Kamis, 16 Mei 2019

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto

Lebaran sebentar lagi.
Makan ketupat sebentar lagi.
Mau beli atau bikin sendiri?
Masak ketupat pakai panci presto?
Bisa aja!

Prfmnews

Biasanya kalau beli ketupat udah jadi kan nggak bisa memilih isinya yang berasnya bagus atau tidak, bersih atau banyak kulit gabahnya. Udah gitu, menurut perhitungan emak-emak yang hobi ngirit nih, harga ketupat di hari raya, mahalnya bikin nyesek deh!

Mending beli selongsong ketupat lalu isi beras sendiri dan masak sendiri. Tapi, masaknya kan lamaaaa, bikin gas jadi habis. Duh! Bikin bengkak pengeluaran lagi nih!

Eits, ternyata masak ketupat pakai panci presto bisa menghemat gas, yang biasanya masak ketupat sampai 2 jam, pakai panci presto hanya 45 menit. Wah, irit ya?!

Cara Memasak Ketupat dengan Panci Presto

1. Siapkan panci presto. Pastikan semua baut dan katup-katup masih berfungsi dengan baik.
2. Siapkan 1 kg beras, selonsong ketupat, 2 lembar daun pandan dan air secukupnya.
3. Cuci bersih beras. Rendam dengan air dan daun pandan selama 1 jam. Tiriskan.
4. Isi selongsong ketupat. Cukup setengah atau 3/4 untuk mendapatkan ketupat yang keras. Lakukan hingga beras habis.
5. Masukkan selongsong ketupat ke dalam panci presto, tambahkan air bersih, sisakan sekitar 3 ruas jari dari panci paling atas agar air tidak meluap. Pastikan ketupat terendam semua.
6. Tutup dengan aman panci presto. Panaskan api paling besar sampai uap pertama bisa menggerakkan katup uap. Setelah katup berputar dan berdesis selama 10 menit, kecilkan api ke normal. Masak hingga 45 menit.
7. Matikan api. Biarkan panci presto sampai suhunya turun sendiri.
8. Keluarkan ketupat dari panci.Tiriskan dengan menggantungkan ketupat.

Tips menggunakan panci presto:

Ternyata panci presto dan panci biasa itu beda cara penggunaannya. Kalau yang nggak tahu, bisa kena insiden yang cukup fatal yaitu terkena semburan uap panas dari dalam panci. Panci presto ini merupakan panci yang mampu memasak dengan lebih cepat. Karena menggunakan tekanan uap air bertekanan tinggi dalam prosesnya.

Kuncinya dalam menggunakan panci presto dengan aman adalah JANGAN pernah membuka paksa panci presto yang terkunci. Karena itu artinya tekanan uap air di dalam masih ada. Dan bila dipaksa akan menimbulkan ledakan.

Cara pertama bisa dengan membiarkan panci presto dingin sendiri. Yang kedua dengan membuka katup pengaman di atas panci. Atau menyiramkan air dingin sampai panci presto turun suhunya dan dapat dibuka dengan mudah.

Nah, semoga tulisan di atas bisa bermanfaat ya, teman.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.