Pondok Cabe Bistro 

Review pondok cabe jogja

Sebenarnya udah lama sekali aku mengunjungi tempat makan yang satu ini. Konsep tempat makan ini agak mirip-mirip cafe jadi enak buat sekedar nongkrong bareng teman atau pasangan.

Di Jogja, Pondok Cabe Bistro ada di tiga lokasi, di Jalan C. Simanjuntak, Taman Siswa dan Jalan HOS. Cokroaminoto. Baik ketiga-tiganya sama-sama kece kok tempatnya. Cuma di artikel kali ini, aku mau bahas Pondok Cabe yang ada di HOS. Cokroaminoto.

Begitu datang, pelayan akan menanyakan kita mau duduk lesehan atau di meja. Bisa di dalam atau di luar ruangan. Selanjutnya kita bisa memilih menu dulu di meja yang sudah dipilih. Ada kejadian agak mengesalkan sih, pelayan di sini agak kurang respon ketika dipanggil ke meja lagi. Jadi kami yang harus ke kasir lagi. 

Oke tidak apa-apa. Sembari menunggu, kita bisa menikmati live music dengan lagu-lagu nostalgia jaman old. Buat generasi millenial mungkin lagu-lagunya terdengar asing, tapi enak kok didengar di masa sekarang. Jangan tanya judulnya apa, karena aku juga tidak tahu, ha, ha...

Pondok Cabe Bistro

Menu dan Harga Makanan di Pondok Cabe Bistro

Menu pondok cabe

Menu-menu yang disediakan Pondok Cabe Bistro cukup beragam. Ada menu geprek seperti, Geprek Ayam Mozarella, Geprek Ayam Keju Lumer, Geprek Ayam Petai, Geprek Saus Tartar, Geprek Saus Teriyaki, Geprek Katsu Special. Selera Eastern, ada Tom Yam Soup, Sapo Tahu, Chicken Katsu Sauce Tartar, Chicken Katsu Sauce Teriyaki. Selera Western, ada Spaghetti Bolognese, Iga BBQ, Iga Madu, Iga Bakar Pedas. Masakan Nusantara ada Mie Jawa Kuah, Mie Jawa Goreng, Capcay Goreng, Capcay Kuah dan Aneka Nasi Goreng. 

Bagi kamu yang vegetarian ada menu khusus yaitu Karedok, Oseng Kangkung, Pecel Pincuk, Trancam, Sayur Asem, Gado-gado, Lalapan. 

Spesial menu dari Pondok Cabe Bistro adalah Sop Buntut Original, Sop Buntut Garang Asem, Gurame Terbang dan Gurame Bakar (harga mulai dari 37 ribu sampai 52 ribu). Penyetan Nusantara, ada Lele Penyet, Ayam Penyet Kampung, Ayam Penyet Negeri, Nila Penyet, Paru Penyet, Empal Penyet dan Penyetan Pondok Cabe. Harga penyetan ini berkisar dari 15 ribu sampai 24 ribu rupiah saja. 

Selain menu di atas ada lauk nusantara yaitu Empal Gepuk, Garang Asem, Bawal Goreng/Bakar, Sate Ayam, Paha Atas Goreng/Bakar, Nila. Lele Goreng/Bakar, Wader Goreng, Telur Spongebob, Mendoan, Tempe/Tahu Goreng, Pete Goreng/Bakar dan Kremesan (harga mulai 4,5 ribu sampai 20 ribu. 

Minumannya sendiri ada teh, lemon tea, teh tarik, jeruk, jahe, coklat, aneka jus buah, moccachino, cocochino, saparela, es kelapa muda, es kunyit asam, es beras kencur, soda gembira dan es cendol. Bagi penyuka kopi ada cappucinno, black coffe, coffe cream. 

Saparela ini merupakan minuman fermentasi dari tumbuhan Sarsaparilla, atau dikenal juga cola Jawa. Konon ini adalah minuman favorit para bangsawan di Jogja, warnanya ungu kecoklatan. Bagi yang penasaran akan rasanya bisa mencicipi jika sedang ke Pondok Cabe Bistro.

Aku memesan menu Ikan Nila Bakar dan Wader Goreng beserta Jus Mangga dan Jus Strawberry. Agak kecewa sih, dengan ukuran ikan Nila yang cuma sekecil itu, wkwkwk. Tapi sambalnya enak, nggak kepedasan buat aku yang kurang cocok dengan rasa pedas. Buat yang suka pedas bisa banget pesan menu-menu penyetan atau geprek dan bisa memilih mau level berapa. 

Lain kali aku mau cobain menu yang lain misal ayam geprek atau penyetan yang merupakan menu baru dari Pondok Cabe Bistro ini. Tempatnya cocok banget buat foto-foto dan langsung bisa diupload ke Instagram pribadi karena di sini menyediakan WiFi gratis. 

Sekian dulu review singkatku kali ini. 

Baca Juga: 

Lokasi:

Pondok Cabe Bistro 
Jl. HOS. Cokroaminoto 16, Yogyakarta 

0 Comments