Sabtu, 29 Desember 2018

Kilas Balik 2018 dan Resolusi Catatan Yustrini 2019



Menuju akhir tahun 2018 dan menyongsong tahun 2019 ini saya akan mengulas balik tentang Catatan Yustrini. Dan yang pasti membuat resolusi buat Catatan Yustrini tahun 2019 nanti.

Selama tahun 2018 sampai hari ini, tanggal 28 Desember sudah ada 62 postingan. Jumlah ini lebih banyak dari tahun 2017 yang cuma ada 42 postingan. Tapi saya sadar betul bisa mencapai angka 62 itu karena dibantu dengan mengikuti challenge 30 hari dari Blogger Perempuan. Artinya jika saya tidak menyelesaikan tantangan itu, saya cuma punya 32 tulisan saja.

Saya percaya bila sesuatu dikerjakan dengan serius maka akan mendatangkan hasil yang tidak mengecewakan. Sama dengan menulis, jika dilatih terus maka akan makin terasah. Berikut hal-hal penting yang terjadi di tahun 2018 dalam bidang menulis blog:

1. Postingan pertama di awal tahun 2018 adalah Wisata ke Candi Prambanan & Candi Ratu Boko. Merupakan postingan yang mendapat kunjungan terbanyak tahun ini.

2. Membuat blog baru khusus review film & buku di bulan Januari.

3. Berhasil menjadi pemenang ke 3 lomba Blog & Vlog Campaign dari Nusaresearch. Mengisi Waktu Luang dengan Survey dari Nusaresearch.

4. Mulai terjun ke lapangan untuk menulis. Nggak secara sengaja hunting sih, cuma baru jalan-jalan terus jepret-jepret buka mata, buka telinga terus tuangin di blog jadi satu postingan deh!

5. Mulai bergabung dengan komunitas blogger di bulan Juli, diantaranya ada Komunitas Blogger Jogja dan Blogger Perempuan. Sebenarnya saya sudah mengikuti Komunitas Blogger Perempuan sejak tahun lalu tapi tidak aktif ikut dalam event yang sering diadakan. Baru kemarin saja ikut #BP30DayChallenge2018.

Di event ini saya mulai bisa berkenalan dengan blogger-blogger yang lain. Bahkan menambah teman di akun medsos saya yang tadinya cuma sedikit.

4. Event pertama yang diikuti saya selama jadi blogger adalah event produk sampo yang bekerja sama dengan KBJ. Event ini ada pada bulan November 2018.

5. Mulai aktif di Kompasiana bulan November, sampai saat ini baru ada 2 tulisan.

6. Mulai ikut grup WA Blogger Jogja dan ikutan BW blog dan akun sosmed.

Di tahun 2018 ini saya banyak dibukakan pemikiran bahwa menulis blog nggak cukup hanya duduk di depan komputer dan menulis. Sesekali perlu terjun sendiri untuk mencari bahan tulisan sangat diperlukan. Suami saya sering bilang, buku memang jendela dunia. Tapi jendela itu kan kecil sementara dunia itu luas maka kamu perlu membuka pintu, keluar dan temukanlah pemandangan yang kamu lihat dari jendela. Rasakan kamu memang  berada di tempat itu dan tuliskan apa yang kamu rasakan.

Dan rasanya memang beda nulis berdasarkan pengalaman dibanding hanya menulis dengan data cari di google. Beda feel nya.

Saya percaya apa yang terjadi kepadaku telah diatur oleh Tuhan, bisa masuk dalam dunia blog juga karena Tuhan. Meski begitu, resolusi juga sangat diperlukan supaya hidup lebih terarah.

Resolusi Tahun 2019:




1. Merapikan blog di awal tahun 2019 sekaligus membranding diri.
2. Lebih selektif dalam mengikuti lomba blog sambil belajar meningkatkan kemampuan menulis.
3. Rajin blogwalking ke blog teman-teman.
4. Rajin share ke sosial media supaya blog banyak pengunjung.
5. Belajar memotret supaya foto-foto di blog terlihat menarik.
6. Menulis dengan jadwal yang ditentukan.
7. Rajin mengikuti event yang diadakan komunitas.
8. Aktif menulis untuk 2 blog, Kompasiana, The Smarterway Community by ShopBack.

Udah itu aja. Kalo kebanyakan, takutnya nanti nggak jalan, keburu males duluan lihat daftarnya. Gimana sama kamu? Apakah sudah membuat resolusi blog di tahun 2019? Apapun itu saya doakan supaya segala rencana kamu yang baik dapat terlaksana di tahun 2019. Amin.

Selamat Tahun Baru 2019. 

Salam Damai,

YUSTRINI


Tulisan ini diikutsertakan dalam 2018 Year In Review Blog Challenge. 
#BloggerPerempuan

Dapat apresiasi E-money dan gantungan kunci. 

4 komentar:

  1. Salam kenal mbak...semoga blogging tahun 2019 tercapai dan semalikn semangat menulis. Salam Kukuruyuk dari Semarang

    BalasHapus
  2. Salam kenal kembali:)
    Aminn Bundaaa... Makasih kunjungannya dan berkomentar di sini.
    Salam kukuruyuk

    BalasHapus
  3. aku juga punya akun di kompasiana sejak beberapa bulan lalu, tapi masih kosong aja, hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kok samaan :) Yang penting bikin akun dulu ya wkwkwk

      Hapus

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.