlu download aplikasi buat main permainan seru ini ya kak, jadi sekalian nostalgia

    BalasHapus
  13. Aku pernah punya gimbot aja, sih. Mainannya pun gantian ama sepupu-sepupu. Dulu, main game gak terlalu familiar di keluarga kami. Masih kalah ama sepedaan keliling kelurahan. hehehe..

    BalasHapus
  14. Hehe, asyik ya mbak bisa bernostalgia. Tp untuk main game di hp, saya kurang suka sih mbak. 🙂

    BalasHapus
  15. Hahahahaha... Ada tamagochi sama nintendo 😍😍😍

    Anak 90-pasti paham ya, gimana serunya permainan-permainan itu

    BalasHapus
  16. Asyik banget ya websitenya plays.org. Kalau aku di website itu suka banget mainin pac man.

    BalasHapus
  17. Saya juga sudah cobain main di websitenya ini, lumayan banget jadi kita bisa bermain games tanpa perlu instal aplikasinya. Pilihan gamenya juga beragam dan banyak genre.

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.