Rabu, 15 Mei 2019

Bau Mulut Saat Berpuasa? Mungkin 7 Faktor Inilah yang Jadi Penyebabnya

Halo, teman-teman, gimana puasa Ramadan kalian? Masih lancar kan? Oya, apakah ketika berpuasa, teman-teman juga mengalami masalah yang sama dengan saya? Itu lho, masalah bau mulut. Kan, jadi nggak percaya diri ketika bertemu teman atau keluarga. Bawaannya kayak mau menyemburkan asap polusi ke hidung mereka tiap kali mau bicara, ha, ha. Lalu apa sih yang jadi penyebab bau mulut? Ini dia 7 diantaranya.

Baca Juga: Prive Uri-cran Suplemen untuk Hidup Aktif dan Percaya Diri Bebas Anyang-anyangan


1. Kurang asupan air putih saat sahur dan berbuka

Hayo ngaku, siapa di sini kalo berbuka banyakan minum es atau teh daripada air putih? *tunjukjarisendiri. Memang sih, kalo lagi buka itu enaknya minum yang hangat atau dingin sekalian. Air putih kadang nanti-nanti, itu juga kalo inget. Padahal sebenarnya air putih itu penting banget biar mencegah sariawan dan mulut pecah-pecah. Jadi yang belum minum 8 gelas sehari selama buka dan sahur mulai sekarang, yuk, minum air putih!

2. Kurangnya asupan buah-buahan saat berbuka

Buah-buahan seperti Apel, jeruk, tomat sebenarnya bisa membantu untuk mengurangi bau mulut. Karena kandungan vitamin C-nya dapat membantu mencegah sariawan dan bibir pecah-pecah yang menyebabkan bau mulut. Apel juga bisa membersihkan gigi sehingga bebas dari sisa makanan.

3. Malas menyikat gigi setelah makan sahur dan berbuka

Rajinlah menyikat gigi, karena penyebab bau mulut salah satunya adalah sisa-sisa makanan yang masih tertinggal pada sela-sela gigi. Bersihkan karang gigi jika ada. Gigi berlubang juga memerlukan perhatian khusus, karena di lubang tersebut biasanya akan muncul bakteri yang menimbulkan bau tidak sedap.

4. Makan makanan yang beraroma menyengat

Kamu suka makan jengkol, petai, duren atau bawang mentah? Mulai sekarang lebih baik kamu hindari makan makanan yang berbau menyengat. Pas nggak puasa aja, kalo orang makan pete atau jengkol pasti nafasnya bau, apalagi kalo puasa! Mendingan nggak sama sekali deh!

5. Enggan berkumur dengan air garam sebelum tidur

Selain menyikat gigi dengan rutin, kamu juga perlu berkumur dengan air garam sebelum tidur. Air garam ampuh untuk mengobati sariawan, mengatasi sakit gigi, radang tenggorokan, gusi bengkak dan menjaga kebersihan mulut dari kuman penyebab bau mulut.  Caranya, larutkan setengah sendok garam dalam segelas air hangat (250ml), segera kumur-kumur, jangan ditelan. Ulangi berkumur secukupnya.

6. Kebanyakan tidur

Banyak orang berpuasa menghabiskan waktu dengan tidur, padahal hal ini dapat memicu tubuh menjadi kekurangan air dan mulut menjadi makin kering sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Jadi sebaiknya saat berpuasa jangan kebanyakan tidur ya, tetapi banyaklah beraktivitas keagamaan.

7. Suka makan makanan manis seperti cokelat

Cokelat mudah sekali menempel di gigi dan menimbulkan bau mulut. Maka sebaiknya makanan manis yang mudah menempel di gigi seperti cokelat atau roti dihindari selama berpuasa. Nggak mau kan, dijauhi teman dan kerabat gara-gara bau mulut?


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.