Kamis, 09 Mei 2019

[Cerpen] Rahasia Resep Soto Ayam Mama Friska

Maya mencicipi kembali kuah kaldu yang ada di depannya. Ingatannya berusaha merekam kembali detil kata-kata mama dalam membuat kuah soto yang lezat.


"Masih ada yang kurang kelihatannya," gumannya agak kecewa.

Ia kembali menelusuri selembar resep yang ditempelkannya di pintu kulkas dengan seksama. Meyakinkan dirinya bahwa ia sudah melakukan semua dengan benar. Dari bahan bumbu, cara, sampai takaran, ia yakin tidak ada yang keliru.

Ini sudah percobaan ke enam belas, sejak ia menikah dengan Surya, ia selalu mencoba membuat soto ayam kesukaan suaminya. Surya, suami Maya yang baru dinikahinya satu setengah tahun itu, memang pecinta berat Soto Ayam, namun paling suka dengan masakan mamanya.

"Gimana?"

"Hmm, masih ada yang kurang. Tidak seperti ini masakan mama," ujar Surya ketika Maya menghidangkan semangkok Soto Ayam.

"Enak tidak?" Tanya Maya penasaran.

"Enak sih, tapi masih belum mirip Soto Ayam Mama Friska," kata suaminya dengan cuek sambil terus melahap soto bikinan Maya, istrinya.

Sebenarnya rasa Soto Ayam bikinan Maya sudah enak di lidah Surya, tapi kata-kata tambahan 'belum mirip masakan mama' yang membuat Maya jadi penasaran dengan masakan Soto Ayam mama mertuanya itu. Maya sampai berjuang mencari resep Soto Ayam di keluarga Surya, mulai dari kakak perempuan Surya, Tia ponakan yang sekaligus cucu kesayangan Oma Friska.

Akhirnya perjuangan Maya dalam mendapatkan resep Soto Ayam berhasil, ia telah menemukan tulisan resep asli dari mama Friska. Resep itu tertempel di dinding dapur rumah tua mama Friska.

Untuk mencicipi rasa Soto Ayam mama Friska tentu sangat mustahil, karena sang pemilik resep sudah tiada sejak tiga tahun sebelum ia menikahi Surya.

"Kali ini harus berhasil, mama Friska tolong bantu aku buat Soto Ayam ini mirip dengan masakan mama," ujar Maya dalam hati, tangannya mulai meracik bumbu-bumbu.

Sampai menjelang waktu berbuka, akhirnya Maya berhasil membuat Soto Ayam.

"Luar biasa, kurasa inilah masakan Soto Ayam yang terlezat di dunia," kata Surya.

Maya terhenyak. Beginikah rasa asli masakan Soto Ayam mama?

Surya tersenyum.

"Terima kasih ya istriku, sudah berusaha memasak Soto Ayam dari berbagai daerah di Indonesia untukku. Dan aku paling suka Soto Ayam yang ini," katanya.

"Boleh tahu ini Soto Ayam dari mana?" Tanya Surya.

Sekarang Maya yang tersenyum dan malah menggoda suaminya, "coba tebak, ini Soto Ayam dari mana?"

Kini giliran Surya yang penasaran. Maya pun tertawa. Ia baru tahu ternyata mama Friska memang suka masak dari berbagai daerah di Indonesia, walaupun sebenarnya mereka adalah warga keturunan. Dan resep rahasia Mama Friska yang sempat bikin Maya penasaran adalah Soto Ayam dari Yogyakarta. 
***

Resep Soto Ayam Jogja

Bahan:
600 gr ayam kampung
1/2 kg kubis
1/4 kg tauge
150gr bihun
2 buah tomat
2 batang daun bawang
3 batang seledri
100 gr bawang goreng
3 buah jeruk nipis
Cabe merah rawit untuk sambal

Bumbu:
10 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
Seruas laos
2 ruas jahe
3 ruas kunyit
 1sdt merica
1/2 sdt ketumbar
2 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
3 batang serai
3 butir cengkeh
Sebutir kapulaga
Garam
Gula
Kaldu bubuk

Cara membuat:
1. Rendam bihun dalam air panas sampai lunak, tiriskan. Cuci bersih taoge dan siram dengan air panas, tiriskan. Bersihkan kubis, daun bawang, seledri. Iris halus.

2. Tumis bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit. Angkat, haluskan bersama merica dan ketumbar. Tumis kembali hingga harum, masukkan ayam, beri sedikit air.

3. Rebus air hingga mendidih, masukkan bumbu dan ayam tadi hingga lunak. Beri garam, gula, serai, cengkeh, kapulaga, daun jeruk, daun salam, kaldu bubuk. Setelah ayam empuk, angkat dan suwir-suwir.

4. Tata dalam mangkok, bihun, taoge, daun bawang, seledri, bawang goreng, siram dengan kuah soto panas, sajikan bersama sambal.

(RESEP diambil dari COOKPAD).

Day 4 #30HariKebaikanBPN 

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.