Irwin Andriyanto
foto: Twitter @masirwindotcom


Irwin Andriyanto atau yang biasa dipanggil dengan Mas Irwin adalah seorang freelancer blogger, SEO specialist, pecinta SEO. Bersama Mba Monica Anggen, Mas Punto Wicaksono, Mas Ilham Sadli, Mas Bahrul Ilmi dan Mba Gilang Maulani membagikan ilmu yang bermanfaat sekali bagi 42 peserta Kelas Growthing Blogger (KGB).

Irwin Andriyanto dan Kelas Gratis

Siapakah Mas Irwin? Dari mana aku bisa tahu soal blogger keren ini? Nggak lain dan nggak salah lagi, karena secara nggak sengaja blognya ditemukan dengan kata kunci "lomba blog". 

Ya, aku memang suka cari info-info tentang lomba blog. Dan blog milik Mas Irwin Andriyanto sering menyajikan informasi seputar lomba blog, sayang sekarang sudah tidak lagi. Akhirnya aku bikin postingan info lomba blog sendiri. 

Lanjut mengulas tentang Mas Irwin. Beliau adalah salah satu coach yang mengadakan Kelas Naikin DA dan Kelas Growthing Blogger. Kedua kelas ini diadakan secara gratis. 

Di sini para blogger dididik secara milliter. Coba aja nggak ngerjain tugas, maka siap-siaplah terkena aksi dari 'tendangan si madun' alias diantarkan keluar grup. 

Jadi sebelum masuk ke kelas ini, pastikan punya banyak waktu luang buat merombak blog habis-habisan. Ada juga peserta yang sampai ganti template agar tidak kena kick. Bersiaplah juga bagi emak-emak yang punya suami dan anak, bakal kena demo dari keluarga akibat terlalu sibuk sendiri. 

Dari awal, Mas Irwin sudah memberikan peringatan keras bahwa ikut kelas ini harus siapkan mental dan stamina. Di 2 kelas sebelumnya ada yang muntah-muntah akibat kebanyakan materi. 

Coach yang Sigap Menjawab Pertanyaan

Biar kelas gratis, tapi Mas Irwin selalu sigap dalam menjawab pertanyaan dari para peserta yang kebanyakan cewek dan emak-emak. Kebayang nggak, gimana rempongnya kelas ini? 

Selama sebulan pasti hapenya selalu bunyi, karena tiap ada masalah pasti manggil coach Irwin, pake tag namanya lagii. Termasuk aku sih! Ha, ha maafkan daku ya, Coach! 

Irwin Andriyanto, Coach yang Kocak

Mas Irwin lahir di Tegal tahun 1993. Sudah menikah dan memiliki satu anak. Wajahnya oriental namun asli pribumi. Masih sangat muda, namun kemampuannya di bidang SEO sudah tidak bisa diragukan lagi. Hal ini didapat, karena beliau serius dalam menggali pengetahuan di bidang SEO. 

Sebelum memberikan materi Naikin DA buat para peserta, ternyata Mas Irwin sudah bereksperimen bagaimana menaikkan skor DA dari banyak blog. Jadi ilmu yang diberikan oleh Coach Irwin bukan kaleng-kaleng.

Dari postingannya di Facebook, siapa sangka seorang Irwin Andriyanto ternyata orangnya kocak tapi serius. Kocak dalam menuliskan aturan sekaligus tegas. Jadi peserta yang lalai dalam mengerjakan tugas pasti akan dikick keluar dari grup. 

Buat yang pernah mengisi formulir pendaftaran peserta KGB pasti tahu persis kalimat yang aneh bin nyesek itu, kan? 

Bagi yang belum tahu, aku nggak akan kasih tahu karena nanti malah jadi nggak mau belajar sama Coach Irwin, ha, ha. 

Pemberi Materi Terakhir 

Beruntung aku termasuk menjadi salah satu dari 7 peserta yang bertahan hingga saat ini. Ibarat permainan babak terakhir pasti babak yang paling sulit. 

Tak heran jika kelas terakhir dipegang oleh Mas Irwin sendiri. Dan asli, materinya paling bikin pusing tujuh keliling. Aku sendiri sampai nggak bisa nanya karena bingung apa yang mau ditanyakan. Bukannya sudah paham, tapi sebaliknya aku tak dapat memahaminya sama sekali. Biarlah yang lain saja, ha, ha. 

Materinya cukup singkat yaitu tentang Audit SEO. Tools yang dipakai adalah Lighthouse, Webpagetest dan Security Header. 

Cara ceknya cukup mudah, cuma cara memperbaiki website itu yang nggak mudah. Kata Mas Irwin itu perlu edit HTML. Nah, PR besar kan kalo soal edit-edit gini. 

Coach Irwin Andriyanto yang Selalu Teliti

Salut sih, sama kegigihannya Mas Irwin yang jeli dalam meneliti tugas setiap peserta. Biarpun kelasnya gratis, tapi Mas Irwin mau mengoreksi apa yang masih kurang dari blog milik para peserta. Wajar aja, kalo diterapkan aturan kick bagi peserta yang nggak serius dalam mengerjakan tugas. 

Aturan ini membuat kami otomatis dituntut lebih teliti dan bolak-balik mengoreksi jika ada kesalahan. Dam inilah yang kurasa ilmu paling berharga dan boleh dicontoh dari seorang Mas Irwin. Keseriusan kerja keras dan disiplin yang akan mengantarkan blogger para sebuah kesuksesan. 

Buat yang ingin mengetahui informasi tentang  Mas Irwin bisa kepoin akun media sosial berikut:
Facebook: Irwin Andriyanto
Twitter: @masirwindotcom (Pemain Cadangan)
Instagram: @masirwin (Irwin Andriyanto)
Linkedln: Irwin Andriyanto 
 

0 Comments