Kelas Growthing

Kelas Growthing merupakan rejeki spesial di tahun 2020 buat diriku. Awalnya nggak nyangka bisa lolos daftar ke kelas ini mengalahkan ratusan blogger lain dan menjadi salah satu dari 42 orang peserta. Kelas ini merupakan kelas ke-3 yang dibuka oleh Mas Irwin, dkk. Sebelumnya saya pernah mendaftar dua kali di kelas sebelumnya namun nggak lolos.

Oleh karena itu, saya sekuat tenaga berusaha agar tetap berada di kelas ini. Alasannya tentu karena ingin mengembangkan diri sebagai blogger dan memonetisasi blog. Harapannya tentu agar bisa menyerap ilmu baru dari para mastah blogger.

Mengembangkan Diri dengan Belajar

Sesuai dengan namanya, kelas ini dibuat dengan materi untuk meningkatkan alias growthing ilmu. Jadi blogger emang harus selalu belajar, kan?

Di sini, para blogger ditempa dengan materi yang sudah pasti harus bisa dikuasai oleh blogger. Malu dong ikut campaign atau job nulis tapi begitu laporan hasilnya nol besar!

Makin lama berkecimpung di dunia blog membuatku sadar bahwa ternyata ngeblog bukan cuma sekedar nulis lalu posting gitu aja. Ngeblog ada teknik-teknik tertentu yang harus diterapkan agar website yang dikelola menjadi lebih berkembang. Salah satunya adalah teknik SEO onpage dan offpage.

Dulu memang di awal-awal membuat blog, saya nggak peduli tentang SEO On Page, SEO Off Page, Google Analitycs, Google Search Console. Nulis tinggal nulis aja. Asal rapi formatnya, diposting. Nggak peduli ada brokenlink, backlink atau error blog lainnya. 

Sekarang baru sadar bahwa ngeblog bukan soal menulis atau curhat isi hati aja. Tapi ada sesuatu yang harus berkembang. SEO harus diterapkan di setiap postingan biar pageview meningkat dan pengunjung yang datang nggak cuma dari media sosial atau link yang dibagikan ke teman blogger. 

Nggak lucu juga jika ada orang pasang iklan, tapi yang lihat cuma temannya sendiri.

Jadi, blogger nggak cuma sekedar kegiatan mengisi waktu tapi untuk mengikuti perkembangan teknologi.

Menyesalkah masuk ke kelas ini? 

Antara iya dan tidak. Ha, ha. Intinya aku memang pengen meningkatkan ilmu lewat kelas online apa aja. Apalagi masa pandemi gini banyak banget kelas webinar, kelas whatsapp, kelas yang bikin upgrade. Dan banyak yang gratis.

Jujur sih, waktu mengisi formulir pendaftaran yang aku dapatkan di facebook. Kepikiran kok pertanyaannya rada gokil, nyleneh gitu? Ada pilihan ganda putra, ganda putri dan ganda campuran. Apaaan siih?!! Tanya aku dalam hati.

Kezel, geli ya antara itu. Mungkin coachnya kocak ya? Sempat bertanya-tanya apa nanti kelasnya serius? Atau cuma buat hore-hore aja?

Ternyata aku salah besaaar!! Kelas ini bikin panas dingin, jantung 10 kali berdetak lebih kencang, tidur tidak nyenyak dan mata pegel. Namun karena saya sedang haus ilmu dan berniat ingin memperbaiki blog yang sudah dikelola sejak 2017 dengan serius maka saya tetap semangat!

Baca Juga: Belajar Website Demi Masa Depan yang Lebih Cerah 

Kesan Setelah Mengikuti Kelas Growthing

Banyak hal yang sudah saya dapatkan selama mengikuti pelajaran di Kelas Growthing Blogger ini. Selain ilmu-ilmu tentang bagaimana membenahi struktur blog, konsep SEO, riset keyword, penanaman backlink yang baik tapi juga tentang kekompakan para peserta.

Setiap tugas atau pekerjaan rumah yang diberikan oleh coach pasti bertujuan untuk kebaikan para blogger. Biar disiplin dan mau bertanggung jawab jika tidak ingin dikick dari grup. Pasalnya, peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Bila ada salah satu anggotanya yang tidak mengerjakan tugas dengan benar maka, yang dikick bukan cuma dia sendiri namun satu tim yang akan dilempar keluar.

Pemberian materi dilakukan sebulan penuh, tiap dua hari sekali ada eksekusi dan ada saja anggota yang dilempar keluar. Sekarang saja hanya tinggal 18 peserta yang masih bertahan. Malam eksekusi inilah yang bikin hatiku dag-dig-dug nggak karuan. Maklumlah siapa yang lalai dalam mengerjakan soal akan terkena "tendangan madun".

Aturan yang unik dan nggak biasa membuat para pesertanya selalu kompak dalam mengatasi permasalahan blog. Bila ada salah satu teman yang kesulitan, maka teman yang lain akan membantu meski hanya lewat chat.

Baca Juga: Persiapan Menjadi Blogger di Masa Depan

Tentang Dua Orang Peserta Lain

Jalinan pertemanan yang baru dengan peserta lainnya merupakan bonus bagiku. Banyak teman banyak rejeki menambah ilmu. Nggak bisa dipungkiri jika faktor saya bisa tetap berada di kelas pengembangan blogger ini adalah karena diskusi materi yang ada di grup. Para coach juga dengan senang hati memberikan tips-tips yang membuka wawasan. 

Peserta Kelas Growthing ini berasal dari berbagai daerah, dua diantaranya ada dari Sambas, Kalimantan Barat dan Banyumas, Jawa Tengah. Mau tahu tentang profil mereka? Yuk saya kenalin.

1. Mas Eko

Blogger pertama ada Mas Eko atau Bang Eko bernama lengkap Wahyu Eko Cahyanto yang tinggal di Sambas, Kalimantan Barat. Pernah bekerja di salah satu perusahaan percetakan sebagai desainer grafis di Pontianak dan kini sedang merintis usaha roti setelah resign di bulan Maret kemarin. 

Memiliki hobi lari dan nonton drakor. Mulai aktif ngeblog tahun 2017 dengan tujuan mendapat penghasilan dari adsense walau belum diapprove sampai sekarang. Niche blog yang dipilih sebenarnya Korea dan lari walau lebih terkesan isinya gado-gado juga. 

Kita juga bisa mengintip berbagai desain karyanya di akun Instagram wahyuekocahyanto. Bang Eko lebih suka menyebut dirinya desainer iseng karena memang cuma iseng aja, wkwkw. Tujuannya masuk ke Kelas Growthing kurang lebih sama dengan saya yaitu menaikkan DA biar bisa ikut job menulis. 

2. Mbak Hanat 

Selain aktif ngeblog, Mba Hanat yang bernama lengkap Hanat Futuh Nihayah ini memiliki kesibukan menjadi guru les privat di rumah dan sesekali jadi MC. Hobinya adalah membaca buku, jalan-jalan dan memasak. Dari hobi inilah, Mba Hanat berbagi cerita seputar buku, resep masakan dan kegiatan seru saat berwisata. 

Mba Hanat juga aktif menjadi Youtuber dan menjadi seorang quiz hunter juga. Buku-buku yang diulas di blog merupakan hasil dirinya mengikuti kuis atau giveaway. Ia juga pernah memenangkan smartphone yang digunakan buat ngeblog sekarang. Kalo ada yang mau bagaimana biar bisa menang giveaway bisa kepoin blognya di Hanat Futuh Nihayah's Blog dan akun Youtube Hanat Futuh. 

Blogger Harus Terus Belajar 

Dunia terus berputar, semua berubah dan Google juga terus berubah. Metode yang sekarang digunakan untuk mengoptimalkan website bisa saja tidak berguna lagi. Entah setahun lagi atau mungkin besok? Karena itu, blogger harus terus belajar mengembangkan diri. 

Teliti, disiplin dan bekerja keras harus selalu diterapkan jika mau jadi lebih profesional. Selain itu mengembangkan cara coba-coba-bisa juga sangat dianjurkan agar mendapat ilmu baru. Karena kadang teori bisa saja salah. 

Kelas Growthing Premium

Kalau dirasa memperdalam ilmu dengan cara otodidak itu lama, ada kok cara cepat. Kita nggak harus melakukan percobaan sendiri tapi bisa langsung serap ilmu di Kelas Growthing Blogger Premium.

Dengan harga mulai dari 500k, dapat materi daging yang bisa didapatkan dari para coach yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang SEO. Kita bisa langsung diterapkan dalam blog. Bonus tambahannya DA blog bisa naik 30++ dan DR 50++ yang pastinya akan membuat blog kita dilirik klien. Rejeki pun mengalir lewat blog. Asyik, kan?

Tambahan kalo ikut kelas premium, nggak akan ada kick lho! Jadi jangan takut rugi.


Kelas Growthing Premium






51 Comments

  1. Wah seru banget bisa ikut kelas Growthing Blogger seperti ini Mbak, soalnya kalo belajar sendiri kebayang susahnya 😭 aku pengen ikutan tapi udah nyerah duluan soalnya takut ga bisa komit. Besok gantian aku yang diajarin tentang SEO ya Mbak Yus 😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo udah menjalani pasti bisa komit mba. Tadinya aku juga maju mundur buat daftar πŸ˜…

      Delete
  2. Ikut panas dingin bacanya.. tp pasti seru ya karna banyak tugas yang bener2 bermanfaat. Besok kalau dah punya nyali ikutan kelasnya juga ah!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi uji mental ini mbak. Bukan uji nyali.

      Delete
  3. Seru ya ternyata kelasnya, apalagi materinya bikin pesertanya bisa praktek langsung

    ReplyDelete
  4. wah senangnya bisa menjadi salah satu yang lolos dari ratusan blogger yang daftar, pastinya ilmunya banyak banget ya, jadi pengen ikutan juga deh. btw aku juga dulu aps awal-awal ngeblog tahun 2016 akhir ga peduli soal SEO, backlink, google console dan sejenisnya, 2020 ini baru mulai merasa butuh apalagi setelah makin kesini makin seneng deh nulis, wajib ikutan niy buat berikutnya, kabarin kalau ada pemilihan nextnya ya Mba Yus hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba Mei pasti akan info lagi. Ini ada kelas premiumnya yang lebih tenang. PΓ sti karena nggak ada kick πŸ˜‚

      Delete
  5. wah saya dari dulu belajar SEO otodidak. Sesekali ngumpul2 bareng sesama blogger. Seru tuh pastinya belajar SEO. Tapi hati2 juga sekarang banyak master yang menghisap darah newbie :D hehe. Kalau saya disuruh milih ikut training SEO sampai berbulan2, tentu saya akan jauh lebih memilih memproduksi artikel sebanyak2nya. Karena SEO website itu sebenernya adalah update rutin, bukan sibuk belajar SEo yang gak kelar2. hehe. Mending fokus banyak nerbitin artikel aja di blog. Entar SEonya dateng sendiri tuh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakin praktek ya intinya, belajar tanpa praktek cuma teori nggak akan datang SEOnya. Memang harus berani mencoba. Tapi kalo saya udah keburu panik, takut blognya error πŸ˜„πŸ˜

      Delete
  6. Keren banget mbak kelasnya, seru tapi beneran bikin deg-degan ya. Harus solid sama team juga biar sama-sama maju. Good luck mbak . Semoga makin tuntas di dunia blog. Terus nanti tularin ilmunya ke aku hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin trima kasih mba. Intinya kerja sama biar bertahan di kelas.

      Delete
  7. Acara dan ilmunya sangat keren. Jadi pengin belajar juga. Good luck, cece.

    ReplyDelete
  8. Belajar pasti lewat proses. Kelas growthing ini sangat bagus biar disiplin update blog nggak dianggurin. Semangat!

    ReplyDelete
  9. Asyik banget ya ilmunya. Aku baca ini juga ikut deg2an mbak, gak kebayang ya semangat peserta hingga di tahap ini. Besok aku dibagi ilmunya y mbak Yus ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi saya mba yang jadi peserta deg-degan terus. Hahaha siap mba ;)

      Delete
  10. Aku mendukung komentar Nicken di atas. Besok gantian ajarin ya. Hahaha. Klo ikutan kelaa ini, aseli aku pasti gak fokus. Lelet nangkepnya dan kebanyakan nyambi sana sini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap mba, kita sharing aja. He, he aku juga masih lelet nangkep ilmunya.

      Delete
  11. Seru banget sih ikut kelas blogger kayak gini. Jadi pengen ikut kelas blogger juga deh aku. Setuju banget kalau menjadi blogger harus tetap belajar dengan ilmu baru.

    ReplyDelete
  12. Cocok nih kelasnya dilakukan pas pandemi ini. Mau gak mau Covid membuat tiap orang kudu kreatif pada dirinya sendiri. Kalau pas ada rezeki pengen gabung dah 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kelas seperti ini cocok saat pandemi, nambah ilmu jadinya.

      Delete
  13. Beruntung banget bisa ikut kelasnya, mbak. Walaupun bikin deg-degan tapi kayaknya seru banget, dan banyak ilmu baru yang didapat juga. Semoga terus bermanfaat ilmunya, mbak... dan bisa dibagi-bagi juga 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba. Walau efeknya itu senam jantung, he, he. Tapi ilmu yang didapat nggak kaleng-kaleng deh! Semoga bisa nyerap ilmunya sehingga bisa berbagi dengan teman-teman.

      Delete
  14. Jadi kepingin ikut kelas blogger tuk memambah pengetahuan dan wawasan biar ngeblognya jadi Mak Nyos hehe

    Mantap Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kelas blogger akhir-akhir ini, malah ada yang sebulan penuh. Sayang saya nggak bisa ikut, karena takut nggak fokus malah, he, he

      Delete
  15. Aku sendiri negrasain sih, ikut pelatihan kalo nggak ada tugasnya, ya nguap gitu aja. Hehe..

    Semangatttt!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Kalo nggak praktek lupa semua ilmunya :)

      Delete
  16. Wah dapat ilmu baru nih,
    Terima kasih banyak mbak sudah sharing ilmunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mas Gedor. Makasih sudah mampir ke sini :)

      Delete
  17. Selamat ya, Mbak, termasuk enjadi salah satu peserta yang masih bertahan di Growthing. Beneran daging ini kelasnya dan enggak ain-main ada sistem kick segala...keren!
    Semoga lolos terus sampai lulus. Sukses ya belajar ngeblognya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin, mba. Terima kasih doanya. Kalo nggak ada kick pasti ngerjain tugasnya asal-asalan.

      Delete
  18. Mantul πŸ‘ banget nih, saya juga seneng banget kalau bisa masuk ke kelas apa aja yang punya dampak untuk pengembangan diri. Kayaknya kelas growthing ini sangat menarik, apalagi bisa dapat ilmu buat nggennjot DA/PA DR juga ya..... Hmmmm kudu investasi memang kalau mau dapat lebih. Semoga makain sukses kak, dan terus berbagi ilmu ya, biar ikut ketularan juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul. Ilmu itu mahal. Dan selalu ada harga yang harus dibayar. Entah gratis maupun berbayar harus kuat bayar harga. Berjuang sampai berhasil.

      Makasih mba Retno udah mampir ke sini :)

      Delete
  19. Semangat ya untuk terus belajar. Aku juga terus mau mengembangkan diri.

    ReplyDelete
  20. Semangaat mbaa.. Senang sekali bisa sampai di tahap ini. Materi ya emang nggak kaleng-kaleng ya. Jadi ingin ikut kelas premiumnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bersyukur banget. Semoga bisa lulus sampai kelas terakhir.

      Delete
  21. Kalau yang free ada gak? Mau dong ikut. Sepertinya seru. Aku butuh yang memotivasi biar rutin posting ini mbak. Ada dikasih PR posting rutin gak? Berbayar mesti nabung dulu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. PR nya bikin artikel, jadi tiap ada materi bikin artikel lagi. Jadinya bisa rutin update postingan. Yang gratis ada kok. Tapi kayaknya enak yang berbayar, lebih dalam ilmunya pasti.

      Delete
  22. Kelasnya seru kayaknya ya mbak. Tapi serem juga euy sama "tendangan madun" nya. Hahaha. Semangat terus ya mbak, sampai selesai kelasny ✊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, ini yang bikin selalu deg-degan takut di kick, he, he

      Delete
  23. Ini kelas yang pengen aku ikutin, Mbak. Seru banget kayaknya. Next batch aku mau daftar juga😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, mba seru pokoknya, ha ha.

      Makasih mba sudah mampir ke sini :))

      Delete
  24. Membaca pengalamanmu ikut kelas ini aku jadi ikut semangat juga lho, Yus.. energi positifnya terpancar nih. Semangat terus yaaa, harus sampai tuntas.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Wiwin. Aku juga selalu ketularan semangatnya mba Wiwin. Blogger panutan buatku.

      Delete
  25. Semangat mba..😊 aku pernah diceritakan sih tentang kelas ini. Blm berani dftr aku, takut ke-kick. Corona gini aku ngeblognya blm bisa full...klo dulu manfaatin anak2 pas jam sekolah...sekarang mesti merangkap jadi ibu guru buat dua bocah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih mba Sulis. Bener sekarang para bunda sibuk sekali sejak anaknya PSBB, jadi guru dadakan. Semangat mba :))

      Delete
  26. Seru ya bisa ikut kelas blogging yang premium harus daftar dan berlomba-lomba dengan blogger lain. Duh aku masih blogger pemula, mesti banyak-banyak belajar. Kapan-kapan semoga bisa ikutan kelas bergengsi ini hehe.

    Tapi bener banget sih mbak, sekarang ini aku nge-blog masih untuk having fun, dan belum memulai untuk memonitize blog aku..tapi aku jadi kepikiran.. hmm seru juga ya bekerja (aka blogging) tapi tidak terasa bekerja karena emang suka dengan blogging haha.. Semoga saja kedepannya aku bisa jadi full-time blogger seperti mbak Yus dan para mastah-mastah blogger jago di Indonesia πŸ˜„

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke Catatan Yustrini. Silakan meninggalkan komentar. Mohon maaf komentar yang masuk akan melewati tahap moderasi terlebih dahulu, spam, iklan dan yang mengandung link hidup akan saya hapus.