Dimention akun tak dikenal


Halo, Sobat Catatan Yustrini di manapun kalian berada. Aku berdoa semoga kalian semua dalam keadaan sehat dan hidup dalam kelimpahan, aminnn. 

Siapa nih yang suka ikutan giveaway atau kuis di media sosial? *tunjukdirisendiri

Sebagai pejuang kuis atau giveaway hunter, sering nggak mendapat mention dari seseorang atau akun nggak dikenal? Kalo aku sering banget. Baik lewat IG maupun Twitter. 

Apa tanggapan kamu? Kesel karena merasa terganggu, sebel merasa nggak kenal kok mention-mention. Cuek, tapi langsung block atau marah-marah lewat kolom komentar? Wkwkwk. 

Sabar ya, selain ada kerugian masih ada untungnya kok, dimention atau tag sama akun nggak dikenal. Aku merangkum seputar kerugian dan keuntungan dimention akun tak dikenal dalam tulisan ini. 

Keuntungan dan Kerugian Saat Dimention Akun Tidak Dikenal


Pertama, aku mau bicarakan soal kerugian saat ditag atau mention orang yang tak dikenal. 

Kerugian Saat Di Tag atau Mention


1. Mengganggu


Sebenarnya kalo nggak sering aku merasa tidak terganggu sih. Cuma kadang ya harus ada etika. Kalo nggak saling follow ngapain mention-mention apalagi sampai spam. Aku pernah juga dimention berkali-kali sama orang yang sama sekali nggak pernah follow atau ku follow. 

Males banget kan? 

Karena udah mention sehari lebih dari 5 kali aku DM dia. Masih dalam bahasa yang sopan tentunya. 

"Mbak, boleh mention tapi jangan berkali-kali dalam sehari. " 

Lalu mbaknya minta maaf dan habis itu nggak pernah mention lagi. Selang beberapa hari dia mention berkali-kali. Tanpa basa-basi lagi aku langsung block dia, saking keselnya haha. 

Kalo yang belum nge-follow aku, biasanya ku DM untuk follow aku dulu baru mention. Kalo dianya nggak baca dan otomatis nggak follow, aku blokir langsung akunnya, hihi. 


2. Menutupi Notifikasi Penting 


Mention atau tag itu otomatis akan membuat notifikasi aktivitas menjadi penuh. Akhirnya tertindih deh notifikasi komentar atau akun yang baru saja like, follow. Bahkan nutup notifikasi jika ada pemberitahuan menang GA. Biasanya pihak penyelenggara akan memberi batas waktu konfirmasi pemenang. Jika telat, hadiah pun hangus. 

Kalo telat gara-gara ketutup notif mention ini yang rugi juga siapa. 

3. Isi Mention Tidak Sesuai Prinsip atau Norma


Amat sangat merugikan jika mention atau tag berisi konten yang melanggar nilai-nilai moral. Atau berisi kuis yang hadiahnya aneh-aneh atau melanggar suatu keyakinan tertentu. 

Beberapa waktu lalu akun Facebook milikku sempat kena tag akun nakal. Untungnya sih aku sudah atur, sehingga nggak langsung nongol di beranda. 

Tapi secara psikis aku jadi syok juga lihat konten dewasa. Coba kalo udah punya anak dan dia buka Facebook. Serem banget kan? Dan korbannya nggak cuma aku aja. 

Keuntungan Dimention Akun Tidak Dikenal 


Setelah membahas apa saja kerugian saat dimention akun tak dikenal, yuk kita ulas keuntungannya. 

1. Bisa Balik Mention 


Sering bingung mau mention siapa saat ikut giveaway atau kuis? Kadang nggak enak juga jika harus mention teman. Apalagi kalo dia nggak pernah memention kita. 

Saat aku ditag/mention, biasanya aku bakal gantian nge-tag. Nah, saat dimention akun nggak dikenal aku juga akan mention balik untuk ikut giveaway. 

Biasanya mereka nggak akan marah jika kita balik nge-tag. Malah bisa punya teman baru di media sosial hehe. 

2. Mendapat Info Giveaway Menarik


Sering terlewat informasi giveaway menarik? Dengan di-mention kita jadi tahu ada event atau kuis yang bisa diikutin. Aku pernah menang kuis gara-gara tahu infonya berkat di-mention orang. Wah, beruntung banget kan? 

3. Bisa Kecipratan Rezeki


Ada semacam kuis yang kasih hadiah nggak cuma kepada akun yang mengikuti. Nah, dulu aku pernah kecipratan rezeki gara-gara di-mention orang. Tahu-tahu aku dapat hadiah padahal nggak ikut kuis nya. 

Jadi jangan keburu emosi kalo dimention teman atau akun nggak dikenal. Siapa tahu ada rezeki yang nyangkut buat kita. 

Nah, buat kamu yang suka ikut giveaway boleh kok mention akun aku di Instagram @yustrini2957 atau Twitter @yustrini08. Nanti aku mention balik pas ikutan kuis. Siapa tahu kan kita beruntung?! 

Itu dia keuntungan dan kerugian saat dimention akun tak dikenal di media sosial ketika ikut kuis/giveaway. Kalo kamu ada pendapat lain, monggo tulis aja di kolom komentar. Terima kasih :)) 























4 Komentar

  1. Rupanya soal mention2an gak bisa dianggap sepele ya, Mbak. Terima kasih telah berbagi pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bun. Ada untung ruginya. Saya juga berterima kasih, sudah berkunjung :))

      Hapus
  2. Saya kayaknya sduah berteman dengan mbak di Twitter ya.. berarti kalau ada GA boleh dimention dong hehehee

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.