Kebersihan Dapur Restoran

Dapur restoran merupakan tempat yang amat penting diperhatikan kebersihannya. Mengingat bahwa dapur restoran lebih sibuk daripada dapur biasa di rumah membuat tempat ini jadi lebih cepat kotor.  

Jangan sampai pelanggan mendapati makanan yang disantapnya dihasilkan di tempat yang kurang higienis, akibat terkontaminasi dari dapur restoran. 

Kebayang nggak sih, sewaktu pergi ke sebuah restoran kita secara tak sengaja melihat dapur yang kotor dan berantakan? 

Aku pernah sekali melihat tumpukan piring kotor diletakkan bersamaan dengan sayuran yang akan dimasak. Belum lagi wajan dan panci yang hitam penuh arang sisa memasak.

Sejak saat itu, aku malas kembali ke restoran tersebut. Padahal sebelumnya, aku salah satu dari pelanggan setia mereka.

Jangan sampai usaha restoran atau rumah makan kita kehilangan atau membahayakan kesehatan pelanggan karena dapur yang kotor atau malah membuat pelanggan jadi sakit perut gara-gara kelalaian dalam membersihkan peralatan makan atau memasak?  

Oleh karena itu, ada baiknya kita mempelajari bagaimana menjaga kebersihan dan kerapihan dapur restoran agar bisnis kita lancar. Dapur yang bersih dan rapi juga membuat pekerja restoran menjadi lebih semangat bekerja.

Tips Menjaga Kebersihan Dapur Restoran 


Dapur Restoran Bersih
Sumber: Canva


Buat Daftar Tugas Harian

Langkah pertama, buat daftar tugas masing-masing staff dan bagi tanggung jawab dalam menjaga kebersihan di area kerjanya masing-masing. Biasakan agar selalu menjaga tempat kerjanya selalu rapi. 

Jika diperlukan buatlah jadwal piket harian, siapa yang akan membersihkan permukaan meja, kompor, sela-sela yang tak terlihat dan bagian lantai. 

Pastikan semua area meja, tempat cuci piring, peralatan memasak dan lantai sudah dibersihkan ketika jam operasional restoran berakhir sehingga siap digunakan keesokan harinya. 

Bersihkan semua peralatan masak

Pastikan selalu mencuci peralatan memasak setelah selesai digunakan. Jangan biarkan panci atau wajan tergeletak dalam waktu yang lama bahkan dipakai kembali sebelum dibersihkan. Hal ini bisa menjadi sarang kuman dan menyebabkan penyakit. 

Cuci semua alat masak dan piring dengan sabun cuci piring yang mengandung antibakteri. Bersihkan semua peralatan dan keringkan sebelum disimpan kembali. 

Cuci semua peralatan makan yang kotor 

Sebelum mencuci sebaiknya semua sisa-sisa makanan ditaruh di bak sampah terlebih dulu. Bersihkan noda-nodanya dengan air, barulah dibilas dengan sabun. 

Pastikan ketika membilas dengan air, tidak ada lagi sisa sabun yang menempel di permukaan peralatan makan. Keringkan dengan kain lap. 

Barulah peralatan makan siap digunakan kembali. Letakan di tempat yang bersih dan jauh dari tempat sampah agar tidak terkontaminasi. 

Perhatikan Spons Cuci Piring

Selain sabun cuci piring, spons rupanya perlu juga diperhatikan kebersihannya. 

Spons cuci piring bisa menjadi tempat persembunyian bakteri. Bersihkan spons setiap hari. Peras dan simpan di tempat yang kering.

Panaskan spons basah dalam microwave selama 1 menit agar semua bakteri, kuman, dan jamur dapat mati. Bisa juga dibersihkan dengan cara direndam dengan air panas dan diberi zat pemutih. 

Ganti spons cuci piring dan alat masak secara rutin agar lebih terjaga kebersihannya. 

Bersihkan Kulkas Secara Rutin

Kulkas merupakan tempat penyimpanan bahan makanan yang akan dimasak, sebaiknya dibersihkan secara teratur agar tidak bau bahkan menjadi media penyebaran penyakit. 

Kulkas bau
Sumber: Idea.grid.id

Bersihkan kulkas dengan spons bersih dan sabun cuci piring untuk menghilangkan kotoran dan tumpahan cairan. Keluarkan bahan makanan dan tata kembali letaknya agar selalu rapi. 

Perhatikan Kebersihan Kompor 

Kompor juga perlu diperhatikan kebersihannya, mulai dari tuas, permukaan hingga tungku. Jangan biarkan sisa-sisa pembakaran menempel dan menumpuk sehingga susah dibersihkan. 

Tungku kompor yang dibersihkan juga dapat menjaga nyala api tetap biru sehingga mempelancar proses memasak. 

Jaga Kebersihan Bak Sampah 

Kebersihan tempat sampah juga perlu diperhatikan, jangan sampai ada yang tercecer dan akhirnya menyebar ke mana-mana. 

Pastikan tempat sampah selalu dalam keadaan kering. Jika sudah penuh sebaiknya cepat-cepat dibuang agar tidak mengundang lalat dan menimbulkan bau tidak sedap. 

Gunakan juga bak sampah yang tidak harus menyentuh tutup secara langsung dengan tangan, agar menghindari kontaminasi dengan makanan. 

Bersihkan Bak Cuci Piring 

Bak cuci piring juga tidak boleh luput dari perhatian dan wajib dibersihkan secara teratur. Bersihkan sisa makanan yang berada di bak tampung, sikat seluruh permukaan dengan sikat kawat dan air sabun cuci piring. 

Selalu Rajin Membersihkan Lantai Dapur 

Setelah memperhatikan bagian atas dapur restoran, saatnya membersihkan lantai atau bagian bawah. 

Sapu seluruh lantai dapur setelah semua peralatan dibersihkan dan disimpan. Bebaskan lantai dari kotoran, debu dan serpihan bahan makanan yang tak sengaja jatuh di kolong meja dan tempat tersembunyi. 

Pel dengan air dan cairan pembersih lantai yang mengandung disinfektan. 

Tips Tambahan:

Hal wajib yang tak kalah penting harus dilakukan adalah mencuci tangan dengan sabun. Terutama di masa pandemi seperti ini. Cegah penularan virus dengan selalu rajin mencuci tangan sebelum memegang bahan makanan atau memasak. 

Nah, demikianlah tips-tips untuk menjaga kebersihan dapur restoran, semoga bermanfaat :))


Sumber Referensi:

http://architectaria.com/cara-membersihkan-dan-merapikan-dapur-restauran.html
https://www.unileverprofessional.com/id/blog/id-cleaning-standards_7-tips-membersihkan-dapur-restoran-sesuai-standar-who
https://www.safetyshoe.com/5-hal-penting-ini-saat-membersihkan-dapur-restoran/
https://www.popmama.com/life/home-and-living/onicmetheany/6-cara-menjaga-kebersihan-spons-dapur



16 Comments

  1. penting banget mbak menjaga kebersihan dapur resto, warung atau depot.
    karena kalau dapurnya bersih, orang akan menganggap bahwa masakan yang dimasak pun juga ga asal-asalan
    kadang ada tuh kita makan, pas mau numpang ke belakang dan liat dapurnya kotor, malah pikiran jadi kemana-mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba, saya pernah ngalamin gitu, langsung gak selera balik ke sana lagi.

      Delete
  2. Duh, iya banget. Pernah ngalamin juga. Ngeliat dapur tempat makan favorit yang sungguh bikin sakit kepala. Udah gitu sempet ngga sengaja liat salah satu koki yang masak, ngambil hasil gorengan yang jatuh di meja yang kotor. Terus langsung ditaro dipiring saji. Langsung aja abis itu ga mau ke situ lagi

    ReplyDelete
  3. bener ya, kebersihan akan mebuat makanan menjadi sehat gak ada kumannya. bener2 harus dijaga

    ReplyDelete
  4. Yap sepakat banget sm tips di atas sih. Penting banget buat bersihin lemari es secara berkala biar ga ada bau2 sayur yg membusuk, trs kebersihan kompor juga penting. Di rumah pun ibuku rajin banget gosok2in kompor, hhh

    ReplyDelete
  5. Kebersihan memang bener2 harus dijaga, aku pernah beli nasi goreng di suatu tempat makan, ketika itu nasi sedang di goreng karena aku beli banyak sama temen2ku, jadi wajannya penuh, nasinya tumpah ke kompor dan diambil lagi di masukkan ke kompor lg. Kebayang kan rasanya, hihi

    ReplyDelete
  6. Paling penting lagi nyuci peralatan makan dengan air mengalir
    Bukan dengan air di ember yang dipke nyuci banyak peralatan makan secara berulang kali trus di lap gt ja
    Klo yg gt sy mending bawa pulang ja hihi
    Lbh bagus lg klo masak sendiri hehe

    ReplyDelete
  7. Menjaga kebersihan peralatan di rumah bagusnya memang rutin ya dilakukan, cuma terkadang untuk memulai rutinnya suka susah hihi

    ReplyDelete
  8. emang penting banget menjaga peralatan di dapur itu, apalagi itu untuk makan

    menurutku bila peralatan restoran aja terlihat jorok maka pastinya cara memasak para kokinya juga jorok hehehe

    ReplyDelete
  9. Iya bener tuh, kebersihan dapur warung/resto suka aku perhatikan juga. Bikin ilfil juga ya kalo liat ternyata kemproh. Huhu

    ReplyDelete
  10. Menjaga kebersihan dapur memang penting banget. Kalau dapurnya kotor, kebayangkan bagaimana makanan yang dihasilkan. Bakal jadi kurang selera dan nggak akan balik untuk beli deh. Jadi bukan hal yang dianggap sepele nih.

    ReplyDelete
  11. Skala besar nih membersihkan dapur restoran. Harus dilakukan sebaik-baiknya. Karena akibatnya ke orang banyak. Kalau gak totalitas bersih, bosa membahayakan. Nice tips. Semoga membantu para pengusaha restoran untuk ingat tentang bersih-bersih ini.

    ReplyDelete
  12. kebersihan dapur restoran sama pntingnya dgn dapur sendiri. Kebayang jika dapur sndri berantakan, akan mmbuat mood memasak dan makan jadi tak karuan T_T terima kasih ulasanny Mb ^^

    ReplyDelete
  13. menjagadapur resto adalah sebuah kewajiban dari pemilik dan pekerja resto tersebut kalau tidak mau kehilangan pelanggan yang tak sengaja melihat keadaan dapurnya, saya juga sering sekali melihat dapur resto ada yang bersih dan ada yang ga. dari sana kita harus berhati-hati dan juga harus pandai memilih resto mana yang harus kita kunjungi.

    ReplyDelete
  14. Terima kasih tipsnya, Kak. Bermanfaat banget bagi saya yang niat mau buka resto kecil-kecilan hehe

    ReplyDelete
  15. Kalau buka usaha warung atau resto gitu memang harus benar-benar diperhatikan kebersihannya apalagi di masa pandemi gini. Nah, ini tipsnya mantul sekali.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.