Coach Ilham Sadli
Foto: IG @ilhamsadli

Ilham Sadli adalah pemilik akun Twitter Pengagum Rahasia yang memiliki 11ribu lebih pengikut. Buat yang sudah menjadi followernya pasti tahu, siapakah Mas Ilham ini? Yang pasti beliau merupakan CEO Growthing dan menjadi salah satu dari keenam coach yang membimbing kami di Kelas Growthing Blogger (KGB).

Setelah mengulas Mba Monica Anggen, Mas Punto dan Mba Gilang Gemaulani, kini giliran Mas Ilham yang  akan saya ulas. Dan ilmu apa yang dibagikan di Kelas Growthing Blogger? Yuk, simak tulisanku lebih lanjut! 

Ilham Sadli, Pemuda Asal Lombok

Lahir di desa Kawo, kec. Pujut, Lombok Tengah pada tahun 1994. Mas Ilham melanjutkan studinya ke Universitas Jember, Jawa Timur. Ia mengambil kuliah S1, Teknik Elektro. 

Tahun 2014, Mas Ilham mulai aktif bergabung dengan Forum Lingkar Pena (FLP) cabang Jember. Sempat menjabat juga sebagai Ketua Cabang FLP Jember yang berakhir tahun 2020. 

Aktif mengisi blog ilhamsadli.com dengan tulisan seputar traveling, gaya hidup, puisi, cerpen, review buku/film/produk, tips blog dan SEO. Selain menjadi blogger, beliau juga seorang content creator dan kerap mengisi acara kepenulisan di forum komunitasnya.

Beliau juga pernah menjadi seorang content writer dari tahun 2015 sampai 2018. Karya nonfiksinya kerap menghiasi kolom artikel di media-media online. Pernah juga menjadi juara 3 dalam lomba menulis cerpen FLP dan juara 2 dalam lomba blog K-Link 2018.

Karyanya juga telah diterbitkan dalam bentuk buku antologi bersama FLP Jawa Timur dan FLP Jawa Tengah. 

Saat ini Mas Ilham tergabung dalam komunitas Blogger FLP, Blogger Crony, Warung Blogger dan Blogger Jember Seger. 

Film favoritnya adalah Harry Potter. Buku kesukaannya adalah Sherlock Holmes. 

Berbagi Ilmu Tentang Personal Branding di Media Sosial

Memiliki akun Twitter dengan ribuan bahkan puluhan ribu follower, siapa yang nggak mau sih? Sebagai seorang freelance blogger, Ilham Sadli menyadari pentingnya mengembangkan juga akun media sosialnya. 

Ajakan kerjasama biasanya mengharuskan blogger juga mempunyai akun media sosial terutama Instagram dan Twitter. Namun sering kali kerjasama itu batal karena belum memenuhi syarat jumlah minimal follower. 

Nah, di Kelas Growthing Blogger Mas Ilham memberikan tips bagaimana mengoptimalkan personal branding di media sosial. Kita boleh sama-sama menengok akun Pengagum Rahasiamu. Coach Ilham Sadli banyak dikenal karena akunnya tersebut. Menurut beliau, Pengagum Rahasiamu termasuk personal branding yang sukses (meski sekarang sudah jadi rahasia umum kalo pemiliknya seorang blogger). 

Tugas dari kelas Mas Ilham ini cukup menantang lho! Yaitu membuat giveaway dan menganalisa sendiri, apakah cukup efektif dalam menaikkan jumlah pengikut? 

Pengagum rahasiamu
Ss diambil dari medsos Ilham Sadli

Cara Menaikan Follower Twitter ala Ilham Sadli

Sebagai pemilik akun Twitter yang pengikutnya sudah di atas 11 ribu, ternyata Mas Ilham mau membagikan cara bagaimana followernya bisa bertambah. Ia bereksperimen sendiri dan berhasil menambah follower dari 1700 menjadi 4500 hanya dalam waktu setengah bulan. Wah, kalo ini saya juga mau! 

Langsung saja tengok tips Mas Ilham yang dikutip langsung dari blog pribadinya. 

Pertama, menggunakan nama yang unik. Nah, ini yang bikin aku jadi mengerti kenapa banyak username yang aneh-aneh di Twitter. Ada Mie Goreng Rebus, Rintik Hujan, Pelangi Di Matamu, dll. Mulai sekarang cari username unik ahh! 

Oya, sesuaikan juga nama dengan kontennya juga. 

Kedua, membuat konten yang unik. Cobalah membuat konten yang nantinya akan jadi sebuah ciri untuk akun kita. 

Mas Ilham awalnya suka bikin thread horor atau thread sajak. Thread yang menarik akan mengundang follower dan berhasil ngebuzz impresi juga. 

Ketiga, mutualan. Istilah ini sudah nggak asing di telinga anak Twitter. Ya, mutualan adalah saling follow. Namun perlu diperhatikan, terlalu sering follow bisa menyebabkan akun d├Čbatasi atau kena lock dari Twitter. 

Mas Ilham memberikan tips agar selalu beri jeda minimal beberapa detik lalu lanjut follow lagi. Dalam sehari sebenarnya bisa follow sampai 200 akun. 

Terakhir, follow akun tertentu seperti @Dmenfess untuk mendapat info akun-akun mana yang ingin mutualan. 

Biasanya mereka suka mengetweet, "Mutualan, Yuk! RT aja". Kita retweet, lalu follow semua akun yang sudah meretweet cuitan itu. Tunggu beberapa hari, jika yang tidak follow balik, unfollow saja. 

Mas Ilham juga mengajari gimana supaya akun kita tetap aktif, salah satunya dengan memperhatikan komentar yang masuk. Dan sesekali menanggapi pertanyaan nyeleneh dari akun viral, jawab dengan nyleneh juga, ha, ha. 

Untuk belajar lebih tentang optimasi personal branding, kita bisa belajar dari media sosial milik Mas Ilham lho! Yuk, kepoin aja semua akun media sosialnya.

Twitter: @blogsadli (Pengagum Rahasia)
Instagram: @ilhamsadli (Ilhamsadli.com)
Facebook: Ilham Sadli 
Blog: ilhamsadli.com

12 Comments

  1. Artikel yang menginspirasi. Beliau follower Ig saya juga. Apakah tips untuk Twitter trsebut bisa diterapkan di IG?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tentu bisa, tips di atas tinggal disesuaikan kalo untuk optimasi IG.

      Delete
  2. Makasih atas infonya, sayangnya saya jarang pake twitter, adakah info untuk media sosial lain seperti facebook atau instagram?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada di blog ini juga. Saya pernah menulis tentang Instagram. Tinggal dicari lewat label "media sosial" untuk menemukan artikelnya :)

      Delete
  3. Wah makasih infonya. Kelas growthing blogger ini free atau berbayarkah? Bener give away ini lumayan bantu naikin jumlah follower. Saya pernah eksperimen di akun olshop saya bikin give away.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kelas Growthing yang kuikuti free mbak. Tapi ada sensasi senam jantung, kalo mau tenang ya ikut yang kelas premiumnya aja. Wah, udah pernah eksperimen bikin giveaway, saya baru kemarin.

      Delete
  4. Cari followers di twitter susah2 gampang ya mba, kalau tidak tahu triknya followers tidak akan bertambah2, tips yang bermanfaat nih jadi pengen buat akun twitter lagi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, udah punya akun Twitter lama sebenarnya tapi follower masih segitu aja, he, he.

      Delete
  5. Nah iya, Mas Ilham ini sekarang jadi tempat belajar kalau mau aktif di Twitter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jadi kepoin akun Twitternya, biar bisa nambah follower.

      Delete
  6. Wah tips menarik bisa ditiru nih ..kbtuln sy followe beliau ..mksh ya infonya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya,silakan belajar dari beliau. Terima kasih kembali :))

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.